Tips Mendesain Ulang Desain Kemasan Produk

0
(0)

Desain grafis untuk kemasan harus memiliki visual yang memikat untuk menarik perhatian audiens. Seiring berjalannya waktu desain kemasan bisa tidak relevan jika masih menggunakan gaya desain yang lama. Untuk mendesain ulang kemasan baru yang kreatif, pertimbangkan untuk menerapkan tips-tips penting seperti ide kreatif dan kebutuhan konsumen.

Tips Mendesain Ulang Kemasan Produk

Desain kemasan yang baru harus memiliki tampilan yang lebih menarik dan lebih baik dari sebelumnya. Tampilan desain harus terlihat terlihat memikat dan unik agar konsumen tertarik dengan produk. Ada beberapa tips dan hal penting untuk diperhatikan untuk membuat desain kemasan yang lebih baik sebelumnya. 

HAL YANG DIPERTIMBANGKAN SEBELUM MENDESAIN ULANG

Desain kemasan biasanya akan memiliki tampilan visual yang mencerminkan identitas merek, jenis produk, dan informasi penting tentang produk. Informasi tersebut akan ditampilkan dalam bentuk visual menarik dan mudah dibaca. Desain kemasan yang baru perlu diciptakan dengan memerhatikan beberapa hal ini agar lebih baik:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Kebutuhan Konsumen

Untuk menciptakan desain kemasan yang baru dan lebih baik, perhatikan kebutuhan dan preferensi konsumen. Lakukan survei konsumen pada desain kemasan yang lama, lihat saran dan keinginan konsumen pada desain kemasan. Perhatikan hall seperti preferensi desain, cara kemasan digunakan, hingga cara penyimpanan konsumen. 

Cari tahu juga minat konsumen pada gaya desain tertentu untuk menciptakan desain kemasan yang menarik perhatian mereka. Pemilihan warna dan gaya font bisa memengaruhi kemudahan konsumen dalam menemukan kemasan. Desain baru yang sesuai dengan kebutuhan dan minat konsumen akan efektif membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. 

Baca juga: Tren Elemen dan Hal Penting dalam Membuat Desain Kemasan

Gaya Desain Baru yang Relevan dan Berbeda

Ketika menciptakan gaya desain baru yang menarik pastikan memerhatikan tren dan gaya desain kemasan brand lainnya. Hindari untuk daya desain yang sedang populer dan sudah terlalu umum karena bisa membuat desain kemasan kurang menarik. Pilih gaya desain yang relevan dengan tren tetapi tidak pasaran sehingga kemasan bisa tampil menonjol. 

Lakukan riset tentang desain kemasan dan pilih gaya desain yang berbeda dari yang sudah ada agar kemasan bisa bersaing. Desain yang relevan dan tampil beda akan efektif untuk memikat. 

Kemudahan Keterbacaan dan Penggunaan

Tips Mendesain Ulang Kemasan Produk

Desain kemasan tetap harus memiliki kemudahan untuk dibaca informasinya tidak hanya harus menarik. Pemilihan tipografi harus mengutamakan keterbacaan tetapi juga menciptakan tampilan visual yang menarik. Ada banyak informasi penting dalam desain kemasan yang harus mudah terbaca dan efektif. 

Desain kemasan yang baru juga harus memiliki kemudahan untuk digunakan, adanya informasi yang jelas pada kemasan akan membantu memudahkan penggunaan. Kemasan yang terbaca dengan baik juga efektif diidentifikasi oleh konsumen. Kesederhanaan latar belakang menjadi kunci dalam menciptakan keterbacaan kemasan yang baik.

Sesuaikan dengan Citra dan Jenis Produk

Meskipun ingin menciptakan gaya desain baru yang menarik, desainnya harus tetap bisa mencerminkan citra dan karakter merek. Gaya desain baru tetap harus memiliki desain yang bisa merepresentasikan citra brand dengan baik. Tidak hanya desain juga harus memiliki desain kemasan yang sesuai dengan jenis produk agar efektif dikenali oleh konsumen. Terkadang bentuk kemasan dibuat dengan menyesuaikan bentuk produk agar menghasilkan tampilan yang kreatif. 

Baca juga: Tips Memilih Tipografi Desain Kemasan

TIPS MENDESAIN ULANG KEMASAN

Untuk mendesain ulang kemasan yang lebih baik dari sebelumnya selain memperhatikan beberapa hal tersebut, perhatikan tips seperti tren desain dan preferensi konsumen. Ciptakan tampilan packaging baru yang fresh, unik dan berbeda dari yang lain1. Terapkan beberapa tips ini agar tampilan desain efektif memikat konsumen:

Ciptakan Desain Baru Relevan dan Unik

Untuk menarik perhatian pastikan untuk menciptakan desain baru yang lebih baik dan sesuai dengan preferensi konsumen. Desain kemasan yang baru harus relevan dengan produk, identitas merek dan tren desain. Manfaatkan gaya desain yang populer untuk membuat desain baru yang unik.

Desain harus relevan agar bisa menarik perhatian konsumen. pilih gaya tipografi warna, dan ilustrasi yang relevan dengan era saat ini. Namun pastikan elemen yang digunakan tidak terlalu umum agar tampilan desain fresh. 

Pertimbangkan Kesederhanaan

Tips Mendesain Ulang Kemasan Produk

Terkadang gaya desain kemasan yang populer dulu adalah kemasan yang kompleks dengan bak ilustrasi dan konten. Pada era modern ini banyak kemasan yang mulai fokus menciptakan visual yang sederhana dan minimalis karena akan lebih mudah menarik. Jika desain kemasan sebelumnya memiliki terlalu banyak elemen visual sehingga terlihat berantakan, cobalah untuk disederhanakan. 

Fokuskan untuk membuat desain baru sederhana agar kemasan tampil fresh dan menarik. Batasi penggunaan warna, gaya font, hingga penggunaan pola atau dekorasi yang berlebihan. Kemasan dengan desain sederhana dan bersih kan lebih menarik perhatian. 

Buat Desain yang Out of The Box

Ciptakan desain baru yang sangat berbeda dari desain sebelumnya jika mungkin ciptakan desain kemasan yang out of the box. Cari inspirasi desain kemasan yang unik dan kreatif dengan menjelajah internet. Pikirkan sesuatu yang masih merepresentasikan brand tetapi memiliki bentuk dan desain yang unik.

Gaya desain yang unik bisa dibuat dengan menciptakan bentuk kemasan yang unik atau menggunakan gaya desain yang unik. Ide-ide out of the box seperti kemasan yang bersambung, label transparan dan bentuk-bentuk yang unik akan terlihat kreatif. Beranilah mengeksplor gaya desain kemasan untuk menemukan ide yang yang out of the box sehingga kemasan tampil beda dari yang lain.

Baca juga: Gaya Desain Kemasan Berdasarkan Jenis Produk

Pertimbangkan Kekurangan Desain Sebelumnya

Untuk menciptakan desain kemasan baru yang menarik, pertimbangkan untuk memperbaiki kekurangan desain kemasan sebelumnya. Amati kekurangan desain kemasan sebelumnya dan ciptakan sesuatu yang lebih baik dan menarik. Lakukan uji pendapat dengan konsumen untuk menerima saran perbaikan desain kemasan yang sesuai dengan preferensi mereka. 

Lihat bagaimana tampilan kemasan sebelumnya yang membuat desainnya kurang menarik dan terlihat tidak efektif ketika disandingkan dengan kemasan produk lainnya. Amati layout desain, bentuk kemasan, kemudahan penggunaan hingga pemilihan elemen visual seperti warna dan tipografi. Elemen tipografi dan warna bisa memengaruhi keterbacaan kemasan dan daya tarik visualnya, perbaiki hal yang kurang.  

Sesuaikan dengan Tren 

Ketika ingin menciptakan desain kemasan yang baru, cobalah untuk memerhatikan elemen tren. sehingga desain efektif untuk menarik perhatian. Biasanya tren desain kemasan dipengaruhi oleh tren desain grafis dan preferensi pelanggan. 

Tren desain kemasan pada era modern ini seringkali memiliki desain yang sederhana dan minimalis. Kemasan produk juga kerap menggunakan gaya desain bertema futuristik dan gaya desain organik. Gunakan tren desain kemasan yang sesuai dengan era modern dan bisa tampil timeless. Redesain kemasan akan tampil kurang efektif jika gaya desain baru yang dipilih tidak sesuai tren atau tren yang hanya bertahan sebentar. 

Gunakan Desain Timeless

Tidak hanya desain logo, prinsip timeless juga perlu diterapkan untuk desain kemasan sehingga kemasan akan tetap relevan dalam waktu yang lama. Desain kemasan yang tidak timeless harus sering melakukan desain ulang, yang mana akan menghabiskan banyak biaya dan waktu. Gaya yang tidak timeless akan membuat konsumen tidak tertarik melihat kemasan setelah beberapa waktu. 

Desain kemasan yang tidak timeless akan membuat, produk kurang menarik perhatian dan ketinggalan zaman. Untuk menciptakan desain timeless, kesederhanaan dan pemilihan elemen visual harus dipertimbangkan dengan bijak. Elemen visual yang timeless akan membantu desain kemasan terlihat relevan bahkan setelah beberapa waktu berlalu. 

KESIMPULAN

Ketika ingin mendesain ulang kemasan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum memutuskan resign. Desain kemasan yang baru harus menerapkan prinsip dasar desain kemasan seperti visual menarik, keterbacaan yang baik, dan efektif menyampaikan informasi dan mempresentasikan produk. Konsumen seringkali mempertimbangkan visual desain kemasan ketika memilih produk agar menciptakan desain kemasan yang menarik perhatian dan unik. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. 9 takeaway tips for better packaging design. (2017). 99designs. https://99designs.com/blog/packaging-label/packaging-design-tips/ ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.