Font Sans Serif: Jenis dan Rekomendasi Font Serif yang Umum

0
(0)

Gaya huruf dalam desain grafis biasanya dipengaruhi oleh jenis font yang digunakan, setiap jenis font memiliki karakteristik huruf yang berbeda. Beberapa jenis font yang umum digunakan seperti serif, sans serif, script hingga display. Setiap jenis font juga memiliki berbagai varian font termasuk untuk font sans serif yang memiliki tampilan bersih.

Font sans serif adalah jenis font yang memiliki gaya huruf yang bersih tanpa dekorasi atau efek visual tertentu. Jenis font ini cukup populer digunakan dalam berbagai jenis desain termasuk untuk desain website. Font ini kerap dipilih karena memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  • Meningkatkan keterbacaan teks dalam berbagai ukuran, termasuk untuk ukuran desain yang kecil pada kemasan. 
  • Memberikan tampilan yang bersih dan sederhana pada desain.
  • Cocok digunakan untuk desain modern dan futuristik karena beberapa variasinya memiliki gaya geometris.
  • Fleksibel untuk digunakan dalam berbagai ukuran dan penggunaan, jenis font ini cukup digunakan dalam semua jenis desain grafis, mulai dari logo, konten, hingga kemasan.
  • Sesuai untuk berbagai gaya dan tema desain. Font yang sederhana ini akan terlihat cocok dipadukan dengan gaya apapun termasuk gaya klasik.

Ketika memilih jenis font sans serif untuk desain grafis perhatikan karakteristik huruf dari setiap variasi, dan pilih yang paling cocok dengan kebutuhan desain. Umumnya sans serif menjadi pilihan favorit dan alternatif yang efektif untuk memastikan keterbacaan informasi yang disampaikan dalam desain. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

JENIS-JENIS SANS SERIF YANG UMUM DIGUNAKAN 

Font dengan karakteristik tanpa dekorasi serif yang rumit ini juga memiliki beberapa jenis font umum digunakan. Beberapa jenis font ini yang umum digunakan dan cukup familiar, ini bisa kamu gunakan sebagai inspirasi untuk desain. Berikut beberapa jenis font sans serif yang umum digunakan dalam desain:

Helvetica

Font Sans Serif: Jenis dan Rekomendasi Font Serif yang Umum

Jika mendengar nama font beberapa orang mungkin sudah tidak asing, karena font sans serif satu ini sudah umum digunakan. Helvetica ini cukup populer dan kerap digunakan dalam berbagai desain grafis. Sehingga terkadang menggunakan jenis font ini bisa terkesan klise dan terlalu umum. 

Jenis font ini memiliki tampilan gaya huruf yang cukup sederhana dan bersih sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis proyek desain. Gaya huruf dari font helvetica ini cocok digunakan untuk kebutuhan judul dengan ukuran yang besar. Sebagai font untuk judul, font ini akan membuat judul mudah dibaca dan terlihat jelas. Untuk penggunaan sub judul font, gunakan font helvetica ini dengan ukuran lebih dan variasi yang reguler.

Roboto

Gaya huruf dalam font ini memiliki tampilan yang bersih dan jelas, sering pula digunakan dalam desain modern dan minimalis. Kerap dipilih untuk desain modern atau yang bertema futuristik karena gaya huruf roboto memiliki kesan futuristik. Huruf-hurufnya proporsional, bersih dan mudah untuk dibaca sehingga sering digunakan oleh desainer.

Baca juga: Ciri Font yang Proporsional untuk Digunakan dalam Desain Grafis

Seperti font sans serif pada umumnya jenis font ini mudah dibaca bahkan dalam ukuran kecil. Tidak heran font robot sering dipilih untuk meningkatkan keterbacaan pada tes yang panjang seperti paragraf. 

Poppins

Jika helvetica memiliki gaya huruf yang terlihat lebih tebal, font poppins lebih tipis, sederhana dan berkesan modern. Jenis font ini akan cocok untuk desain minimalis dan modern. Penggunaan jenis font poppins sering digunakan dalam desain grafis yang bertema modern sehingga menciptakan kesan yang bersih.

Font poppins termasuk dalam jajaran font geometris milik sans serif, sehingga tampilan cukup terlihat modern. Pemilihan font ini juga karena mempertimbangkan jarak antar huruf yang cukup sehingga mudah terbaca pada ukuran yang kecil. Untuk digunakan sebagai judul, gunakan gaya font poppins yang tebal sehingga lebih terlihat mencolok.

Lato

Jenis font ini juga memiliki tampilan yang bersih dan elegan, pada desain modern penggunaan font lato dapat memberikan kesan modern. Proporsi huruf yang seimbang antara setiap hurufnya membuat gaya huruf ini terlihat profesional dan rapi. Font lato ini juga sering digunakan karena tampilan yang bersih juga membuatnya muda untuk dibaca.

Jenis font sans serif ini akan tetap jelas pada berbagai ukuran pada media cetak maupun digital. Tidak adanya dekorasi serif membuat jenis font lato ini mudah untuk terbaca dan cocok untuk desain yang bertema minimalis. 

Open Sans

Selain helvetica, jenis font ini juga cukup populer dalam desain grafis, banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan termasuk untuk desain logo maupun konten media sosial. Banyak desainer grafis yang menggunakan font untuk berbagai proyek desain karena tampilannya yang sederhana. Font ini juga memiliki sedikit kemiripan dengan font poppins karena memiliki tampilan modern dan kesna minimalis.

Baca juga: Inspirasi Gaya Font Unik Agar Desain Menarik Perhatian

Open sans ini termasuk dalam kategori font sans serif humanis yang memiliki tampilan sederhana, bersih dan modern. Font ini bisa digunakan untuk paragraf yang panjang dan ukuran yang kecil. Ini memungkinkan untuk teks tetap terbaca dengan mudah dan jelas meski memiliki teks panjang.

Raleway

Font Sans Serif: Jenis dan Rekomendasi Font Serif yang Umum

Untuk gaya huruf pada font raleway ini juga cukup fleksibel terutama untuk desain modern, jenis font ini akan cocok untuk berbagai proyek desain. Penggunaan gaya font ini pada gaya huruf yang tebal akan memberikan kesan yang tegas. Sementara jika digunakan dengan pada gaya huruf yang tipis akan memberikan tampilan yang elegan dan minimalis. 

Penggunaan gaya font ini cocok untuk berbagai proyek termasuk yang ingin menclok maupun memberikan kesan bersih. Beberapa variasi huruf dari raleway ini terkadang ada yang sedikit eksentrik. Terkadang font raleway bisa memberikan tampilan desain yang kreatif tidak hanya modern dan minimalis saja. 

Montserrat

Berbeda dengan jenis font open sans atau roboto yang lebih elegan, gaya huruf ini memiliki tampilan yang lebih tegas. Jika digunakan dalam gaya huruf yang tebal font montserrat ini akan terlihat kaku dan tegas. Sehingga penggunaan font sans serif ini seringkali untuk menciptakan kesan yang kuat dan berani.

Untuk judul, font montserrat yang tebal akan cukup menonjol sehingga efektif untuk memberikan desain yang menarik perhatian. Kemudahan jenis font ini dalam menarik perhatian membuatnya cocok untuk desain-desain yang mencolok. Tampilan huruf yang tegas akan memberikan kesan yang kuat pada judul.

JENIS-JENIS SANS SERIF BERDASARKAN KARAKTERISTIK SPESIFIK

Penggunaan font sans serif dalam desain grafis biasanya dipilih karena ingin meningkatkan keterbacaan dan memberikan tampilan desain yang sederhana. Gaya huruf dalam sans serif dibagi kedalam beberapa kategori yang berdasarkan perbedaan karakteristik gaya huruf. Berikut ini 5 jenis font sans serif berdasarkan desain karakter yang spesifik hurufnya:

Grotesque

Font sans serif dalam kategori grotesque ini memiliki gaya yang tebal, cenderung lebih kasar tetapi tidak memiliki dekorasi. Jenis font ini sering digunakan untuk memberikan kesan modern pada desain poster atau media sosial. 

Font Sans Serif: Jenis dan Rekomendasi Font Serif yang Umum

Baca juga: 7 Rekomendasi Font Brush untuk Desain yang Menarik

Tampilan grotesque ini cukup unik sehingga bisa membuat teks terlihat mencolok dan beda dari yang lain tetapi tetap mudah untuk dibaca. Gaya huruf ini seringkali memiliki tampilan huruf yang tebal dengan ujung yang tajam, contohnya random grotesque dan acherus grotesque.

Neo Grotesque

Untuk jenis sans serif ini merupakan perkembangan dari font grotesque yang memiliki tampilan lebih modern. Huruf-huruf dalam gaya font ini memiliki tampilan yang lebih halus dan bersih daripada grotesque yang sedikit unik. Salah satu jenis font yang termasuk kategori neo-grotesque adalah helvetica, arial dan roboto. Font-font tersebut memiliki gaya huruf yang halus, proporsional dan terlihat rapi ketika digunakan.

Grotesk

Jenis sans serif yang termasuk kategori grotesk ini adalah salah satu varian juga dari grotesque. Tampilan huruf kategori sans serif grotesk ini lebih sederhana dan minimalis, sehingga cocok juga untuk digunakan dalam desain modern. Contohnya pada huruf magnetik typeface, dan archiv grotesk.

Humanist

Dalam jenis font sans serif ada juga kategori humanist, tampilan sans serif kategori ini lebih elegan dan modern. Kategori gaya huruf humanist dibedakan dari variasi huruf yang terlihat lebar dan berkesan organik. Jenis font san serif humanist ini mengambil inspirasi pengaruh tulisan tangan manusia. Contohnya seperti font lisboa sans serif dan gill sans.

Geometric

Sesuai namanya kategori jenis font ini memiliki tampilan huruf yang berbentuk seperti geometric yang tegas. Font sans serif yang bersih dengan bentuk huruf seperti geometric ini akan cocok untuk design modern. Penggunaan font sans serif kategori geometric ini sering digunakan untuk desain modern dan futuristik. 

KESIMPULAN 

Font sans serif yang memiliki karakter bersih dan sederhana ini mudah untuk dibaca sehingga efektif untuk menyampaikan pesan. Penggunaan font sans serif yang sederhana ini banyak digunakan dalam berbagai proyek. Sementara itu, ada banyak kategori dan jenis font sans serif yang bisa digunakan untuk desain grafis. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts