Tipografi Gaya Ramah Dalam Beragam Contoh Penggunaan

0
(0)

Tipografi memiliki banyak gaya huruf seperti kaku, ramah, nyentrik dan elegan. Pemilihan gaya huruf untuk sebuah desain menyesuaikan kebutaan. Desain yang ingin memberikan kesan menyenangkan bisa memanfaatkan gaya huruf yang ramah. 

Tipografi Gaya Ramah Dalam Beragam Contoh Penggunaan

Dalam menciptakan desain gaya huruf juga memiliki peran untuk mendukung kesan dan pesan desain. Jika desain bertema klasik atau vintage, maka gaya huruf yang digunakan juga harus sesuai. Hindari menggunakan gaya huruf yang terlalu berbeda dan tidak cocok. 

Gaya huruf yang tepat akan membantu dalam menyampaikan pesan dengan efektif. Desain juga akan tampil lebih harmonis dan memiliki keseimbangan visual. Misalnya desain grafis yang ingin memberikan kesan ramah, akan membutuhkan tipografi bergaya ramah. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

BEBERAPA PENGGUNAAN TIPOGRAFI GAYA RAMAH

Umumnya tipografi gaya ramah akan memberikan kesan menyenangkan dan ramah, cocok untuk desain bertema serupa. Tipografi bergaya ramah umumnya memiliki ciri seperti huruf bulat dan tidak kaku. Jenis hurufnya terlihat bersahabat dan mudah dibaca. 

Tipografi gaya klasik seperti serif juga dapat memberikan kesan ramah. Berikut beberapa penggunaan tipografi ramah pada desain:

Desain Web

Tipografi Gaya Ramah Dalam Beragam Contoh Penggunaan

Tipografi ramah yang memiliki bentuk sederhana dengan ujung huruf melengkung atau bulat akan cocok untuk desain website. Terutama jika desain website ingin memberikan kesan ramah pada pengunjung website. Jika website tampak kaku, pengunjung bisa merasa kurang nyaman. 

Penggunaan tipografi yang memiliki tampilan sederhana dan ramah akan mendukung keterbacaan konten. Tipografi yang ramah juga membuat konten terlihat lebih santai dan tidak terlihat formal. Gaya desain website yang ramah akan meningkatkan kenyamanan pengguna ketika mengakses konten. 

Tipografi dalam website berperan untuk pengunjung mau kembali mengunjungi website. Tampilan huruf yang ramah juga dapat digunakan untuk memberikan kenyamanan dalam membaca konten dan menjelajahi website. 

Majalah dan Publikasi

Meskipun majalah terkadang identik dengan gaya huruf kaku dan klasik. Terkadang  majalah bisa menggunakan gaya huruf ramah karena menyesuaikan tema atau tujuan yang berbeda dari majalah biasanya. Tipografi ramah yang memiliki bentuk mudah dibaca dan terkesan ramah ini akan mendukung konten majalah mudah terbaca. 

Menggunakan tipografi yang ramah dapat memberikan kemudahan konten terbaca dengan jelas. Konten juga bisa mudah dipahami daripada yang berisi menggunakan tampilan huruf berlebihan. Tipografi ini juga akan menciptakan nuansa hangat pada desain majalah. 

Baca juga: Memahami Anatomi Tipografi: Dasar-Dasar Struktur Huruf

Kemasan Produk

Tipografi Gaya Ramah Dalam Beragam Contoh Penggunaan

Untuk desain kemasan produk yang ingin memberikan kesan tegas dan ramah akan cocok dengan tipografi ramah yang bulat. Tipografi ramah dengan huruf bulat akan memberikan kesan ramah dan menyenangkan. Penggunaan tipografi ini juga bisa membantu meningkatkan keterbacaan. 

Tipografi ini akan cocok digunakan untuk desain kemasan makanan, minuman atau produk yang memiliki kesan ramah. Tampilan kemasan yang terlihat menyenangkan umumnya akan menarik perhatian audiens. Gaya huruf yang ramah juga memberikan citra merek yang ramah dan membangun hubungan yang positif. 

Desain Logo

Tipografi dengan gaya lembut dan ujung huruf yang tidak kaku juga akan cocok untuk desain logo. Identitas merek yang ingin menggambarkan kesan ramah pada audiens dan pembeli, akan membutuhkan tipografi ini. Logo bisa menciptakan tampilan merek yang berkesan ramah dan akrab dengan pelanggan. 

Pada desain grafis, gaya huruf yang ramah ini sering ditemui dalam desain logo untuk merek anak-anak. Tipografi dengan jenis huruf yang bulat dan ramah akan mendukung kesan yang ingin diciptakan. Selain untuk logo anak-anak, gaya tipografi ramah ini juga banyak ditemui dalam logo makanan dan minuman. 

Baca juga: Desain Ikon Aplikasi yang Efektif dan Mudah Ditemukan

Konten Media Sosial

Tipografi Gaya Ramah Dalam Beragam Contoh Penggunaan

Untuk desain konten media sosial sendiri cukup beragam dari yang formal, kaki hingga ramah. Penggunaan tipografi ramah akan membantu mendukung tampilan  desain konten. Tipografi akan cocok digunakan dalam konten kreatif media sosial karen berkesan akrab dan alami. 

Bentuk huruf dengan ujung bulat akan membuat konten lebih ramah dan memiliki tampilan menyenangkan. Terutama ketika konten digunakan untuk melakukan interaksi dengan pengguna media sosial. Tipografi ramah akan menarik perhatian dan efektif juga untuk dibaca. Penggunaan tipografi ramah yang bijak akan meningkatkan  daya tarik pada merek. 

Kartu Nama

Untuk jenis desain yang masih terkait dengan merek dapat menggunakan tipografi ramah jika ini bagian dari identitas merek. Ketika desain identitas ingin memberikan kesan ramah dalam bentuk huruf sederhana pada kartu nama. Kartu nama pribadi atau perusahaan akan membutuhkan jenis huruf yang tipis dan mudah dibaca untuk meningkatkan keterbacaan. 

Ukuran kartu nama yang kecil dapat membuat tulisan sulit dibaca, jika tipografi terlalu tebal atau dengan gaya nyentrik. Gunakan gaya huruf ramah untuk memastikan audiens bisa membaca informasi dan pesan. 

Baca juga: Desain Ikon Aplikasi yang Efektif dan Mudah Ditemukan

Materi Promosi

Tipografi juga paling sering digunakan pada desain materi promosi, hal ini meningkatkan keterbacaan. Materi promosi seperti brosur, banner, dan lain-lain akan membutuhkan gaya teks yang tepat. Gaya tipografi ramah cenderung memberikan kesan ramah  dan menyenangkan. 

Desain materi promosi akan terlihat akrab dan bisa menarik perhatian audiens untuk membaca desain lebih lanjut. Teks yang memiliki gaya huruf ramah akan menciptakan kesan positif. Penggunaan tipografi yang ramah cocok untuk hampir semua konten yang ingin memberikan  ramah pada desain grafis. 

Desain Bertema Anak-anak

Tipografi ramah ini umumnya memiliki ciri huruf yang tipis, dan terkadang sedikit tebal dengan ujung huruf yang tidak tajam tetapi melengkung. Penggunaan paling banyak ditemui dalam desain bertema anak-anak karena teksnya memberikan kesan ramah. Contohnya pada desain logo merek fashion anak, mainan anak hingga tempat  bermain anak-anak. 

KESIMPULAN

Dalam menciptakan desain grafis yang menarik, penting untuk memperhatikan dengan pemilihan jenis dan gaya huruf. Setiap jenis gaya huruf akan memberikan kesan berbeda dan untuk kebutuhan berbeda. Penggunaan tipografi yang memiliki kesan ramah sendiri sering digunakan untuk desain logo, website hingga kemasan. Pilih jenis tipografi yang tepat sesuai dengan tema dan pesan yang ingin disampaikan. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts