6 Rekomendasi Tipografi Arabic untuk Desain Grafis

0
(0)

Pernahkah kamu memerhatikan jika desain bertema arabic, middle east atau ramadhan akan memiliki elemen visual khas arab. Ketika ingin menciptakan desain bertema arabic pilih elemen tipografi, wara hingga ilustrasi yang sesuai. Untuk tipografi khas arabic biasanya memiliki tampilan yang unik dan memiliki bentuk huruf seperti huruf arab. 

Penggunaan jenis font untuk desain bertema arabic akan menciptakan menciptakan tampilan yang relevan. Tidak hanya font bergaya arabic tetapi juga perlu memilih elemen visual yang bergaya arabic. Biasanya elemen visual khas tema arabic digunakan untuk desain logo, poster ramadhan hingga konten terkait ramadhan.

PENGGUNAAN TIPOGRAFI ARABIC

Dalam penerapannya desain grafis bertema arabic dapat memiliki elemen visual yang khas seperti warna hijau, font arabic, ilustrasi timur tengah dan dekorasi ala ramadhan. Penggunaan  desain bertema arabic dapat digunakan untuk berbagai hal seperti logo brand fashion muslim, logo sekolah muslim hingga poster untuk event ramadhan.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Font arabic juga akan cocok untuk digunakan pada desain kemasan produk yang terkait dengan timur tengah seperti produk kurma. Logo bisnis yang terkait dengan produk dari timur tengah akan mudah dikenali dengan penggunaan font arabic yang khas. Font bergaya arabic ini memiliki gaya huruf alphabet dengan dekorasi huruf arab dan guratan huruf yang terlihat seperti huruf arab.

DESAIN BERTEMA ARABIC

Desain grafis yang bertema arabic sendiri digunakan untuk beragam kebutuhan seperti desain poster, desain konten, desain iklan hingga kemasan untuk produk timur   tengah. Sementara itu selain tipografi arabic, desain bertema timur tengah atau arabic biasanya memiliki elemen seperti:

Warna Hijau dan Hitam

Ketika membicarakan desain bertema arabic terkadang identik dengan penggunaan warna hijau. Warna hijau seringkali ditemui dalam logo untuk brand fashion muslim, desain ramadhan hingga kemasan produk arabic. Kombinasi yang sering ditemui biasanya menggunakan warna hijau dengan warna hitam dan gold. Penggunaan warna hijau gelap termasuk banyak digunakan karena bisa merepresentasikan ketenangan dan kedamaian. 

Ornamen Arabic

Dalam desain grafis bertema arabic penggunaan dekorasi ornamen menjadi ciri khas yang mudah dikenali. Ornamen bergaya arabic memiliki ciri berbeda dengan ornamen khas budaya indonesia. Bentuk ornamen khas arabic memiliki tampilan bentuk geometrik, bentuk-bentuk geometris membentuk pola ornamen yang unik. 

Ornamen khas arabic ini akan banyak ditemui dalam desain poster atau konten. Ornamen geometrik ini seringkali ditemui digunakan sebagai pola latar belakang atau dekorasi sudut. Pemanfaatan ornamen geometrik dalam desain akan menciptakan tampilan estetik dan menarik.

Baca juga: Elemen Dekorasi yang Digunakan untuk Memperindah Desain Logo 

Gambar Lampu Lampion 

Dekorasi elemen untuk desain bertema arabic tidak hanya menggunakan ornamen geometrik tetapi juga gambar lampu gantung. Dekorasi berupa lampu gantung khas ramadhan akan meningkatkan daya tarik visual desain. Biasanya dekorasi akan digunakan sebagai dekorasi untuk menciptakan bingkai pada bagian atas. 

Ilustrasi Siluet Masjid dan Bulan

Desain bertema arabic dan ramadhan seringkali juga memiliki dekorasi berupa ilustrasi masjid. Terkadang ilustrasi masjid memiliki gambar yang mendetail dan ada juga yang berupa siluet. Gambar siluet masjid akan menciptakan kesan dramatis pada desain dan membuat elemen lain bisa tampil lebih menonjol. Desain bertema arabic terkadang juga menggunakan tambahan dekorasi bulan dan bintang agar tampilan desain semakin menarik. 

Tipografi Elegan dan Arabic

Untuk font yang sering digunakan dalam desain bertema arabic dan ramadhan seringkali menggunakan font yang elegan dan berkesan menenangkan. Tidak hanya font bergaya arabic yang unik, terkadan font script juga banyak digunakan untuk desain arabic. Gaya huruf script terlihat elegan dan alami cocok untuk desain bertema arabic, tampilan huruf yang elegan juga menciptakan kesan mewah. 

6 REKOMENDASI FONT ARABIK

Style font untuk desain arabic dapat memiliki gaya tipografi yang memiliki guratan huruf arab. Saat menciptakan desain bertema arabic gunakan font yang tepat bergaya arabic agar desain terlihat relevan. Berikut beberapa font yang memiliki style font arabic yang unik: 

Font Albaik

6 Rekomendasi Tipografi Arabic untuk Desain Grafis

Font arabic satu ini memiliki tampilan huruf yang tebal dan menarik. Meskipun garis huruf terlihat melengkung dan bersambung namun mudah dibaca. Jenis font ini memiliki tampilan huruf bersambung yang bersih dan tebal sehingga mudah untuk dibaca sehingga cocok untuk desain logo maupun poster. Hurufnya yang tebal memungkinkan teks mudah terbaca pada ukuran kecil.

Gaya huruf pada font ini memiliki bentuk huruf yang terinspirasi dari huruf arab, kombinasi sudut tajam dan melengkung menciptakan tipografi terkesan ramah. Ujung huruf yang terlihat lancip menciptakan tampilan yang elegan. Jenis font ini akan cocok untuk desain logo maupun judul dalam desain poster. 

Baca juga: Contoh Penggunaan Font Script yang Efektif

Bismillah

Font yang memiliki nama bismillah ini memiliki tampilan huruf dengan style huruf arab. Beberapa hurufnya dibuat bersambung seperti huruf arab dengan dekorasi titik pada beberapa hurufnya. Beberapa ujung huruf dalam jenis font ini memiliki ujung yang panjang sehingga menciptakan kesan elegan.

Tampilan font yang mirip dengan huruf arab ini membuatnya cocok digunakan untuk menciptakan desain grafis bertema arabic. Desain logo yang bertema arab tidak harus menggunakan huruf arab tetapi bisa menggunakan font Bismillah. Font ini akan cocok dijadikan headline judul pada poster event ramadhan.

Mutiara Ramadhan

6 Rekomendasi Tipografi Arabic untuk Desain Grafis

Font bergaya arabic seringkali memiliki dekorasi berupa titik-titik bulat atau kotak yang diambil dari huruf arab. Kebanyakan tipografi khas arabic memiliki sudut huruf melengkung dan ujung yang panjang. Ujung yang lancip dan dekorasi huruf yang panjang menciptakan kesan elegan dan ramah.

Sudut huruf yang melengkung dan tebal membuat teks akan mudah dibaca, meski beberapa huruf memiliki dekorasi titik-titik. Seperti jenis tipografi lainnya font mutiara ini memiliki gaya huruf bersambung yang bersih. Sesuai dengan namanya penggunaan font ini akan cocok untuk mendukung tampilan desain bertema ramadhan. 

Baca juga: Kombinasi Font dalam Desain Grafis sebagai Strategi Branding

Rahmuna

Style font arabic seringkali memiliki gaya font display atau script, font script yang bersambung menciptakan tampilan elegan. Gaya font display yang unik dengan style huruf bersambung tebal ini memiliki dekorasi titik-titik bintang. Meskipun jenis font bersambung, huruf tetap mudah dibaca dan menciptakan nuansa arabic yang elegan. 

Sacred Ramadhan

Sebagian besar font arabic memiliki dekorasi berupa kotak-kotak kecil bentuk belah ketupat sebagai dekorasi diatas dan dibawah huruf. Font ini juga memiliki style huruf arab dengan ujung lancip yang melengkung. Beberapa huruf yang panjang menciptakan tampilan tipografi yang unik

Font ini juga akan cocok jika digunakan dalam desain grafis seperti poster, kemasan, hingga desain website bertema ramadhan. Huruf bersambung dengan sudut melengkung yang tebal akan menciptakan kesan ramah.

Yulltan

6 Rekomendasi Tipografi Arabic untuk Desain Grafis

Berbeda dengan jenis font lainnya, font ini memiliki tampilan yang rumit seperti kaligrafi. Huruf alfabet memiliki style yang meniru huruf arab dengan dekorasi geometris kotak. Ujung-ujung huruf memiliki dekorasi huruf yang panjang, melengkung dan lancip. 

Jenis font ini dapat digunakan untuk desain logo atau seni kaligrafi. Tampilan logo akan terlihat unik dan rumit karena memiliki dekorasi huruf yang panjang dan bersambung. 

KESIMPULAN

Desain grafis yang bertema arabic sebaiknya menggunakan elemen desain yang sesuai seperti warna hijau, ikon lampu, ornamen geometrik dan tipografi arabic. Untuk memilih tipografi yang sesuai dengan tema arab atau ramadhan dapat memilih beberapa rekomendasi font tersebut. Penggunaan font yang unik dan memiliki style huruf arab akan terlihat relevan. Perhatikan keterbacaan dan suasana yang diciptakan agar font arabic tetap menciptakan tema desain grafis yang menarik. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.