Panduan Memilih Packaging Produk yang Menarik Konsumen

0
(0)

Packaging atau kemasan adalah wadah untuk menyimpan dan membungkus produk sebelum sampai ke pelanggan. Packaging produk sebagian besar adalah untuk melindungi produk agar tetap aman. Maka dari itu penting untuk mengetahui panduan dalam memilih packaging yang tepat.

Kemasan tidak hanya berfungsi sebagai wadah, namun juga berfungsi untuk memikat konsumen. Ada banyak konsumen yang mempertimbangkan packaging saat memilih produk.

Semakin unik packagingnya akan semakin menarik orang untuk penasaran dan akhirnya membeli produk. Bukan hanya bentuk, sesama dan warna dalam pemilihan kemasan juga penting.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Kemasan atau packaging memiliki peran juga untuk meningkatkan branding dan identitas merek atau produk. Oleh karena itu memilih packaging adalah hal krusial dalam strategi pemasaran produk. Kemasan bukan hanya sekedar wadah tapi juga alat komunikasi merek pada pelanggan.

BEBERAPA PANDUAN UNTUK MEMILIH PACKAGING PRODUK BISNIS

Mengenali Target Pasar:

Sebelum memilih kemasan pelajari target pasar terlebih dahulu. Cari tahu preferensi dan ekspetasi mereka pada produk tersebut. Pahami keinginan konsumen pada kasan produk yang akan kamu terbitkan.

Perkiraan penggunaan produk pada keseharian. Jika kemungkinan produk akan sering dibawa untuk bepergian, maka penting memilih kemasan yang travel size.

Pemilihan kemasan juga bergantung pada rentang usia target pacarmu. Untuk tentang usia anak-anak, penggunaan desain kemasan karakter yang lucu bisa menarik perhatian mereka.

Pahamilah Nilai Produkmu:

Saat memilih produk perlu juga memperhatikan nilai atau elemen unik apa yang ada di produkmu. Jika produkmu pada desain logo menggunakan elemen alam, ini bisa juga kamu terapkan pada desain kemasan dan pemilihan warna kemasan.

Semakin unik desain kemasannya akan semakin menarik perhatian pembeli. Pikirkan cara terbaik agar bisa menonjolkan keunggulan produk melalui produk.

Misalkan jika produk berbahan dasar bengkoang, kamu bisa membuat kemasan berbentuk bengkoang untuk menciptakan keunikan. Sekaligus mengenalkan bahan yang digunakan produk.

Desain yang Memikat:

Desain adalah elemen penting agar kemasan menonjol dan bagus. Pilih dan buat desain yang bisa mencerminkan identitas merek dan produk.

Pilih perpaduan warna dan gambar yang sesuai, dan bisa menarik perhatian orang sekali melihat. Perhatikan desain produk yang sama, dan buatlah yang berbeda dari produk tersebut.

Fungsionalitas:

Dalam memilih kemasan penting juga mempertimbangkan fungsionalitas kemasan. Kemasan haruslah sesuai dengan isi produknya untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan dalam penggunaan.

Perlu dipastikan juga jika kemasan bisa melindungi produk dengan baik. Jika produk berupa cairan maka perlu memilih kemasan yang tepat agar isinya tidak bocor. Sehingga produk terlindungi dengan baik.

Material yang Ramah Lingkungan:

Saat ini tengah tren menggunakan kemasan ramah lingkaran atau kemasan yang bisa di daur ulang. Hal ini bisa menunjukkan bahwa merek mendukung keberlanjutan lingkungan.

Gunakan kemasan seperti berbahan kertas, karton, untuk botol pilih botol yang bisa di daur ulang. Agar ini tidak menimbulkan penumpukan sampah.

Kesesuaian dengan Produk:

Hal paling penting dalam memilih kemasan adalah memilih kemasan yang sesuai dengan produk. Baik dari segi bentuk maupun ukuran, sebaiknya disesuaikan dengan sifat produk. Hal ini bertujuan agar produk tetap aman terlindungi, dan isinya aman.

Perhatikan Warna dan Tipografi:

Warna juga harus disesuaikan dengan warna identitas brand atau perusahaan. Pemilihan warna sesuai dengan merek akan menunjukkan konsistensi produk.

Pemilihan teks dan juga tipografinya harus dipastikan bisa dibaca dan jelas. Jika bisa gunakan fitnah yang konsisten pula untuk nama produk dan mereknya. Atur tipografinya agar menarik namun tetap mudah dibaca.

Tingkat Keterbacaan Label:

Penting untuk meningkatkan keterbatasan teks pada nama produk dan labelnya. Gunakan fontyang mudah dibaca dan ukuran yang sesuai untuk ukuran kemasannya. Pastikan bahasa dan tulisannya mudah dipahami. Pilih warna font yang bisa meningkatkan keterbacaan.

Daya Tahan dan Keamanan:

Terkadang ada beberapa bahan kemasan yang tidak tahan lama dan mudah rusak bila terguncang. Penting untuk memilih bahan tepat sesuai kondisi dan isi produknya. Jangan sampai isi produk tidak terlindungi dengan baik sehingga merusak kualitas produk.

Pada produk tertentu memerlukan intruksi cara penggunaan. Gunakan ilustrasi dan tambahkan tulisan yang singkat, pastikan intruksi mudah dipahami. Bila perlu sertakan saran penyimpanan yang tepat seperti pada suhu tertentu.

Inovasi yang Bersifat Fungsional:

Untuk membuat produk semakin menarik. Buatlah inovasi tambahan yang bisa memberikan nilai fungsional pada produk. Misalkan pengganti kemasan daur ulang, wadah yang sudah habis dipakai bisa dibersihkan untuk dipakai hal lain.

Kendalikan Biaya Produksi:

Dalam produksi kemasan penting juga untuk memperhatikan anggaran. Pilih harga produksi kemasan yang sesuai anggaran, jangan hanya demi keunikan kemudian memilih yang mahal. Cari solusi tanpa harus menurunkan kualitas kemasan yang bisa melindungi produk.

Uji Pasar:

Kamu bisa melakukan uji pasar untuk mengetahui pendapat masayarakat mengenai packaging. Untuk melakukan uji pasar buatlah beberapa desain packaging, buatlah setiap packaging berbeda dengan warna dan aksen berbeda.

Lihat reaksi konsumen terhadap kemasan tersebut. Mana yang lebih mereka sukai, selanjutnya kamu bisa memilih packaging sesuai dengan minat masyarakat. Sehingga produk bisa diproduksi secara massal setelah melihat umpan balik pelanggan.

Kemasan atau packaging adalah wajah utama produk sebelum melihat isinya. Maka memilih kemasan yang tepat adalah hal yang penting. Pilih kemasan yang unik namun tetap mencerminkan nilai produk dan merek. Agar bisa menarik perhatian pelanggan.

Setelah mempelajari panduan memilih packaging produk apakah kamu juga siap memulai bisnis?

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan tawaran promo menarik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts