Efek Visual untuk Menciptakan Hirarki Visual dalam Desain Grafis

Untuk menciptakan desain grafis yang menyampaikan informasi dengan efektif perlu menciptakan hierarki visual. Dalam menata elemen dan memilih elemen hierarki visual dapat tercipta untuk menonjolkan informasi kunci. Untuk menciptakan hirarki visual yang menarik dapat memanfaatkan efek visual dalam desain grafis.

Efek Visual untuk Menciptakan Hirarki Visual dalam Desain Grafis

Efek-efek visual dapat dimanfaatkan untuk menciptakan hirarki pada desain grafis. Penggunaan efek visual yang efektif dan sesuai dengan tujuan pesan akan membantu menciptakan Hirarki. Tidak hanya untuk menyoroti informasi penting hirarki visual juga berguna untuk mengarahkan pandangan audiens.

Penting untuk menciptakan hierarki visual untuk meningkatkan efektivitas pesan terbaca oleh audiens. Serta memberikan tampilan desain lebih menarik dan berdimensi. Simak artikel ini yang membahas beberapa efek visual yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan hierarki dalam desain grafis.

Read More

BEBERAPA EFEK VISUAL UNTUK MENCIPTAKAN HIERARKI VISUAL DALAM DESAIN

Dalam merancang desain grafis yang efektif penting untuk memastikan tampilan desain memiliki hirarki visual agar mudah untuk dipahami audiens. Berikut beberapa efek visual untuk menciptakan hirarki visual yang menarik:

Efek Warna Gradasi

Efek Visual untuk Menciptakan Hirarki Visual dalam Desain Grafis

Warna gradien ketika diterapkan pada elemen visual dapat membuat terlihat lebih mencolok. Atur warna elemen desain dari gelap ke terang atau abu-abu untuk menciptakan hirarki visual yang menarik. Audiens umumnya akan fokus pada warna yang lebih tajam atau gelap terlebih dahulu.

Warna gradasi dapat mengarahkan pandangan audiens dari elemen berwarna tajam ke redup. Selain ukuran penggunaan warna gradasi juga dapat mengarahkan pandangan audiens dalam membaca desain grafis. Terapkan warna gradasi dari satu elemen ke elemen lainnya untuk membantu menciptakan efek pudar atau redup pada warna.

Baca juga: Jenis Warna Gradien: Keberagaman Gradien untuk Desain Menarik

Tekstur

Penggunaan tekstur pada elemen desain seperti objek dan teks dapat digunakan untuk menciptakan hirarki visual. Ketika elemen memiliki tekstur tertentu ini akan menarik perhatian audiens pertama kali melihat desain. Namun penggunaan tekstur berlebihan juga bisa mengganggu tampilan desain.

Efek Bayangan

Efek Visual untuk Menciptakan Hirarki Visual dalam Desain Grafis

Gunakan efek bayangan pada desain untuk membuat elemen teks yang penting mencolok. Terapkan efek ini untuk menciptakan hirarki visual namun gunakan dengan berhati-hati agar tidak berlebihan. Gunakan efek bayangan secukupnya untuk membuat elemen dan teks memiliki hirarki. Efek bayangan bisa diterapkan pada elemen utama dalam desain grafis.

Ukuran dan Berat Huruf

Untuk hierarki visual pada teks gunakan efek visual yang bisa membedakan antara teks satu dan lainnya misal judul dengan sub judul. Atur ukuran dan ketebalan huruf untuk menciptakan hierarki visual yang menarik. Gunakan ukuran buang besar dan huruf yang lebih tebal pada informasi lebih penting, dan semakin kecil pada sub judul dan seterusnya.

Adanya perbedaan skala pada teks-teks dalam desain grafis akan menciptakan tampilan yang memudahkan pembaca memahami desain. Perbedaan skala dan ketebalan pada judul, sub judul dan teks badan yang semakin kecil dan tipis akan menciptakan hirarki visual.

Baca juga: Teknik Menata Huruf dan Pengaturannya dalam Desain Grafis

Spasi dan Jarak

Memberikan efek visual yang unik dengan mengatur jarak antar huruf dan spasi antar kata akan menciptakan hirarki visual. Adanya perbedaan jarak antar huruf dapat membantu membedakan tingkat kepentingan informasi. Jarak antar baris juga bisa menciptakan hirarki visual pada teks, atur jarak yang berbeda antar baris.

Pengaturan jarak antar huruf dan baris ini dapat menciptakan visual yang unik. Sekaligus membantu mengarahkan pandangan audiens. Perbedaan jarak antar huruf, kata dan baris menciptakan efek yang bisa membedakan antar teks.

Tata Letak

Untuk menciptakan hirarki visual, teks tidak hanya harus memiliki skala berbeda, tetapi juga harus diatur dengan unik. Tata letak elemen yang unik dapat menciptakan efek visual yang menarik.

Ada banyak cara dalam mengatur elemen yang berisi informasi penting agar bisa menciptakan hirarki visual. Atur urutan elemen dari yang berukuran besar sampai kecil untuk menciptakan hirarki visual yang unik.

Kontras Warna

Gunakan warna kontras pada elemen dan teks untuk menunjukkan elemen mana yang lebih penting. Warna kontras yang cukup dapat menciptakan efek visual elemen yang lebih jelas lebih penting dari yang lainnya. Untuk menyoroti elemen penting gunakan kontras yang cukup juga pada elemen dari layar belakang.

Baca juga: Tipe-tipe Kontras dalam Desain Grafis Untuk Menciptakan Hirarki

Transparansi

Efek Visual untuk Menciptakan Hirarki Visual dalam Desain Grafis

Penggunaan efek transparansi juga dapat menciptakan hirarki visual pada desain grafis. Elemen yang lebih penting akan menggunakan warna yang lebih tajam. Sementara elemen pendukung menggunakan warna yang lebih redup.

Efek ini bisa menyoroti elemen utama dan menciptakan hirarki visual. Gunakan efek ini jika terdapat banyak elemen pendukung dalam sebuah desain untuk memberikan sorotan pada elemen utama dengan tingkat transparansi yang tajam.

Penataan dan Arah Teks

Hirarki Visual dalam Desain Grafis

Hirarki visual juga bisa diciptakan dengan menciptakan efek visual seolah elemen memiliki arah. Untuk menciptakan efek yang menarik atur arah hirarki yang unik tidak harus urut dari atas ke bawah. Misal dimulai dari tengah ke bawah lalu atas lalu pojok.

Gunakan ukuran yang berbeda pada setiap teks untuk menciptakan hirarki visual yang mengarahkan pandangan mata audiens. Arah ini bisa menciptakan gerak visual mengikuti perubahan ukuran elemen tertentu.

Gaya Huruf dan Dekorasi

Untuk memberikan efek visual pada jenis font yang unik, gunakan jenis font yang berbeda. Selain jenis font untuk menciptakan hirarki bisa dengan memberikan efek stabilo pada kata tertentu, garis bawah, garis atas hingga efek coretan. Ini akan membantu audiens pada elemen dengan efek visual yang unik.

Baca juga: 11 Cara Mengkombinasikan Font dalam Desain Grafis yang Efektif

Posisi dan Kedudukan

Penempatan teks dalam desain grafis juga dapat menciptakan efek visual yang unik jika bisa ditempatkan dengan menarik. Posisi teks pada bagian atas, bawah, kanan dan kiri dapat memengaruhi arah pembacaan audiens. Atur posisinya dengan menarik karena dapat memengaruhi akur pembacaan audiens.

Efek Garis Tepi dan Bingkai

Pemberian efek tulisan yang unik seperti garis tepi akan membuat desain terlihat mencolok. Gunakan efek ini untuk menciptakan hirarki visual pada teks. Selain garis tepi pemberian bingkai bisa memberikan efek yang menarik pada elemen visual dan bisa menyoroti elemen penting.

KESIMPULAN

Dalam membangun desain grafis yang menarik penting untuk menciptakan hirarki visual. Hirarki visual dapat diciptakan dengan menggunakan efek visual dalam desain grafis. Gunakan beberapa efek seperti bayangan, garis Tepi, gradien, hingga tata letak untuk menciptakan hirarki visual yang menarik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts