Inspirasi Tema Desain Unik untuk Desain Grafis

0
(0)

Untuk membuat desain grafis menarik perhatian penting untuk memilih tema yang tepat, banyak inspirasi tema seperti futuristik atau alam. Selain itu bisa juga memilih tema desain yang menarik atau unik agar efektif memikat audiens. Meskipun pada umumnya gaya visual dalam desain akan mengikuti tema yang digunakan dalam desain tersebut. 

Gaya visual ini menyoroti penggunaan gaya elemen secara khusus seperti bentuk huruf sederhana atau rumit, beda dengan tema yang gaya hurufnya menyesuaikan kesan yang ingin diciptakan. Pemilihan tema desain harus mempertimbangkan kemampuan tema dalam mendukung pesan yang ingin disampaikan. Tema desain bisa membuat pesan kurang dipahami jika tidak relevan dengan tujuan desain. 

Penggunaan tema desain untuk jenis desain yang berbeda bisa saja berbeda. Tidak semua jenis tema atau gaya visual akan cocok digunakan untuk gaya desain lainnya. Biasanya desain logo akan jarang menggunakan tema dan lebih menyesuaikan dengan identitas merek. Untuk memastikan tema desain bisa terlihat menarik, penting untuk memilih tema yang tepat.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

CARA MEMILIH TEMA DESAIN YANG TEPAT

Untuk mendapatkan inspirasi tema desain yang menarik dan bisa memilih sesuai kebutuhan desain ada banyak cara yang bisa dilakukan1. Perhatikan beberapa cara dan tips memilih tema desain yang tepat:

Cari Inspirasi

Untuk bisa mendapatkan ide tema desain yang menarik bisa dengan mencari inspirasi dari berbagai tempat. Inspirasi tema desain bisa datang dari mana saja, seperti media sosial, website, buku, hingga tempat-tempat umum. Bepergian melihat-lihat desain grafis yang ditemukan dalam lingkungan sekitar akan membantu menemukan ide-ide menarik dan kreatif untuk dijadikan tema desain.

Bagi yang tidak suka bepergian bisa mencari inspirasi desain menarik dengan menjelajah internet. Era digital membantu banyak orang dalam mengakses berbagai fasilitas menarik melalui aplikasi digital, website dan lainnya. Ada banyak gaya visual atau tema desain yang menarik untuk dijadikan inspirasi.

Sesuaikan Pesan Desain

Ketika memilih tema desain pastikan untuk menyesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan. Tema desain grafis bisa terlihat kurang menarik jika tidak cocok dengan pesan yang ingin disampaikan. Jika informasi yang disampaikan membahas tentang budaya tradisional akan kurang menarik jika menggunakan tema minimalis.

Tema desain yang sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan akan membantu dalam informasi mudah dipahami dan menarik perhatian audiens. Elemen-elemen visual seperti warna, tipografi, gambar, dan dekorasi akan memengaruhi tampilan visual desain. Pemilihan elemen visual yang sesuai pesan akan mendukung untuk informasi dalam desain lebih mudah dipahami.

Baca juga: Membedah Desain Grafis Bertema Film untuk Beragam Kebutuhan 

Pilih Tema Desain Visual Memikat

Ketika memilih, pastikan juga untuk memilih tema desain yang memiliki visual memikat sehingga efektif untuk menarik perhatian audiens. Jika tema yang dipilih tidak bisa memikat audiens maka desain akan kurang efektif. Tampilan visual yang memikat biasanya jika memiliki tema unik dan berbeda dari yang lain.

Saat memilih tema desain fokuskan untuk memilih tema dengan visual yang memikat. Penggunaan warna, layout dan ilustrasi berperan penting dalam membuat desain yang menarik perhatian. Lakukan pengamatan pada desain yang sudah ada untuk melihat preferensi audiens pada gaya visual yang disukai mereka. 

Ciptakan Tema Unik atau Jarang Digunakan

Untuk membuat desain grafis terlihat mencolok diantara banyaknya desain lain, gunakan tema desain yang unik. Dapatkan inspirasi tema yang belum pernah digunakan sebelumnya untuk membuat audiens terkesan. Tema desain yang unik secara otomatis dapat menarik rasa penasaran audiens terhadap desain. 

Pemilihan tema desain yang unik dan kreatif ini juga harus menyesuaikan preferensi audiens. Meskipun unik jika tidak sesuai preferensi audiens, tema desain akan kurang menarik bagi audiens. Tampilkan tema desain yang fresh atau sesuatu yang baru untuk menarik perhatian audiens.

INSPIRASI TEMA DESAIN YANG UNIK

Ketika ingin mendapatkan ide tema desain yang menarik, pertimbangkan untuk mengambil tema desain yang belum pernah ada sebelumnya atau ciptakan sesuatu yang baru. Atau bisa juga mengambil beberapa inspirasi tema desain yang menarik berikut ini:

Tema Film

Inspirasi Tema Desain Unik untuk Desain Grafis

Ketika ingin menciptakan desain grafis untuk berbagai konten media sosial, desain website, poster hingga kemasan bisa mengambil inspirasi film. Desain grafis yang mengambil inspirasi dari film tertentu akan menarik perhatian dan memiliki kesan yang unik. Genre film yang dipilih bisa menyesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan dalam desain grafis.

Desain grafis yang mengambil dari film tertentu akan memiliki elemen-elemen desain berupa gambar ilustrasi film, warna film dan tipografinya. Misalnya jika mengambil inspirasi dari film marvel maka bisa menggunakan tipografi khas marvel dan warna merah-biru yang mendominasi. Tema desain seperti ini bisa menarik perhatian audiens pecinta film karena tampilan visual yang menarik. 

Baca juga: Tips Mengatur Tipografi untuk Judul dalam Desain Grafis

Tema Anime

Inspirasi Tema Desain Unik untuk Desain Grafis

Selain film, desain grafis yang mengambil inspirasi dari film atau series anime juga akan tampil unik. Desain yang memiliki tema animasi atau anime akan memiliki desain ilustrasi yang menarik. Pemilihan tema ini bisa efektif menarik para penggemar anime, terutama jika informasi desain masih berhubungan. 

Ada banyak animasi-animasi yang memiliki desain visual memikat dan memberikan kenyaman untuk dilihat. Mengambil inspirasi desain dari film studio ghibli misalnya akan menciptakan visual yang memikat. Gambar-gambar dar animasi akan menghiasi desain grafis dan menciptakan visual yang memikat, termasuk dengan penggunaan gaya tipografi yang mirip. 

Tema Budaya

Desain grafis yang ingin memiliki tampilan menarik juga bisa mengambil tema budaya tertentu. Biasanya jika desain grafis menggunakan tema budaya karena pesan atau informasi dalam desain tersebut terkait dengan budaya. Misalnya pada poster festival budaya jawa memiliki tema desain budaya jawa. 

Pada tema budaya jawa akan memiliki elemen seperti dekorasi wayang, gunungan dan ornamen-ornamen tradisional. Sementara warnanya biasanya memiliki kombinasi warna coklat. Untuk tipografinya terkadang menggunakan gaya font dengan aksen aksara jawa. 

Budaya sebagai tema bisa mengambil berbagai inspirasi dari berbagai negara seperti india, thailand, jepang, dan lainnya. Budaya ini juga mengambil inspirasi budaya modern seperti pop art atau futuristik. Gaya visual setiap budaya akan memiliki ciri khas sendiri yang membuatnya beda dari yang lain. 

Baca juga: Jenis-jenis Gaya Visual dalam Desain Grafis

Tema Watercolor Palette

Untuk menciptakan tampilan desain yang unik, bisa juga dengan menggunakan inspirasi desain watercolor. Tema desain ini akan memiliki tampilan gambar dan warna yang memiliki tekstur seperti lukisan menggunakan watercolor. Desain grafis dengan tema ini akan tampil menarik dan estetik.

Biasanya tema watercolor ini akan menggunakan warna-warna yang lembut atau pucat agar desain berkesan ramah. Tekstur watercolor menciptakan sentuhan alami yang menarik perhatian.

Tema Retro

Inspirasi Tema Desain Unik untuk Desain Grafis

Ada juga desain yang bertema retro, sebenarnya tema ini sudah cukup populer karena banyak digunakan. Pemilihan tema ini karena dapat tampil beda dan mencolok di tengah desain modern yang sederhana. Elemen retro mampu menciptakan nuansa nostalgia serta unik dalam desain grafis.  

Elemen retro biasanya memiliki warna-warna cerah yang mencolok, gaya tipografi tebal dan klasik. Sementara itu ilustrasi pop art membuatnya gaya retro tampil semakin menarik perhatian. Penggunaan tema retro pada era modern ini cukup efektif untuk menarik perhatian audiens untuk membaca informasi dalam desain. 

KESIMPULAN

Tema dalam desain akan menciptakan gaya visual yang menarik serta menciptakan emosi atau kesan tertentu. Pemilihan tema yang tepat harus memerhatikan beberapa tips agar bisa efektif memikat audiens. Sebelum memilih tema penting juga untuk mempertimabnagkan beberapa hal seperti jenis desain, tujuan desain hingga pesan yang ingin disampaikan. Hal ini penting agar tema desain bisa mencerminkan hal tersebut dengan baik. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.


  1. How to Pick a Design Theme. (2024, Feb 29). Spoonflower. https://blog.spoonflower.com/2017/01/02/pick-a-theme/#:~:text=Finding%20a%20theme%3A,of%20aesthetic%20you%20gravitate%20toward ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.