7 Kombinasi Warna Cerah Untuk Desain Grafis

0
(0)

Warna cerah dalam penggunaan untuk berbagai jenis desain memiliki kekuatan untuk menarik perhatian dan tampil mencolok. Penggunaan warna cerah untuk desain grafis umumnya dapat menciptakan mood atau suasana ceria dan menyenangkan. Kombinasi warna cerah yang harmonis dalam desain grafis akan menciptakan tampilan visual menarik serta mood yang menyenangkan. 

Warna-warna cerah sering menjadi pilihan favorit dalam desain karena memiliki kemampuan membuat tampil menarik perhatian. Untuk menggunakan warna cerah biasanya akan dipilih menyesuaikan dengan mood yang ingin diciptakan dalam desain1. Pemilihan kombinasi warna cerah harus memerhatikan kontras untuk memastikan desain memiliki keterbacaan yang baik. 

MANFAAT MENGGUNAKAN WARNA CERAH DALAM DESAIN

Dalam desain grafis menggunakan warna cerah untuk warna elemen visual memiliki beberapa tujuan dan alasan. Warna cerah yang digunakan harus dikombinasikan dengan warna yang tepat agar menciptakan tampilan harmonis dan efektif mengkomunikasikan pesan. Berikut beberapa manfaat dari memilih kombinasi warna cerah untuk desain grafis:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Meningkatkan Keterbacaan dalam Latar Gelap

Dalam desain grafis keterbacaan adalah hal krusial terutama ketika desain grafis memiliki tujuan menyampaikan informasi penting. Pemilihan warna desain yang cerah perlu mempertimbangkan keterbacaan teks dalam desain. Pastikan warna cerah yang dikombinasikan memiliki kontras yang cukup untuk membuat teks mudah dibaca.

Pemilihan warna cerah, biasanya sering dikawinkan dengan warna cerah yang lebih gelap untuk meningkatkan keterbacaan. Penggunaan warna cerah sering dipilih untuk dikombinasikan dengan warna gelap agar memiliki kontras yang jelas. Teks dengan warna cerah pada layar gelap akan mudah dibaca dan menarik perhatian karena warna cerah akan terlihat mencolok.

Sementara ketika warna cerah digunakan untuk warna latar belakang, secara otomatis desain akan lebih mudah menarik perhatian. Warna cerah juga bisa digunakan untuk membuat tipografi menonjol, terutama pada pesan utama. Sehingga desain grafis akan memiliki keterbacaan yang baik. 

Membuat Desain Mudah Menarik Perhatian

Penggunaan warna cerah dalam desain grafis juga efektif untuk membuat desain lebih memikat. Warna cerah akan membuat tampak menonjol sehingga memungkinkan lebih banyak audiens bisa menjangkau konten. Diantara banyaknya desain dalam media digital maupun cetak, warna cerah akan membantu desain grafis tampak lebih mencolok. 

Warna cerah lebih efektif untuk menarik perhatian karena lebih mudah diingat oleh audiens daripada warna gelap. Maka dari itu, banyak logo yang menggunakan warna cerah untuk menarik perhatian audiens. Namun tidak semua jenis bisnis akan cocok dengan warna cerah untuk desain logonya. 

Baca juga: Tujuan Menggunakan Warna Cerah dalam Desain Grafis

Memengaruhi Mood Audiens

Desain grafis memilih warna cerah berdasarkan mood atau emosi yang diciptakan dari warna tersebut. Pilih kombinasi warna cerah yang memiliki tampilan harmonis dengan mood yang sama. Warna cerah dalam penggunaannya tidak hanya membuat desain mencolok tetapi juga efektif untuk menciptakan mood tertentu.

Perhatikan kecerahan dan kontras warna cerah karena bisa menciptakan mood dan suasana yang berbeda. Setiap warna cerah akan menciptakan mood yang berbeda, misalnya warna kuning menciptakan kesan ceria, sementara warna biru muda akan menciptakan kesan yang kalem dan tenang. Kombinasi dua warna cerah juga perlu dipilih yang sekiranya mood warna sesuai dengan pesan merek

Warna Cerah bisa Membuat Desain Tampak Trendy

Pemilihan warna cerah untuk warna desain juga bisa dipengaruhi oleh kemampuan warna cerah menciptakan tren dan perhatian. Warna cerah seringkali dikaitkan dengan tampilan yang trendi dan cocok dengan gaya desain modern. Tidak heran warna cerah banyak direkomendasikan untuk desain grafis bergaya modern dan futuristik.

Desain website dan konten media sosial dengan warna cerah yang mencolok akan efektif untuk memikat perhatian audiens dalam waktu yang singkat. Palet warna cerah yang banyak digunakan seperti warna pastel dan gradien. Kombinasi dengan warna gelap, akan membantu warna cerah cepat menarik perhatian dan menciptakan tampilan yang trendi. 

7 REKOMENDASI KOMBINASI WARNA CERAH

Untuk menciptakan desain grafis yang menarik, gunakan kombinasi warna cerah yang memikat dan harmonis. Berikut beberapa rekomendasi kombinasi warna yang harmonis:

Kombinasi Cherry dan Off White

Warna merah adalah salah satu warna cerah yang sering digunakan dalam desain grafis untuk menarik perhatian. Merah yang mencolok umumnya akan efektif untuk membuat desain tampil menonjol daripada yang lain. Pemilihan warna merah juga sering dikaitkan dengan kesan bahagia dan romantis

Kombinasi warna merah dengan variasi cherry ini akan cocok jika dikombinasikan dengan variasi warna off-white. Kombinasi ini akan memiliki kontras yang cukup dan keterbacaan yang baik. Kedua warna ini bisa menciptakan tampilan klasik, elegan dan timeless, kombinasi warna ini cukup ideal untuk tema warna fine dining atau desain bertema romantis.

Baca juga: 4 Kombinasi Warna Putih untuk Desain Grafis

Kombinasi Sky Blue dan Bubblegum Pink

7 Kombinasi Warna Cerah Untuk Desain Grafis

Desain grafis dengan warna kombinasi biru langit dan permen karet ini cukup populer dan banyak ditemui dalam berbagai jenis desain. Kombinasi dua warna pastel terlihat harmonis dan menarik. Desain akan tampak menyenangkan dan merepresentasikan kebahagiaan. 

Kombinasi dua warna ini sering ditemui dalam desain brand fashion, kecantikan hingga parenting brand. Desain akan terlihat cerah dan memberikan kesan bahagia sehingga cocok juga untuk logo anak-anak dan mainan. Warna sky blue dan bubblegum pink terlihat harmonis karena memiliki kecerahan yang tepat. 

Kombinasi Pastel Olive Green dan Salmon Pink

Warna cerah yang memiliki kecerahan lebih pucat disebut warna pastel, biasanya desain dengan warna tersebut akan tampil elegan dan menarik. Kombinasi warna hijau dan oranye dalam variasi warna pastel akan tampil harmonis daripada warna yang tajam. Mengatur kecerahan warna akan membantu dalam menciptakan kombinasi warna kontras yang menarik.

Variasi warna pastel olive green dan salmon pink, ini membuat desain akan tampil harmonis dan memikat. Warna olive green memberikan kesan alami dan tenang, sementara warna salmon pink akan menciptakan aksen yang menarik dalam desain. Warna ini akan cocok jika digunakan untuk desain grafis produk eco-friendly, brand anak-anak dan produk daur ulang.

Kombinasi Dark Blue dan Light Blue

7 Kombinasi Warna Cerah Untuk Desain Grafis

Dalam menciptakan kombinasi warna yang harmonis, menggunakan satu warna yang dikreasikan kecerahannya akan membantu menciptakan kontras. Warna cerah yang dibuat satu lebih gelap dan satu lebih terang akan harmonis. Kombinasi warna cerah dengan variannya yang lebih gelap akan cocok digunakan sebagai warna latar dan warna teks. 

Kombinasi warna ini merupakan kombinasi monokrom sehingga menciptakan mood yang konsisten yaitu tenang dan damai. Pemilihan kombinasi warna biru dalam desain grafis seringkali dikaitkan pula dengan makna profesional dan kepercayaan. Warna ini bisa digunakan untuk desain logo perusahaan, finansial dan teknologi.

Baca juga: 5 Alasan Kombinasi Warna Desain Terlihat Buruk

Kombinasi Warna Cherry Red dan Bubblegum Pink 

Warna merah dan pink sering digunakan dalam desain grafis untuk menarik perhatian. Kombinasi ini dapat menciptakan mood atau emosi desain yang romantis, bahagia dan feminim. Warna merah dan pink merupakan kombinasi warna analog yang harmonis dan menciptakan kesan menyenangkan.

Kombinasi warna ini akan menciptakan desain grafis yang kontras, serta menciptakan tampilan elegan. Desain dengan warna ini seringkali digunakan untuk brand kecantikan dan fashion. Warna ini juga kerap digunakan untuk menciptakan desain yang romantis.

Kombinasi Deep Periwinkle dan Soft Lilac

7 Kombinasi Warna Cerah Untuk Desain Grafis

Warna cerah yang mengkombinasikan kedua warna ini akan menciptakan tampilan desain grafis yang berkesan dreamy dan magis. Kombinasi warna ini juga banyak digunakan untuk desain brand kecantikan, skincare dan fashion.

Warna ungu dapat menciptakan tampilan desain yang berkesan mewah dan magis. Perpaduan warna ini juga banyak digunakan untuk desain poster film bertema fantasi atau sihir. Kombinasi warna ungu dengan perbedaan shade bisa menciptakan tampilan yang royal dan elegan.

Kombinasi Warna Salmon Pink dan Soft Peach

Warna salmon pink dan soft peach yang dikombinasikan dalam desain grafis dapat menciptakan kesan lembut dan elegan. Kombinasi warna ini bisa menciptakan tampilan desain yang trendi dan harmonis. Warna-warna tersebut dapat mencerminkan makna keceriaan, kecantikan dan kebahagiaan. 

Kombinasi warna salmon pink dan soft peach ini sering digunakan untuk brand anak-anak. Warna yang berkesan ceria akan mempresentasikan anak-anak dengan baik, kombinasi ini juga menciptakan tampilan menarik. Kombinasi warna ini juga ditemui dalam desain kemasan untuk makanan.

KESIMPULAN

Untuk menciptakan desain grafis yang menarik penting untuk memilih kombinasi warna cerah yang tepat. Kombinasi warna cerah yang tepat akan menciptakan tampilan desain yang harmonis dan memiliki kontras yang baik. Desain grafis dengan warna cerah bisa memberikan tampilan yang mencolok dan mencerminkan kesan menyenangkan. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Aviram, Adi. (2021, Oct 12). Bright color palette: how and when to use one. Linearity. https://www.linearity.io/blog/bright-color-palette/  ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.