Elemen Desain Logo yang Populer pada Era Modern

0
(0)

Untuk menciptakan logo yang efektif menarik perhatian dan membangun kesadaran merek yang kuat, penting untuk menciptakan logo yang relevan. Pada era modern dan digital banyak logo memiliki tampilan berkesan futuristik dan sederhana. Manfaatkan elemen desain logo yang populer pada era modern ini untuk dijadikan inspirasi menarik. 

Elemen-elemen desain yang digunakan pada desain logo umumnya melibatkan hal-hal yang populer pada era tersebut. Hal ini karena logo tidak hanya mencerminkan identitas merek tetapi juga harus relevan agar merek bisa bertahan lama. Saat memilih elemen logo, pastikan untuk memepertimbangkan apakah elemen bisa timeless atau tidak, agar logo tetap relevan dalam waktu yang lama.

ELEMEN LOGO DESAIN MODERN YANG POPULER

Logo modern cenderung memiliki ciri seperti bentuk sederhana, warna terbatas dan fleksibel. Selain popularitas penggunaan logo dengan bentuk sederhana, tren logo dalam era modern ini juga didominasi oleh beberapa hal seperti:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Jumlah Warna Logo Satu atau Dua

Desain logo pada era modern cenderung berfokus untuk menarik perhatian dengan kesederhanaan. Untuk jumlah warna logo yang digunakan juga teratas tidak lebih dari tiga. Logo modern seringkali menggunakan jumlah warna satu atau dua warna saja agar logo tetap sederhana.

Banyak desain logo saat ini yang hanya menggunakan satu warna saja untuk menciptakan tampilan sederhana. Logo yang memiliki satu warna akan lebih mudah untuk fleksibel dalam berbagai media dan platform, termasuk dalam skala yang beragam. Penggunaan satu atau dua warna cenderung lebih efektif dan banyak dipilih oleh brand terkenal. 

Baca juga: Komposisi Terbaik untuk Desain Logo yang Menarik

Logo Kombinasi dan Inisial

Desain logo Scarves Hijab

Untuk jenis logo yang cukup populer pada era modern ini adalah logo kombinasi dan inisial. Jenis logo tersebut efektif untuk membangun identitas merek yang kuat karena memiliki elemen nama merek. Logo kombinasi seringkali mengkombinasikan ikon gambar  dengan huruf atau nama merek seperti logo burger king.

Kombinasi ikon dan teks efektif untuk menciptakan identitas yang kuat dan unik. Ikon yang digunakan biasanya dipilih yang bisa mencerminkan identitas merek dengan baik. Begitupula dengan logo inisial, penggunaan inisial sebagai ikon logo akan tampil sederhana dan mudah untuk diingat.

Font Logo yang Populer 

Desain logo modern juga seringkali menggunakan font modern yang populer untuk menciptakan kesan relevan. Font-font modern cenderung memiliki tampilan sederhana dan mudah untuk dibaca. Beberapa font modern yang direkomendasikan untuk desain logo:

Bodoni dan Georgia: Dua font serif ini cukup populer dalam desain grafis, sering digunakan untuk berbagai  jenis desain termasuk logo. Serif font untuk logo dapat menciptakan tampilan logo yang modern dan elegan. Font serif seringkali digunakan untuk logo fashion, cafe atau merek kecantikan. 

Elemen Desain Logo yang Populer pada Era Modern

Helvetica dan Montserrat: Jenis font modern seringkali memilih font yang memiliki tampilan bersih dan mudah untuk dibaca. Font sans serif banyak digunakan dalam logo modern karena cocok untuk mencerminkan era modern yang bersih dan sederhana. Tipografi sans serif mudah digunakan dalam berbagai skala dan media dan tetap mudah untuk dibaca.

Brush script dan Pacifico: Font jenis script juga bisa digunakan pada desain logo modern yang ingin menciptakan kesan elegan atau premium. Gunakan jenis font script brush untuk menciptakan identitas merek yang  elegan. Sementara font pacifico sendiri bisa memberikan kesan ramah dan menyenangkan untuk logo.

Efek Visual

Desain logo modern kerap kali menambahkan elemen efek visual untuk terlihat modern dan canggih. Meskipun bisa membuat unik penggunaannya harus berhati-hati. Berikut beberapa efek visual yang sering ditemui dalam desain logo modern:

Elemen Desain Logo yang Populer pada Era Modern

Glitch: Efek ini sering ditemui dalam desain logo untuk merek terkait teknologi dan aplikasi digital. Penggunaan efek glitch seperti teknologi yang rusak ini bisa menciptakan dimensi visual yang unik. Pastikan penggunaan efek tidak membuat logo terlihat kurang jelas. 

Sliced Tipografi: Ada juga gaya desain untuk logo modern terlihat memotong huruf nama merek. Huruf terpotong sebagian pada logo memberikan tampilan yang berkesan modern dan futuristik. Efek ini akan cocok diterapkan pada logo yang menggunakan tipografi sans serif.

Faded: Desain logo modern juga ada yang diberi efek pudar pada logo agar berkesan dramatis atau unik. Efek pudar ini biasanya membuat sebagian huruf atau bentuk logo terlihat hilang. Logo dengan tambahan efek pudar atau faded ini harus digunakan secukupnya agar tidak berlebihan. 

Baca juga: Tips Menggunakan Efek Visual dalam Desain Grafis

Tipografi Twist

Untuk menciptakan logo modern yang menarik dan unik, ciptakan modifikasi huruf yang unik dan berbeda dari yang lain. Bereksperimen dengan bentuk huruf akan membantu menemukan gaya tipografi yang kreatif. Misalnya dengan memodifikasi bentuk huruf kedalam bentuk-bentuk geometris agar terlihat unik. 

Penggunaan Warna Biru atau Royal Blue

Elemen Desain Logo yang Populer pada Era Modern

Salah satu warna yang populer digunakan untuk berbagai jenis logo adalah warna biru1. Sudah sejak lama warna biru masih memimpin tren pemilihan warna logo yang paling banyak digunakan. Pemilihan warna biru untuk logo karena memiliki beberapa alasan seperti:

  • Warna biru menciptakan kesan profesional dan terpercaya, banyak logo perusahaan besar memilih logo ini. 
  • Biru identik dengan teknologi, sehingga banyak juga digunakan oleh perusahaan teknologi untuk memberikan kesan modern dan futuristik. Warna ini sangat cocok untuk menciptakan berbagai teknologi modern.
  • Pemilihan warna biru dalam desain grafis seringkali karena warna biru ini mudah digunakan dalam berbagai media dan cukup fleksibel. Warna ini bisa membuat logo terlihat memiliki warna yang konsisten.  

Terkadang untuk membuat desain logotype unik dan tampil beda, gaya huruf yang digunakan adalah lowercase. Gaya huruf UPPERCASE sudah sering digunakan karena memberikan yang kuat. Sementara pemilihan logotype uppercase bisa menciptakan tampilan yang menarik.  

Penggunaan lowercase teks untuk logo dapat mengkomunikasikan merek yang ramah dan mudah didekati. Gaya huruf kecil lebih berkesan ramah daripada huruf kapital semua. Beberapa merek sekarang yang mulai berani menggunakan gaya huruf lowercase untuk desain logo agar lebih ramah.

Baca juga: Tips Mengatur Tipografi untuk Judul dalam Desain Grafis

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MENGGUNAKAN ELEMEN LOGO MODERN

Ketika ingin menggunakan elemen-elemen yang menjadi tren desain logo modern, perhatikan penggunaannya. Agar desain logo tampil menarik, perhatikan beberapa hal ini:

Pastikan Elemen Logo Timeless

Ketika ingin menerapkan elemen tren yang menjadi ciri khas logo modern, perhatikan apakah elemen tersebut dapat timeless. Elemen logo yang timeless akan membantu desain logo tetap relevan dalam waktu yang lama. Jika sekiranya elemen yang digunakan merupakan elemen tren yang hanya bertahan sebentar, hindari penggunaannya. 

Tidak Membuat Logo Rumit

Efek visual dapat membuat desain logo terlihat rumit dan sulit untuk dibaca pada skala tertentu. Untuk pemilihan efek visual harus digunakan dengan bijak. Beberapa efek visual bisa membuat desain logo kurang jelas pada media cetak.

Pastikan Elemen Tren Tidak Klise

Warna biru yang teru saja digunakan oleh berbagai logo dari beragam industri bisa berkesan klise. Jika ingin merek tampil beda hindari menggunakan warna biru. Logo bisa saja menjadi sulit dibedakan meski memiliki nama berbeda atau ikon yang berbeda. Desain logo juga bisa salah dikenali oleh audiens. 

KESIMPULAN

Desain logo pada era modern perlu memerhatikan penggunaan elemen-elemen yang sedang populer. Amati ciri-ciri desain logo modern, perhatikan elemen tren dan jadikan inspirasi desain yang menarik. Elemen desain logo modern yang populer bisa membantu menciptakan desain logo yang unik dan kreatif. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Nisha. (2024, Jan 31). Tren Logo Teratas Tahun 2024 yang Tidak Boleh Anda Lewatkan!. Looka. https://looka.com/blog/logo-trends/ 
    ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.