Makna Psikologi Jenis-Jenis Font untuk Kebutuhan Desain

0
(0)

Font atau tipografi adalah salah satu elemen desain grafis yang memiliki peran untuk menyampaikan pesan dengan efektif. Terdapat banyak sekali jenis- jenis font dalam desain yang bisa digunakan untuk membuat tampilan desain semakin menarik. Setiap jenis-jenis font yang ada memiliki makna psikologi yang berbeda ketika digunakan dalam desain grafis.

Penting untuk memilih jenis font yang paling tepat untuk desain dan bisa mendukung pesan desain dengan baik. Memilih font untuk desain tidak hanya sekedar memilih jenis font yang mudah dibaca atau cocok dengan tema desai. Namun penting juga untuk mengetahui makna psikologi pada jenis-jenis font agar bisa mendukung pesan dengan baik. 

Jenis font harus sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan pada sebuah desain, maka penting memahami psikologi jenis font. Font yang tepat dapat memberikan dampak yang besar terhadap pesan yang disampaikan. Selain itu jenis font yang dipilih juga dapat mengkomunikasikan  berbagai emosi, perasaan dan pesan kepada audiens. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

MAKNA PSIKOLOGI JENIS-JENIS FONT DALAM DESAIN

Dalam menciptakan desain yang bisa mengkomunikasikan pesan dengan baik, penting untuk memahami setiap makna dan kesan yang bisa diciptakan font. Berikut beberapa makna psikologi jenis-jenis font untuk desain:

Serif

Salah satu jenis font serif ini biasanya sering digunakan dalam berbagai desain yang memiliki tampilan sederhana, modern dan klasik. Font serif juga banyak digunakan pada dokumen-dokumen untuk memberikan kesan formal dan profesional. Secara umum penggunaan font serif dalam desain akan memberikan desain memiliki kesan tradisional, klasik, elegan dan formal.

Makna Psikologi Jenis-Jenis Font untuk Kebutuhan Desain

Jenis font ini memiliki tampilan font yang sederhana, tidak terlalu tebal dan memiliki dekorasi berupa serif pada ujung huruf. Dekorasi ini yang menciptakan kesan tradisional dan elegan ketika digunakan dalam desain. Jenis font serif ini sering digunakan untuk berbagai kebutuhan terutama untuk menciptakan desain yang bertema klasik dan tradisional.

Font ini juga bisa digunakan dalam desain untuk dokumen cetak seperti majalah, koran, buku, hingga proposal. Hal ini karena jenis font ini dapat menciptakan kesan formal dan terpercaya. 

Baca juga: Font Serif: Ciri dan Alasan Font Sering Dipilih dalam Desain

Sans-serif

Jika font serif memiliki dekorasi pada ujung huruf, sementara sans serif ini tidak memiliki dekorasi atau hiasan pada ujung huruf. Tampilan font ini lebih sederhana dan bersih sehingga sering dipilih untuk kebutuhan desain yang minimalis atau modern. Font san serif ini memberikan kesan sederhana, bersih, elegan dan modern.

Makna Psikologi Jenis-Jenis Font untuk Kebutuhan Desain

Font ini sering digunakan untuk desain grafis pada era modern karena cocok dengan gaya modern yang sederhana dan minimalis. Pada desain konten media sosial, desain web, poster dan materi promosi akan membantu meningkatkan keterbacaan. Bentuk font yang jelas membuat font sans serif sering menjadi pilihan favorit untuk berbagai kebutuhan desain. 

Jenis font satu ini juga populer digunakan pada jenis logo karena memungkinkan logo akan terbaca dengan jelas. Jenis font san serif yang sederhana namun tetap memiliki keunikan sering menjadi pilihan untuk digunakan dalam desain yang membutuhkan teks yang banyak. Penggunaan font ini akan memberikan kesan desain yang bersih, modern dan minimalis. 

Script

Makna Psikologi Jenis-Jenis Font untuk Kebutuhan Desain

Font script merupakan font yang memiliki berbagai gaya yang menyerupai tulisan tangan manusia. Terdapat banyak berbagai gaya, mulai huruf bersambung, crayon, brush hingga bentuk yang personal lainnya. Penggunaan gaya desain ini akan memberikan kesan desain yang memiliki sentuhan personal yang unik.

Jenis font ini akan cocok digunakan untuk desain poster atau konten media sosial, termasuk juga untuk materi promosi. Tampilan font ini cenderung lebih artistik, unik dan terkadang elegan. Penggunaan jenis font script juga memberikan kesan ramah dan menyenangkan yang ingin disampaikan pada audiens.

Display

Jenis font ini memiliki gaya yang lebih bervariasi dan unik, variasi font untuk display ini terkadang menciptakan font yang menarik perhatian. Ketika digunakan sebagai identitas, jenis font ini bisa menjadi identitas yang kuat karena bentuknya yang unik. Dalam penggunaan font display untuk desain ini akan memberikan kesan artistik, unik dan menyenangkan. 

display font

Variasi dari jenis font display ini sangat beragam bahkan terkadang rumit karena menggunakan banyak dekorasi. Tidak hanya dekorasi font display juga banyak yang menggunakan efek visual dan tekstur. Variasi font display ini biasanya bermacam-macam, bisa dari ketebalan, efek visual, tekstur dan bentuk huruf yang unik. 

Kesan yang diciptakan pun bisa bervariasi mulai dari formal, klasik hingga lucu dan permainan. Penting untuk menggunakan jenis font display ini sesuai konteks dan tujuan desainnya, agar bisa cocok dan mendukung pesan. 

Baca juga: Memahami Font Display: Karakteristik, Kelebihan, dan Penggunaan

Monospace

Makna Psikologi Jenis-Jenis Font untuk Kebutuhan Desain

Jenis font yang satu ini memiliki ciri dimana setiap huruf akan memiliki jarak atau lebar yang sama. Jenis font ini memiliki tampilan yang konsisten, rapi dan bersih sehingga cocok digunakan untuk kebutuhan desain bertema modern atau minimalis. Jika jenis font lain jarak antar huruf bisa berbeda karena menyesuaikan kerning, tetapi font monospace memiliki jarak yang sama.

Penggunaan font ini akan memberikan kesan yang konsistens dan tampilan tes yang rapi dalam desain. Jenis font ini umumnya digunakan dalam desain kode, teks teknis atau desain yang membutuhkan tata letak elemen yang jelas. Font monospace ini juga akan mudah dibaca dan terlihat terstruktur dengan baik. 

Decorative

Font decorative ini memiliki dekorasi pada setiap huruf yang dapat berupa seperti yang panjang atau elemen garis-garis. Jika font serif memiliki dekorasi yang kecil, jenis font decorative ini memiliki dekorasi lebih rumit dan banyak. Terkadang dekorasi dari jenis font ini terlalu berlebihan dan membuatnya sulit dibaca.

Penggunaan jenis font ini juga memberikan kesan klasik dan tradisional, sering ditemui dalam desain undangan atau poster bertema klasik. Tampilan huruf yang memiliki dekorasi pada ujung setiap huruf memberikan kesan yang elegan. Tidak hanya elegan elemen dekorasi yang unik juga memberikan tampilan yang kreatif dan unik. 

Baca juga: Teknik Menata Huruf dan Pengaturannya dalam Desain Grafis

Retro

font retro

Adapula desain font retro yang ketikaa digunakan akan memberikan kesan nostalgia pada era retro dan klasik.  Font jenis retro akan sering digunakan dalam desain bertema retro entah itu untuk poster, konten media sosial ataupun desain logo. Pemilihan jenis font ini harus sesuai dengan makna yang ingin disampaikan seperti kesan klasik dan retro.

Gaya font ini terinspirasi dari estetika masa lalu, biasanya memiliki ciri outline yang tebal, gaya font script dan elemen dekorasi pada hurufnya. Ciri font retro ini dapat menciptakan kesan vintage yang unik, ketika diterapkan dalam desain. 

KESIMPULAN

Memahami psikologi di balik jenis font yang digunakan dalam desain grafis dapat membantu desainer memilih font yang paling sesuai dengan tujuan dan pesan yang ingin disampaikan kepada audiens. Dengan memilih font yang tepat, desain grafis dapat lebih efektif dalam menyampaikan pesan dan menciptakan pengalaman visual yang menarik bagi pemirsa.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts