7 Jenis Desain yang Efektif untuk Konten Promosi Bisnis

0
(0)

Ketika membicarakan konten promosi pada era modern dan digital, tidak lepas dari penggunaan desain grafis. Desain grafis memiliki peran penting untuk menciptakan konten desain yang bisa menarik perhatian audiens. Manfaatkan berbagai jenis desain untuk konten promosi bisnis untuk mengenalkan produk dan membangun kesadaran merek yang kuat.

Jenis konten yang bisa menarik perhatian audiens harus memiliki tampilan visual menarik dan isi konten yang berkualitas. Desain konten umumnya bisa memanfaatkan berbagai gaya desain dan jenis desain yang disesuaikan kebutuhan merek. Selain itu konten juga perlu bermanfaat dan relevan dengan bisnis agar efektif mempromosikan bisnis.

JENIS DESAIN KONTEN EFEKTIF UNTUK PROMOSI BISNIS

Untuk menciptakan konten yang efektif mempromosikan bisnis, perhatikan beberapa jenis desain yang sekiranya sesuai dan relevan dengan bisnis. Berikut beberapa jenis desain yang mungkin bisa menjadi inspirasi menarik untuk promosi bisnis:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi
7 Jenis Desain yang Efektif untuk Konten Promosi Bisnis

Untuk konten yang akan diunggah dalam media sosial instagram ada banyak jenis layout menarik termasuk untuk desain carousel. Selain banyaknya layout menarik seperti row by row atau checkers, ada desain carousel yang seperti slide. Konten akan dibuat agar memiliki desain yang menyambung, sehingga ketika unggahan di swipe akan terlihat menyatu.

Jenis desain carousel untuk konten instagram ini cukup unik, karena konten terlihat bersambung. Konten ini akan cukup efektif untuk menarik perhatian, gaya desainnya akan terlihat menyambung dengan tema desain yang sama. Biasanya jenis desain ini digunakan jika konten ingin menyampaikan pesan yang panjang. 

Infografis Produk atau Layanan

Desain untuk konten promosi juga bisa berupa infografis yang menarik, infografis sendiri memiliki beragam jenis. Infografis dalam promosi bisa digunakan untuk menjelaskan produk atau layanan dengan lebih mendetail. Dengan desain yang menarik, infografis bisa menjelaskan informasi terkait produk atau layanan untuk dipahami audiens.

Baca juga: Jenis-jenis Infografik dalam Desain Sesuai Tujuan

Beberapa jenis infografis yang bisa digunakan untuk promosi produk adalah desain infografis informasi, perbandingan, atau list infografis. Berbeda dengan desain brosur atau poster yang kurang bisa menjelaskan produk atau layanan dengan lebih mendetail. Desain promosi tidak harus berupa informasi diskon atau penawaran khusus, tetapi juga bisa berisi informasi terkait kelebihan dan manfaat produk.

Motion Grafik

Desain untuk konten yang menarik juga bisa dibuat dalam bentuk motion grafik. Motion grafik akan terlihat lebih interaktif dan menarik, untuk manfaatkan jenis desain untuk mempromosikan bisnis. Terutama untuk konten promosi digital pada media sosial, desain motion grafik akan tampak menonjol. 

Penggunaan desain motion grafis untuk mempromosikan konten akan menciptakan efek visual yang menarik perhatian. Gerakan animasi yang dinamis membuat pesan atau gambar desain lebih menarik perhatian. Elemen-elemen dalam desain promosi dapat ditambahkan animasi atau efek transisi untuk menciptakan gerakan visual yang memikat mata audiens.

Desain Minimalis

7 Jenis Desain yang Efektif untuk Konten Promosi Bisnis

Desain yang efektif menarik perhatian biasanya memiliki desain sederhana atau minimalis. Terutama pada era modern ini daripada desain yang terlalu padat dan mencolok, kesederhanaan dalam desain semakin populer. Desain konten promosi yang sederhana akan lebih mudah menarik perhatian, selain itu juga mudah untuk dipahami. 

Konten dengan gaya desain minimalis akan berfokus pada pesan yang penting saja, tampilan desain juga akan terlihat bersih dan nyaman dilihat. Jenis desain ini juga mengutamakan untuk menggunakan elemen yang minimalis. Terkadang warna yang digunakan tidak lebih dari dua, tipografi yang digunakan bergaya modern, serta menggunakan gambar atau ilustrasi sederhana.

Konten Bertema Y2K

Saat ini konten-konten yang menarik perhatian audiens seringkali menggunakan daya desain yang sedang tren atau populer. Mengikuti tren desain atau elemen yang populer akan membantu konten relevan. Salah satu tren yang sedang populer adalah gaya desain y2k.

7 Jenis Desain yang Efektif untuk Konten Promosi Bisnis

Baca juga: Tren Y2K untuk Desain dan Fashion

Desain yang bertema y2k menggunakan elemen-elemen yang lucu dan berkesan retro. Konten dengan tema y2k akan membutuhkan elemen desain ilustrasi y2k, seperti stiker-stiker lucu, warna cerah pastel, dan ilustrasi y2k yang memiliki tampilan pop art atau komik. Tampilan visual konten yang relevan akan efektif menarik perhatian audiens pada desain. 

Berbasis Digital

Pada era digital ini salah satu cara efektif dalam mempromosikan bisnis menggunakan desain grafis. Manfaatkan berbagai fitur digital atau teknologi untuk menciptakan desain promosi yang menarik. Desain konten yang digunakan pada media sosial bisa ditambahkan barcode untuk di scan yang bisa mengarah pada website merek. 

Selain itu desain promosi juga bisa membuatkan game sederhana yang diakses oleh semua orang. Dengan memanfaatkan teknologi desain promosi akan lebih efektif dan menarik perhatian. Banyak merek atau bisnis pada era digital ini memiliki desain aplikasi dan website yang menarik untuk mempromosikan bisnis.

JENIS-JENIS KONTEN MENARIK

Selain desain grafis yang menarik, isi konten juga harus menarik perhatian, berikut ini beberapa jenis konten yang bisa menarik rasa penasaran audiens untuk berpartisipasi:

Konten Challenge Desain Kemasan

Wujud promosi bisnis tidak harus berupa diskon atau penawaran khusus, tetapi juga dapat melalui cara yang kreatif. Salah satu cara menarik adalah mengadak perlombaan desain kemasan baru untuk suatu produk. Ini biasanya melibatkan para desainer untuk menciptakan desain baru pada kemasan agar lebih menarik. 

Kontek desain kemasan produk akan membantu mengenalkan produk lebih luas dari hasil desain yang diunggah para kontestan. Desain kemasan yang kreatif dan unik akan efektif untuk menarik perhatian. Hasil desain-desain grafis yang menarik akan membantu pula menarik perhatian audiens pada merek.

Konten Giveaway

Selain kontes desain, cara lain untuk promosi produk adalah dengan menggunakan konten mode giveaway. Jenis konten ini cukup efektif untuk menarik perhatian audiens untuk berpartisipasi. Biasaya giveaway akan memberikan persyaratan like postingan, mengikuti akun dan membagikan konten mereka. 

Baca juga: Ide Desain Kreatif untuk Konten Instagram Story

Dengan idde konten giveaway ini akan membantu bisnis dipromosikan dengan gratis oleh orang yang tertarik mengikuti giveaway. Brand bisa memberikan hadiah sederhana pada salah satu pemenang giveaway.

Rekomendasi atau Inspirasi

Bagi bisnis yang menghasilkan produk, konten yang efektif untuk mempromosikan bisnis juga berupa konten edukatif dan informatif. Jenis konten yang merekomendasikan produk berdasarkan kelebihan produk dan kebutuhan klien akan efektif menarik perhatian. Misalnya untuk bisnis pakaian bisa membuat konten rekomendasi outfit bekerja atau jalan-jalan menggunakan pakaian yang dijual merek. 

Konten yang berisi rekomendasi produk ini bisa dibuat dalam bentuk infografis yang menarik. Jenis konten tidak harus selalu tentang diskon atau kelebihan produk tetapi juga gunakan konten inspirasi dan rekomendasi agar menarik konsumen untuk membeli. 

KESIMPULAN

Dalam mempromosikan bisnis, manfaatkan desain grafis untuk menciptakan desain visual yang bisa memikat audiens. Manfaatkan berbagai jenis desain grafis yang menarik seperti carousel, infografis hingga motion grafis, untuk promosi bisnis. Selain jenis desain yang harus menarik, penting juga untuk memilih isi konten menarik dan unik agar menarik perhatian audiens.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts