Tips Memilih Tipografi Desain Kemasan

0
(0)

Nama produk atau nama merek dalam desain kemasan harus diatur agar mudah untuk dibaca dan tampil menarik. Tipografi dalam desain kemasan berperan penting dalam meningkatkan daya tarik pelanggan untuk membeli produk. Tipografi yang dipilih harus menarik, sesuai dengan produk hingga mudah untuk dibaca, untuk itu perhatikan tips memilih tipografi kemasan yang tepat.

Tips Memilih Tipografi Desain Kemasan

Beberapa jenis pelanggan sering memerhatikan visual kemasan, sehingga pemilihan elemen tipografi juga perlu dipilih dengan bijak. Jika teks dalam desain kemasan sulit dibaca ini akan menyulitkan identifikasi. Agar desain menarik, ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan ketika ingin membuat kemasan menarik perhatian konsumen. 

TIPS MEMILIH TIPOGRAFI KEMASAN

Gaya huruf untuk desain kemasan harus memiliki tampilan yang mudah dibaca, unik dan mencerminkan karakter merek dengan baik. Jenis font tidak harus sama dengan font logo tetapi harus bisa mencerminkan produk dan merek dengan baik. Perhatikan beberapa hal ini untuk memilih tipografi yang tepat1:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Sesuaikan dengan Konsumen

Pelanggan atau konsumen dari suatu produk biasanya memiliki beberapa tipe, sesuaikan preferensi dan kebutuhan pelanggan agar teks mudah untuk dibaca. Beberapa pelanggan terkadang suka membaca semua informasi dalam kemasan dengan detail, terutama informasi penting seperti bahan dan tanggal kadaluarsa. Ada juga tipe pelanggan yang hanya membaca nama produk dan informasi utama seperti jenis rasa saja.

Selain itu ada juga tipe pelanggan yang hanya melihat desain kemasan sebelum memutuskan untuk membeli. Mempertimbangak tipe-tipe konsumen saat melihat desain kemasna akan membantu untuk menciptakan desain yang relevan. Setiap konsumen memiliki acara berbeda dalam menilai desain kemasan, namun tentunya tipografi kemasan harus mudah untuk dibaca dan menarik perhatian. 

Baca juga: Jenis Tipografi untuk Identitas Merek Berdasarkan Jenis Bisnis

Pastikan Tipografi Menonjolkan Nama Produk dan Merek

Tips Memilih Tipografi Desain Kemasan

Tipografi yang digunakan dalam desain kemasan harus bisa menonjolkan nama produk atau nama merek dengan jelas. Pentung untuk memilih tipografi yang tepat agar audiens mudah membaca atau mengidentifikasi nama produk. Biasanya ukuran teks harus besar dengan gaya huruf mencolok.

Seringkali desain kemasan menggunakan font tebal yang bersih atau dengan outline yang tebal. Gaya huruf script yang tebal juga kerap ditemui dalam desain kemasan karena menciptakan tampilan teks yang mencolok. Pemilihan huruf yang menarik perhatian dapat memberikan kemudahan audiens untuk membaca nama produk bahkan dari kejauhan.

Informasi Produk Lengkap dan Jelas

Dalam desain kemasan penting juga memilih tipografi yang bisa membuat informasi-informasi penting terbaca dengan jelas. Jenis informasi yang berbeda akan memiliki jenis font berbeda untuk menciptakan hirarki yang jelas. Informasi dalam ukuran kecil akan menggunakan gaya tipografi sederhana agar mudah untuk dibaca.

Pada teks yang berisi informasi penting dalam ukuran kecil sangat menghindari penggunaan gaya tipografi decorative yang rumit. Pemilihan gaya tipografi untuk teks dalam kemasan untuk informasi apapun akan mengutamakan keterbacaan agar memudahkan konsumen dalam memilih. Seringkali penggunaan font sans serif dan serif agar mudah terbaca. 

Sesuaikan dengan Karakter Merek

Ketika memilih tipografi untuk desain kemasan, pertimbangkan juga pemilihan gaya font yang sesuai dengan nilai dan karakter merek. Terkadang untuk membuat kemasan relevan dengan merek perlu memilih gaya font yang memiliki kesan yang sama. Pahami ciri bentuk huruf dan perbedaan kesan yang diciptakan setiap huruf ketika memilih jenis font.

Pemilihan jenis font bisa menyesuaikan karakter merek dan jenis produk, jika merek memiliki karakter ramah, font bulat atau wavy akan cocok. Biasanya tipografi untuk judul kemasan bisa dibuat lebih kreatif dan unik. Jika karakter merek ingin menciptakan kesan nostalgia atau klasik bisa menggunakan font serif yang elegan. 

Hirarki Informasi yang Jelas

Dalam desain kemasan juga perlu memiliki hirarki yang jelas agar tampilan menarik dan memudahkan konsumen fokus pada informasi penting. Teks akan tampak tidak menarik jika tidak ada perbedaan penggunaan gaya huruf atau ukuran teks. Hirarki akan membantu nama produk menjadi fokus pertama konsumen. 

Baca juga: Prinsip-prinsip dalam Menciptakan Hirarki Visual yang Efektif

Teks dalam kemasan akan memiliki urutan informasi dari yang utama hingga kurang penting. Biasanya judul, sub judul dan informasi tentang bahan, memiliki perbedaan ukuran agar menciptakan visual menarik. Ini juga berguna untuk menciptakan alur pembacaan informasi. 

Perhatikan Spasi, Alignment dan Ukuran

Font yang digunakan dalam desain kemana juga harus memiliki tampilan yang fleksibel dalam berbagai ukuran dan media. Pemilihan gaya tipografi juga perlu mempertimbangkan apakah jenis font memiliki spasi yang cukup. Ini penting untuk memastikan gaya huruf mudah untuk diatur kembali agar lebih sesuai dan tampil harmonis. 

Ukuran setiap jenis teks dalam desain kemasan harus diatur agar terlihat seimbang satu sama lain. Perbedaan ukuran harus nyaman untuk dilihat dan memiliki jarak antar huruf yang mudah untuk dibaca. Teks-teks dalam desain juga perlu diatur agar memiliki tata letak yang rapi sejajar sehingga mudah untuk dibaca konsumen.

HAL YANG MEMENGARUHI PEMILIHAN TIPOGRAFI KEMASAN

Selain memerhatikan tips memilih tipografi kemasan yang tetap, penting juga memerhatikan beberapa hal yang dapat memengaruhi pemilihan tipografi. Berikut beberapa hal yang juga berpengaruh dalam pemilihan jenis font2:

Jenis Produk

Tips Memilih Tipografi Desain Kemasan

Untuk gaya tipografi dalam desain kemasan perlu menyesuaikan dengan jenis produk. Hal ini karena setiap jenis produk akan membutuhkan gaya tipografi berbeda agar terlihat menarik. Kategori jenis produk ini bisa berdasarkan industri atau tampilan yang ingin diciptakan.

Beberapa tipografi kemasan dibedakan kedalam jenis industri seperti makanan, minuman, skincare hingga elektronik. Sementara berdasarkan penampilan tipografi kemasan dibedakan kedalam tipografi merek mewah, merek ramah, dan merek klasik. Setiap jenis tersebut akan membutuhkan gaya tipografi yang berbeda.   

Bentuk Kemasan

Terkadang jenis tipografi yang digunakan dalam desain kemasan juga dipengaruhi oleh bentuk kemasan. Bentuk kemasan juga memengaruhi bagaimana tipografi akan digunakan agar terlihat jelas dan mudah untuk dibaca. Desain kemasan memiliki banyak sekali jenis bentuk dan gaya, layoutnya bisa berbentuk segitiga, kotak bulat hingga segienam.

Tipografi yang akan digunakan pada layout berbentuk lingkaran akan berbeda dengan layout berbentuk kotak. Gaya huruf yang rumit mungkin sulit diatur pada layout lingkaran. Berbeda dengan bentuk kotak yang lebih fleksibel dalam mengatur tipografi.  

Baca juga: Tipografi Desain Kemasan: Ciri Khas yang Harus Kamu Tahu

Label Produk

Terkadang aturan-aturan dalam desain kemasan juga bisa memengaruhi pemilihan gaya tipografi. Beberapa produk mungkin membutuhkan label tertentu seperti label organik, BPA, hingga halal. Beberapa gaya tipografi bisa kurang harmonis dengan tipografi label.

Maka dari itu pemilihan jenis font atau gaya huruf perlu menyesuaikan dengan tampilan label produk agar terlihat harmonis. Tidak hanya gaya huruf tetapi juga warna teks yang mana bisa berpengaruh pada kontras. Penempatan elemen tipografi harus diatur ulang agar label tetap terlihat jelas mudah terlihat tetapi bukan menjadi fokus utama. 

Gaya Visual

Pemilihan tipografi juga bisa dipengaruhi oleh gaya visual desain kemasan. Terkadang merek memiliki konsep tersendiri untuk desain kemasan agar menciptakan tampilan sesuai citra merek. Gaya visual yang dipilih dapat memengaruhi pemilihan elemen termasuk teks, warna, ukuran dan komposisi. 

Tipografi harus seragam sesuai dengan elemen visual lainnya, jika desain visual bertema klasik, maka tipografi juga harus klasik. Penempatan elemen lainnya juga akan memengaruhi tata letak tipografi. Gaya tipografi yang dipilih harus cocok dengan gaya desain termasuk dalam penempatan elemennya agar bisa menciptakan tampilan kemasan yang menarik.

KESIMPULAN

Ketika memilih gaya tipografi untuk desain kemasan, penting untuk mempertimbangkan tips memilih tipografi agar memudahkan identifikasi konsumen. Tipografi kemasan umumnya tampil mencolok terutama untuk judul, mudah dibaca dan mencerminkan produk dan merek dengan baik. Pemilihan tipografi kemasan terkadang juga dipengaruhi oleh bentuk kemasan, jenis produk, dan lainnya. Pilih tipografi yang bisa memikat konsumen dan menarik perhatian. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. How to Choose the right font for your customized packaging design?. (2023). Desworks. https://www.desworks.in/blog-posts/how-to-choose-the-right-font-for-your-customized-packaging-design  ↩︎
  2. Suleman, Aamina. (2016). ZD blog. https://www.zilliondesigns.com/blog/science-of-typography-in-packaging/amp/ ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.