8 Tren Desain Logo yang Populer Tahun 2024

0
(0)

Bagi sebuah bisnis, desain logo adalah identitas visual yang kuat, yang dapat digunakan dalam mencerminkan nilai dan karakter merek. Sebagai identitas merek bentuk logo harus unik, berbeda dan kreatif agar dapat membangun merek yang kuat. Dapatkan ide menarik atau inspirasi unik untuk logo merekmu dari desain logo yang menjadi tren dan populer pada tahun 2024.

Tren desain logo umumnya terus berubah menyesuaikan gaya hidup manusia, preferensi hingga keadaaan pasar. Pada tahun 2024 ini kamu bisa menciptakan desain logo yang bisa menarik perhatian dengan memerhatikan beberapa tren gaya desain dan elemen desain. Tren desain logo ini bisa dijadikan inspirasi untuk logo merek anda agar relevan. 

Tetapi terkadang juga penting untuk menghindari elemen yang sedang tren sehingga logo tidak tampil klise. Pastikan untuk selalu menciptakan desain logo yang tidak mirip dari yang sudah ada. Modifikasi tren yang ada dengan lebih unik agar tidak terlalu mirip. Secara umum tren desain logo tahun 22024 memiliki beberapa karakteristik seperti:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Bentuk Logo Minimalis

Desain Logo Perusahaan Profesional

Pada umumnya desain logo era modern memiliki logo tampilan minimalis atau sederhana. Tidak banyak desain logo menggunakan bentuk rumit atau dekorasi efek yang berlebihan. Segala hal pada era modern termasuk logo memiliki tampilan sederhana dan cenderung bersih.

Logo minimalis terkadang hanya berupa ikon saja atau nama merek saja, ikon yang digunakan akan memiliki tampilan sederhana dan bersih. Beberapa ikon logo ada yang menggunakan simbol, gambar dan ikon inisial nama merek. Bentuk ikon yang populer pada era modern akan memiliki tampilan minimalis sehingga mudah diingat.

Logo minimalis memiliki beberapa ciri seperti gaya sederhana, bentuk geometris dasar, palet warna pucat, ruang negatif, hingga penggunaan font sans serif. Elemen-elemen menjadi ciri utama yang sering ditemui pada desain logo minimalis, yang diprediksi akan menjadi tren tahun ini

Kebanyakan Logo Deskriptif

Tahun 2024 ini juga diprediksi akan banyak yang menggunakan jenis yang non deskriptif. Logo non deskriptif umumnya berupa logo monogram tanpa adanya dekorasi tambahan ikon atau gambar hanya berupa huruf inisial nama merek. Dari beberapa tahun terakhir logo monogram semakin populer, yang mana tahun ini juga masih diprediksi menjadi favorit banyak merek. 

Daripada logo nama merek atau inisial yang dikombinasikan dengan gambar, kebanyakan merek hanya menggunakan inisial nama merek. Jenis logo ini dipilih karena memiliki tampilan yang bersih, sederhana, mudah dibaca dan diingat. Logo monogram kerap dipilih karena dapat menggambarkan identitas merek dengan baik serta memiliki tampilan sederhana. 

Baca juga: Desain Logo Noodle House untuk Bakmi S.J

Banyak merek lebih memilih menggunakan gaya logo monogram karena dapat merepresentasikan merek dengan fleksibel. Sementara logo deskriptif mungkin bisa membuat merek akan kesulitan jika mengembangkan bisnis, sehingga perlu rebranding.

8 Tren Desain Logo yang Populer Tahun 2024

Tren desain identitas merek pada tahun 2024 juga diprediksi akan banyak yang menggunakan berbagai varian dari warna biru. Warna biru ini sering dipilih pada era modern karena memiliki makna psikologi kepercayaan dan profesionalitas. Selain itu warna biru juga identik dengan era modern karena mencerminkan teknologi dengan baik.

Penggunaan warna biru ini cukup populer untuk desain logo terutama untuk logo perusahaan, logo untuk industri terkait teknologi hingga logo untuk merek minuman. Ada banyak variasi dari warna biru yang bisa digunakan seperti dark blue, sky blue, light blue dan lainnya. Warna biru pada desain logo bisa memberikan kesan damai, tenang dan profesional.

Warna Cerah yang Mencolok

Logo dengan warna-warna cerah juga diprediksi akan semakin populer pada era modern termasuk tahun ini. Terlalu sering merek menggunakan warna hitam atau netral untuk desain logo membuatnya terlihat membosankan. Sehingga muncul kembali tren desain logo dengan warna-warna cerah.

Desain logo dengan warna cerah akan efektif untuk menarik perhatian karena warna cerah bisa tampil mencolok diantara warna-warna lainnya. Logo dengan warna cerah cenderung lebih mudah terlihat di tengah pasar yang ramai. Warna-warna cerah yang sering digunakan adalah warna biru, merah, kuning, hijau dan oranye.

Logo dari Tipografi Eksperimental 

Akhir-akhir juga banyak desain logo yang menggunakan tipografi eksperimental. Jenis logo ini menggunakan logo nama merek, dengan tipografi yang unik. Menciptakan logo dari modifikasi huruf yang unik akan menciptakan tampilan logo yang unik dan berbeda dari yang lain.

Tidak hanya unik desain logo yang menggunakan tipografi eksperimental ini juga dapat mencerminkan identitas merek dengan baik. Tipografi akan diciptakan dengan unik agar bentuk hurufnya berbeda dari yang sudah ada dan tidak terkesan konvensional. Tipografi eksperimental ini terkadang membuat bentuk huruf yang unik, menggunakan animasi bergerak, terkadang juga ditambahkan tekstur. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Tipografi yang Harus Dimiliki oleh Desainer

Beberapa modifikasi tipografi memiliki garis tegang, adanya gambar atau ilustrasi pada sebagian jenis huruf dan penggunaan warna-warna berani yang inovatif. Pada era modern ini juga ada yang berani menggunakan logo 3D.

Logo Doodle yang Ramah

Variasi bentuk logo yang akan menjadi tren tahun ini juga cukup bervariasi ada yang bersih dan kaku, ada juga yang ramah dan ceria. Termasuk gaya desain logo satu ini yang memiliki kesan ramah karena menggunakan garis-garis ramah. Coretan garis yang terkesan lucu pada desain logo ini menciptakan kesan ramah.

Biasanya jenis logo dengan coretan ramah ini akan menghasilkan logo yang terlihat ceria dan menyenangkan. Tujuan dari penggunaan logo ini ingin menunjukkan kesan spontan dan kreativitas. Jenis logo ini akan cocok digunakan untuk desain logo merek anak-anak, atau desain logo yang ingin memberikan kesan ramah seperti logo makanan. 

Desain Logo Nostalgia Klasik

Pada era modern yang serba canggih, banyak juga desain logo yang memberikan tampilan canggih, bersih dan sederhana. Di Tengah tren tersebut, desain logo bergaya klasik juga ikut kembali mencuat. Hal ini dipengaruhi oleh keinginan untuk menciptakan desain logo dengan tampilan yang berbeda. 

Gaya logo klasik kembali populer ini bisa digunakan untuk memberikan nuansa nostalgia den menciptakan perbedaan dari merek lain. Seiring dengan munculnya tren desain retro dan y2k, logo klasik dan vintage juga kembali digemari. Beberapa elemen yang khas pada logo klasik seperti penggunaan font serif, outline yang tebal, logo emblem, hingga warna-warna retro.

Warna-warna yang sering digunakan pada logo klasik cenderung warna-warna yang kontras seperti merah dan biru, coklat dan kuning, hingga kuning dan biru. Untuk bentuk ikonnya biasanya sederhana dan memiliki kesan retro dengan outline yang tebal.

Logo dengan Pola Geometris

Desain logo yang menjadi tren pada era modern termasuk tahun 2024 ini juga banyak menggunakan bentuk geometris yang identik dengan desain modern. Bentuk-bentuk geometris sebagai ikon logo akan memberikan kesan canggih, profesional dan modern. Bentuk geometris dapat memberikan kesan tertentu seperti stabil, fleksibel dan profesional. 

Baca juga: 7 Desain Logo Kecantikan dan Fashion Menarik

Penggunaan bentuk geometris seperti lingkaran, segitiga, dan kotak dapat memberikan tampilan yang kuat dan menarik. Karena logo modern cenderung memiliki tampilan bersih bentuk geometri terkadang diambil bagian outlinenya saja untuk dekorasi. Namun ada juga yang memodifikasi bentuk geometri dengan membentuk simbol yang unik seperti logo olympic. 

8 Tren Desain Logo yang Populer Tahun 2024

Geometri juga memiliki makna psikologi yang bisa digunakan untuk mencerminkan pesan merek. 

  • Lingkaran yang mencerminkan fleksibilitas, kesatuan, dan komunitas. Penggunaannya pada logo olympic dapat merepresentasikan kerja sama, keharmonisan dan sportivitas,
  • Kotak dapat digunakan untuk mencerminkan kesan stabilitas, keseimbangan dan keperccayaan. Bentuk kotak umumnya akan menciptakan tampilan yang simetris dan rapi, sehingga cocok untuk merek yang ingin mencerminkan keseimbngan
  • Segitiga juga sering digunakan dalam desain logo untuk merepresentasikan dinamika, kemajuan dan arah. Bentuk segitiga juga mencerminkan kekuatan dan keteguhan, penggunaan bentuk geometri ini sering digunakan untuk logo perusahaan.

Pemilihan dan penggunaan bentuk-bentuk geometris harus disesuaikan dengan kebutuhan pesan yang ingin disampaikan merek. Logo dengan bentuk geometris ini kerap dipilih arena menciptakan tampilan sederhana dan berkesan modern.  

KESIMPULAN

Tren dalam desain logo biasanya dipengaruhi oleh banyak hal termasuk jenis industri, tren desain populer, hingga teknologi. Terkadang tren desain banyak dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup dan teknologi. Teknologi yang semakin canggih memberikan kemudahan dalam menciptakan logo yang unik dan menarik. Beberapa tren desain logo tahun 2024 tersebut bisa dijadikan pertimbangan dan inspirasi untuk desain logo merek anda.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts