6 Jenis Desain Ilustrasi Trending untuk Inspirasi Desain Kreatif

0
(0)

Untuk menciptakan tampilan visual desain grafis yang semakin menarik, tambahkan elemen visual yang mendukung dan memikat seperti ilustrasi. Desain ilustrasi tidak hanya menarik tetapi juga membantu dalam mengkomunikasikan informasi dan pesan. Ketika ingin memilih jenis ilustrasi yang tepat untuk desain grafis, perhatikan tren desain dan tujuan dari penggunaan ilustrasi.

Ada banyak gaya ilustrasi menarik yang populer di media sosial dan internet. Pemilihan jenis desain ilustrasi yang sedang trending tetap harus disesuaikan dengan tujuan desain sehingga ilustrasi mengkomunikasikan pesan dengan tepat. 

PENTINGNYA MENGGUNAKAN GAMBAR ILUSTRASI

Desain ilustrasi bisa dimanfaatkan untuk mengkomunikasikan pesan dengan menarik dan efektif. Ilustrasi bisa menjelaskan pesan yang panjang dengan gambar sederhana yang mudah dipahami. Berikut asan ilustrasi digunakan dalam berbagai konteks desain grafis: 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Mengkomunikasikan Pesan dengan Singkat dan Efektif

Ilustrasi bisa membantu menjelaskan informasi yang kompleks sederhana yang mudah dipahami. Desain grafis akan kurang menarik jika hanya menggunakan teks sehingga gambar ilustrasi yang mendukung informasi bisa ditambahkan. Ilustrasi yang mendukung penyampaian informasi dapat mempersingkat teks sehingga desain lebih sederhana.

Banyak audiens yang lebih suka gambar daripada teks yang panjang sehingga penggunaan ilustrasi lebih efektif untuk dipahami audiens. Informasi yang disampaikan melalui ilustrasi akan membuat desain mudah dipahami audiens yang tertarik dengan gambar visual. Dalam penerapannya ilustrasi harus dibuat sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan desain. 

Menarik Perhatian Audiens

Desain grafis yang memiliki gambar ilustrasi menarik perhatian daripada yang tanpa ilustrasi. Gambar ilustrasi dapat membantu meningkatkan daya tarik desain, ada banyak gaya ilustrasi yang bisa digunakan untuk memikat audiens. Gaya ilustrasi harus dipilih sesuai dengan tujuan pesan yang ingin disampaikan.

Ilustrasi pada desain modern dan desain retro akan memiliki gaya ilustrasi yang berbeda agar terlihat harmonis. Untuk menarik perhatian dengan desain ilustrasi pilih gaya desain yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Ilustrasi bukanlah dekorasi tetapi sebagai elemen visual yang juga mendukung pesan.

Baca juga: Jenis-jenis Gaya Retro untuk Inspirasi Desain Grafis

Pemilihan gaya desain ilustrasi harus mmepertimbangkan pesan, tujuan, jenis desain sehingga tema desain. Desain ilustrasi untuk logo dan desain konten akan memiliki detail yang berbeda. Pilih jenis ilustrasi yang paling sesuai dengan tujuan desain1, berikut beberapa jenisnya:

Line Art

Pada era modern ini gaya ilustrasi dengan style line art ini cukup populer dan banyak digunakan dalam berbagai hal. Ilustrasi tampak sederhana dan memiliki garis line yang jelas sehingga efektif menciptakan dampak. Gaya ilustrasi line art ini banyak digunakan untuk desain konten media sosial, website, hingga desain poster. 

Garis-garis dalam desain ilustrasi membuat bentuk ilustrasi terlihat jelas dan membuatnya cocok digunakan untuk kebutuhan apapun. Gaya ilustrasi ini memiliki garis bersih dan ruang negatif yang cukup. Style ilustrasi memiliki gaya desain sederhana, sehingga bisa langsung menjelaskan pesan yang ingin disampaikan.

Texture Illustration

6 Jenis Desain Ilustrasi Trending untuk Inspirasi Desain Kreatif

Gaya ilustrasi yang populer pada era modern ini banyak yang dikembangkan untuk memiliki visual yang unik, termasuk ilustrasi dengan style texture. Ilustrasi dengan style ini memiliki kombinasi elemen visual gradien dan texture pada gambar. Gradien dan tekstur membuat ilustrasi terlihat unik dan menarik perhatian.

Meski tampilan tidak bersih dan sedikit rumit, tampilan visual ilustrasi dengan gaya ini efektif untuk menarik perhatian. Penggunaan gaya desain ilustrasi ini akan membuat desain grafis tampil beda dari yang lain. Warna gradien dan tekstur dapat membuat ilustrasi memiliki kedalam visual yang menarik. 

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Gradien Terbaik untuk Desain Grafis

3D illustration

6 Jenis Desain Ilustrasi Trending untuk Inspirasi Desain Kreatif

Perkembangan teknologi membantu menciptakan desain grafis yang semakin canggih dan modern. Sekarang banyak alat desain yang bisa digunakan untuk menciptakan ilustrasi tiga dimensi. Desain ilustrasi bergaya 3D akan membuat desain grafis tampil canggih dan mencolok.

Efek 3D akan membantu elemen visual terlihat realis dan menonjol dari latar belakang. Desain ilustrasi 3D dapat membuat desain tampak lebih powerful dan menarik perhatian. Penggunaan gaya ini akan efektif membuat gambar atau elemen visual menonjol dari latar belakang dan menciptakan tampilan modern. 

Realism

Tidak hanya ilustrasi vektor, gaya desain realis juga bisa membuat ilustrasi tampak lebih hidup. Ilustrasi ini memiliki tampilan seperti desain sketsa dan terlihat realistis, detail-detail dalam ilustrasi ini membuat gambar terlihat semakin nyata. Biasanya gaya ilustrasi ini memiliki tampilan yang terlihat klasik sehingga cocok untuk menciptakan desain yang estetik.

Ilustrasinya memiliki tampilan realis yang dibuat agar sesuai dengan pandangan mata audiens. Ilustrasi ini lebih banyak memiliki detail-detail daripada jenis ilustrasi lainnya. Penggunaan gaya realis lebih terbatas misalnya untuk desain poster atau cover buku, gaya desain ini kurang cocok untuk digunakan pada desain pemasaran. 

Psychedelic

Gaya ini juga memiliki tampilan retro, ilustrasi dengan gaya psychedelic memiliki ciri khas elemen spiral, wavy dan warna vibrant yang mencolok. Kombinasi ilustrasi gaya ini seringkali menggabungkan tipografi groovy dan pattern spiral dan warna-warna cerah. Desain ini menciptakan ilustrasi dengan tampilan imaginery dan terkadang berkesan abstrak. 

Vintage dan Retro

6 Jenis Desain Ilustrasi Trending untuk Inspirasi Desain Kreatif

Gaya retro dan vintage juga banyak diterapkan dalam desain ilustrasi agar menciptakan tampilan desain yang menarik dan nostalgia. Ilustrasi bergaya retro memiliki tampilan sederhana dan warna-warna cerah yang mencolok. Font bergaya tebal menjadi ciri khas dari gaya ilustrasi retro yang dipadukan dengan gambar ilustrasi datar menarik. Desain ilustrasi tampil unik, timeless dan memiliki kesan klasik yang bisa membuat ilustrasi menonjol. 

Baca juga: Ciri-ciri Umum untuk Desain Ilustrasi Khas Era Modern

CONTOH PENERAPAN DESAIN ILUSTRASI

Desain ilustrasi bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan desain grafis untuk meningkatkan daya tarik visual. Tampilan ilustrasi tidak hanya meningkatkan daya tarik tetapi juga bisa membantu menciptakan karakter desain yang unik. 

Desain Konten Media Sosial

Untuk kebutuhan desain media sosial penggunaan ilustrasi akan efektif untuk membantu menjelaskan pesan atau informasi dalam konten. Gambar ilustrasi manusia sederhana yang sedang melakukan kegiatan tertentu akan membantu menjelaskan informasi dengan lebih baik. Suatu informasi atau pesan yang disertai ilustrasi akan membantu audiens lebih cepat memahami pesannya. 

Desain Kemasan

Penggunaan ilustrasi karakter atau gambar tertentu dalam kemasan juga banyak digunakan. Tampilan visual akan lebih mudah memikat konsumen dengan gaya ilustrasi yang menarik. Seringkali desain kemasan untuk produk makanan atau minuman yang banyak menggunakan desain ilustrasi. Beberapa brand yang memiliki logo karakter akan menggunakan desain ilustrasi karakter tersebut untuk digunakan pada kemasan sebagai identitas merek. 

Desain Poster

Informasi atau pesan dalam desain poster sering disampaikan menggunakan ilustrasi yang kompleks dan sederhana. Ilustrasi yang menarik menjadi daya tarik utama dalam desain poster unik untuk promosi event atau poster untuk kampanye. Desain ilustrasi pada poster biasanya memiliki gambar yang kompleks dan mendetail, beberapa menggunakan gaya surealis untuk menciptakan tampilan yang artistik. 

Desain Website

Banyak desain grafis website yang menambahkan ilustrasi untuk memudahkan navigasi audiens dan membuat tampilan web semakin menarik. Ilustrasi yang digunakan bisa mewakili nama konten, petunjuk penggunaan dan informasi pada header. Tampilan website akn jauh lebih menarik dengan memilih gaya desain ilustrasi sesuai dengan identitas merek. 

KESIMPULAN

Ketika ingin menggunakan desain ilustrasi dalam proyek desain grafis, pilih jenis gaya desain yang sesuai dan menarik. Setiap jenis ilustrasi akan menciptakan nuansa dan tampilan berbeda, penting untuk disesuaikan dengan tema dan pesan desain. Pemilihan gaya ilustrasi yang tepat akan membantu meningkatkan daya tarik, meningkatkan efektivitas pesan dan menciptakan tampilan visual yang unik. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Tyler, Luke. (2024, Jan 10). 18 Inspiring Illustration Trends to Try in 2024. designstripe. https://designstripe.com/blog/16-inspiring-illustration-styles-for-2022?ref=cssgradient ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.