Tips Meningkatkan Keterbacaan Logo dalam Platform Digital

0
(0)

Perkembangan teknologi pada era modern membawa perubahan tren dalam desain grafis juga. Teknologi memiliki peran penting dalam membuat desain grafis, terutama untuk kebutuhan dalam platform digital seperti logo. Desain logo yang akan digunakan dalam platform digital harus memiliki keterbacaan yang baik, dan perlu disesuaikan.

Tips Meningkatkan Keterbacaan Logo dalam Platform Digital

Untuk penggunaan branding dalam platform digital logo akan digunakan dalam media sosial, website dan aplikasi digital. Ukuran dan skala logo saat ini harus diciptakan dengan memerhatikan hal ini agar bisa membangun kehadiran online yang kuat. Desain logo harus bisa beradaptasi dengan teknologi digital agar brand terlihat relevan. 

PEMANFAATAN DESAIN GRAFIS DALAM PLATFORM DIGITAL

Desain grafis memiliki peran penting dalam era digital ini dimana sebagian besar platform digital berisi berbagai konten desain grafis. Visual dari website dan aplikasi digital merupakan hasil desain grafis. Tampilan visual dibuat dengan menarik dan sesuai dengan kenyamanan audiens. Berikut beberapa contoh pemanfaatan desain grafis dalam platform digital:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Desain Ikon Logo Aplikasi Digital

Logo untuk aplikasi digital dibuat dengan menarik agar mudah terbaca dan temukan oleh audiens. Ikon logo aplikasi harus merepresentasikan konten aplikasi digital tersebut agar mudah diidentifikasi oleh audiens. Desain logo aplikasi seringkali dibuat agar sederhana sehingga mudah diingat. Ikon logo aplikasi juga dibuat agar fleksibel dan mudah beradaptasi pada berbagai ukuran perangkat dan ukuran ikon aplikasi dalam perangkat tersebut.  

Desain Ikon

Ikon-ikon dalam platform digital juga didesain dengan sederhana akan mudah dikenali dan ditemukan pengguna. Umumnya bentuk simbol ikon yang digunakan dalam website dan aplikasi digital akan memiliki bentuk yang umum dan digunakan secara universal. Bentuk ikon universal akan memudahkan pengenalan pengguna ketika menggunakan aplikasi atau website. Style ikon yang digunakan seringkali dipilih sesuai gaya visual yang dipilih.  

Baca juga: 8 Jenis Style untuk Ikon Desain Web dan Aplikasi

Desain Halaman Website dan Aplikasi

Tidak hanya style ikon aplikasi yang harus memiliki visual menarik tetapi desain halaman web dan aplikasi juga harus memiliki desain grafis menarik. Halaman platform digital dengan desain menarik akan efektif menarik pengguna untuk datang dan berlama-lama menjelajah website dan aplikasi. Gaya visual desain halaman web bisa dipengaruhi kebutuhan konten, tema desain atau jenis brand. 

Desain Iklan atau Pemasaran

Desain iklan yang terpanjang dalam web, aplikasi digital hingga billboard pinggir jalan juga harus memiliki desain grafis menarik. Manfaatkan teknologi untuk membuat desain iklan digital yang kreatif. Dengan bantuan teknologi desain iklan dapat dibentuk dalam desain motion grafik atau animasi yang menarik. 

Selain beberapa desain ini ada banyak sekali produk desain grafis yang digunakan dalam media digital. Desain grafis untuk media digital harus memiliki perhatian khusus agar fleksibel untuk semua penggunaan jenis ukuran dan format media digital. Desain yang dibuat untuk menyesuaikan dengan format digital akan memiliki keterbacaan yang baik dan efektif. 

LOGO DALAM DESAIN DIGITAL

Media digital memiliki tampilan visual yang berbeda-beda pada setiap aplikasi atau website yang dipengaruhi oleh ukuran layar dan jenis perangkatnya. Dari tahun ke tahun gaya visual desain logo akan terus berubah menyesuaikan perkembangan1. Dalam era digital ini dalam menciptakan desain tetap terapkan prinsip-prinsip desain digital. 

Logo dalam media sosial akan digunakan sebagai foto profil, watermark konten dan identitas visual dalam website. Ukuran, format atau gaya visual desain logo harus dipilih dan dibuat dengan cermat. Ketika logo akan digunakan dalam media digital, penting menciptakan ukuran logo yang bisa fleksibel. 

Desain logo yang digunakan dalam desain aplikasi dan website harus memiliki ukuran yang jelas meski dilihat dari ukuran mobile yang kecil. Agar logo efektif dalam penggunaan media digital seringkali logo harus sederhana, versatile, kontras dan fleksibel. Elemen logo seperti ikon, teks dan warna harus dipilih agar desain logo bisa digunakan dalam media digital dengan baik. 

Baca juga: Alasan Penggunaan Ikon Logo Hewan untuk Klub Olahraga

TIPS MENINGKATKAN KETERBACAAN DALAM PLATFORM DIGITAL

Untuk membuat desain logo yang fleksibel dalam media digital sebaiknya memerhatikan hal penting seperti gaya visual, jenis brand dan jenis platform digital yang digunakan. Desain logo harus dibuat fleksibel untuk digunakan dalam berbagai konten digital, perhatikan beberapa tips berikut ini:

Tentukan Jenis Platform Digital

Tips Meningkatkan Keterbacaan Logo dalam Platform Digital

Untuk kebutuhan media digital, tentukan jenis platform digital dimana logo akan digunakan. Ini biasanya menyesuaikan dengan brand akan menggunakan dalam media sosial apa saja dan desain antarmuka pengguna. Logo untuk media sosial akan membutuhkan ukuran dan format berbeda agar desain logonya    

Ukuran logo untuk platform digital terkadang harus dibuat sesuai jenis platform agar desain terbaca dengan jelas. Terkadang gaya visual dengan desain akan dibuat sederhana sehingga dalam platform dan ukuran yang kecil logo masih terbaca dengan baik. Logo yang akan digunakan dalam website dan kemasan juga akan memerlukan ukuran dan format berbeda akan terbaca dengan baik.

Cari Tahu Format Ukuran dan Sesuaikan

Setelah menentukan platform digital apa saja yang akan digunakan untuk menempatkan logo, cari tahu juga format dan skala ukurannya. Setiap media sosial dan platform digital akan memiliki format berbeda, misalnya untuk foto profil. Logo bisa terlihat tidak konsisten jika hanya menggunakan satu ukuran logo.

Dalam media sosial ukuran logo Akan disesuaikan untuk format foto profil untuk digunakan sebagai identitas visual. Logo akan fleksibel jika memiliki skala dan ukuran yang sesuai format. Bentuk logo yang digunakan dalam berbagai media digital akan tetap konsisten dan memiliki tampilan yang sama sehingga efektif untuk membangun branding visual.

Pilih Warna dalam Skala Media Digital

Skala warna desain untuk media digital dan cetak akan berbeda, agar logo tampil konsisten dan profesional gunakan skala warna RGB. Desain grafis untuk media digital umumnya akan menggunakan skala warna RGB agar tampilan visual menarik. Pastikan logo untuk platform digital diciptakan dalam skala ini sehingga warnanya akan konsisten ketika dibuka dari berbagai jenis perangkat dan platform digital.

Warna logo harus memiliki skala warna yang terlihat konsisten dalam berbagai media sosial, website dan ukuran logo. Skala warna RGB akan membantu menjaga warna logo untuk media digital tetap konsisten. Sehingga logo akan memiliki keterbacaan yang baik dengan skala warna yang fleksibel dan konsisten.

Baca juga: Penggunaan Skala Warna Triadik Dalam Desain Grafis

Sediakan Logo dalam Beberapa Variasi

Desain logo untuk media digital akan digunakan dalam berbagai jenis konten dan platform sehingga perlu memiliki beberapa variasi logo termasuk beberapa variasi warnanya. Logo dengan beberapa variasi akan mudah untuk digunakan dalam berbagai jenis konten. Biasanya variasi logo akan ada logo primer, sekunder dan ikon. 

Selain bentuk logo seperti logo kombinasi, ikon dan wordmark, gunkan juga beberapa variasi warna. Jika brand memiliki variasi warna palet, sediakan beberapa variasi warna agar penggunaan logo lebih mudah sesuai tema desain grafis. Umumnya selan wana utama logo akan memiliki variasi warna netral yaitu hitam dan putih sehingga logo bisa digunakan dalam berbagai skala warna. 

Gunakan Font Logo Sederhana dan Bersih

Untuk meningkatkan keterbacaan desain logo dalam media digital pemilihan tipografi harus sederhana dan bersih. Platform digital memiliki banyak konten dan terkadang kompleks, jika desain logo tidak dibuat sesederhana, mungkin akan sulit terbaca. Font untuk desain grafis yang akan digunakan dalam media digital disarankan memiliki tampilan bersih, sederhana dan mudah dibaca, termasuk logo.

Font sans serif sering menjadi pilihan favorit untuk logo yang akan digunakan dalam media digital karena lebih mudah dibaca. Selain itu font serif dan bold font juga kerap digunakan agar pada ukuran kecil logo terbaca dengan baik. Ukuran ketebalan huruf dan style huruf dipilih untuk bisa dibaca dengan mudah pada layar perangkat digital pada mobile maupun desktop. 

Pilih Warna Logo Kontras Latar dan Kontras Dengan Media Digital

Desain logo juga perlu memiliki warna yang kontras dengan warna latar belakang platform digital agar logo terbaca dengan baik. Misalnya untuk foto profil media sosial seringkali menggunakan warna latar hitam dan putih. Sementara jika logo ditempatkan pada desain konten seperti poster, maka warna logo juga harus menyesuaikan dengan warna latar poster agar mudah terbaca. 

Kontras yang cukup antara logo dan warna latar belakang dapat meningkatkan keterbacaan audiens dan kemudahan audiens mengenali logo. Desain logo dengan warna kontras yang jelas akan mudah terbaca sehingga bisa efektif untuk diingat oleh audiens. 

KESIMPULAN

Desain grafis untuk media digital mungkin akan memiliki beberapa  perbedaan dalam pemilihan skala warna, ukuran dan format ketika digunakan termasuk untuk logo. Desain logo dalam platform digital bisa digunakan untuk foto profil, watermark konten, hingga ikon dalam aplikasi dan website. Penting untuk mengetahui cara meningkatkan keterbacaan dan memastikan logo konsisten dalam berbagai platform digital dan jenis perangkat digital. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Ahmad, Farah. (2023). Logo Adaptability: How to Ensure Your Logo Survives Digital Darwinism. Zilliondesignns. https://www.zilliondesigns.com/blog/logo-adaptability-ensure-logo-stays-relevant-digital-darwinism/amp/ ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.