Tips Membuat Judul yang Sukses Menarik Perhatian 

0
(0)

Jika membuat desain yang kompleks memuat beberapa informasi penting, perhatikan penempatan teks judul yang bijak. Teks judul atau headline merupakan pesan utama dalam desain tersebut, sehingga harus tampil menarik perhatian. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat teks judul menarik perhatian dan menjadi fokus utama audiens.

Teks judul biasanya akan dipilih untuk memberikan judul atau gambaran besar terkait isi konten secara keseluruhan. Judul suatu konten sangat berpengaruh besar dalam memikat audiens untuk membaca konten dalam desain tersebut. Beberapa jenis desain grafis yang membutuhkan judul konten menarik perhatian seperti desain poster, brosur, desain iklan, hingga kemasan dan konten media sosial.

Ketika ingin memilih dan membuat judul konten yang menarik ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan. Perhatikan kesesuaian dengan isi konten, teks judul harus bisa menggambarkan pesan yang ingin disampaikan dalam konten. Simak pembahasan ini untuk mengetahui beberapa hal penting dalam membuat teks judul menarik perhatian audiens.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

TIPS MEMBUAT JUDUL MENARIK

Ketika menyusun teks judul yang menarik dalam desain grafis, pastikan agar judul yang dibuat mewakili isi konten. Teks judul harus tersusun dengan kalimat sederhana dan memikat audiens untuk membaca isi konten dalam desain grafis. Berikut beberapa tips membuat judul konten menarik perhatian:

Kalimat yang Singkat

Tips Membuat Judul yang Sukses Menarik Perhatian 

Konten dalam bentuk desain grafis seperti untuk media sosial harus memiliki judul yang menarik, tidak hanya tampilan visualnya. Judul umumnya akan efektif jika cukup singkat dan tidak terlalu panjang. Judul yang panjang akan membosankan, selain itu juga sulit untuk diatur dalam sebuah desain agar terlihat rapi.

Desain konten akan terlihat penuh dan kurang menarik dengan judul yang panjang, tampilan visualnya akan terlihat berantakan. Gunakan kalimat yang singkat saja tetapi dapat menggambarkan isi konten dengan baik. Kalimat judul yang singkat akan lebih mudah diatur tipografi agar menarik dan mudah dibaca.

Padat dan Jelas

Judul untuk konten desain yang menarik selain singkat juga harus padat dan jelas. Teks judul harus memiliki kalimat yang padat untuk bisa menggambarkan isi konten dengan baik. Kata atau kalimat judul harus relevan dengan apa yang ingin disampaikan dalam konten tersebut. 

Kalimat yang padat akan mewakili pesan dengan baik, namun jangan gunakan kalimat yang terlalu sulit dipahami. Beberapa judul terkadang ingin membuat kalimat yang padat tetapi malah sulit dipahami karena menggunakan bahasa yang tinggi. Judul tidak hanya harus padat tetapi kata-kata yang digunakan juga harus jelas sehingga mudah dipahami.

Bahasa Sederhana dan Persuasif

Sementara untuk bahasa yang digunakan dalam kalimat atau kata dalam teks judul harus memiliki kalimat yang sederhana. Jika teks judul menggunakan kata yang asing atau jarang digunakan audiens bisa kesulitan dalam memahami pesan yang ingin disampaikan. Gunakan bahasa yang sederhana namun padat dan jelas sehingga teks judul mudah dipahami audiens.

Baca juga: Ciri-ciri Tipografi yang Digunakan dalam Desain Poster

Terutama untuk desain yang bertujuan menyampaikan informasi penting seperti diskon atau penawaran khusus, kalimat harus sederhana dan memikat. Kalimat yang persuasif umum harus memiliki kata yang berupa ajakan. Headline judul sangat mempengaruhi tindakan audiens selanjutnya untuk kalimatnya harus membuat audiens untuk tertarik membaca konten atau berpartisipasi di dalamnya. Kalimat persuasif seperti keren, terbaik, efektif hingga sukses, dapat memikat audiens.

Hindari Kalimat yang Ambigu

Ketika menyusun judul yang menarik susun kalimat yang jelas hindari menciptakan kalimat yang ambigu. Menyusun kalimat judul yang menarik bukanlah hal mudah, terutama jika ingin membuat teks judul memikat audiens dalam sekali baca. Penggunaan kata-kata yang jelas dan tersusun dengan baik akan efektif.

Pelajari cara membuat judul konten menarik, perhatikan berbagai konten dalam media sosial yang menarik perhatianmu. Lihat bagaimana susunan kalimatnya, buat judul yang sekiranya tidak ambigu dan jelas sesuai isi konten. Hindari menggunakan kata berulang pada judul yang membuat kalimat menjadi tidak efektif.

Gunakan Dua sampai Lima Kata Saja

Untuk desain konten yang diunggah untuk media sosial, hindari menggunakan kalimat yang panjang atau lebih dari lima kata. Dua atau tiga kata cukup umum untuk jenis desain yang bertujuan memasarkan produk atau layanan. Desain konten akan kurang menarik jika terlalu banyak teks terutama judul

Judul yang panjang akan membuat desain terlihat penuh, ciptakan judul yang menarik tidak lebih dari lima kata saja. Jika memungkinkan dua kata saja, ini akan membuat desain terlihat sederhana dan semakin efektif. Biasanya desain konten yang memiliki judul dua kata saja akan lebih mudah dibuat mencolok dengan menambahkan efek visual yang menarik. 

Baca juga: Trik Tipografi untuk Meningkatkan Keterbacaan Teks Desain

TIPS MENCIPTAKAN TAMPILAN JUDUL YANG MENCOLOK

Dalam membuat judul yang memikat audiens selain kalimat yang persuasif dan menarik, ada beberapa cara lain untuk membuat judul tampil lebih mencolok. Untuk membuat judul menarik perhatian perlu memerhatikan jenis font, gaya huruf, ukuran dan tata letaknya. Berikut beberapa tips membuat judul konten lebih menarik secara visual:

Gunakan Ukuran Teks yang Besar

Tips Membuat Judul yang Sukses Menarik Perhatian 

Salah satu cara membuat teks judul tampil mencolok dengan menggunakan ukuran teks yang besar. Ukuran teks judul harus lebih besar dari teks lain dalam konten, sehingga judul akan paling mencolok. Mata audiens otomatis akan melihat teks dengan ukuran paling besar. 

Ukuran judul yang besar akan mudah ditemukan oleh audiens, selain itu audiens otomatis akan menganggap jika teks judul adalah pesan utama. Untuk itu penting mengatur ukuran-ukuran teks dalam desain agar memiliki hirarki yang jelas dengan ukuran teks yang berbeda. Judul harus memiliki ukuran huruf yang paling besar untuk menjadi fokus utama audiens ketika membaca desain.

Pastikan Mudah Terbaca

Tidak hanya harus mudah menarik perhatian, teks judul juga harus mudah terbaca sehingga judul menyampaikan pesan dengan jelas. Selain ukuran yang besar agar mudah dibaca teks judul juga harus menggunakan jenis font yang mudah dibaca. Umumnya teks judul akan menggunakan jenis font yang mudah dibaca seperti serif atau sans serif. 

Hindari menggunakan gaya font yang rumit dan nyentrik kecuali memang sesuai dengan tema desain. Ketika memilih gaya font untuk teks judul utamakan keterbacaan teks, sehingga audiens tidak kesulitan membaca judul. Jika diperlukan atur juga kerning, tracking dan leading pada teks judul untuk meningkatkan keterbacaan.Meski ingin menggunakan gaya font yang unik sehingga menarik perhatian, pastikan font tetap muda terbaca dengan baik. 

Gunakan Jenis Font yang Berbeda

Tips Membuat Judul yang Sukses Menarik Perhatian 

Untuk membuat teks judul semakin menarik perhatian gunakan juga jenis font yang berbeda dari teks lain. Selain ukuran yang besar ciptakan hirarki visual yang jelas dengan gaya font yang berbeda. Gaya font yang berbeda antara judul dengan teks lainnya akan menciptakan judul yang mencolok dan menjadi fokus utama.

Baca juga: Kombinasi Font yang Tepat Sesuai dengan Karakter Brand

Pilih kombinasi font yang menciptakan tampilan harmonis, misalnya seperti sans serif dengan serif. Umumnya teks judul kan menggunakan gaya huruf yang lebih unik dan menarik dari sub judul atau tubuh teks. Sementara tubuh teks biasanya menggunakan jenis font sederhana dan mudah dibaca. 

Atur Gaya Huruf Agar Menarik

Selain jenis font yang berbeda untuk membuat judul semakin menarik gunakan gaya huruf yang berbeda pula. Misalnya dengan menggunakan gaya huruf yang tebal pada dan sub judul dengan huruf lebih tipis. Perbedaan gaya huruf akan membuat teks judul lebih mencolok dari teks lainnya. 

Selain tebal, penggunaan garis bawah atau gaya huruf miring juga bisa menciptakan tampilan yang berbeda pada judul. Terkadang teks judul juga ditambahkan efek visual agar tampilannya lebih mencolok. Beberapa efek visual yang sering digunakan pada judul seperti efek bayangan, cahaya, grunge dan grainy. 

Tata Letak yang Baik dan Menarik

Membuat teks judul yang menarik juga perlu mengatur tata letak kalimat judul yang strategis. Umumnya judul akan menarik jika teks ditempatkan pada bagian tengah, atas atau sebelah kanan. Selain itu jika judul memiliki beberapa kata, atur juga tata letak yang menarik, misalnya dengan membuat beberapa kata lebih besar sementara lainnya lebih kecil. Ini dilakukan untuk memberikan penekanan pada beberapa kata dalam judul dan menciptakan visual yang menarik.

KESIMPULAN

Dalam membuat desain konten yang menarik, penting untuk memilih dan membuat pula judul desain yang menarik perhatian. Membuat teks judul yang menarik harus menggunakan kalimat singkat dan jelas, selain itu juga harus relevan dengan isi konten. Sementara untuk membuat teks judul mencolok dan mudah terbaca bisa menggunakan gaya huruf yang unik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts