7 Tips Menciptakan Desain Grafis Layaknya Desainer Pro

0
(0)

Merancang desain grafis yang terlihat profesional dan menarik harus memperhatikan hal mendasar tentang desain grafis. Untuk menjadi ahli dalam menciptakan desain grafis, selalu perhatikan hal mendetail dan kembangkan kemampuan dalam menciptakan desain. Ada banyak tips menciptakan desain grafis yang terlihat pro dengan memerhatikan prinsip dasar desain, gaya visual, hingga originalitas desainnya.

7 Tips Menciptakan Desain Grafis Layaknya Desainer Pro

Desain grafis yang tampil profesional akan meningkatkan kepercayaan publik pada informasi atau pesan yang disampaikan. Desain yang profesional tidak sekedar terlihat kaku, atau tampil sederhana, tetapi juga harus unik dan kreatif. Untuk menjadi desainer yang pro, perhatikan beberapa hal-hal mendasar tentang menciptakan desain grafis dan beberapa tips desainnya. 

HAL-HAL MENDASAR UNTUK MENJADI DESAINER PRO

ketika seorang desainer ingin menjadi desainer profesional, penting bagi pemula untuk mempelajari dan memahami hal-hal mendasar. Berikut beberapa hal yang perlu dipahami sebelum mengetahui beberapa tips untuk menciptakan desain yang pro:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Mengetahui dan Menerapkan Prinsip-prinsip Dasar Desain Grafis

Seorang desainer grafis harus memahami terlebih dahulu hal mendasar seperti prinsip-prinsip dasar dalam desain grafis. Prinsip dasar desain grafis seperti emphasis, hirarki visual, unity, rhythm, dan kontras, prinsip-prinsip ketika diterapkan akan membantu menciptakan desain efektif dan menarik. 

Ketika desainer menerapkan prinsip dasar desain ini akan membantu dalam menciptakan tampilan desain yang menarik dan unik. Teks dan gambar akan diatur dengan menarik sesuai prinsip desain. Desain grafis akan tampak profesional, efektif dan mudah dipahami karena tampilan desain sesuai dengan prinsip dasar desain. 

Mampu Mengoperasikan Minimal Satu Software Desain

Seorang desainer tentu saja harus memiliki kemampuan untuk mengoperasikan software desain agar menciptakan desain yang menarik. Fokuskan untuk kuasai satu jenis software saja, agar bisa berfokus menguasai tools-tools desain untuk menciptakan desain yang pro. Terlalu banyak menguasai software memang baik untuk mengasah keterampilan, tetapi bisa membuat desainer kurang menguasai tools dalam software dengan baik.

Fokuskan untuk mempelajari setiap tools dan fitur dalam desain grafis agar menjadi bisa menciptakan desain yang kreatif. Pilih software yang paling sesuai dengan kemampuanmu sehingga mampu menghasilkan desain kreatif. Pelajari cara mengoperasikan software desain yang paling sesuai dengan kebutuhan jenis desain yang ingin diciptakan. Pahami juga kelebihan dan kekurangan software desain sebelum memilihnya. 

Baca juga: 7 Jenis Desain yang Efektif untuk Konten Promosi Bisnis

Mengambil Sumber Elemen Desain Website Berkualitas

Ketika menciptakan desainer yang pro juga sering mengambil sumber daya desain dari berbagai website desain yang berkualitas. Sumber daya desain yang diambil sembarangan dari internet dan media sosial bisa memiliki kualitas yang buruk. Ambil sumber daya desain dari web terpercaya yang memiliki kualitas elemen desain tinggi. 

Desain grafis yang menggunakan elemen dengan kualitas buruk akan terlihat kurang profesional dan berantakan. Jika ingin mengambil sumber daya desain grafis, ambil dari website seperti freepik, shutterstock, dribble dan myfonts. Kualitas elemen visual dari web terpercaya akan menghasilkan desain grafis yang berkualitas tinggi. 

Selalu Perhatikan Lisensi dan Originalitas

Ketika merancang desain grafis pastikan elemen-elemen visual yang digunakan memiliki lisensi untuk umum atau bayar lisensinya agar bisa digunakan. Jangan lupa juga untuk memodifikasi elemen desain agar desain tidak terlihat mirip.

Pastikan originalitas elemen desain agar bisa menciptakan tampilan yang menarik. Saat menggunakan font perhatikan lisensi atau modifikasi agar tidak terkena masalah plagiasi. Lisensi dan originalitas elemen visual harus diperhatikan agar desain grafis efektif dan menarik. 

7 TIPS DESAIN GRAFIS

Selain hal-hal mendasar perhatikan juga tips untuk menciptakan desain grafis yang efektif agar terlihat profesional dan dapat dipercaya. berikut beberapa tipsnya1:

Gunakan Ilustrasi Shapes dan Ikon Untuk Menerangkan Informasi

7 Tips Menciptakan Desain Grafis Layaknya Desainer Pro

Ketika ingin mengkomunikasikan informasi atau pesan dalam desain grafis, pastikan untuk menggunakan elemen dengan maksimal dan efektif. Elemen teks dan gambar harus berfokus dalam menciptakan tampilan yang menarik. Gunakan elemen desain yang bisa merepresentasikan teks, sehingga mudah dipahami audiens. 

Hindari menggunakan terlalu banyak teks untuk menjelaskan informasi penting dan cobalah untuk memvisualisasikan dalam bentuk gambar. Gambar atau ikon yang merepresentasikan informasi akan jauh lebih mudah dipahami daripada hanya teks saja. Misalnya dengan menggunakan ilustrasi orang sederhana, ikon gambar, dan diagram. 

Baca juga: Tips Kombinasi Warna Analog dalam Desain Grafis

Pilih dan Gunakan Elemen dengan Konsisten

Desain akan tampak profesional jika keseluruhan desain terkait brand menggunakan elemen visual yang konsisten. Elemen visual seperti warna font dan gambar biasanya akan digunakan dengan konsisten agar terlihat profesional. Desain grafis terkait brand tertentu akan menggunakan elemen dalam brand guideline untuk menciptakan konsistensi. 

Desain postingan instagram akun bisnis misalnya penting untuk memiliki layout dan elemen yang konsisten. Hal ini akan membantu memudahkan audiens mengenali desain milik brand tertentu. 

Gunakan Warna Harmonis dan Kontras

7 Tips Menciptakan Desain Grafis Layaknya Desainer Pro

Harmonisasi palet warna adalah kunci penting dalam menciptakan desain grafis yang profesional. Warna menjadi elemen yang akan langsung terlihat oleh audiens berperan dalam memikat mata audiens untuk membaca desain. Desain grafis harus memilih palet warna yang harmonis dan sesuai dengan tujuan desain.

Warna desain yang memiliki teks juga perlu memiliki kontras yang baik sehingga teks mudah untuk dibaca. Desain grafis harus memiliki warna yang kontras sehingga efektif mengkomunikasikan pesan kepada audiens. Warna kontras juga membantu membedakan elemen-elemen visual. 

Edit Warna dan Kecerahan Foto agar Menarik

Jika desain grafis ingin menggunakan foto, agar tampilannya menarik atur kecerahan atau gunakan filter tertentu. Terkadang foto perlu di potong atau dimodifikasi seperti mozaik agar terlihat menarik. Penggunaan foto dalam desain cukup beragam ada yang dibuat cut out untuk menciptakan estetika. 

Terkadang foto juga akan diberi bingkai atau dibuat kolase agar terlihat menarik. Untuk foto yang digunakan sebagai latar belakang terkadang akan diberi efek transparan atau filter yang gelap agar tulisan bisa terbaca dengan baik. 

Baca juga: Rekomendasi Latar Belakang Sesuai Gaya Desain yang Digunakan

Manfaatkan Layout dan Grid

Jenis-jenis Layout yang Umum Digunakan dalam Desain Editorial

Untuk menciptakan desain yang tampak pro, penting untuk mengatur elemen-elemen desain dengan terstruktur dan menarik. Gunakan grid atau layout tertentu agar memudahkan mengatur elemen dengan menarik. Desain grafis bisa terlihat berantakan dan tidak memiliki alur pembacaan yang jelas. 

Dengan bantuan grid, elemen desain akan terlihat rapi dan menciptakan alur pembacaan yang menarik. Jika elemen teks atau gambar tidak sejajar ini bisa membuat desain kurang profesional dan tampilan yang berantakan. 

Kombinasikan Jenis Font Kontras

Teks-teks dalam desain grafis mungkin akan kurang terbaca dengan baik atau kurang menarik. Desain grafis yang memiliki banyak teks perlu menggunakan beberapa jenis font berbeda untuk menciptakan hirarki visual dan kontras. Adanya perbedaan jenis font akan membuat audiens mudah membedakan tingkat kepentingan elemen. 

Font yang sama akan membuat desain membosankan dan tidak memiliki dimensi yang menarik. Pastikan untuk memilih kombinasi font yang terlihat harmonis dan menciptakan kontras yang menarik. Contoh kombinasi font yang harmonis seperti sans serif dan serif. 

Tambahkan Gambar atau Ikon Transparan

Tambahkan dekorasi ikon atau gambar yang menarik agar visualnya semakin menarik. Biasanya gambar atau ikon dapat digunakan dalam bentuk siluet atau transparan agar tidak terlalu mencolok. Seringkali ikon transparan dapat digunakan sebagai hiasan latar belakang, ini bisa menciptakan tampilan yang dramatis. 

KESIMPULAN

Desain grafis bisa tampil kurang menarik jika memiliki tampilan elemen tidak harmonis dan kurang terstruktur. Untuk menjadi desainer yang pro, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menciptakan desain grafis yang pro. Perhatikan beberapa tips dan prinsip mendasar dalam menjadi desainer grafis yang pro untuk menciptakan desain menarik. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Claire, Anna. (2014, Nov 20). 10 Graphic Design Hacks that’ll Make You a PRO Designer Overnight!. Post Planner. https://www.postplanner.com/these-graphic-design-hacks-skills-make-you-pro-designer-overnight?utm_medium=social&utm_source=pinterest ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.