Prinsip-prinsip dalam Menciptakan Hirarki Visual yang Efektif

Dalam menciptakan hirarki visual dalam desain, ada beberapa prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan. Hirarki visual merupakan salah satu aspek penting dalam desain grafis untuk membantu menyoroti pesan penting. Hirarki visual bisa membantu pengguna untuk memahami informasi dengan lebih mudah.

Prinsip-prinsip dalam Menciptakan Hirarki Visual yang Efektif

Dalam sebuah desain hirarki visual digunakan untuk menyoroti elemen penting. Adanya hirarki visual akan memudahkan audiens dalam navigasi pembacaan audiens pada desain. Audiens pun akan lebih mudah untuk memahami informasi desain dengan lebih baik.

Dalam menciptakan hirarki visual ini melibatkan pengaturan dalam elemen-elemen desain. Penting untuk mengatur tata letak, warna, dan ukuran elemen-elemen desain untuk menciptakan hirarki. Perhatikan beberapa prinsip-prinsip dalam artikel ini untuk menciptakan hirarki visual yang efektif.

Read More

PRINSIP-PRINSIP DALAM MENCIPTAKAN HIRARKI VISUAL

Menciptakan hirarki visual dalam desain harus mempertimbangkan beberapa prinsip-prinsip dalam menciptakan hirarki visual yang efektif. Berikut prinsip-prinsip dalam menciptakan hirarki visual dalam desain:

KONSISTENSI

Prinsip-prinsip dalam Menciptakan Hirarki Visual yang Efektif

Dalam menciptakan hirarki visual penting untuk memastikan adanya konsistensi dalam elemen-elemen desain. Konsistensi ini terkait dengan perbedaan ukuran elemen yang berubah secara konsisten, warna yang menciptakan harmoni dan gaya tipografi yang konsisten. Desain yang konsisten akan memudahkan dalam menciptakan hirarki visual.

Tata letak yang konsisten akan membantu memudahkan navigasi pembacaan oleh audiens. Meskipun hirarki berusaha menyoroti elemen tertentu penting untuk memastikan desain memiliki kesatuan. Hirarki visual yang jelas dan konsisten akan membantu audiens dalam memahami struktur informasi.

KONTRAS

Prinsip-prinsip dalam Menciptakan Hirarki Visual yang Efektif

Kontras adalah salah satu elemen penting dalam menciptakan hirarki visual. Pastikan antar elemen-elemen desain yang berbeda memiliki kontras yang jelas. Elemen desain yang utama harus memiliki kontras dengan elemen pendukung untuk menyoroti informasi utama.

Kontras dalam desain dapat diciptakan dengan mengatur ukuran, warna, dan tata letak elemen desain. Untuk menonjolkan elemen utama, gunakan ukuran huruf yang lebih besar, warna yang berbeda dan tata letak yang menarik. Gunakan judul dengan ukuran yang lebih besar dari sub judul, pemberian warna yang berbeda juga dapat menyoroti judul.

Baca juga: Tipe-tipe Kontras dalam Desain Grafis Untuk Menciptakan Hirarki

URUTAN VISUAL

Dalam hirarki visual, urutan elemen-elemen desain harus disusun dengan logis yang memudahkan audiens dalam membaca desain. Penting untuk menyusun elemen yang bisa menciptakan arus visual yang menarik. Tata letak elemen sangat berpengaruh dalam menciptakan hirarki visual yang memudahkan audiens memahami pesan.

Penggunaan garis bantu akan memudahkan dalam penyusunan elemen desain yang menciptakan hirarki visual. Dengan menata judul yang berukuran besar pada bagian tengah atau atas akan memudahkan identifikasi audiens. Tata letak harus diatur sesuai ukuran elemen agar menciptakan alur pembacaan yang mudah dipahami. Hal ini akan membantu audiens mengetahui bagian yang merupakan judul dan subjudul.

PROPORSI

Prinsip-prinsip dalam Menciptakan Hirarki Visual yang Efektif

Dalam hirarki visual, proporsi elemen merupakan salah satu prinsip penting. Proporsi elemen dalam desain dapat memengaruhi hirarki visual. Untuk itu penting mengatur proporsi elemen dengan seimbang agar hirarki visual terlihat jelas.

Mengatur berbagai ukuran elemen-elemen desain dengan bijak akan menciptakan hirarki visual. Proporsi elemen harus menciptakan hirarki, misalnya dengan mengatur judul yang lebih besar dari sub judul. Perbedaan juga harus diatur agar menciptakan keseimbangan visual, sehingga perbedaannya tidak terlalu aneh.

Baca juga: Pentingnya Mengatur Proporsi dalam Desain Grafis

SPASI

Penting untuk mengatur jarak antar elemen dalam desain agar hirarki terlihat jelas. Gunakan spasi dengan bijak untuk memudahkan pembacaan teks. Spasi yang cukup juga bisa digunakan untuk memisahkan elemen-elemen desain yang berbeda.

Jarak yang cukup akan membantu untuk memperlihatkan hirarki visual antar elemen. Audiens juga lebih mudah bisa fokus dalam membaca informasi-informasi karena memiliki spasi yang cukup. Spasi atau jarak antar elemen ini berguna untuk memisahkan elemen yang berbeda, sekaligus dapat menghindari tampilan elemen visual yang terlalu padat.

KEDEKATAN

Dalam mengatur hirarki visual, biasanya beberapa elemen-elemen desain yang terkait satu sama lain akan dikelompokkan. Pengelompokan elemen-elemen desain yang memiliki kaitan secara visual dan informasi akan menunjukkan kesatuan desai. Penting untuk memastikan elemen-elemen yang berada berdekatan memiliki keterkaitan.

Hal tersebut akan memudahkan audiens dalam memahami informasi desain. Audiens bisa dengan mudah mengidentifikasi elemen-elemen yang berdekatan memiliki informasi yang terkait satu sama lain.

AKSEN VISUAL

Untuk menyoroti elemen tertentu bisa dengan memanfaatkan aksen visual tambahan. Gunakan elemen seperti garis atau ikon tertentu yang bisa digunakan untuk menyoroti elemen utama dalam desain. Misalnya judul utama diberi garis bawah untuk memperjelas hirarki visualnya.

Audiens biasanya akan tertarik untuk melihat elemen yang berbeda dari yang lainnya. Dengan penambahan aksen visual seperti lingkaran untuk menyoroti elemen penting, ini akan memudahkan desain untuk menunjukkan informasi penting. Biasanya aksen visual yang bisa digunakan seperti efek stabilo, garis bawah, warna berbeda dan ikon untuk menyoroti informasi utama.

Baca juga: Efek Visual untuk Menciptakan Hirarki Visual dalam Desain Grafis

KETAJAMAN VISUAL

Hirarki visual juga perlu memerhatikan ketajaman visual dari elemen-elemen desain yang digunakan. Penting untuk memastikan elemen paling penting seperti judul memiliki ketajaman visual yang tinggi. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan ukuran huruf yang cukup besar dan warna kontras yang tajam.

Penggunaan elemen penting yang lebih tajam dari yang lain akan membantu informasi penting mudah dibaca dan dipahami. Elemen yang mencolok dari yang lain otomatis akan menjadi pusat perhatian utama dalam desain. Sementara elemen lain bisa menggunakan warna yang lebih lembut.

KESIMPULAN

Dalam desain grafis hirarki visual berperan penting untuk menyoroti informasi penting dan memudahkan audiens dalam memahami informasi dalam desain. Untuk menciptakan hirarki visual penting untuk memerhatikan prinsip-prinsip penting dalam hirarki visual. Prinsip-prinsip tersebut akan memudahkan untuk menyusun hirarki visual yang efektif menyampaikan pesan pada audiens. Adanya hirarki visual dalam desain akan membantu pengguna memahami informasi dengan lebih baik dan cepat.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts