Hal Penting dalam Desain Kemasan Makanan

0
(0)

Untuk memilih desain kemasan bukan hanya sekedar memperhatikan penampilan melainkan juga melibatkan sejumlah faktor lain. Desain kemasan makanan tentu saja harus menarik dan bisa membuat konsumen tertarik membeli. Selain itu, desain kemasan makanan juga harus memperhatikan faktor seperti kesegaran, keamanan dan daya tarik produk.

Desain kemasan biasanya yang paling pertama dilihat oleh pembeli, dari sekian rak makanan berjejer penting untuk memilih desain yang mencolok. Kemasan yang berbeda dari yang lain tentunya akan menarik perhatian, selain itu penting memperhatikan pilihan warna dan tulisan.

Perlu dipahami kenyamanan juga merupakan faktor penting dalam memilih desain kemasan untuk makanan. Desain kemasan harus memberikan kemudahan pada pelanggan saat digunakan.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Untuk mengetahui lebih jauh tentang beberapa aspek penting yang dipertimbangkan saat memilih desain kemasan, simak artikel ini.

ASPEK-ASPEK PENTING DALAM DESAIN KEMASAN MAKANAN

Pemilihan Warna Kemasan yang Mewakili Merek atau Produk

Desain kemasan terkadang menggunakan warna yang mewakili merek atau perusahaan, ini terkadang menjadi ciri khas untuk mudah mengenalkan produk dari merek tersebut. Namun pemilihan warna yang sama dengan identitas merek akan membuat merek menjadi membosankan.

Warna pada kemasan juga biasanya mewakili produk atau variannya. Biasanya warna pada desain kemasan akan mewakili varian rasa. Ini akan memudahkan konsumen memilih rasa dengan cepat. Warna pada kemasan terkadang juga memberikan kesan tertentu pada produk.

Misalkan penggunaan campuran warna hitam dan emas pada desain kemasan, akan memberikan produk kesan eksklusif atau premium.

Keterbacaan Label dan Informasi Nutrisi

Pada desain kemasan penting juga memperhatikan pemilihan font dan warnanya. Gunakan font untuk tulisan label dan informasi yang mudah dibaca, karena ini menampilkan informasi penting. Pemilihan warna tulisan dan latar belakangnya juga perlu diperhatikan agar tulisan tetap mudah dibaca meskipun backgroundnya diberi warna.

Untuk desain nama produk juga harus memperhatikan kemudahan dibaca dan meningkatkan daya tarik saat dilihat. Desain nama produk memang harus menarik perhatian namun tetap harus memperhatikan keterbacaan. Jika tulisan produk sulit dibaca pelanggan akan sulit juga untuk merekomendasikan pada orang lain.

Memiliki Daya Tarik dan Penampilan Estetis

Penampilan dalam kemasan penting untuk menarik perhatian konsumen. Desain yang menarik dan memiliki nilai estetika akan mampu menarik konsumen untuk membeli. Penting juga untuk membuat tampak menonjol ketika diletakkan diantara produk lain.

Berani melakukan perubahan dalam desain akan membantu produk membangun branding yang kuat. Untuk meningkatkan daya tarik bisa menggunakan desain ilustrasi dari produk. Jika produk makanan bisa memakai ilustrasi dari makanan atau bahan baku yang digunakan.

Penggunaan Label Tertentu

Pada desain kemasan biasanya terdapat label halal, atau label organik serta label merek atau bisnis. Penting mengatur desain label agar mudah dilihat dan tidak mengganggu estetika desain kemasan.

Terkadang warna dari label bisa sangat kontras dengan warna desain kemasan, agar tidak mengganggu estetika desain biasanya label bisa diganti ke warna hitam. Sehingga tidak menyalahi aturan dan tidak mengganggu desain.

Petunjuk Penyimpanan Dan Penggunaan

Biasanya pada desain kemasan makanan terdapat pula petunjuk penggunaan atau pemakaian. Penting untuk menggunakan ilustrasi bukan hanya sekedar tulisan sehingga akan memudahkan konsumen.

Adanya ilustrasi berupa gambar juga dapat meningkatkan daya tarik dan membangun citra positif untuk merek dan produk. Beberapa kemasan makanan juga kerap menggunakan simbol sebagai cara menyimpan. Misalnya petunjuk penyimpanan di kulkas atau microwave.

Kepraktisan Dalam Penyimpanan

Selain memperhatikan visual penting dalam desain kemasan juga harus dirancang untuk memudahkan penggunaan dan penyimpanan. Desain kemasan harus mudah saat disimpan sekaligus praktis dan fungsional.

Desain fungsional pada kemasan akan memudahkan pengguna baik saat membuka ataupun menyimpan. Perancang desain kemasan juga harus memperhatikan hal-hal seperti ini.

Keamanan untuk makanan

Desain kemasan juga harus memperhatikan keamanan isi makanan. Jangan hanya demi estetika semata namun mengabaikan keamanan. Pastikan kemasan yang dipilih dapat melindungi makanan dari kontaminasi, perubahan suhu hingga kerusakan fisik.

Ketahanan Terhadap Cuaca

Indonesia sendiri cuaca cenderung panas dan lembab. Ini harus menjadi perhatian saat mendesain kemasan. Pilih kemasan yang bisa tahan dengan perubahan cuaca yang ekstrim di Indonesia seperti kelembaban, suhu ekstrem hingga paparan sinar UV. Pemilihan warna kemasan juga bisa mempengaruhi paparan sinar matahari.

Bahan Kemasan yang Aman

Keamanan kemasan biasanya juga ditentukan dari bahan yang digunakan. Penting memilih bahan yang tepat sesuai dengan jenis makanan, bila makanannya basah kemasan harus memilih bahan yang anti bocor.

Namun terkadang ada bahan kemasan yang berbahaya untuk makanan, sehingga penting memilih bahan yang aman dari kontaminasi zat kimia.

Kemampuan Melindungi Kesegaran Produk

Kemasan makanan juga harus memang melindungi kesegaran produk. Produk harus tetap segar dengan mencegah masuknya cahaya, udara dan air atau kelembaban. Jika kemasan bocor dan produk terkontaminasi produk bisa rusak dan berbahaya untuk dikonsumsi.

Keamanan Transportasi dan Distribusi

Penting juga memastikan kemasan aman saat pengiriman termasuk pada di transportasi dan proses distribusi. Berikan petunjuk pada label tentang menjaga produk saat distribusi agar tidak rusak.

Kemasan Ramah Lingkungan

Saat ini kemasan juga banyak dipengaruhi oleh program ramah lingkungan. Hal ini untuk menjaga adanya kerusakan lingkungan dari penggunaan bahan kemasan yang sulit didaur ulang. Konsumen juga semakin peduli akan hal ini, sehingga hal ini bisa menarik perhatian konsumen.

Kemudahan Pembukaan dan Penutupan

Dalam desain kemasan makanan penting bagi perancang desain memastikan produk nyaman digunakan. Termasuk memberikan kemudahan saat dibuka atau ditutup, jika perlu diberi petunjuk yang jelas.

KESIMPULAN: Desain Kemasan yang Melindungi dan Memikat Konsumen

Desain kemasan haruslah bisa melindungi produk dan memikat konsumen untuk membeli. Dengan memperhatikan beberapa aspek penting dalam desain kemasan tersebut, desain kemasan dapat melindungi produk dan menciptakan daya tarik. Ini juga akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan pada produk dan merek.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts