Kombinasi Font dalam Desain Grafis sebagai Strategi Branding

0
(0)

Untuk membangun branding merek yang kuat, pemilihan gaya tipografi harus bijak agar mencerminkan identitas merek dengan baik. Gaya tipografi harus disesuaikan dengan identitas dan karakter merek, termasuk ketika memilih kombinasi font yang tepat. Memilih kombinasi font yang tepat dalam desain grafis juga bagian dari strategi branding yang efektif.

Gaya tipografi akan memengaruhi citra dan pesan yang terlihat oleh audiens ketika melihat desain grafis merek. Tipografi bisa menciptakan emosi atau kesan tertentu seperti profesional, klasik dan elegan. Untuk memaksimalkan strategi branding yang kuat penting untuk tahu cara efektif dalam memilih kombinasi font yang efektif. 

Pentingnya Pemilihan Font untuk Branding

Kombinasi Font dalam Desain Grafis sebagai Strategi Branding

Setiap jenis font memiliki tampilan gaya huruf yang berbeda, yang mana akan menciptakan kesan dan pesan yang berbeda pula. Untuk membangun branding merek yang kuat penting untuk memilih gaya font yang bisa mencerminkan pesan atau karakter merek dengan baik. Penting untuk memahami makna psikologi dari setiap jenis font agar memilih gaya huruf yang tepat.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Setiap jenis font memiliki bentuk yang berbeda, ada yang menciptakan kesan formal dan klasik seperti serif. Ada juga yang memiliki tampilan bersih dan modern seperti sans serif. Beberapa jenis lainnya memiliki gaya font yang cukup unik dan nyentrik seperti display dan decorative.

Pilih jenis font yang bisa mencerminkan identitas merek dengan baik karena gaya tipografi adalah bagian dari identitas merek. Tipografi harus mencerminkan identitas merek dengan memilih gaya huruf yang tepat. Dalam branding tipografi yang dipilih akan diterapkan dalam semua jenis desain, terkadang sebuah merek bisa memiliki dua gaya font berbeda.

MENGAPA PERLU MENGKOMBINASIKAN FONT?

Dalam merancang desain grafis sebagai bagian dari strategi branding, penting untuk memilih kombinasi font yang tepat. Untuk mengkombinasikan font identitas merek perhatikan beberapa hal ini:

Identitas Merek

Pemilihan kombinasi font untuk desain grafis branding harus memilih yang menciptakan makna sesuai dengan identitas merek. Jika gaya tipografi tidak sesuai pesan yang ingin disampaikan merek, penggunaan tipografi akan kurang efektif. Audiens bisa kesulitan dalam memahami pesan yang ingin disampaikan dalam desain grafis ika gaya tipografi tidak sesuai dengan tema atau konsep desain.

Gaya Huruf

Ketika ingin memastikan kombinasi font dalam branding terlihat harmonis, perhatikan ketersediaan variasi gaya huruf. Variasi gaya huruf akan membantu memilih gaya yang terlihat paling harmonis. Gaya huruf ini mencakup variasi bold, light, regular, italic dan lainnya, variasi ini akan membantu penyesuaian penggunaan dalam kebutuhan yang berbeda. 

Keterbacaan

Saat mengkombinasikan font perhatikan pula keterbacaan tipografi karena pesan harus mudah terbaca oleh audiens. Meskipun ingin menciptakan kontras saat memilih kombinasi font, pastikan agar teks tetap mudah dibaca. PIlih kombinasi yang memiliki keterbacaan yang baik bahkan dalam ukuran teks yang kecil sekalipun.

Baca juga: Font Terbaik untuk Judul dan Headlines

Selain memperhatikan hal penting dalam mengkombinasikan font perhatikan juga kesesuaian font dengan pesan merek. Dalam desain kombinasi font memiliki peran penting untuk membangun branding, yaitu:

Menciptakan kontras teks yang jelas

Kombinasi Font dalam Desain Grafis sebagai Strategi Branding

Mengkombinasikan dua font yang memiliki gaya huruf berbeda berguna dalam menciptakan kontras dalam desain tersebut. Adanya perbedaan gaya desain akan membantu menciptakan tampilan yang menarik. Gaya huruf yang berbeda akan menciptakan perbedaan informasi yang jelas dalam desain grafis.

Adanya kontras akan membantu audiens membedakan informasi sepert teks judul, sub judul dan tubuh teks. Perbedaan font akan membantu memberikan sorotan elemen yang berbeda kepada audiens. Agar kontras terlihat efektif pasangkan jenis huruf yang berbeda, misalnya judul menggunakan gaya font modern seperti sub judul menggunakan gaya klasik. 

Untuk menciptakan hirarki visual

Selain menciptakan kontras antar teks, kombinasi font juga berguna untuk menciptakan hirarki visual. Dalam desain kombinasi font berbeda juga digunakan untuk menunjukkan tingkat kepentingan teks. Perbedaan font judul dan tubuh teks akan menampilkan adanya perbedaan yang jelas. 

Teks yang lebih penting akan memiliki gaya font yang lebih menarik perhatian, sementara sub judul atau tubuh teks akan memiliki font yang sederhana. Umumnya audiens akan fokus pada tampilan teks yang mencolok dahulu, seperti pada judul. Kombinasi font yang berbeda akan membantu dalam menciptakan urutan informasi dari yang terpenting ke yang kurang begitu penting. 

Baca juga: Tips dan Contoh Kombinasi Font untuk Desain Modern 

Mengkomunikasikan Pesan Merek

Kombinasi font yang tepat akan membantu dalam mengkomunikasikan pesan merek dengan baik. Pilih kombinasi font yang harmonis, kontras tetapi mencerminkan pesan merek dengan baik. Perhatikan gaya tipografi menciptakan kesan sesuai dengan identitas yang ingin disampaikan merek.

Jika kombinasi font yang dipilih memiliki makna yang terlalu berbeda mungkin akan kurang efektif untuk mencerminkan merek dengan baik. Perbedaan mood font yang kontras bisa membingungkan audiens dalam memahami pesan merek. Untuk itu kombinasi font yang bisa mengkomunikasikan pesan dengan baik harus sesuai dengan pesan merek. 

KOMBINASI FONT UNTUK BRANDING

Font yang akan digunakan sebagai elemen branding harus dikombinasikan sesuai dengan pesan merek1. Perhatikan beberapa hal ini:

Kombinasi Font dengan Berat Berbeda

Kombinasi Font dalam Desain Grafis sebagai Strategi Branding

Untuk membangun branding dengan mengkombinasikan tipografi pilih gaya huruf dengan berat berbeda. Gaya huruf yang memiliki ketebalan berbeda akan tampil kontras. Tidak hanya gaya huruf yang berbeda, penggunaan ketebalan yang berbeda akan membantu dalam menciptakan kontras.

Jika font terlalu mirip bentuknya akan kurang menarik, begitu pula jika font memiliki ukuran dan ketebalan yang mirip bisa kurang kontras. Pilih gaya font berbeda serta gaya huruf yang berbeda agar kontras semakin jelas. Hirarki visual yang jelas akan membantu membangun branding yang kuat. Sebagai contoh kombinasikan light serif dengan bold sans serif untuk menciptakan kontras berat yang jelas. 

Pastikan Kombinasi Font Seimbang

Ketika mengkombinasikan font yang berbeda, pastikan juga kombinasi terlihat seimbang dan harmonis. Gaya huruf yang dikombinasikan harus terlihat cocok, agar menciptakan kombinasi yang menarik. Pemilihan gaya huruf yang terlalu berbeda akan membuatnya menjadi kurang menarik.

Kombinasi font yang sama-sama nyentrik juga bisa terlihat tidak seimbang dan malah terlihat rumit. Hindari mengkombinasikan font rumit seperti script dengan font decorative karena kan terlihat kurang seimbang. Ciptakan keseimbangan dengan memilih font yang berbeda tetapi masih harmonis seperti serif dengan sans serif, font tebal dan font tipis, atau font script dengan serif. 

Baca juga: Kombinasi Font yang Tepat Sesuai dengan Karakter Brand

Hindari Mencampurkan Mood

Seperti yang diketahui jika font dalam dunia desain memiliki mood sehingga perlu memilih kombinasi mood yang tepat. Font yang memiliki mood elegan akan tidak cocok jika dipadukan dengan font yang berkesan humor atau ramah. Jenis font yang elegan akan cocok jika dikombinasikan dengan font yang memiliki mood klasik atau formal.

Dalam membangun branding perbedaan kombinasi mood font bisa membuat strategi branding kurang efektif. Mood font yang dikombinasikan harus sesuai dengan nilai dan karakter merek. Misnya merek memiliki kesan elegan, kombinasikan font seperti serif dengan sans serif atau script dengan serif. Hindari memadukan mood yang terlalu kontras karena tipografi bisa terlihat kurang menarik. 

Hindari Kombinasi Font Mirip

Jika ingin mengkombinasikan gaya font dalam satu famili yang sama seperti serif, hindari memilih font yang terlalu mirip2. Meskipun sama-sama serif pilih gaya serif yang berbeda agar menciptakan kontras dan hirarki visual. Kombinasi font yang terlalu mirip bisa membingungkan audiens untuk tahu mana informasi yang lebih penting.

Tampilan visual juga akan kurang menarik jika menggunakan gaya font yang mirip. Pilih gaya huruf dengan ketebalan huruf yang berbeda, misalnya font tebal dan tipis, ini akan membantu menciptakan hirarki visual meski fontnya mirip. Bisa juga dengan memilih gaya font yang cukup kontras agar tidak mirip seperti font script dengan sans serif. 

KESIMPULAN

Ketika ingin memilih untuk digunakan sebagai strategi branding, pastikan untuk memperhatikan kesa, mood dan bentuk hurufnya. Mood yang diciptakan setiap font yang dipilih harus mencerminkan identitas merek dengan baik. Memilih lebih dari satu font akan membantu merek bisa menyesuaikan penggunaan dengan fleksibel untuk beragam jenis desain.  

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Venzano, Lucia. (2020, Feb 27). How to combine fonts – rules, tips and tricks. sketchdeck. https://sketchdeck.com/blog/combining-fonts/ ↩︎
  2. Balkhi, Syed. (2024, Apr 25). Combining Serif & Sans Serif Fonts – How to Mix Typefaces in Your Designs. envantoelements. https://elements.envato.com/learn/combining-serif-sans-serif-fonts ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.