Jenis-jenis Desain Grafis untuk Branding Merek

0
(0)

Berbicara soal peran desain grafis untuk branding adalah bertujuan untuk menciptakan tampilan visual yang memikat. Ada banyak sekali jenis-jenis desain grafis yang bisa dimanfaatkan untuk membangun branding. Untuk membangun branding, jenis-jenis desain ini harus memiliki tampilan yang konsisten dan relevan dengan merek. 

Penggunaan desain grafis untuk mencerminkan identitas merek dalam bentuk visual ini harus menggunakan elemen visual yang bisa mencerminkan merek dengan baik. Desain grafis dengan tampilan visual menarik akan efektif menarik perhatian audiens pada produk, desain pemasaran dan konten media sosial merek. Semua jenis desain harus memiliki tampilan yang konsisten agar bisa mencerminkan merek dengan baik.

Beberapa jenis desain grafis yang terkait dengan merek biasanya seperti desain poster, brosur, kemasan dan konten media sosial. Penting untuk menggunakan elemen-elemen visual yang bisa mencerminkan merek dengan baik. Elemen visual dari identitas merek yang digunakan pada semua desain akan membantu audiens mudah mengenali desain grafis milik merek.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

JENIS-JENIS DESAIN GRAFIS UNTUK BRANDING MEREK

Dalam dunia desain grafis terdapat banyak sekali jenis-jenis desain yang dihasilkan, namun tidak semuanya merupakan elemen utama dalam branding. Berikut beberapa jenis desain yang digunakan untuk branding merek:

Desain Kemasan dan Produk

Jenis-jenis Desain Grafis untuk Branding Merek

Untuk merek yang memiliki produk untuk dijual biasanya akan memiliki desain kemasan dan produk yang menarik. Tampilan visual dari produk harus menarik perhatian konsumen agar efektif memikat mereka. Tidak hanya itu pada desain kemasan tampilan visualnya harus mencerminkan merek dan isi produk dengan baik. 

Elemen-elemen visual merek biasanya digunakan untuk menciptakan desain kemasan yang menarik dan mudah dikenali oleh audiens. Desain kemasan biasanya akan menggunakan elemen visual seperti warna, tipografi, gambar, hingga logo yang merupakan identitas merek. Kemasan yang memiliki elemen visual akan efektif untuk membangun kesadaran merek yang kuat. 

Baca juga: Tips Membangun Desain Branding yang Efektif

Katalog Produk dan Layanan

Dalam rangka memasarkan produk atau layanan merek, penting untuk memiliki desain katalog yang menarik. Desain katalog yang berisi jenis-jenis produk, harga serta manfaatnya ini dapat ditunjukkan pada audiens. Namun agar menarik perhatian audiens untuk membaca katalog desainnya harus rapi, terstruktur dan visual yang menarik.

Elemen identitas merek juga digunakan dalam desain katalog agar audiens mengetahui katalog produk milik merek mana. Tampilan visual dan layout yang menarik akan membuat katalog menarik untuk dibaca audiens. Penting untuk memilih jenis layout katalog yang menarik serta foto-foto produk yang berkualitas tinggi.

Brosur

Jenis-jenis Desain Grafis untuk Branding Merek

Jika katalog mungkin berisi informasi keseluruhan produk beserta deskripsinya, untuk desain brosur biasanya digunakan untuk promosi yang lebih singkat. Desain brosur seringkali digunakan untuk mempromosikan merek, acara dan produk. Ukurannya yang kecil akan dimanfaatkan untuk difokuskan pada kelebihan produk dengan bahasa yang menarik.

Brosur dapat digunakan untuk mempromosikan merek ini bisa berisi informasi diskon, penawaran khusus, produk dan layanan merek. Tampilan desain brosur juga harus dibuat menggunakan elemen visual merek. Seringkali tampilan desain brosur harus memikat agar audiens bisa tertarik dengan informasi dalam brosur. 

Baca juga: Jenis-jenis Desain Banner Yang Umum Digunakan

Poster Promosi

Untuk kebutuhan promosi, sering juga akan menggunakan desain berbentuk poster. Biasanya desain ini akan digunakan untuk media cetak dan digital, sehingga terkadang ukuran dan skalanya harus menyesuaikan. Pada media cetak ukuran poster biasanya akan menyesuaikan dengan tempat poster ditempatkan, umumnya bisa berukuran A4, A5, atau A3. 

Untuk media digital poster dapat diunggah dalam website milik merek juga media sosial merek. Poster promosi yang digunakan untuk media sosial juga akan menyesuaikan dengan format media sosial tersebut. Ukuran poster dengan desain yang sama akan memiliki ukuran berbeda sesuai dengan media sosialnya.

Banner

Jenis-jenis Desain Grafis untuk Branding Merek

Desain banner juga bisa digunakan untuk branding, bentuk banner yang memanjang seringkali dipasang pada depan toko, pinggir jalan atau pintu masuk. Untuk branding gunakan banner untuk mempromosikan acara, produk dan lainnya. Biasanya tampilan desain banner lebih sederhana dan fokus pada pesan utama.

Kebanyakan banner hanya berisi tulisan singkat namun memikat untuk mempromosikan sesuatu. Terkadang diberi tambahan gambar atau ilustrasi sederhana, serta menggunakan elemen visual merek. Sering juga desain banner memiliki dekorasi pada sudut berupa elemen bentuk abstrak dengan warna identitas merek agar mudah diidentifikasi. 

Baca juga: Desain Brosur untuk Penggunaan Branding dan Pemasaran

Konten Media Sosial

Agar branding semakin kuat elemen visual merek juga harus digunakan dengan konsisten untuk desain konten media sosial. Desain untuk postingan atau story pada media sosial harus relevan dengan merek tetapi juga unik. Ini di media sosial, pengguna sosmed hanya akan melihat desain dalam hitungan detik.

Untuk itu itu desainnya harus menarik dan menggunakan elemen visual merek. Tampilan visual yang menarik akan memikat audiens untuk membaca konten, sementara elemen visual yang relevan akan membangun kesadaran merek. Terkadang merek akan memiliki template atau layout sendiri yang menjadi ciri khas, agar merek lebih unik dan berbeda. 

Desain Web

Jika merek memiliki desain website sebagai bagian dari identitas merek, manfaatkan website untuk mengenalkan merek dengan baik. Desain website juga perlu menggunakan elemen visual merek seperti warna dan tipografi yang sama. Gunakan website untuk mengenalkan visi, misi, produk hingga layanan merek. 

Posting konten yang menarik untuk membuat banyak orang mengunjungi website sehingga bisa digunakan untuk membangun branding. Website juga efektif untuk membuat konsumen lebih percaya dengan merek. Informasi tentang merek harus lengkap dan menarik agar efektif pula menarik perhatian. 

KESIMPULAN

Desain grafis secara umum memiliki banyak peran penting mulai dari sebagai identitas merek, desain untuk promosi, membangun citra positif dan menarik perhatian. Manfaatkan berbagai jenis-jenis desain grafis untuk digunakan dalam membangun branding merek. Tampilan visual desain grafis yang menarik perhatian akan efektif untuk membanggun kesadaran merke yang kuat dan menyampaikan informasi dengan baik. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts