Palet Warna: Kombinasi Warna Berdasarkan Gaya Desain 

0
(0)

Ketika memilih warna untuk desain, desainer harus berhati-hati karena dapat memengaruhi persepsi atau emosi pada audiens. Warna yang digunakan dalam desain harus memiliki kombinasi yang harmonis, selain itu palet warna juga harus terdiri dari warna yang harmonis. Palet warna biasanya berisi 5 – 10 warna bergantung pada kebutuhan desain dan jenis desainnya.

Kombinasi dalam palet warna biasanya memiliki beberapa aturan, karena menggabungkan warna utama, dasar dan warna aksen. Kombinasi palet warna ini biasanya digunakan untuk desain yang kompleks seperti kemasan, ilustrasi, atau desain pemasaran. Berbeda dengan desain logo yang biasanya menggunakan kombinasi warna tidak lebih dari tiga, ini untuk mempertahankan kesederhanaannya.

PALET WARNA 

Palet Warna: Kombinasi Warna Berdasarkan Gaya Desain 

Desain umumnya akan memiliki palet warna yang dijadikan acuan dalam menerapkan warna pada desain. Isi palet warna sendiri cukup beragam ada yang dua, tiga hingga lima warna. Biasanya menyesuaikan kebutuhan desain, namun secara umum palet warna adalah sekumpulan warna yang dipilih untuk digunakan dalam sebuah desain.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Jumlah warna dalam palet warna umumnya bergantung dengan kompleksitas dan preferensi desainer. Namun secara umum terdiri dari beberapa 5 jenis warna yaitu:

Warna Primer atau Warna Utama

Dalam sebuah palet warna dari beberapa warna lainnya biasanya ada warna yang dijadikan warna primer atau warna utama. Warna ini nantinya akan digunakan sebagai warna yang paling dominan dalam desain. Untuk warna harus tampil jelas dan tajam daripada warna lainnya. Selain itu warna utama juga harus dipilih dengan mempertimbangkan makna psikologi yang sesuai dengan pesan atau karakter merek. 

Biasanya warna utama ini akan terdiri dari satu atau dua warna, bergantung dengan kebutuhan desain. Pastikan kedua warna utama tampil harmonis, karena elemen utama ini umumnya akan digunakan pada elemen utama atau penting.

Warna Aksen

Pada sebuah palet warna, diantara warna-warna yang digunakan harus ada warna aksen yang tampil mencolok. Warna aksen ini biasanya menggunakan warna yang cerah atau paling mencolok diantara warna-warna dalam palet. 

Penggunaan warna aksen ini berguna untuk memberikan sorotan pada elemen penting atau untuk menekankan bagian-bagian tertentu. Warna ini bisa menciptakan kontras yang jelas dengan warna yang lainnya, dan membuat elemen dengan warna aksen terlihat mencolok.

Warna Netral atau Dasar

Untuk menyeimbangkan komposisi palet warna, penting untuk menambahkan warna netral atau warna yang dijadikan dasar. Warna netral yang umum digunakan seperti hitam, putih, abu-abu dan krem. Warna ini memiliki peran untuk memberikan keseimbangan dan kontras antara warna atau elemen desain.

Biasanya warna netral ini sering digunakan sebagai warna latar belak ang, frame, garis, hingga outline objek dan teks. Ini akan membantu elemen seperti teks memiliki kontras yang jelas dan mudah dibaca. Terkadang juga digunakan untuk warna elemen pendukung agar tidak menonjol. 

Baca juga: Inspirasi Palet Warna dari Film Terkenal untuk Desain Konten

Light Color atau Warna Terang

Untuk warna terang dalam palet warna tidak sama dengan warna aksen, meskipun warna ini juga berguna untuk menarik perhatian orang. Warna terang dalam palet warna ini biasanya warna versi terang dari salah satu warna utama. Penggunaan warna terang ini berguna untuk menciptakan dimensi visual yang menarik, serta dapat menyoroti elemen penting. 

Ketika warna terang ini dipadukan dengan warna utama ini akan menciptakan tampilan visual yang menarik dan menciptakan dimensi kedalaman. Namun perlu diingat jika warna terang ini bukan warna neon tetapi lebih pucat.

Shadow Color atau Warna Gelap

Untuk menciptakan keseimbangan visual dan tampilan yang harmonis, penting juga menambahkan warna gelap ke dalam palet warna. Warna gelap dapat ditambahkan untuk memberikan dimensi kedalaman visual pada desain. Sering juga warna gelap digunakan sebagai efek bayangan

Biasanya warna gelap yang digunakan mengambil warna gelap dari warna utama. Jika warna utama berwarna hijau, maka warna gelap bisa berupa warna hijau gelap. Bisa juga mengambil warna gelap dari warna lain seperti biru gelap atau merah gelap, yang terpenting warna gelap.

INSPIRASI KOMBINASI WARNA SESUAI GAYA DESAIN

Dalam dunia desain grafis pemilihan warna-warna yang digunakan ini mempertimbangkkan beberapa hal penting. Termasuk jenis desain grafis, emosi atau pesan desain, harmonis dan keseimbangannya. Kombinasi warna terkadang juga mempertimbangkan gaya desain sehingga menciptakan tampilan menarik, seperti berikut ini:

Minimalis Modern

Palet Warna: Kombinasi Warna Berdasarkan Gaya Desain 

Kombinasi warna yang digunakan dalam desain minimalis khas modern biasanya menggunakan warna yang memiliki tampilan bersih dan modern. Warna-warna dalam palet warna modern seringkali menggunakan warna netral atau warna monokrom. Pada desain modern seringkali ditemui desain yang menggunakan warna netral seperti putih, abu-abu dan hitam. 

Biasanya ini sering terjadi untuk desain modern yang bertema minimalis. Agar desain tidak membosankan, warna netral yang dijadikan warna utama akan ditambahkan warna aksen untuk menciptakan dimensi visual. Beberapa warna terang yang bisa dikombinasikan dengan warna netral tersebut adalah warna kuning terang, biru terang hingga merah muda.

Baca juga: Jenis Merek yang Cocok Menggunakan Desain Logo Minimalis

Retro Vintage

Untuk gaya desain bertema vintage atau retro ini banyak menggunakan kombinasi warna yang terinspirasi dari era retro. Gaya retro sering menggunakan kombinasi warna kuning mustard, hijau mint, dan oranye tua. Warna coklat dan kuning seringkali mendominasi desain retro karena memberikan kesan kusam atau tua. 

Warna-warna tersebut dapat dikombinasikan dengan warna yang memberikan kesan klasik seperti warna merah tua dan biru navy. Perpaduan warna tua dan warna seperti krem dan coklat tua akan menciptakan kesan klasik, hangat dan vintage.  

Typography-based Design

Sementara untuk gaya desain yang berfokus pada tipografi daripada gambar atau ilustrasi. Biasanya gaya desain ini akan memiliki gaya tipografi yang unik untuk menarik perhatian karena tidak menggunakan gambar. Untuk gaya desain yang memiliki banyak tulisan, warna akan dikombinasikan agar tulisan terlihat harmonis dan unik.

Utamanya warna-warna yang dikombinasikan dalam gaya desain ini akan mengutamakan keterbacaan. Sehingga seringkali menggunakan warna netral seperti warna monokrom, ini terdiri dari warna hitam, abu-abu dan putih.

Warna netral ini juga sering dipadukan dengan warna cerah untuk memberikan aksen, hal ini agar teks yang lebih penting mencolok dari teks lainnya. Gaya desain ini umumnya akan menciptakan tampilan desain yang memberikan sentuhan modern dan berani. Sehingga meski desain penuh tulisan tetapi tidak terlihat membosankan.

Baca juga: Kombinasi Warna Monokrom dalam Desain Grafis

Futuristik Modern

Palet Warna: Kombinasi Warna Berdasarkan Gaya Desain 

Dalam gaya desain ini palet warna yang digunakan adalah warna gradien dan warna kesan teknologi. Seringkali dalam gaya desain menggunakan warna-warna gelap, neon dan gradien. Penggunaan warna-warna yang nyentrik ini akan memberikan sentuhan modern yang canggih. 

Beberapa warna yang khas dalam desain ini adalah palet biru elektrik yang terdiri dari varian warna biru dari gelap ke terang. Sementara warna gradien juga bisa dibuat dari palet warna analog, yang ketika dikombinasikan akan menciptakan gradasi yang lembut. Gaya desain modern dan futuristik seringkali memiliki kombinasi warna neon dan warna gelap. 

Dark Mode Design

Untuk gaya desain yang digunakan pada desain website dan aplikasi digital sering menggunakan gaya desain mode gelap. Gaya desain ini memberikan kenyamanan mata dan memberikan kesan modern. Desain dengan mode gelap sering menggunakan warna seperti biru gelap, hitam, hijau gelap hingga ungu gelap. Sementara warna putih dapat dijadikan warna base untuk teks. 

KESIMPULAN

Warna dalam desain grafis memiliki peran penting untuk membuat desain terlihat semakin menarik dan menyampaikan emosi tertentu. Biasanya palet warna yang berisi beberapa warna ini akan dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan dan jenis desain. Ketika mengkombinasikan warna biasanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk jenis warna dalam palet warna hingga gaya desain.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts