Desain grafis memiliki peran penting dalam menciptakan visual menarik untuk berbagai desain brand termasuk kosmetik dan kecantikan. Untuk brand kecantikan desain grafis memiliki peran penting dalam membuat desain atau produk tampil menonjol dan menarik perhatian. Untuk membuat desain brand kecantikan ada beberapa tren desain yang populer untuk jenis brand kecantikan yang tampil menarik.
Desain brand kecantikan harus memiliki desain visual yang merepresentasikan produk dan dapat terlihat menjadi merek yang terpercaya. Desain yang diciptakan untuk suatu brand harus memiliki elemen desain yang bisa merepresentasikan identitas brand dengan baik. Tren gaya visual yang digunakan untuk merepresentasikan brand beauty memiliki banyak variasi yang luas, mulai dari yang elegan hingga yang memiliki tampilan bold.
HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM DESAIN BRAND KECANTIKAN
Ketika ingin menciptakan desain brand kecantikan yang menarik pertimbangkan untuk memerhatikan beberapa hal ini:
Nama Merek yang Elegan dan Tidak Panjang
Ketika ingin membangun branding merek kecantikan yang kuat dan tampil menarik perhatian, pemilihan nama merek juga penting. Nama merek bisa mengambil inspirasi dari apapun mulai dari bahasa tertentu atau bahkan nama yang merepresentasikan kecantikan. Nama merek untuk produk kecantikan sebaiknya satu atau dua kata yang mudah dibaca, sehingga mudah untuk diingat pula.
Seringkali produk kecantikan akan memiliki nama merek yang tampil mewah dan berkesan elegan. Nama yang tampil estetik dan indah akan merepresentasikan citra brand negan baik. Hindari memilih nama yang terlalu panjang atau yang memiliki pengucapan yang sulit.
Kesesuaian Desain Logo dengan Jenis Produk
Untuk membuat logo yang bisa merepresentasikan brand dengan baik, penting untuk menyesuaikan pula dengan jenis produk. Desain logo akan diterapkan untuk pada kemasan, konten media sosial dan berbagai jenis desain lainnya sehingga logo perlu fleksibel. Terkadang gaya desain logo untuk brand salon kecantikan, produk skincare dan kosmetik akan memiliki gaya yang berbeda.
Desain untuk brand skincare terkadang memiliki gaya visual yang tampak segar dan ramah. Berbeda dengan salon kecantikan dan produk make up yang terkadang memiliki desain visual yang memiliki tampilan lebih elegan dan terkadang mewah.
Baca juga: Desain Logo Kecantikan Wanita Beauty by Shofia
Keterbacaan Nama Merek dan Produk
Saat memilih gaya desain untuk brand kecantikan pilih juga gaya desain yang bisa memastikan teks nama merek terbaca dengan baik. Hal ini berperan penting untuk membantu audiens mengingat dan mengenali nama brand dalam pemasaran. Pemilihan jenis font yang disarankan harus memiliki keterbacaan dan gaya font yang sederhana.
Jenis font yang bersih dan sederhana akan lebih mudah untuk dibaca, jika ingin dimodifikasi pastikan untuk tetap mengutamakan keterbacaan. Logo untuk brand kecantikan jarang sekali menggunakan jenis rumit atau dengan modifikasi yang rumit.
Tampilan Desain yang Bersih dan Elegan
Desain grafis untuk logo, kemasan hingga desain konten umumnya seringkali memiliki gaya desain yang bersih dan elegan. Jika desain bersih maka informasi dalam teks akan lebih mudah terbaca dengan baik. Desain brand untuk produk kecantikan yang bersih dan sederhana kan tampil terpercaya dan lebih profesional.
Banyak brand kecantikan bahkan memiliki jenis desain transparan untuk desain kemasan agar bisa menunjukkan isi produk. Desain logo yang bersih dan elegan juga cocok dengan citra brand kecantikan.
TREN DESAIN GRAFIS UNTUK BRAND KECANTIKAN
Elemen visual yang perlu diperhatikan dalam desain untuk brand beauty tidak hanya gaya font tetapi juga gaya visual. Desain brand akan tampil efektif merepresentasikan merek dengan baik jika memiliki gaya visual yang menarik. Ketika memilih gaya visual yang akan digunakan dalam desain untuk brand beauty, perhatikan beberapa tren gaya desain yang populer1 untuk brand tersebut, seperti:
Desain Minimalis yang Sederhana
Gaya desain yang sering ditemui dalam desain untuk brand kecantikan menggunakan gaya visual yang tampil minimalis. Desain grafis yang tampil sederhana akan efektif untuk membangun branding karena audiens bisa langsung fokus pada pesan utama. Pada gaya desain ini elemen visual seperti warna, tipografi dan gambar memiliki gaya minimalis.
Font yang sederhana dan bersih akan cocok pada desain brand kecantikan yang ingin tampil minimalis. Elemen gambar juga dipilih yang tampil sederhana dengan warna solid, terkadang menggunakan gaya siluet yang sederhana. Desain logo maupun dengan elemen yang sederhana dengan variasi terbatas akan tampil lebih fleksibel dan menciptakan gaya elegan.
Baca juga: Desain Minimalis: Tren yang Timeless di Era Modern
Tipografi yang Tebal
Meski seringkali desain untuk brand kecantikan tampil elegan dan sederhana, penggunaan tipografi yang bold akan terlihat profesional. Desain brand kecantikan yang menggunakan gaya desain bold akan efektif menarik perhatian dan meninggalkan kesan yang kuat. Bold tipografi ini bisa diciptakan dengan memilih jenis font tebal yang kaku dan bersih, serta warna yang yang mencolok.
Tren bold tipografi ini bisa menggunakan jenis font sans serif yang tebal dan bersih untuk desain logo atau headline desain grafis. Penggunaan jenis font kapital dan tebal dapat menciptakan brand yang kuat. Biasanya tren bold tipografi akan cocok untuk brand kosmetik yang ingin tampil bold, seperti brand make over.
Penggunaan gaya tipografi yang bold akan tampil menonjol dan efektif untuk menarik perhatian da membedakan diri dari brand kosmetik umumnya. Kebanyakan font untuk brand kecantikan menggunakan gaya huruf yang tipis. Font sans serif tebal dan funs cript yang tebal akan cocok untuk merepresentasikan brand kecantikan yang tampil powerful.
Penggunaan Elemen Natural
Desain grafis untuk logo maupun desain kemasannya, banyak brand kecantikan yang menggunakan elemen bergaya natural karena tampil sederhana. Elemen natural juga dipilih untuk menunjukkan citra brand yang organik. Elemen-elemen visual yang menunjukkan tampilan natural, biasanya menggunakan ikon bunga, daun, tekstur alam, dan warna alam.
Ikon daun banyak digunakan untuk brand kosmetik dan skincare untuk menciptakan tampilan yang alami. Elemen natural dapat menciptakan kesan yang autentik transparan dan ramah lingkungan. Banyak desain kemasan produk skincare yang menggunakan ilustrasi atau gambar botanical dan warna alam seperti hijau dan krem.
Baca juga: 7 Desain Logo Kecantikan dan Fashion Menarik
Desain Ramah Lingkungan
Pada era serba canggih, penggunaan desain bertema ramah lingkungan kembali populer termasuk dalam brand kecantikan. Hal ini karena bisa menunjukkan kepedulian brand terhadap keberlangsungan lingkungan hidup. Desain produk dan logo untuk brand kecantikan yang menggunakan tren ramah lingkungan akan tampil menarik perhatian.
Desain brand tidak hanya harus tampil alami tetapi juga perlu menggunakan bahan kemasan yang ramah lingkungan seperti paper atau bahan daur ulang. Merek Lush contohnya yang menggunakan banyak desain packaging yang ramah lingkungan.
Warna Cerah dan Mencolok
Penggunaan warna desain yang tampil elegan, bersih dan sederhana memang populer, namun tren desain dengan warna cerah mencolok juga kembali tren dalam brand kecantikan. Penggunaan warna cerah dalam desain logo dan kemasan menciptakan brand visual yang lebih menarik. Warna cerah lebih mudah menarik perhatian audiens daripada desain dengan warna netral.
Sudah terlalu banyak brand yang menggunakan warna netral sehingga bisa terlihat membosankan. Kombinasikan warna cerah dan vibrant untuk menarik perhatian, pastikan kombinasi warna terlihat harmonis.
Metalik Elemen
Tren desain untuk brand kecantikan juga banyak dipengaruhi oleh perubahan tren desain grafis secara umum. Perkembangan teknologi menciptakan gaya visual baru seperti futuristik yang mana juga bisa diterapkan untuk brand kecantikan. Penggunaan metalik elemen, font modern, warna metalik dan gradien bisa membuat brand kecantikan tampil unik dan berbeda. Gaya desain dengan metalik elemen bisa menciptakan tampilan brand yang high end dan tampil glamour.
KESIMPULAN
Untuk membuat desain grafis untuk brand kecantikan tampil menarik penting untuk memilih gaya desain yang tepat. Jangan terfokus pada tren umum, cobalah untuk mencari desain brand kecantikan baru yang masih jarang digunakan. Temukan gaya visual menarik yang efektif memikat audiens pada brand tersebut. Sesuaikan gaya desain dengan identitas merek disesuaikan juga dengan citra brand kecantikan agar relevan.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- 10 Design Trends That Will Elevate Your Cosmetic Brand’s Image. (2022). ED. https://www.cosmeticdesigner.co/blog/10-design-trends-that-will-elevate-your-cosmetic-brands-image.html ↩︎