Gaya Desain Kontemporer Pada Era modern

0
(0)

Gaya desain yang mendefinisikan era saat ini atau era modern. Jika desain modern ini sudah ada sejak lama, sama desain kontemporer ini berdasarkan tren desain yang populer pada detik ini seperti penggunaan efek teknologi modern1. Semua gaya desain yang berada dalam sekelilingmu yang dipengaruhi oleh perubahan tren adalah gaya desain kontemporer. 

Termasuk kedalam semua desain branding di sekitarmu seperti kemasan, logo, poster, hingga website. Saat sebagian gaya desain dipengaruhi oleh gaya visual modern yang terlihat bersih dan mencolok. Kontemporer desain ini bisa dibilang merupakan tren terkini yang berkaitan dengan teknologi dan budaya terbaru. 

Banyak sekali desain grafis era kontemporer ini memiliki tampilan yang mencerminkan teknologi AI dan teknologi canggih. Kombinasi elemen modern dan elemen tradisional menjadikan tampilan gaya desain ini terlihat unik. Karena desain ini mencerminkan era terkeini dan gaya viual terbaru, seiring waktu bisa mengalami perubahan.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

KARAKTERISTIK DESAIN KONTEMPORER

Desain kontemporer dapat dipilih untuk menggambarkan era ini dengan menggunakan elemen yang sedang tren seperti teknologi digital. Gaya desain yang sedang populer saat ini terus bertransformasi mengikuti perubahan tren. Berikut karakteristik dari gaya kontemporer2

Tipografi Tebal dan Besar

Gaya Desain Kontemporer Pada Era modern

Seringkali tipografi pada era kontemporer menggunakan jenis font yang tebal dan berukuran besar. Font yang tebal akan mudah digunakan untuk membuat teks tampak mencolok dan menonjol daripada teks dengan font yang tipis. Penggunaan font tebal menjadi populer dan banyak digunakan pada era modern.     

Tulisan judul akan lebih mudah terbaca dengan font yang memiliki huruf tebal, baik yang tebal buat atau tebal yang tajam. Gaya kontemporer yang memiliki elemen tren terkini ini biasanya menggunakan tipografi sans serif yang bersih dan mudah dibaca. Font sans serif yang tebal akan tetap mudah terbaca karena hurufnya tampil bersih tanpa dekorasi atau serif. Penggunaan tipografi yang tebal dapat efektif menarik perhatian dan menyampaikan pesan dengan kuat.

Warna Kontras dan Warna Vibrant

Pemilihan warna untuk gaya desain ini kebanyakan menggunakan warna yang bisa menciptakan kontras. Warna kontras dalam gaya visual ini tidak hanya berguna menciptakan perbedaan yang jelas antara elemen. Tetapi juga berguna untuk menyoroti elemen penting agar tampil mencolok.

Gaya Desain Kontemporer Pada Era modern

Kombinasi warna cerah sering ditemui dalam gaya desain karena bisa menciptakan tampilan yang mencolok. Seringkali menggunakan warna vibrant yang mencolok dan tampil berani. Desain Kontemporer tidak menggunakan warna konvensional yang sederhana, warna cerah dan kontras menjadi pilihan untuk membuat desain menonjol. 

Baca juga: Tujuan Menggunakan Warna Cerah dalam Desain Grafis

Kombinasi Teknologi Digital dan Tradisional

Gaya visual ini mengkombinasikan teknologi digital agar mencerminkan era modern dengan baik. Kombinasi desain grafis dengan teknologi digital akan menciptakan tampilan futuristik dan modern. Penggunaan elemen yang mencerminkan teknologi digital akan menciptakan tampilan desain inovatif dan berkesan canggih.

Teknik grafik digital seperti efek 3D, cahaya neon hingga elemen perspektif, akan cocok untuk menggambarkan era teknologi digital. Selain itu kombinasi elemen tradisional seperti elemen yang digambar tangan akan menciptakan visual yang unik. Elemen teknologi digital adalah bagian dari tren terkini, sementara elemen tradisional adalah elemen yang terus relevan dari waktu ke waktu. 

Desain Berkelanjutan dan Relevan

Tentu saja jika membicarakan desain yang mencerminkan era terkini haruslah relevan dalam waktu yang lama. Seringkali desain kontemporer mencerminkan isu sosial dan gerakan masyarakat untuk mendukung berkelanjutan. Desain yang tercermin dari situasi sosial saat ini dapat menjadi gambaran nyata dari era ini. 

Penggunaan elemen artistik dan perlawanan dengan efek grunge dan distorsi sering ditemui dalam desain kontemporer. Gaya desain ini banyak yang memiliki tampilan artistik daripada bersih seperti desain minimalis. Kombinasi efek visual grunge, bayangan hingga tipografi eksperimental akan menciptakan desain yang unik. 

