Contoh Penggunaan Font Script yang Efektif

0
(0)

Variasi jenis font terdapat beberapa pilihan yang dibedakan berdasarkan karakter hurufnya. Bentuk dan karakter huruf yang berbeda, membuat setiap font akan menciptakan tampilan berbeda sehingga digunakan untuk kebutuhan berbeda. Dalam penggunaan font script sering dipilih karena dapat menciptakan tampilan desain elegan, alami dan unik.

Seperti yang sudah kita ketahui font script merupakan salah satu jenis font yang memiliki tampilan huruf yang dibuat mengikuti gerakan tulisan tangan. Sehingga menciptakan gaya huruf dengan tampilan unik dan terlihat alami seperti gaya tulisan tangan. Font script dapat digunakan untuk menciptakan tampilan formal, elegan dan stylish.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MEMILIH FONT SCRIPT

Untuk menggunakan gaya font script dalam desain grafis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga tampilan desain terlihat menarik. Penggunaan font script bisa dapat kurang efektif jika tidak memperhatikan beberapa hal ini karena font script beberapa variasinya memiliki tampilan huruf bersambung.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Tujuan Desain

Jika menyesuaikan tujuan desain, penggunaan font script biasanya dipilih untuk menciptakan tampilan desain yang elegan, formal dan stylish. Pemilihan tipografi script ini perlu menyesuaikan tujuan desain akan menciptakan tampilan yang menarik. Jika desain bertujuan untuk menunjukkan tampilan formal dan klasik, gunakan font script yang bisa menunjukkan kesan formal. 

Variasi font script akan berbeda lagi jika desain bertujuan untuk menunjukkan tampilan elegan dalam desain logo. Font script yang dipilih akan memiliki guratan lebih tipis sehingga tampil elegan. Biasanya font script elegan digunakan untuk logo fashion dan kecantikan. 

Font script yang formal akan ditemui dalam desain dokumen penting seperti proposal, sampull buku dan kartu ucapan. Judul yang singkat akan efektif untuk menggunakan font script daripada judul yang panjang karena bisa sulit untuk dibaca.

Baca juga: Tips dan Contoh Kombinasi Font untuk Desain Modern 

Penggunaan Untuk Judul

Ketika font script digunakan untuk judul dalam desain, perhatikan ukuran dan panjang judulnya, agar teks mudah untuk dibaca. Daripada digunakan dalam paragraf, font script lebih mudah idbca jika digunakan dalam konteks judul. Font judul biasanya berukuran besar dengan kalimat yang pendek sehingga membuat font script lebih mudah dibaca. 

Jika judul pendek gunakan font script, hati-hati dalam mengatur jarak dan gaya hurufnya agar mudah untuk dibaca. Hindari menggunakan huruf kapital untuk font script pada judul karena akan kurang menarik dan sulit untuk dibaca oleh audiens. Ketika ingin menggunakan font script sebagai judul, gunakan dalam warna latar belakang sederhana atau solid, agar font script tampak mencolok.

Misalnya sebagai judul buku romantis dan desain kemasan skincare font script dalam latar belakang sederhana akan membuat judul tampil menarik perhatian dan elegan. 

Hindari Menggunakan Uppercase

Sudah sering dibahas, font script dengan capslock akan terlihat kurang efektif dan menciptakan tampilan kurang menarik. Font ini akan tampil elegan dan paling menarik ketika digunakan dalam lowercase dan Capitalize Each Word. Teks akan tampil elegan dalam lowercase atau kapital pada setiap huruf pertama. 

Huruf kapital untuk judul dengan font cript harus dihindari karena tampilan desain akan kurang menarik. Teks akan sulit untuk terlihat harmonis dengan gaya font lain jika menggunakan kapital script. Untuk memberikan kemudahan audien membaca dan kenyamanan mata hindari menggunakan huruf kapital untuk font script. 

Berikan Leading yang Cukup

Ketika mengatur font script dalam desain grafis, bukan mengatur tracking atau kerning tetapi perhatikan loadingnya. Variasi font script kebanyakn dalam bentuk huruf bersambung sehingga tidak memerlukan kerning atau tracking karena tampilan huruf malah menjadi kurang menarik. Gunakan font script dengan jarak antar baris yang cukup sehingga mudah terbaca. 

Terkadang bentuk font script sedikit rumit sehingga jika antar baris terlalu berdekatan akan sulit untuk dibaca sehingga butuh jarak yang cukup. Perhatikan jarak antar baris agar teks mudah dibaca sehingga menyampaikan pesan dengan efektif. 

Pertahankan Kesederhanaan

Dalam sebuah desain jangan menggunakan lebih dari dua jenis font script, tampilan font script yang sedikit rumit bisa sulit dibaca. Kombinasikan font script bersambung dengan font bersih yang masih tampil klasik dan elegan seperti serif. Hindari mengkombinasikan font script dengan font decorative karena bisa menyulitkan keterbacaan.

Baca juga: Penggunaan Tipografi Elegan pada Beragam Jenis Desain Grafis 

KAPAN HARUS MENGGUNAKAN FONT SCRIPT

Contoh penggunaan font script dalam dunia desain grafis1 dapat dilihat dalam beberapa contoh dibawah ini: 

Desain Undangan Pernikahan

Contoh Penggunaan Font Script yang Efektif

Contoh penggunaan font script paling umum adalah untuk desain undangan, karena dapat menciptakan tampilan formal, elegan dan mewah. Desain undangan pernikahan identik dengan kesan mewah dan elegan serta dekorasi ornamen bunga yang menarik. Font script aka menciptakan tampilan harmonis dan terlihat elegan, biasanya font script akan digunakan untuk menyoroti nama pengantin.

Dalam desain undangan font script dapat dikombinasikan dengan font serif modern yang elegan akan tampil semakin menarik. Pilih font script dengan guratan huruf yang tipis dan panjang agar tampil elegan. Font serif modern yang tipis akan mendukung kesan elegan dan mewah dalam desain undangan. 

Desain Logo Retro

Font script juga kerap kali dikaitkan dengan kesan retro dalam sebuah desain grafis. Penggunaan font script untuk logo bisa menciptakan nuansa retro dan klasik, jika diperhatikan font script pada era klasik cukup populer. Banyak logo yang bergaya retro menggunakan font script yang tebal maupun tipis untuk menciptakan kesan nostalgia yang menarik.

Contohnya penggunaan font script pada logo coca-cola yang berhasil tamil unik meski bergaya retro. Font script yang dipilih sesuai identitas merek dapat merepresentasikan merek dengan baik dan tamil unik. Brand-brand yang sudah berdiri sejak lama banyak yang memanfaatkan tipografi retro seperti script untuk menunjukkan kesan brand premium dan terpercaya. 

Baca juga: Tips Menciptakan Desain Logo Gaya Vintage 

Logo Autograph Elegan dan Mewah

Contoh Penggunaan Font Script yang Efektif

Pada desain logotype, penggunaan font script akan menciptakan tampilan elegan dan mewah untuk brand. Huruf script yang sebagian besar menggunakan huruf bersambung akan tampil elegan dengan guratan garis yang tipis. Sementara garis yang tebal akan menciptakan tampilan logo yang kuat. 

Logo dengan tampilan mewah dengan font script seperti logo perhiasaan cartier, huruf script yang tipis membuat logo tampak elegan dan mewah. Logo nama merek dengan font script sering dipilih karena efektif untuk menciptakan tampilan alami dan kesan mewah pada merek. Pastikan memilih gaya font script yang tipis atau tebal sesuai identitas merek.

Desain Kemasan Produk Elegan

Contoh Penggunaan Font Script yang Efektif

Penggunaan font script juga banyak ditemui dalam desain kemasan untuk produk yang bertema fashion, jewelry dan beauty yang ingin terlihat elegan. Brand fashion dan kecantikan seringkali menggunakan jenis font script dengan guratan tipis agar terlihat elegan. Tampilan kemasan akan terlihat mewah dan dapat dipercaya dengan menggunakan font script sebagai judul atau headline. 

Font script pada kemasan dapat digunakan dengan kombinasi warna latar belakang yang gelap dan soli sehingga teks script terlihat menonjol. Seringkali teks dengan font script akan didukung oleh warna teks emas atau silver agar tampil lebih mewah. Huruf script bersambung dengan gaya elegan sangat cocok dengan image brand kecantikan, jewelry dan fashion sehingga desain packaging terlihat mewah. 

KESIMPULAN

Font script dalam desain grafis dapat digunakan untuk berbagai proyek dan jenis desain yang bervariasi mulai dari desain logo, undangan, kemasan dan desain grafis lainnya. Pemilihan penggunaan jenis font script yang tipis atau tebal akan disesuaikan dengan tujuan desain. Font script yang tebal akan tampil lebih ramah dengan sudut yang melengkung. Sementara font script yang tipis akan tampil elegan dan mewah dengan sudut yang tajam. Pastikan untuk memilih gaya font script yang sesuai dengan kebutuhan desain. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. When Is It Acceptable to Use a Script Font in a Design?. (2020). SilkDesigns. https://silkcards.com/blog/news/when-is-it-acceptable-to-use-a-script-font-in-a-design/ When Is It Acceptable to Use a Script Font in a Design?. (2020). SilkDesigns. https://silkcards.com/blog/news/when-is-it-acceptable-to-use-a-script-font-in-a-design/  ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.