Rekomendasi Efek Visual dan Overlay Menarik untuk Poster 

0
(0)

Desain poster umumnya akan lebih bebas dan leluasa dalam menggunakan gaya desain, terutama untuk acara seni atau festival, daripada desain promosi produk. Poster umumnya akan dibuat semenaarik mungkin agar dapat menarik perhatian audiens untuk membaca informasinya. Dalam desain poster seringkali akan ditambahkan efek visual menarik terutama untuk poster film, acara musik, atau pameran seni.

Desain poster yang memiliki efek visual menarik akan efektif untuk menyampaikan pesan. Efek visual dapat membuat tampilan poster terlihat lebih menarik dan unik, ini akan efektif memikat audiens. Namun penggunaan efek visual harus menyesuaikan dengan tema atau konsep desain.

Penambahan efek visual tertentu dapat membuat desain poster terlihat lebih artistik dan estetik. Ada banyak efek visual yang bisa ditambahkan pada desain grafis. Simak pembahasan ini untuk mengetahui beberapa rekomendasi efek visual unik untuk poster yang lebih artistik.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

REKOMENDASI EFEK VISUAL MENARIK UNTUK POSTER

Ketika ingin membuat tampilan visual desain poster semakin menarik tambahkan efek visual yang cocok dengan gaya atau tema desain. Desain poster umumnya akan efektif menarik perhatian dengan tampilan visual yang unik, berikut beberapa efek visual yang bisa digunakan:

Efek Terbakar

Menambahkan efek terbakar dengan elemen api dan asap akan memberikan kesan ambisius, misteri atau hangat. Efek terbakar yang diterapkan pada elemen teks atau gambar akan memberikan tampilan yang menarik. Terkadang efek ini akan diikuti dengan efek gosong seperti terbakar agar tampilan desain semakin menarik.

Efek terbakar ini akan cocok digunakan untuk kebutuhan desain poster film atau konten media sosial yang menarik. Poster film horor atau kejahatan akan cocok dengan efek terbakar. Penempatan efek visual ini harus bijak agar tidak terlihat berlebihan, pastikan efek terlihat menyatu dan memberikan efek nyata seperti terbakar. 

Kaca Pecah

Rekomendasi Efek Visual dan Overlay Menarik untuk Poster 

Desain untuk poster juga bisa diberi tambahan efek kaca atau kaca pecah untuk memberikan tampilan yang dramatis. Efek kaca pecah ini sering digunakan sebagai tekstur untuk menciptakan nuansa yang menegangkan. Biasanya pada desain poster ini juga berguna untuk menggambarkan kegagalan atau kerusakan.

Seringkali efek ini memiliki tampilan berupa kaca bening yang pecah berkeping-keping. Terkadang ada juga yang berupa retakan saja, gaya pecahan kaca akan disesuaikan kebutuhan. Efek ini bisa menciptakan tampilan visual yang lebih estetik dan unik, cocok untuk poster film atau poster sindiran.

Baca juga: Cara Memilih Warna untuk Desain Pemasaran yang Efektif

Sobekan Kertas

Untuk desain poster terkadang juga bisa menggunakan latar belakang kertas yang sobek atau dekorasi kertas yang robek. Jenis poster dengan efek sobekan kertas akan memberikan kesan artistik dan menarik. Sobekan kertas dapat berupa tekstur latar atau dekorasi untuk menciptakan estetika. 

Tekstur kertas yang sobek dapat menciptakan efek kedalaman visual yang menarik. Biasanya ini ditemui pada desain poster yang bertema vintage, scrapbook atau retro. Poster dengan efek kertas yang robek akan memperindah visualnya serta memberikan kesan vintage jika berwarna coklat. 

Air

Beberapa tema atau konsep desain mungkin akan membutuhkan efek atau overlay air pada desain agar tampilannya semakin menarik. Gunakan overlay untuk desain poster yang mempromosikan produk, biasanya ini untuk gambar produk skincare atau minuman. Penggunaan air sebagai efek atau overlay akan memberikan kesan segar dan menenangkan.

Efek percikan air akan membuat tampilan objek atau elemen terlihat seperti memiliki efek air yang nyata. Desain poster yang menambahkan efek air atau overlay air juga seringkali untuk poster festival musim panas. Pada desain promosi minuman juga membuat tampilan desain lebih memikat audiens. 

Baca juga: Jenis-jenis Frame yang Digunakan untuk Desain Grafis

Cahaya

Rekomendasi Efek Visual dan Overlay Menarik untuk Poster 

Untuk membuat desain terlihat semakin realis terkadang ditambahkan efek cahaya. Penggunaan efek cahaya ini biasanya untuk membuat desain terlihat lebih menarik dengan menggunakan efek cahaya yang lembut. Efek cahaya lembut akan menghasilkan pula efek bayangan yang lembut. 

Menambahkan efek cahaya bisa membuat poster terlihat lebih menarik, selain itu elemen akan terlihat lebih nyata. Terkadang efek cahaya bisa berupa sorotan seperti lampu panggung pada elemen tertentu. Bisanya ini untuk poster yang ingin menyoroti elemen penting. 

Bayangan

Desain poster yang ingin menciptakan suasana dramatis dan menarik perhatian dapat menggunakan efek bayangan. Elemen seperti teks atau bayangan dapat diberi bayangan agar terlihat mencolok dan memiliki kedalaman visual. Efek bayangan yang bisa digunakan pun beragam, dan arahnya harus disesuaikan agar semua elemen memiliki arah bayangan yang sama.

Bayangan dengan tampilan blur atau transparan akan memberikan kesan lembut, sementara yang tingkat transparansi tinggi akan terlihat tajam. Ada juga model bayangan seperti drops shadow yang menciptakan bayangan yang terlihat lurus dan tajam. Atur ketebalan bayangan sesuai dengan tema desain agar menciptakan tampilan yang harmonis.

Baca juga: Rekomendasi Efek Visual Teks yang Unik dan Menarik

Holographic

Dalam membuat tampilan desain poster lebih menarik terutama untuk tema modern dan futuristik tambahkan efek holographic. Efek ini akan memberikan tampilan desain yang terlihat berkilau seperti silver atau metalik. Biasanya penggunaan efek holographic identik dengan desain bertema modern. Efek holographic bisa digunakan sebagai latar belakang, efek pada teks atau objek gambar. Dengan menggunakan efek ini akan menciptakan desain yang memiliki kesan modern dan futuristik. 

KESIMPULAN

Desain poster yang efektif untuk menarik perhatian biasanya memiliki visual yang unik dengan menambahkan berbagai efek dan teknik kreatif. Efek visual akan membuat poster terlihat estetik, artistik dan unik, yang mana akan efektif memikat audiens. Ada banyak rekomendasi efek visual dan overlay yang bisa membuat desain tampilan lebih menarik.  

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts