Inspirasi Palet Warna Alam untuk Desain yang Menyegarkan

0
(0)

Warna-warna atau palet warna yang digunakan dalam desain grafis dapat mengambil inspirasi dari mana saja. Warna-warna alam dapat digunakan untuk menciptakan tampilan desain yang menyegarkan fresh dan organik. Penggunaan palet warna alam dapat mengambil warna laut, hutan bunga dan berbagai landscape alam lainnya. 

Jika ingin mengambil inspirasi palet warna alam pastikan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan brand agar menciptakan kesan yang harmonis. Palet warna dari alam digunakan untuk kebutuhan desain grafis tertentu. Berikut beberapa alasan penggunaan palet warna alam untuk desain grafis agar menciptakan tampilan menarik.

ALASAN PENGGUNAAN PALET WARNA ALAM

Pemilihan warna alam untuk digunakan dalam desain grafis bisa bertujuan untuk merepresentasikan alam. Dapat juga dipilih karena ingin menciptakan nuansa alami dan organik dalam desain. Ada beberapa alasan mengapa warna alam dipertimbangkan untuk digunakan dalam sebuah desain berikut ini:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Menciptakan Tampilan Alami

Desain grafis dengan tampilan yang terinspirasi dari alam akan membutuhkan warna alam. Warna-warna alam yang digunakan dapat beragam sesuai jenis desain dan tujuannya. Jika warna akan digunakan untuk merepresentasikan brand organik atau terkait dengan alam, palet warna alam akan menggambarkan brand dengan baik.

Logo dengan warna alam yang sesuai akan tampil alami dan mencerminkan karakter merek dengan baik. Smeentara pada kemasan warna alam akan menunjukkan jika produk atau isi produk alami. Desain grafis akan tampak alami seperti alam baik itu hutan, gurun atau laut, desain akan tampak alami seperti kondisi alam. 

Baca juga: Rekomendasi Kombinasi Warna Untuk Desain Modern

Memberikan Kesan Menyegarkan

Pemilihan palet warna alam untuk desain grafis juga bertujuan untuk menciptakan visual yang menyegarkan. Kombinasi warna alam yang mengambil warna-warna hutan, pepohonan dan laut akan menciptakan tampilan desain yang segar. Sebagai warna brand, warna alam akan merepresentasikan brand dalam industri terkait alam.

Penggunaan warna alam yang umum seperti hijau, biru atau oranye akan menciptakan kesan desain yang menyegarkan. Baik untuk desain brand, kemasan, pemasaran hingga desain UI/UX. Warna alam dapat menciptakan kesan menyegarkan jika digunakan dalam tingkat kecerahan yang tepat. 

Menunjukkan Produk Organik

Kombinasi warna yang mengambil inspirasi dari alam ini juga banyak ditemui untuk warna brand yang memiliki produk organik. Brand untuk makanan organik, sayuran, minuman hingga obat organik akan menggunakan warna alam untuk brand merepresentasikan alam dengan baik. Audiens akan lebih mudah mengenali brand dengan baik ketika menggunakan warna yang sesuai dengan bidang brand

Ketika melihat warna satu brand yang menggunakan warna hijau, seringkali audiens berasumsi jika merek bergerak dalam bidang alam atau menghasilkan produk organik. Jika diperhatikan sebagian besar produk organik menggunakan warna brand hijau tahu iru untuk memudahkan identifikasi audiens. Warna lain seperti merah atau kuning akan kurang efektif untuk mencerminkan kesan organik dan alami dari brand tersebut.

Menciptakan Kesan brand yang Ramah 

Penggunaan warna alam dalam desain grafis juga bisa dipilih karena dapat mencerminkan kesan brand yang ramah dan menyenangkan. Warna alam cenderung memiliki tampilan yang tenang, damai dan segar sehingga bisa menciptakan kesan ramah. Palet warna alam bisa digunakan untuk menciptakan kesna brand yang ramah dengan warna alam yang sesuai.

Tidak semua warna alam akan menciptakan kesan ramah, atur saturasi dan value warna yang bisa memberikan tampilan tenang dan damai. Brand-brand dengan warna alam akan terkesan ramah dan menyenangkan bagi audiens. Warna alam yang cerah juga memberikan kesan ramah jika dikombinasikan dengan warna netral yang alami untuk menciptakan keseimbangan visual. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Palet Warna Untuk Brand Fashion yang Elegan

INSPIRASI PALET WARNA ALAM

Kombinasi warna dalam palet warna alam akan menciptakan tampilan harmonis yang mencerminkan alam dengan baik1. Penggunaan bisa digunakan secara beragam sesuai kebutuhan brand. Berikut inspirasi palet warnanya:

Neutral, Earthy dan Calming

Inspirasi Palet Warna Alam untuk Desain yang Menyegarkan

Warna alam yang mengambil warna bumi akan menampilkan visual yang netral dan menenangkan. Kombinasi warna bumi atau tanah marmalade dengan warna coklat akan menciptakan tampilan desain yang netral. Kombinasi warna ini akan menciptakan tampilan hangat dan energik. 

Penggunaan warna natural seperti abu-abu, coklat, hijau pucat bisa menciptakan tampilan desain yang tenang dan damai. Sementara warna oranye yang mencolok dapat digunakan sebagai aksen untuk menciptakan kesan hangat. Warna hitam dan coklat bisa dijadikan warna yang menciptakan keseimbangan dalam palet warna alam ini.

Kombinasi palet warna ini dapat menciptakan desain yang berkesan cozy untuk desain interior dan kesan hangat untuk desain grafis. Palet warna ini juga bisa digunakan untuk menciptakan tampilan yang sederhana dan stylish.

Rooted, Organic, dan Serene

Kombinasi warna alam yang mengambil dari warna utama hijau akan menciptakan tampilan yang segar, alami dan menenangkan. Warna organik ini akan menciptakan kombinasi alam yang segar. Pilih warna shade hijau dari terang ke gelap untuk dikombinasikan. 

Kerap kali pemilihan warna hijau dikaitkan dengan brand yang ingin menciptakan kesan pertumbuhan dan kedekatan. Palet warna ini seringkali mengkombinasikan warna hijau dengan warna sentuhan biru untuk menciptakan kesan tenang dari langit dan air. Kombinasi palet hijau dan biru akan cocok untuk warna brand skincare, makanan dan kesehatan. 

Baca juga: 4 Kombinasi Warna Putih untuk Desain Grafis

Bright, Warm and Earthy

Inspirasi Palet Warna Alam untuk Desain yang Menyegarkan

Warna yang mengambil inspirasi alam, juga seringkali memiliki kombinasi warna cerah dari, kondisi alam yang cerah seperti bunga, musim semi atau langit senja. Kombinasi warna yang menciptakan kesan cerah, hangat dan membumi ini bisa mengambil inspirasi dari warna gurun langit senja, musim semi dan lainnya. Penggunaan akan efektif untuk brand fashion atau skincare untuk menciptakan kesan elegan dan feminim. 

Palet warna yang terdiri dari dari warna oranye, sand, cream, coklat dan abu-abu dapat menciptakan kesan energik dan ceria. Warna alam tidak hanya menciptakan ketenangan tetapi juga keceriaan, kekuatan dan kehangatan. Kombinasi warna yang hangat dapat digunakan untuk memberikan brand kesan yang optimis, kreatif dan ekspresif. 

Refreshing, Light and Clean

Kombinasi dari palet warna alam juga dapat mencerminkan kesegaran, cerah dan bersih dengan warna seperti kuning, putih, peach, olive hingga ice. Warna-warna cerah pastel ketika dikombinasikan akan menciptakan tampilan yang lembut dan terlihat alami. Warna cerah tersebut biasanya mengambil warna alam dari buah-buah seperti lemon dengan kecerahan yang pucat. 

Ketika dikombinasikan warna tersebut dapat menggambarkan kesan cerah, bersih dan segar yang menciptakan tampilan relax dan menenangkan. Kombinasi warna warm dan cool yang tepat dalam kombinasi ini akan terlihat menarik. Warna-warna ini bisa digunakan untuk brand minuman, makanan dan produk kecantikan untuk merepresentasikan kesegaran dan tampilan yang bersih.

Cozy, Autumn dan Netral

Inspirasi Palet Warna Alam untuk Desain yang Menyegarkan

Palet warna alami yang mengambil dari musim gugur akan memberikan tampilan desain yang cozy, hangat dan nyaman untuk dilihat. Warna-warna ini mengambil dari warna daun-daun musim gugur, pohon, kopi dan labu. Kombinasi warna ini seringkali terdiri dari warna coklat, oranye kuning, caramel dan hitam.

Palet warna yang terinspirasi dari musim gugur akan menciptakan tampilan visual yang berkesan hangat dan nyaman. Warna-warna ini akan cocok untuk digunakan dalam brand makanan, cafe dan fashion yang ingin menciptakan kesan nyaman dan hangat.

KESIMPULAN

Ketika memilih kombinasi palet warna yang tepat untuk suatu merek, pertimbangkan untuk memilih palet warna yang terinspirasi dari sesuatu yang relevan dengan tujuan desain. Sama halnya dengan pemilihan palet warna alam tersebut didasarkan karena dapat menciptakan tampilan yang fresh, tenang dan damai. Palet warna yang dipilih harus mencerminkan karakter merek dengan baik ada yang berkesan alami, segar hingga hangat. Pilih yang paling sesuai dengan karakter merek, agar efektif untuk digunakan untuk menggambarkan brand. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Five Nature-Inspired Colour Palettes for your Brand or Squarespace Website. (2024). https://squarebase.co/blogs/news/nature-inspired-colour-palettes-for-squarespace-websites#:~:text=Palette%201%20%2D%20Neutral%2C%20Earthy%20and%20Calming&text=These%20natural%20colours%2C%20such%20as,balance%20with%20the%20other%20colours. ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.