6 Font Terbaik Untuk Desain Kemasan yang Unik

0
(0)

Berbicara soal desain kemasan, font merupakan salah satu elemen penting untuk mengkomunikasikan informasi penting. Ada banyak jenis informasi penting dalam desain kemasan terbaca dengan baik, untuk itu penting memilih jenis font yang tepat. Untuk memilih jenis font terbaik untuk desain kemasan perhatikan jenis produk, tema desain desain dan keterbacaan font.

Terdapat banyak sekali jenis font dengan berbagai style huruf yang bisa menciptakan mood dan gaya visual yang berbeda. Jenis font harus merepresentasikan brand dengan baik agar mudah dikenali dan memikat konsumen. Untuk memilih jenis font terbaik desain kemasan ada beberapa hal yang dipahami dan diperhatikan. 

HAL PENTING SAAT MEMILIH JENIS FONT DESAIN KEMASAN

Ada beberapa hal yang biasanya akan dipertimbangkan saat memilih jenis font untuk kemasan seperti jenis produk, bidang bisnis, tema desain kemasan, target audiens dan pesan yang ingin disampaikan. Memilih font dengan memperhatikan hal-hal tersebut akan membantu menciptakan kemasan menarik dan efektif. Berikut hal penting untuk diperhatikan ketika memilih font terbaik untuk desain kemasan:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Apakah Font Mudah Dibaca?

Elemen-elemen desain yang akan digunakan dalam desain kemasan akan bergantung tema atau gaya desain yang digunakan. Terkadang jika terlalu banyak elemen font akan sulit dibaca. Utamakan untuk selalu memilih font yang mudah dibaca agar memudahkan audiens menemukan produk.

Hindari memilih font yang rumit pada kemasan yang sudah sibuk dengan banyak elemen, karena font akan sulit untuk dibaca. Font yang sederhana akan jauh lebih mudah dibaca, biasanya untuk meningkatkan keterbacaan akan memilih font tebal. Font untuk judul nama produk perlu mudah dibaca, termasuk juga untuk teks kecil yang berisi informasi penting seperti bahan, cara penggunaan hingga tanggal kadaluarsa. 

Pilih Font yang Memiliki Banyak Variasi Weight

Desain kemasan akan membutuhkan banyak jenis teks sehingga perlu mengatur agar teks memiliki hirarki visual. Pada desain kemasan gunakan font yang memiliki banyak variasi tebal dan style, sehingga beda bentuk dan ukuran kemasan font akan mudah menyesuaikan. Sebah font bisa memiliki variasi weight seperti light, regular, semibold dan bold, yang mana bisa menciptakan mood yang berbeda.

Ketika memilih font dengan banyak style teks desain kemasan bisa divariasikan untuk judul produk, sub judul hingga deskripsinya. Variasi berat akan menciptakan tampilan kemasan sederhana tetapi tetap memiliki hirarki visual dari ukuran font yang berbeda dan style huruf yang berbeda. 

Baca juga: Rekomendasi Penggunaan Font Bold untuk Desain Grafis

Pastikan Font Fleksibel

Desain kemasan bisa memiliki jenis media cetak yang beragam, ada yang kertas, plastik dan lainnya, yang mana bisa mempengaruhi keterbacaan jenis font. Biasanya font untuk desain kemasan akan digunakan dalam waktu yang lama sehingga seringkali memiliki jenis font yang fleksibel. Font yang fleksibel dan relevan dalam waktu lama akan mempertahankan desain kemasan tanpa perlu rebranding.

Hindari memilih font yang kurang fleksibel ketika tren berubah, sebaiknya desain kemasan tidak sering melakukan perubahan. Font yang fleksibel akan membantu untuk membangun branding yang kuat, sehingga tipografi akan menjadi merek. Pilih font unik yang sederhana agar font bisa fleksibel dalam waktu yang lama.

Pilih Font Unik dan Memorable

Font untuk desain kemasan yang unik akan membantu kemasan tampak menonjol dan efektif menarik perhatian audiens. Teks judul dalam desain kemasan akan menjadi elemen visual yang pertama kali dibaca, sehingga penting memilih jenis font yang unik. Nama produk akan tampil unik dan memorable jika berhasil menarik perhatian dengan tipografi yang beda dan unik.

Font yang unik bisa terlihat dari bentuk huruf, style font hingga efek visual yang ditambahkan dalam font tersebut. Style font untuk kemasan seringkali akan mengingatkan audiens dengan citra atau karakter dari brand tersebut. Perhatikan font unik milik pesaing dan pilih jenis font yang unik dan berbeda agar kemasan lebih menonjol.

Pastikan Font Merepresentasikan Produk atau Identitas Brand

Ketika memilih font untuk desain keamanan menyesuaikan gaya font dengan identitas atau karakter merek. Mood yang diciptakan oleh font kemasan dapat mencerminkan identitas merek dan jenis produk, sehingga perlu disesuaikan. Font yang tampil elegan akan merepresentasikan karakter brand yang elegan dan premium.

Desain kemasan dengan font ramah, bulat dan menyenangkan akan mencerminkan brand yang ramah, untuk itu jika brand ingin membangun citra ramah, pilih font dengan style tersebut. Jika font memiliki tampilan kaku maka desain kemasan akan merepresentasikan tampilan profesional. 

Baca juga: Rekomendasi Font Mewah untuk Desain Brand Luxury

6 FONT TERBAIK UNTUK DESAIN KEMASAN

Untuk memilih jenis font yang tepat pertimbangkan jenis produk, citra merek hingga gaya visual yang digunakan dalam desain kemasan. Penting untuk memilih jenis font yang relevan agar visual kemasan  akan menarik perhatian. Berikut beberapa font terbaik dan unik untuk desain kemasan sesuai jenis produk dan bisnis:

Milknut untuk Desain Kemasan Minuman

6 Font Terbaik Untuk Desain Kemasan yang Unik

Seringkali desain kemasan memiliki jenis font yang tampil ramah dan unik, jenis font display yang unik akan tampil mencolok. Font ini memiliki font teal dengan melengkung yang berkesan ramah. Pada desain kemasan jenis font ini akan mudah terbaca dengan baik karena hurufnya tebal. 

Font milknut ini akan cocok digunakan untuk desain kemasan snack dan minuman. Biasanya font ini sering digunakan dengan tambahan outline agar lebih mudah terbaca. Font ini juga memiliki tekstur pada hurufnya berupa garis-garis kecil yang membuat font terlihat memiliki efek nyata dan unik. 

Ropstone untuk Kemasan Tema Retro atau Klasik

6 Font Terbaik Untuk Desain Kemasan yang Unik

Style font yang digunakan dalam desain kemasan bisa beragam tidak hanya yang modern dan bersih. Jenis font yang bergaya klasik dan retro juga bisa digunakan dalam desain kemasan yang bertema retro. Font bergaya vintage bisa menciptakan tampilan desain kemasan yang bergaya premium. 

Jenis font bergaya vintage ini memiliki bentuk huruf yang unik, hurufnya memiliki dekorasi seperti serif ditengah batang huruf. Dekorasi yang panjang melengkung ini memberikan kesan vintage, cocok untuk brand makanan tradisional atau oleh-oleh khas daerah tertentu. Tekstur garis-garis membuat font tampak memiliki efek realistis, font yang tebal membuat teks akan mudah dibaca. 

Osaka Chips Untuk Kemasan Snack atau Makanan

Bentuk font display yang unik membuatnya sering dipilih untuk desain kemasan terutama untuk font judul. Nama produk atau brand akan mudah menarik perhatian dengan jenis font yang tebal dan unik. Font ini memiliki huruf tebal, guratan huruf ramah dan melengkung menciptakan kesan ramah.

Penggunaan jenis font ini akan cocok untuk desain kemasan makanan seperti snack. Font ini lebih mudah dibaca karena tebal dan bisa ditambahkan outline tebal agar menonjol.

Baca juga: Kombinasi Font dalam Desain Grafis sebagai Strategi Branding

Krick untuk Desain Kemasan Minuman atau Kopi

6 Font Terbaik Untuk Desain Kemasan yang Unik

Desain kemasan juga bisa memiliki tampilan huruf bersih, dan elegan seperti font Krick. Gaya font ini tampil elegan, rapat dan tajam tetapi masih ramah karena memiliki sudut yang melengkung. Gunakan jenis font ini untuk kemasan yang ingin memiliki tampilan minimalis dan modern.

Huruf yang tebal membuat jenis font ini tetap mencolok dan menarik sehingga juga mudah untuk dibaca. Biasanya font ini cocok untuk desain kemasan snack, skincare dan kemasan produk elektronik. Style huruf yang tampak modern akan cocok bila style kemasan tampil bersih dan minimalis.

Rubi Kido Untuk Brand Mainan Anak-anak

Untuk jenis font ini memiliki bentuk huruf bulat, tebal, dan ramah, font ini juga cocok untuk digunakan pada desain kemasan mainan anak-anak. Font bulat akan mendukung tampilan ramah, ceria dan menyenangkan ini sesuai dengan citra anak-anak. Selain untuk desain kemasan mainan anak-anak, font ini juga cocok digunakan untuk kemasan makanan dan minuman. 

Chyali untuk Desain Kemasan Produk Anak-anak

Font tebal dengan jenis font script bersambung ini tampil ramah dan menyenangkan. Gaya font bersambung yang tebal ini akan cocok digunakan untuk desain kemasan produk anak-anak. Biasanya jenis font ini akan cocok untuk kemasan susu botol anak-anak, atau snack untuk anak-anak. Font yang ramah yang memiliki guratan melengkung cocok dengan citra audiens anak-anak. 

KESIMPULAN

Untuk memilih font terbaik dan tepat untuk desain kemasan pertimbangkan karakter merek seperti apa yang ingin ditunjukkan dalam kemasan. Pertimbangkan juga untuk menyesuaikan gaya font dengan jenis produk dan jenis bisnis. Font kemasan makanan dan minuman sering menggunakan font tebal, sementara kemasan brand skincare akan cocok dengan gaya font elegan yang tipis. Font bold biasanya menjadi favorit untuk digunakan dalam desain kemasan karena efektif menarik perhatian. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.