TREN GAYA DESAIN KONTEMPORER MODERN

Meskipun tren ini terus berubah mengikuti tren desain pada era tertentu, untuk saat ini gaya desain kontemporer menyesuaikan dengan gaya visual yang populer tahun 2024. Beberapa elemen yang bisa digunakan untuk menciptakan gaya kontemporer pada era ini:

Tipografi Distorsi dan Wavy

Selain penggunaan font tebal, tipografi yang sering digunakan akhir-akhir juga cukup unik dan terlihat eksentrik. Gaya tipografi yang menciptakan kesan artistik sering dipilih seperti gaya huruf wavy dan distorsi. Desain modern ini banyak menggunakan font unik untuk menciptakan visual yang artistik dan beda dari yang lain.

Font dengan bentuk huruf wavy ini memiliki huruf tebal dan menciptakan kesan ramah. Penggunaan jenis font ini banyak digunakan untuk desain kemasan makanan atau minuman, dan desain konten media sosial. Sementara gaya font distorsi ini cocok untuk mencerminkan kesan modern dan teknologi digital, penggunanya menciptakan tampilan artistik dan unik. 

Baca juga: 7 Manipulasi Tipografi untuk Membuat Desain Lebih Menarik

Efek Visual Unik: Grunge, Glitch dan Texture

Gaya Desain Kontemporer Pada Era modern

Desain pada era modern ini terus bertransformasi dengan memanfaatkan beberapa teknik kreatif untuk menciptakan elemen desain yang unik. Efek visual pada era modern ini menggunakan efek yang bisa menciptakan kesan modern, canggih dan futuristik. Beberapa efek visual yang kerap digunakan untuk desain kontemporer pada era ini seperti glitch, grainy, texture, grunge dan lainnya.

Desain kontemporer sesuai tren terkini kebanyakan menggunakan efek visual untuk menciptakan kesan futuristik. Efek glitch rusak ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan kesan teknologi. Efek grainy dan tekstur tertentu bisa memberikan dimensi visual khas era modern. 

Elemen 3D

Jika gaya kontemporer menyesuaikan dengan tren terkini desain pada tahun ini penggunaan elemen 3D juga menjadi salah satu yang bisa digunakan. Elemen-elemen desain 3D ini mencerminkan teknologi yang semakin canggih. Tidak hanya pada gambar elemen 3D juga diterapkan pada teks agar tampil menonjol.

Desain 3D modern seringkali menggunakan efek nyata berupa cahaya neon, hologram, dan efek bayangan. Elemen 3D holographic sangat cocok untuk mencerminkan tren desain era modern. Konsep futuristik dan modern merupakan bagian penting dalam desain kontemporer pada tahun ini. 

Piksel Art

Desain grafis kontemporer akan menciptakan desain yang sesuai dengan tren populer saat ini. Kombinasi elemen desain yang populer pada era ini dapat menciptakan tampilan yang relevan. Penggunaan desain bergaya piksel akan menciptakan desain grafis yang menarik dan sesuai dengan tren terkini. 

Elemen-elemen desain dengan gaya piksel akan menciptakan kesan nostalgia yang menarik. Biasanya gambar piksel akan menggambarkan teknologi era retro yang masih relevan dengan gaya visual era modern. Penggunaan gaya visual yang trendi akan menunjukkan jika desain menggunakan gaya desain kontemporer. 

Baca juga: Desain Piksel Art yang Kembali Populer: Ciri dan Elemen

Holographic Elemen 

Desain yang menyesuaikan dengan tren terkini ini banyak mengambil inspirasi elemen bertema teknologi digital. Elemen-elemen gambar dan teks holographic juga menjadi favorit akhir-akhir ini. Tampilan holographic memberikan kesan teknologi canggih dan masa depan pada desain grafis.

Banyak desain kontemporer modern ini menggunakan efek holographic maupun elemen gambar holographic. Holographic menciptakan tampilan yang mencolok dan mudah untuk terlihat menonjol. Efek hologram pada desain holographic tidak hanya berkesan modern tetapi menciptakan tampilan yang premium. 

KESIMPULAN

Gaya desain kontemporer bukanlah gaya desain yang terpaku pada satu era tertentu, melainkan gaya visual yang terus bertransformasi sesuai tren. Untuk gaya kontemporer pada era ini memiliki gaya visual yang mencerminkan desain modern yang bersih, artistik, dan futuristik. Desain kontemporer yang relevan pada tahun 22024 ini masih seputar teknologi digital dan teknik kreatif ala teknologi canggih. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Types of Graphic Design. (2024). Professional Academy. https://www.ucd.ie/professionalacademy/resources/types-of-graphic-design-styles/ ↩︎
  2. Bicaku, Enina. (2023, November 22). What Is Graphic Design? A Beginners Guide to Visual Communication. Lokaa. https://looka.com/blog/what-is-graphic-design/ ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.