Inspirasi Desain Grafis Minimalis Sesuai Jenis Desain

0
(0)

Tampilan desain grafis yang sederhana bukan hanya bertujuan agar terlihat estetik tetapi berperan penting dalam menarik minat audiens. Untuk menciptakan desain grafis bertema minimalis biasanya memeprtimbangkan tujuan pesan dan kesan yang ingin diciptakan. Inspirasi desain bertema minimalis dalam desain grafis digunakan untuk berbagai jenis desain karena efektif untuk menyampaikan pesan.

Gaya visual minimalis lebih mudah untuk dibaca dan dipahami daripada yang menggunakan gaya desain minimalis. Desain minimalis lebih mudah menarik perhatian pada desain digital marketplace dan media sosial. Tampilan yang sederhana membuat desain minimalis mudah untuk menarik perhatian audiens pada informasi. 

ATURAN DALAM DESAIN MINIMALIS

Untuk menciptakan tampilan desain yang minimalis ada beberapa aturan dan trik yang perlu diperhatikan. Desain minimalis tidak sekedar menggunakan elemen yang minimalis, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Berikut aturan dalam membuat desain terlihat minimalis1:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Batasi Penggunaan Elemen

Agar desain terlihat minimalis elemen-elemen yang digunakan dalam desain harus dibatasi. Fokuskan desain untuk memiliki informasi penting saja sehingga tidak perlu memiliki banyak variasi elemen. Terlalu banyak elemen yang digunakan akan sulit untuk mengatur tata letaknya, desain akna terlihat berantakan dan kurang profesional.

Desain minimalis umumnya akan memiliki tampilan bersih dan jarak antar elemen yang masih luas. Jika elemen yang digunakan terlalu banyak dan bervariasi akan sulit untuk menciptakan tampilan minimalis. Batasi jumlah elemen yang digunakan agar tampilan desain terlihat lebih sederhana. 

Sederhanakan Elemen

Selain jumlah elemen yang dibatasi penting juga untuk memiliki gaya elemen yang sederhana. Desain minimalis umumnya akan memiliki elemen yang sederhana agar tampilan terlihat sederhana dan bersih. Elemen-elemen yang digunakan tidak boleh memiliki bentuk rumit atau kombinasi yang tidak harmonis.

Pilih jenis tipografi bersih dan sederhana untuk menciptakan tampilan yang minimalis. Selain tipografi bersih gunakan juga kombinasi palet warna sederhana seperti warna netral atau warna pastel yang lembut. Hindari juga untuk menambahkan dekorasi yang kurang penting atau efek visual untuk mempertahankan kesederhanaan desain grafis.

Ruang Negatif yang Cukup

Inspirasi Desain Grafis Minimalis Sesuai Jenis Desain

Desain minimalis juga identik dengan adanya ruang negatif atau ruang kosong yang cukup. Jumlah elemen yang terbatas akan menyisakan ruang kosong yang luas, sehingga memberikan kesan bersih. Penggunaan desain grafis yang terlihat bersih dan ruang yang luas akan terlihat profesional.

Jarak antar elemen dalam ruang negatif yang cukup akan memudahkan elemen terlihat jelas dan mudah terbaca dengan baik. Ruang negatif dalam desain minimalis menciptakan ruang untuk bernafas sehingga elemen tidak terlihat sesak atau padat. Pastikan pengaturan ruang negatif menciptakan keseimbangan visual.

Baca juga: Fungsi Ruang Negatif Antar Elemen dalam Desain Grafis

Batasi Palet Warna 

Untuk membuat desain minimalis batasi juga penggunaan warna, agar visualnya tampak sederhana. Untuk desain logo penggunaan satu atau dua warna akan cocok untuk gaya minimalis. Sementara desain yang memiliki elemen kompleks bisa menggunakan kombinasi 5-6 warna saja agar tetap sederhana. 

Atur kombinasi warna agar  terlihat harmonis, kombinasi warna cerah dan pucat bisa menciptakan kombinasi sederhana. Terkadang penggunaan kombinasi warna netral akan menciptakan tampilan desain yang sederhana. Kombinasi warna cerah dan warna cerah mungkin bisa membuat desain terlihat kurang sederhana, maka dari itu warna bisa diubah agar lebih pucat. JIka diperhatikan banyak desain minimalis memiliki inspirasi palet warna dengan warna netral yang dominan.

Font Bersih dan Sederhana

Inspirasi Desain Grafis Minimalis Sesuai Jenis Desain

Desain grafis yang sederhana juga biasanya akan menggunakan jenis tipografi yang bersih tanpa dekorasi serif atau ornamen yang berlebihan. Penggunaan font yang sederhana akan membuat tampilan desain terlihat bersih dan sederhana. Kombinasi font yang tampil harmonis dan sederhana contohnya serif dan sans serif.

Font dengan tampilan bersih akan cocok untuk desain minimalis, kombinasi font dalam family yang sama atau beda. Variasi ketebalan huruf dalam jenis font yang sama juga bisa menciptakan hirarki, desain juga akan tampak lebih sederhana. Pada desain minimalis hindari menggunakan font rumit seperti display dan decorative.

Gunakan Grid

Selain tampilan yang bersih dan sederhana, desain minimalis juga seringkali memiliki layout yang terstruktur dan rapi. Penggunaan garis bantu atau grid akan membantu dalam mengatur elemen-elemen desain agar terlihat lebih rapi. Desain minimalis yang diatur dengan grid akan tampil profesional karena terstruktur dengan baik. Mengatur elemen minimalis yang rapi mungkin akan sedikit sulit untuk mengaturnya dengan sejajar. 

Tampilan Visual Seimbang

Berbeda dengan desain lain seperti futuristik atau abstrak yang lebih ekspresif dengan tata letak elemen. Desain minimalis yang mengutamakan kesederhanaan ini berfokus menciptakan tampilan yang seimbang. Dengan bantuan garis bantu elemen desain akan terlihat seimbang sehingga tampilannya rapi. Penggunaan elemen yang sederhana dan terbatas juga menciptakan tampilan visual yang seimbang. 

Baca juga: Kesalahan dalam Menciptakan Desain Grafis Gaya Minimalis

INSPIRASI DESAIN MINIMALIS

Ketika ingin memilih gaya desain menarik, pertimbangkan untuk melihat inspirasi desain minimalis. Banyak inspirasi desain minimalis yang bisa dijadikan ide untuk menarik perhatian audiens3

Desain Minimalis Logo atau Brand

Logo Inisial Nama Keren
Desain Logo Inisial Nama Sendiri

Untuk desain logo atau identitas merek, gaya minimalis salah satu yang paling banyak digunakan. Hal ini karena gaya desain minimalis cukup efektif untuk menarik perhatian dan membuat logo mudah untuk diingat. Desain logo minimalis sering dipilih karena lebih efektif untuk relevan dari waktu ke waktu, mudah diingat, dan fleksibel untuk digunakan.

Logo minimalis memiliki bentuk ikon sederhana tidak rumit, seringkali menggunakan ikon inisial huruf. Sementara warna yang digunakan sering berwarna hitam dan putih untuk menciptakan kesederhanaan. 

Desain Minimalis Website

Gaya desain sederhana juga kerap ditemui dalam desain website, tampilan website minimalis akan memudahkan fokus pengunjung kepada informasi penting. Pengunjung website akan lebih menjelajahi website jika memiliki desain yang sederhana. Banyak inspirasi gaya desain minimalis untuk website yang efektif untuk mengkomunikasikan pesan dan membangun branding yang profesional. 

Desain Minimalis Kartu Nama

Salah satu elemen penting dalam desain grafis yang digunakan untuk branding adalah  desain kartu nama yang minimalis. Desain kartu nama minimalis akan memudahkan audiens membaca informasi seperti nama, jabatan hingga informasi kontak lainnya. Kartu nama akan tampak lebih berkesan profesional jika memiliki gaya desain minimalis. 

Baca juga: Desain Minimalis: Tren yang Timeless di Era Modern

Desain Minimalis Infografis

Meskipun terkadang gaya desain infografis dengan ilustrasi kompleks tampil lebih menarik, desain yang sederhana akan memudahkan informasi untuk dibaca. Desain grafis minimalis dapat membantu informasi pada infografis lebih mudah dibaca dan dipahami. Penggunaan jenis desain infografis minimalis perlu mempertimbangkan tujuan dan jenis konten alam infografis. 

Desain Minimalis Presentation

Pemilihan desain minimalis untuk inspirasi desain grafis seringkali karena memberikan kemudahan untuk informasi dan pesan mudah untuk dibaca. Untuk desain presentasi gaya minimalis akan efektif untuk menyoroti pesan yang ingin disampaikan. Audiens bisa mudah membaca dan memahami pesan dalam desain presentasi karena hanya difokuskan pada penggunaan elemen penting saja.

Desain Minimalis Kemasan

Gaya minimalis yang sederhana juga efektif untuk membuat desain kemasan lebih menarik. Desain kemasan akan terlihat bersih dan memiliki citra seperti merek premium. Gaya minimalis dalam era modern ini cukup populer hingga merambah pada desain kemasan, biasanya paling banyak ditemui dalam desain kemasan skincare, kosmetik dan produk teknologi.

KESIMPULAN

Desain grafis memiliki banyak pilihan gaya visual yang disesuaikan dengan informasi yang ingin disampaikan. Gaya desain minimalis sering dipilih sebagai inspirasi desain yang efektif dan fleksibel untuk digunakan. Untuk membuat desain terlihat menarik pastikan memerhatikan tips dan trik kreatif dalam mengatur elemen desain kreatif. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Wade, Naja. (2023, Apr 25). Minimalist Design Tips For Your Next Creative Project. shutterstock. https://www.shutterstock.com/blog/minimalist-design-beautiful-examples-and-practical-tips-2 ↩︎
  2. Velarde, Orana. (2024, Feb 19). 20+ Examples of Minimalist Design to Inspire Your Own Creations. Visme. https://visme.co/blog/minimalist-graphic-design/  ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.