Cara Memilih Font Berdasarkan Karakter Hurufnya

0
(0)

Setiap jenis font memiliki karakternya sendiri, tidak hanya berdasarkan jenis fontnya, gaya huruf font dalam family yang sama juga memiliki karakter berbeda. Karakter huruf dalam setiap jenis font akan menciptakan mood, suasana dan gaya visual yang berbeda. Pertimbangkan beberapa cara ini untuk memilih font dalam desain dengan melihat setiap karakter huruf agar desain tampil menarik.

Karakter huruf ini melibatkan style huruf seperti tebal, tipis, serif, ujung bulat atau tajam, dan berbagai karakter huruf lainnya. Gaya huruf terkadang juga memiliki tampilan klasik, formal, kasual hingga kaku. Setiap gaya visual huruf akan menciptakan mood dan tampilan desain yang berbeda, pilih yang sesuai kebutuhan. 

Sebelum memilih font berdasarkan karakternya penting untuk tahu hal mendasar tentang font dan tipografi. Beberapa hal mendasar akan membantumu dalam memilih jenis font berdasarkan karakter hurunya dengan lebih baik:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Anatomi Huruf

Mengetahui anatomi atau bagian-bagian huruf akan membantu mengatur dan memodifikasi huruf dengan menarik terutama untuk desain logo. Bagian huruf tertentu dapat dimodifikasi dengan cara yang sama, misal dengan dipotong. Ini akan membantu menciptakan konsistensi modifikasi huruf sehingga menciptakan karakter yang sama. 

Terkadang beberapa jenis font memiliki karakter huruf yang dibentuk dari bagian huruf tertentu seperti serif. Perbedaan bentuk desain bagian huruf tertentu akan menciptakan karakter huruf yang berbeda. 

Font Family

Dalam setiap jenis font terdapat berbagai macam variasi jenis huruf yang memungkinkan untuk menciptakan mood yang berbeda. Sebuah font family bisa memiliki beberapa variasi font tebal dan tipis, selain itu ada juga variasi italic, condensed, dan monospace. Variasi jenis font dalam satu font family dapat menciptakan style, tujuan dan berat yang berbeda.

Adanya font family ini juga bisa membantu untuk menciptakan kombinasi font yang kontras dan menarik. Semakin banyak variasi dalam sebuah font family akan membantu brand bisa menggunakannya untuk berbagai jenis desain dan kebutuhan. Memahami jika setiap font mungkin memiliki banyak variasi akan membantu desainer memilih font yang tepat.

Baca juga: Rekomendasi Font untuk Desain Grafis Bertema Sport

Setiap Font Memiliki 3 hingga 9 Jenis Berat

Sebuah font bisa memiliki banyak variasi berat mulai dari yang tipis hingga font yang tebal. Semakin banyak variasi berat dari sebuah font memunkginkan untuk font lebih fleksibel dan mduah beradapatasi. Setiap berat font memiliki tujuan penggunaan yang berbeda, juga memiliki nuansa yang berbeda ketika digunakan.

Pahami perbedaan penggunaan on tipis yang sering digunakan untuk teks paragraf atau informasi kurang penting yang berukuran kecil. Berbeda lagi jika font memiliki berat huruf sedang biasanya lebih fleksibel untuk judul maupun paragraf. Namun berbeda dengan font tebal akan lebih cocok untuk judul.

Variasi Style Serif

Untuk jenis font yang memiliki ujung huruf yang tersedia dalam beberapa variasi style serif. Pahami perbedaan bentuk dan mood yang diciptakan setiap jenis serif. Panjang pendeknya seif bisa memengaruhi keterbacaan huruf. Terkadang font yang memiliki serif panjang termasuk kedalam jenis font display yang unik.

Ukuran dan Ketinggian Font

Jenis font juga memiliki perbedaan tinggi font berbeda, tidak hanya perbedaan huruf kapital dan lowercase. Perbedaan ketinggian font dapat mempengaruhi mood dan nuansa dari desain. Ketinggian font bisa mempengaruhi juga gaya huruf, terkadang font yang terlalu tinggi memiliki tampilan condensed. 

Keterbacaan huruf dengan ukuran tertentu mungkin akan sulit dibaca, sehingga perlu memilih jenis huruf yang memiliki ketinggian font yang proporsional agar mudah terbaca. 

Baca juga: Kombinasi Font dalam Desain Grafis sebagai Strategi Branding

TIPS MEMILIH FONT BERDASARKAN KARAKTER HURUF

Ketika ingin memilih gaya huruf dengan karakteristik unik, diperhatikan untuk mengetahui tips font memilih karakter yang tepat. Setiap font akan memiliki beberapa karakter huruf yang berbeda seperti ketebalan, ujung huruf, sudut huruf dan lainnya1. Berikut beberapa tips memilih karakter huruf:

Perhatikan Tebal dan Tipis

Cara Memilih Font Berdasarkan Karakter Hurufnya

Ketika memilih jenis font salah satu karakter yang paling mudah terlihat adalah tebal dan tipis fontnya. Perbedaan ketebalan font ini bisa memengaruhi keterbacaan dan tampilan mood desain. Tujuan penggunaan font tebal dan tipis juga berbeda, karena memiliki gaya karakter yang berbeda.

Font yang tebal biasanya memiliki tampilan yang menonjol dan bold, gunakan karakter font yang tebal untuk judul atau headline. Namun hindari menggunakan font tebal untuk teks paragraf karena akan sulit untuk dibaca. Sementara pilih font tipis untuk digunakan pada teks sub judul, paragraf atau desain bertema elegan. 

Pilih Ujung Huruf Bulat atau Tajam

Ketika memilih jenis font pertimbangkan juga karakter pada ujung huruf, biasanya ujung huruf ada yang memiliki gaya huruf bulat dan tajam. Karakter huruf yang bulat dan tajam ini menciptakan mood dan suasana yang berbeda ketika digunakan. Font bulat dengan huruf tebal mungkin akan memiliki tampilan yang ramah dan menyenangkan.

Jika memilih jenis huruf dengan ujung tajam dan lancip, font akan menciptakan nuansa desain yang kaku, formal dan profesional. Selain ketebalan, karakter ujung setiap huruf akan menciptakan nuansa yang berbeda. Pilih karakter huruf lancip atau bulat sesuai kebutuhan atau pesan yang ingin disampaikan dalam desain. 

Font dengan Sudut Melengkung atau Tajam

Saat memilih jenis font, perhatikan juga sudut huruf, biasanya beberapa font akan memiliki sudut huruf yang tajam dan adanya yang melengkung. Terkadang tidak setiap font yang memiliki ujung lancip atau bulat akan otomatis memiliki sudut yang seperti itu. Beberapa jenis font juga ada yang memiliki kombinasi sudut melengkung dan sudut lancip sehingga tampil unik.

Sudut huruf yang lancip akan menciptakan tampilan huruf kaku, elegan dan formal. Sementara jika memilih jenis font dengan sudut melengkung, maka tampilan huruf akn terlihat lebih ramah. Perhatikan sudut huruf ini karena dapat menciptakan tampilan yang berbeda seperti formal dan kasual. 

Baca juga: Rekomendasi Font Mewah untuk Desain Brand Luxury

Pilih Font dengan Serif atau Tanpa Serif

Cara Memilih Font Berdasarkan Karakter Hurufnya

Beberapa jenis font ada yang memiliki jenis font yang memiliki serif dan yang tidak memiliki serif. Serif pada font ini menciptakan tampilan huruf yang berbeda, font serif akan tampak formal dan klasik. Namun untuk font yang tidak memiliki serif akan terlihat bersih dan modern ini disebut font sans serif.

Penggunaan keduanya memiliki tujuan yang berbeda, meski terkadang sama-sama menciptakan tampilan yang elegan. Jenis font sans serif sering digunakan untuk tipografi desain logo modern dan untuk teks paragraf yang panjang. Untuk memilih jenis font dengan serif biasanya akan cocok untuk menciptakan tampilan klasik dan mewah. 

Pertimbangkan Style Font Formal dan Kasual

Cara Memilih Font Berdasarkan Karakter Hurufnya

Perhatikan juga jika setiap karakter font akan menciptakan style yang berbeda, ada yang tampak kasula dan formal. Font yang akan digunakan untuk desain undangan dan buku umumnya akan memiliki tampilan yang formal. Untuk font yang casual bisa digunakan dengan fleksibel untuk desain logo, konten media sosial hingga poster

Font untuk desain logo juga bisa memiliki tampilan yang formal bergantung dengan jenis bisnis. Tampilan font kasual umumnya akan terlihat bulat bentuk huruf yang tidak kaku dan lurus. Sedangkan font formal akan tampil kaku, memiliki serif, huruf bersih dan rapi. 

KESIMPULAN  

Font-font yang digunakan dalam desain grafis memiliki banyak sekali jenisnya, yang mana setiap jenis font akan memiliki karakter yang berbeda. Karakter font ini bisa dilihat dari tebal-tipis, ujung huruf, sudut huruf hingga serif. Setiap karakter font akan menciptakan mood dan emosi yang berbeda, maka dari itu pertimbangkan beberapa cara memilih font berdasarkan beberapa karakter huruf.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Fonts in design: types, categories, characteristics and styles. (2022, Nov 01). TypeType. https://typetype.org/blog/typography-main-types-and-characteristics-of-fonts/ ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.