Rekomendasi Latar Belakang Sesuai Gaya Desain yang Digunakan

0
(0)

Ketika membicarakan gaya desain yang digunakan dalam desain grafis biasanya ini melibatkan pula elemen khas setiap gaya desain. Untuk menciptakan tampilan desain yang menarik, gunakan elemen yang tepat termasuk untuk latar belakang sesuai gaya desain. Setiap gaya desain akan memiliki ciri latar belakangnya sendiri karena berperan penting untuk mendukung tampilan gaya desain.  

Latar belakang sebagai dasar atau ruang untuk menempatkan elemen desain ini juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Tidak boleh salah memilih latar belakang karena bisa memengaruhi tampilan visual serta efektivitas penyampaian desain. Penting untuk memilih latar belakang yang bisa digunakan paling cocok dengan gaya desain.

Ketika memilih latar belakang pertimbangkan juga gaya desain, tema desain dan warna-warna elemen yang digunakan. Hindari menggunakan latar belakang rumit jika elemen desain yang digunakan sudah kompleks. Ada baiknya memilih rekomendasi latar belakang berdasarkan gaya desain yang digunakan agar relevan. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

REKOMENDASI LATAR BELAKANG SESUAI GAYA DESAIN

Dalam menciptakan tampilan desain grafis yang menarik penting untuk memilih elemen-elemen yang tepat termasuk latar belakang. Latar belakang dapat memengaruhi keterbacaan, tampilan visual dan kemudahan pesan untuk dipahami. Berikut beberapa latar belakang yang direkomendasikan:

Gaya Desain Retro

Rekomendasi Latar Belakang Sesuai Gaya Desain yang Digunakan

Latar spiral atau sunburst: Latar belakang ini memiliki tampilan seperti cahaya matahari yang bersinar. Tampilan latar memiliki umumnya dua warna berbeda yang terdiri dari garis yang mengarah bagian titik tengah. Garis-garis yang memisahkan dua warna ini mengarah pada satu titik tengah, ada yang berbentuk spiral ada yang lurus. Latar ini banyak ditemui pada desain retro

Grunge: Desain retro juga sering menggunakan latar yang memiliki efek grunge. Efekt ini menciptakan tampilan desain yang kusam dan terlihat vintage. Penggunaan efek grunge sebagai latar biasanya dipadukan dengan warna coklat, sementara efek dapat diberi warna abu-abu atau coklat yang lebih gelap.

Baca juga: Tips Menyusun Warna dalam Palet Warna Desain

Gaya Desain Vintage atau Klasik

Rekomendasi Latar Belakang Sesuai Gaya Desain yang Digunakan

Tekstur Kertas Kusam: Latar dengan efek grunge pada beberapa desain bertema vintage akan menciptakan tampilan desain yang menarik. Tekstur kertas dengan warna kusam akan mendukung tampilan elemen vintage seperti huruf script. Latar dengan tekstur kertas terkadang juga bisa diberi efek grunge ini untuk menciptakan latar belakang dengan tampilan yang artistik.

Latar Warna Coklat: Pada desain bertema vintage warna coklat kusam atau krem akan cocok untuk menciptakan nuansa klasik dan nostalgia. Pada era itu warna coklat cukup dominan, sehingga penggunaan warna latar cocok. Desain gaya klasik atau vintage ini identik dengan warna latar coklat yang dipadukan dengan ornamen emas atau coklat yang tua.  

Gaya Desain Modern

Latar Perspektif: Untuk desain yang bertema modern terkadang ingin menciptakan tampilan desain yang bisa mencerminkan teknolog dan inovasi. Garis-garis tersebut membentuk kotak yang semakin mengecil ketika semakin dalam. Penggunaan latar ini memberikan efek kedalaman visual dengan warna garis neon dan latar gelap atau gradasi gelap.

Warna Biru: Sebagian besar desain bertema modern dan teknologi seringkali menggunakan warna biru. Biru kerap kali digambarkan untuk mewakili teknologi masa depan. Untuk itu penggunaan latar berwarna biru cukup umum karena menciptakan kesan inovasi dan masa depan, khususnya biru gelap. 

Gradasi dan Metalik: Desain yang bertema modern atau teknologi juga sering menggunakan latar belakang warna gradasi. Gradasi dari warna gelap ke terang akan menciptakan efek kedalaman visual. Selain itu terkadang warna gradasi dipadukan dengan efek metalik sehingga menghasilkan tampilan holographic. 

Baca juga: Ciri khas dari Tipografi untuk Desain Grafis Tema Retro

Gaya Desain Pop Art

Sunburst Gradasi: Dalam desain yang bertema pop art ini biasanya menggunakan tampilan background berupa sunburst. Desain pop art memang terkadang memiliki efek retro, bedanya sunburst yang digunakan akan ditambahkan efek. Latar desain pop art yang ini akan berupa sunburst dengan efek halftone dan gradasi warna.

Halftone Dekorasi Komik: Tampilan dari desain pop art ini seringkali terlihat seperti desain bertema komik. Sehingga elemen yang digunakan sebagai background identik dengan komik. Ini seperti warna cerah neon, efek halftone dan dekorasi garis-garis berani. 

Gaya Desain Minimalis

Warna Netral: Untuk desain yang memiliki gaya minimalis ini mengutamakan tampilan yang sederhana dan bersih. Untuk menciptakan tampilan yang bersih latar belakang pada desain minimalis hanya terdiri dari satu warna saja seperti warna hitam, putih, abu-abu atau krem. Warna netral untuk latar belakang akan menciptakan tampilan yang luas dan bersih serta sederhana pada desain.

Baca juga: Tujuan Menggunakan Warna Neon Untuk Desain Grafis 

Gaya Desain Organik atau Alami

Rekomendasi Latar Belakang Sesuai Gaya Desain yang Digunakan

Warna Alam dan Netral: Terkadang gaya desain ada yang mengambil inspirasi dari alam untuk menciptakan tampilan yang sederhana. Biasanya ini mengambil warna-warna alam dan tekstur alam, latar belakang gaya desain organik ini bisa menggunakan warna hijau, biru, putih, atau coklat. 

Latar Tekstur Alam: Untuk desain bertema alam, latar belakang bisa menggunakan tekstur alam. Penggunaan tekstur alam akan menciptakan efek kedalaman visual dan realistis seperti tekstur kayu, daun, dan tanah. 

Latar Belakang Pola Alam: Gaya alami juga bisa menciptakan latar belakang yang memiliki pola-pola alam dari gambar-gambar daun, bunga hingga hewan. Gambar atau ikon alam dapat diberi efek transparan sehingga terlihat menyatu dengan latar belakang. Latar pola ini tidak akan mengganggu elemen yang ditempatkan diatas. 

KESIMPULAN

Dalam menciptakan tampilan desain yang menarik penting untuk memilih elemen-elemen termasuk latar belakang yang sesuai. Latar belakang harus membuat elemen terlihat menarik dan jelas, selain juga tampil harmonis dengan elemen lainnya. Penting untuk memilih latar belakang sesuai gaya desain agar tampilan desain harmonis dan menarik. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts