Rekomendasi Gaya Font Serif Modern untuk Desain Grafis

0
(0)

Font serif adalah salah satu jenis font yang populer dan sudah digunakan sejak lama. Jenis font serif memiliki ciri utama tampilan yang klasik dan bersih dengan dekorasi serif. Variasi dari jenis font ini cukup beragam, terutama pada era modern ini ada banyak rekomendasi gaya font serif yang bergaya elegan.

Dikutip dari Adobe.com1, serif adalah garis-garis kecil pada ujung huruf sebagai dekorasi, gaya huruf dengan serif akan disebut font serif. Gaya font yang memiliki serif ini sudah digunakan sejak dahulu dan cukup identik dengan gaya desain klasik. Seringkali penggunaan font ini untuk menciptakan tampilan klasik dan elegan pada desain grafis.

Berbicara soal gaya serif modern ini pada tahun 1780-an dua desainer dari paris menciptakan serif modern (toptal.com)2. Serif  modern yang diciptakan memiliki kontras yang tajam antar guratan. Font serif modern dibuat lebih sederhana dan tipis, beberapa dibuat memiliki garis-garis yang halus. Ada beberapa rekomendasi font serif modern yang bisa digunakan untuk desain grafis.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Bosch

Rekomendasi Gaya Font Serif Modern untuk Desain Grafis

Jenis font serif satu ini memiliki tampilan gaya huruf yang unik dan tidak biasa, karena tampil beda dari jenis serif lainnya. Garis-garis huruf dalam font terlihat halus dan bersih, garis yang tipis menciptakan tampilan desain yang elegan. Jenis font bosch ini terinspirasi dari seorang seniman terkemuka dari belanda pada abad ke-15. 

Bentuknya yang tidak biasa ini terinspirasi tipografi keagamaan, font ini juga bebas digunakan untuk kebutuhan desain personal. Penggunaan font bosch ini akan cocok jika digunakan pada desain yang ingin menampilkan kesan klasik dan elegan. Akan cocok jika font digunakan untuk desain logo merek kecantikan dan fashion.

Grange

Jenis font grange ini juga terlihat elegan dan memiliki garis yang cukup tipis dan melengkung. Garis tersebut memberikan kesan elegan dengan ujung serif yang tajam. Penambahan ornamen tipis dalam desain huruf ini menciptakan tampilan gaya huruf yang lebih menarik. 

Kebanyak font serif memang akan menciptakan kesan elegan, sementara font ini juga elegan dan terkesan feminim. Jenis premium serif ini bisa menciptakan kesan mewah dan elegan pada desain. Desain kemasan atau desain logo merek kecantikan akan terlihat cocok dengan gaya tipografi font grange. 

Becoming

Rekomendasi Gaya Font Serif Modern untuk Desain Grafis

Font serif yang diciptakan pada era modern dibuat agar terlihat cocok dan relevan dengan gaya desain modern. Desain modern secara umum akan tampak bersih dan berkesan teknologi. Gaya huruf tidak hanya tampil elegan tetapi juga menciptakan modern yang kuat.

Gaya huruf Becoming memiliki garis huruf yang tajam, tipis dan juga melengkung, tampilan huruf terlihat bersih. Penggunaan font ini bisa membuat teks lebih mudah mencolok karena memiliki garis melengkung yang tebal dan tajam. Jenis font ini akan relevan untuk desain grafis bertema fashion.

Silk Flower

Beberapa jenis font seperti silk flower ini memiliki gaya serif dengan kesan ramah dan menyenangkan. Berbeda dengan kebanyakan font serif yang memiliki tampilan klasik dan formal, serif modern seringkali memiliki tampilan unik seperti jenis font ini. Font Silk Flower memiliki tampilan ujung serif yang bulat dan tajam, yang membuat tampilan font terlihat lebih menarik.

Font ini juga memiliki tampilan huruf yang tebal dengan ujung buat dan tajam, memberikan kesan ramah sekaligus elegan. Ada juga tambahan dekorasi seperti bintang yang membuat gaya font ini semakin menarik. Gaya font mungkin akan cocok jika digunakan pada desain kemasan atau desain pemasaran.

Angelie Bright

Banyak pula ditemui gaya font serif modern memiliki tampilan yang dekoratif dan unik. Sebagian besar memang font serif akan menciptakan kesan elegan, mewah dan terkenal formal. Gaya font angelic bright ini juga menciptakan kesan elegan dengan elemen dekorasi yang unik. 

Font serif modern dengan dekorasi seperti bintang ini akan cocok digunakan sebagai teks judul untuk kemasan skincare. Tampilan huruf terlihat elegan dengan beberapa huruf yang memiliki serif panjang. Gaya huruf yang tipis mendukung tampilan tipografi yang elegan dan mewah.

Maglite

Rekomendasi Gaya Font Serif Modern untuk Desain Grafis

Tampilan jenis font serif maglite memiliki bentuk huruf yang tipis, ujung serif yang tajam dan beberapa huruf memiliki serif tipis yang sedikit panjang. Garis-garis yang panjang dan tipis dalam font ini menciptakan tampilan yang elegan dan bersih. Dalam era modern ini penggunaan font maglite bisa ditemui dalam berbagai desain yang terkait dengan fashion atau kecantikan.

Font memiliki tampilan bersih mudah dibuat dan cocok untuk memberikan kesan elegan pada desain. Bentuk huruf dari font ini juga memiliki garis-garis melengkung tipis yang elegan. Tidak hanya untuk desain bertema fashion,gaya huruf ini akan cocok pula untuk desain undangan dan desain merek kosmetik. 

PENGGUNAAN FONT MODERN SERIF

Jika jenis font serif klasik memiliki tampilan formal, aku dan terkadang elegan, gaya huruf modern serif lebih bersih tajam dengan ujung serif yang halus. Font serif klasik memiliki serif yang tebal beberapa memiliki gaya serif yang kotak dan berkesan formal. Inilah mengapa kebanyakan font serif modern menciptakan kesan elegan, bersih dan modern.

Menciptakan Kesan Elegan dan Modern

Font serif modern sering digunakan untuk membuat desain logo yang terlihat klasik tapi elegan. Ujung serif yang tajam dan tipis tidak akan berkesan kuno, sementaa ujung serif yang panjang akan memberikan nuansa lebih elegan. Jenis font serif yang bergaya modern ini cukup sering digunakan pada desain logo untuk merek fashion.

Tampilan yang elegan akan cocok untuk merek fashion yang ingin memberikan kesan mewah. Selain sans serif, gaya serif yang elegan juga banyak ditemui pada brand-brand fashion modern terkenal. Ujung serif yang lembut dan tajam menciptakan tampilan huruf yang bersih sehingga cocok untuk desain modern.

Digunakan untuk Desain Undangan

Jika serif klasik dengan tampilan serif yang tebal dan kaku, gaya font serif modern ini dapat menciptakan tampilan yang lebih modern. Font serif modern dengan gari-garis halus dapat menciptakan kesan elegan untuk desain undangan. Jika menggunakan font serif klasik bisa terlihat terlalu formal dan kaku. 

Gunakan jenis font modern untuk desain undangan pernikahan atau acara formal lainnya, jika ingin menciptakan kesan yang elegan. Desain undangan akan tampil elegan dan mudah untuk dibaca. Penggunaan font serif modern yang elegan lebih disarankan daripada jenis font script yang sulit dibaca. 

Cocok untuk Logo pada Merek Mewah atau Premium

Jenis font serif yang modern dapat menciptakan tampilan teks terlihat mewah dan premium. Ini akan cocok jika tipografi digunakan pada desain logo yang ingin memiliki merek yang berkesan premium. Gaya huruf dengan dekorasi serif tipis, tajam dan panjang ini bisa memberikan tampilan identitas merek yang terlihat elegan dan mewah. 

Font modern serif cukup ideal untuk digunakan pada desain logo merek produk high-end seperti fashion, perhiasan, atau kosmetik. Gaya huruf ini juga bisa menciptakan kesan serius dan profesional seperti jenis font libre baskerville. Font serif modern seperti baskerville dapat menciptakan kesan merek yang profesional dan formal.

Dapat Digunakan Untuk Desain Katalog dan Majalah Fashion

Sering juga ditemui penggunaan font serif modern pada desain katalog produk untuk merek fashion, kosmetik, skincare hingga perhiasan. Pada desain katalog penggunaan font ini akan mendukung kesan mewah dan elegan pada produk-produk dalam katalog. Font modern serif bisa digunakan sebagai tipografi judul dan sub judul, sementara tubuh teks bisa menggunakan serif sederhana.

Banyak juga ditemui penggunaan font serif modern ini untuk desain majalah fashion, biasanya karena cocok dengan kesan elegan. Jika diperhatikan kebanyakan majalah fashion menggunakan jenis font serif modern karena menciptakan kesan elegan dan premium. Beberapa majalah fashion yang menggunakan font serif modern seperti Vogue, Elle, dan Harpers Bazaar.

KESIMPULAN

Jenis font serif yang digunakan dalam desain grafis cukup beragam seperti klasik serif, modern serif dan slab serif, ketiganya memiliki ciri gaya huruf yang berbeda. Font modern serif biasanya memiliki tampilan elegan dan bersih sering digunakan untuk berbagai kebutuhan desain. Modern serif umumnya banyak digunakan untuk desain logo elegan, merek mewah hingga penggunaan untuk desain majalah fashion.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Tod, Dlan (2024). The choice between serif or sans serif fonts. Adobe.com ↩︎
  2. Chapman, Cameron (2010-2024). Lines of Communication: A Typeface History (With Infographic). Toptal.com ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.