Elemen Visual Desain yang Efektif Mengkomunikasikan Pesan

0
(0)

Umumnya desain grafis dibuat untuk menyampaikan pesan atau informasi penting, untuk itu penting memastikan elemen visual yang efektif digunakan bisa mendukung pesannya. Desain grafis yang menarik perhatian jika memiliki tampilan visual yang memikat. Untuk bisa mengkomunikasikan pesan dengan efektif penting menggunakan elemen visual yang sesuai dan mendukung pesan desain.

Elemen Visual Desain yang Efektif Mengkomunikasikan Pesan

Desain grafis umumnya akan disusun oleh beragam elemen visual seperti teks, gambar, ikon dan lainnya. Elemen-elemen visual yang digunakan dalam sebuah desain biasanya disesuaikan dengan tema dan pesan yang ingin disampaikan. Banyak sedikit elemen visual dalam sebuah desain, bergantung dengan desain akan digunakan.

Untuk bisa mengkomunikasikan pesan dengan baik elemen visual harus dipilih dan diatur dengan bijak. Terutama pada desain yang menggunakan elemen yang kompleks seperti materi pemasaran. Sementara untuk desain logo, biasanya hanya membutuhkan gambar dan teks atau bergantung juga dengan jenis logonya.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

BEBERAPA ELEMEN VISUAL YANG EFEKTIF MENGKOMUNIKASIKAN PESAN

Dalam menciptakan desain grafis, elemen visual yang digunakan bisa menarik perhatian, memengaruhi emosi pesan, dan untuk menyampaikan pesan. Ada beberapa elemen visual yang memiliki peran khusus dalam mengkomunikasikan pesan, berikut beberapa elemen visualnya:

Teks

Elemen Visual Desain yang Efektif Mengkomunikasikan Pesan

Salah satu elemen utama yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan atau informasi penting adalah teks. Teks dalam desain digunakan untuk menjelaskan suatu informasi atau nama identitas merek dengan jelas. Untuk memastikan teks bisa menyampaikan pesan dengan baik, maka perlu untuk memilih jenis font yang mudah dibaca.

Selain mudah dibaca, jenis font juga harus sesuai dengan gaya desain agar bisa menciptakan tampilan visual yang menarik. Tujuan utama teks untuk menyampaikan pesan, maka penting untuk memastikan keterbacaan teks dengan jelas. Jika desain logo biasanya hanya menggunakan teks berupa nama merek, sementara desain yang kompleks membutuhkan banyak teks.

Untuk meningkatkan keterbacaan, penting untuk mengatur jarak antar teks, ukuran huruf dan gaya hurufnya. Atur ukuran dan tata letak elemen teks agar menciptakan hirarki dan mudah untuk dibaca. Desain yang kompleks akan membutuhkan elemen teks seperti judul, subjudul, dan teks paragraf. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang dan berlebihan.

Warna

Elemen Visual Desain yang Efektif Mengkomunikasikan Pesan

Dalam desain grafis elemen visual selanjutnya yang berperan dalam mendukung penyampaian pesan adalah warna. Warna digunakan pada elemen-elemen visual seperti gambar, ikon atau teks untuk menciptakan tampilan visual yang memikat. Pemilihan warna desain biasanya menyesuaikan dengan tujuan dan pesan yang ingin disampaikan. 

Warna-warna dalam desain tidak hanya untuk menarik perhatian tetapi juga bisa memengaruhi emosi dan bisa meningkatkan keterbacaan. Untuk warna teks pastikan menggunakan warna yang memiliki kontras yang cukup dengan latar belakang. Sementara warna latar dan warna elemen gambar dapat memengaruhi emosi. 

Warna yang dipilih harus disesuaikan dengan pesan dan perasaan yang ingin disampaikan. Penting untuk memilih warna yang memiliki makna dan emosi yang bisa mendukung pesan. Selain pesan warna juga bisa mewakili identitas merek dan menciptakan hirarki informasi dalam desain. 

Baca juga: Prinsip-prinsip dalam Menciptakan Hirarki Visual yang Efektif

Grafik dan Ilustrasi

Dalam desain yang kompleks informasi bisa disampaikan melalui grafik, gambar dan ilustrasi. Tidak teks saja, penggunaan visualisasi berupa gambar akan membuat informasi lebih mudah dipahami. Gambar atau ilustrasi yang digunakan dipilih sesuai pesan yang ingin disampaikan. 

Ilustrasi juga sering digunakan untuk menyederhanakan informasi yang kompleks dengan tampilan visual menarik. Penggunaan grafik juga bisa menjelaskan data angka yang kompleks dalam bentuk diagram atau chart yang menarik dan mudah dipahami. Desain grafis juga bisa menyederhanakan ide yang kompleks dalam bentuk infografis sederhana. 

Icon dan Simbol

Elemen Visual Desain yang Efektif Mengkomunikasikan Pesan

Desain grafis juga bisa menggunakan ikon atau simbol dalam desain untuk menjelaskan makna atau informasi tertentu. Biasanya ikon atau simbol sering digunakan untuk desain logo. Pada desain logo ikon memiliki tujuan untuk mengkomunikasikan makna atau pesan tertentu. 

Ikon-ikon yang digunakan dalam desain logo disesuaikan dengan pesan atau nilai yang ingin disampaikan atau dijadikan identitas merek. Simbol dan ikon bisa menyimbolkan pesan atau informasi tertentu. Misalnya simbol matahari untuk kehangatan, atau ikon air untuk usaha yang terkait dengan minuman. Penggunaan ikon memungkinkan desain lebih cepat dipahami dan memiliki tampilan yang bersih. 

Baca juga: Tips Memilih Ikon atau Simbol Logo yang Mencerminkan Merek

Gaya Visual dan Tata Letak

Untuk mengkomunikasikan pesan yang efektif, penting juga memerhatikan gaya visual yang tepat dan sesuai tema desain. Gaya visual pada elemen visual memiliki peran dalam memengaruhi efektivitas pesan untuk tersampaikan. Jika desain memiliki tema retro maka elemen visual juga harus dipilih yang berkesan retro, seperti gaya tipografi klasik dan warna-warna retro. 

Sementara untuk gaya minimalis, jenis font bisa menggunakan yang memiliki tampilan bersih, warna netral dan penggunaan elemen yang terbatas. Elemen visual juga harus mendukung gaya visual yang dipilih agar efektif menyampaikan pesan. Gaya visual bisa memengaruhi pesan dan citra yang ingin dibangun. 

Ruangan Negatif

Dalam desain yang kompleks, penting untuk mengatur jarak antar elemen yang cukup sehingga pesan mudah dibaca. Agar pesan efektif dan mudah dipahami, penting mengatur ruang negatif yang cukup. 

Gunakan elemen secukupnya saja jangan berlebihan. Jarak yang cukup membantu mengatur elemen, menciptakan hirarki yang jelas dan bisa memberikan tampilan yang profesional. 

Baca juga: Ciri Khas Elemen dalam Desain Grafis Tema Ramadhan

Efek Visual dan Pencahayaan

Dalam mengkomunikasikan pesan, elemen visual bisa ditambahkan efek visual yang menarik agar bisa lebih menonjol. Efek visual bayangan atau gradasi warna dapat membuat elemen penting terlihat mencolok. Ini juga bisa memberikan dimensi kedalaman visual yang menarik perhatian. 

Animasi dan Interaktivitas

Untuk desain digital ada banyak elemen visual yang bisa meningkatkan daya tarik seperti animasi, tombol, slider dan lainnya. Penggunaan animasi bergerak akan membuat desain grafis lebih menarik perhatian dan bisa efektif menjangkau pesan. Adanya animasi dapat meningkatkan daya tarik desain dan membantu mengarahkan pandangan audiens. 

KESIMPULAN

Dalam desain grafis yang memiliki tujuan untuk mengkomunikasikan pesan, penting untuk memerhatikan penggunaan elemen visualnya. Elemen visual yang digunakan harus mendukung pesan yang ingin disampaikan. Elemen visual yang memiliki peran menyampaikan pesan dan informasi seperti teks, warna dan gambar. Dengan memilih dan mengatur elemen visual dengan bijak, desain grafis akan efektif menyampaikan pesan. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts