Ada kalanya banyak warna mainstream digunakan pada desain logo untuk bisnis yang sama. Hal ini akan membuat logo brand sulit dibedakan dan bisa disalahpahami sebagai brand lainnya. Untuk itu gunakan warna brand yang unik, jarang digunakan dan memiliki makna psikologi yang relevan.
Variasi warna yang jarang digunakan seperti warna muted atau warna gelap dapat menjadi alternatif. Gunakan variasi menarik dengan makna psikologi yang relevan sehingga merepresentasikan identitas brand dengan baik. Gunakan warna brand unik untuk menarik menarik perhatian audiens pada desain logo sehingga logo mudah diingat.
PENTINGNYA VARIASI WARNA TIDAK MAINSTREAM
Daripada menggunakan warna-warna baisa, cobalah menggunakan variasi yang menarik, agar logo lebih unik. Variasi warna yang lebih gelap atau lebih lembut bisa menciptakan kesan yang menarik. Agar logo tidak membosankan dengan warna merah atau kuning terang biasa, gunakan variasi warna yang lebih gelap atau pucat.
Menciptakan Visual Logo yang Lebih Menarik
Perhatikan perbedaan warna merah cerah biasanya dengan penggunaan merah gelap atau burgundy, desain logo akan tampak mewah. Sementara merah cerah bisa menciptakan kesan lebih ceria dan berkesan mencolok. Untuk menciptakan kesan desain logo yang elegan dan kesan logo yang hangat akan butuh warna berbeda.
Menciptakan Logo Unik
Jika menggunakan variasi warna mainstream desain logo mungkin akan lebih sering terlihat mirip dengan logo lainnya. Misalnya jika sudah menggunakan variasi warna merah cerah, maka gunakan merah muda atau merah gelap. Ini akan berguna menciptakan logo tampil beda dan lebih unik, sehingga bisa menjadi identitas yang unik. Warna memiliki peran penting untuk menciptakan logo yang unik.
Menonjol Diantara Logo Lainnya
Jika sebagian besar logo menggunakan warna yang sama, logo dengan variasi yang menarik akan lebih menonjol. Efektif untuk logo membedakan diri dari yang lain, terutama yang sesamanya. Diantara warna gelap bisa menggunakan variasi warna cerah atau pastel. Dapat juga menggunakan variasi warna gelap, logo brand lainnya menggunakan warna cerah mencolok.
Baca juga: 6 Logo Kombinasi Warna Mewah pada Berbagai Brand
MAKNA PSIKOLOGI WARNA BRAND YANG UNIK
Pilih variasi warna yang jarang digunakan dan memiliki visual yang unik, seperti burgundy, magenta, dan teal. Variasi warna tersebut bisa menciptakan visual logo lebih unik dan tampil beda. Banyak logo lebih memilih warna populer agar mudah dikenali maknanya, tetapi variasi yang unik bisa menciptakan logo lebih unik.
Burgundy
Variasi warna dari warna merah ini memiliki warna gelap dan berkesan lebih deep sehingga menciptakan kesan mewah. Tak hanya itu, warna burgundy bisa merepresentasikan kesan yang kuat. Warna gelap efektif menciptakan logo tampil kuat sehingga cocok untuk tampil tegas.
- Sehat
- Kuat
- Ambisi
- Mewah
- Dewasa
Warna ini tidak umum ditemui dalam desain branding meskipun memiliki kemampuan menciptakan brand yang elegan. Logo brand dengan warna unik ini bisa merepresentasikan ambisi dan kesan berkelas. Warna serbaguna yang bisa menciptakan kesan feminim dan hangat, cocok untuk brand kecantikan.
Coral
Sekilas warna ini tampak seperti warna merah muda tetapi bukan, melainkan warna coral. Warna coral termasuk warna merah muda yang lebih cerah dan memiliki aksen oranye. Tetapi warna bukan termasuk warna neon, tampilannya lebih lembut sehingga bisa menciptakan kesan hangat dan energik.
- Hangat
- Gairah
- Optimis
- Lucu
- Energik
Warna coral yang lembut agak lebih populer terutama akhir-akhir ini disertai meroketnya popularitas warna-warna pastel. Penggunaan warna ini menciptakan kesan modern, cerah dan unik yang mana banyak digunakan oleh bisnis untuk tampil energik dan menyenangkan. Akan relevan untuk digunakan sebagai branding yang sesuai dengan anak muda, menyenangkan dan penuh energi.
Baca juga: 5 Palet Warna untuk Desain Brand Interior
Emerald
Warna hijau emerald ini tampil lebih cerah seperti hijau muda, tetapi tidak terlalu mencolok. Hijau emerald ini tampak lebih elegan dan bisa menciptakan kesan brand yang tenang. Dalam desain warna brand unik seperti hijau emerald akan berguna merepresentasikan brand yang bertumbuh dan makmur, contohnya untuk logo perusahaan.
- Sehat
- Tenang
- Bertumbuh
- Makmur
- Harmonis
Variasi warna hijau ini cukup unik karena memiliki kesan kaya yang dapat menyimbolkan pertumbuhan, kemakmuran dan elegan dari suatu bisnis. Pada desain logo, gunakan warna emerald hijau ini dengan solid agar tampil bold. Contohnya pada branding logo sprite, spotify dan whatsapp yang tenang dan bertumbuh.
Navy
Tentunya warna Navy ini sudah tidak asing lagi karena banyak digunakan dalam berbagai desain logo. Daripada menggunakan jenis warna biru tua, warna navy tampil lebih gelap sehingga menciptakan kesan yang dalam. Warna navy akan membuat logo tampil bold dan tegas, lebih baik dari menggunakan biru tua yang lebih cerah.
- Terpercaya
- Stabil
- Tenang
- Ahli
- Professional
Warna navy juga efektif menciptakan logo timeless sehingga akan terus relevan menciptakan kesan profesional dan stabil. Gunakan warna navy jika ingin membangun kepercayaan, kesan profesional dan elegan. Logo yang tebal dan tegas akan tampil handal jika menggunakan biru gelap tersebut.
Baca juga: Jenis Warna Gradien: Keberagaman Gradien untuk Desain Menarik
Sky Blue
Variasi warna biru seperti biru langit juga bisa menciptakan desain brand yang lebih unik dan menarik. Warna ini memang sering digunakan tetapi variasi sky blue lebih lembut dari biru muda sehingga bisa digunakan sebagai alternatif. Banyak logo yang ingin berkesan damai tetapi juga energik menggunakan warna biru langit.
- Jelas
- Muda
- Energik
- Damai
- Tenang
Warna biru langit juga efektif digunakan merepresentasikan brand yang anak muda yang energik. Biru untuk mencerminkan kesan muda akan banyak digunakan untuk logo aplikasi digital. Warna biru yang berkesan muda ini bisa menyimbolkan kreativitas, keterbukaan dan inovasi terhadap teknologi.
TIPS MEMILIH WARNA YANG UNIK
Agar desain logo menarik perhatian, coba pilih variasi warna yang jarang digunakan. Ada banyak sekali variasi yang diciptakan dari mencampurkan warna putih, abu-abu dan hitam. Variasi warna juga tercipta dari perbedaan kecerahan dan saturasi, sehingga ada warna yang memiliki tampilan pucat dan gelap.
Kombinasi Dua Warna Berdekatan
Warna yang memiliki dua aksen berbeda akan tampil menarik, tapi ini bukan warna gradasi. Biasanya warna ini berada diantara dua warna dalam roda warna, misalnya warna hijau yang kekuningan. Warna ini akan berada di antara warna hijau dan warna kuning dalam roda warna.
Gunakan Variasi Warna Gelap
Variasi warna gelap dari warna cerah bisa menjadi alternatif untuk menciptakan kesan yang lebih elegan dan deep. Misalnya variasi warna dark coklat pada warna coklat atau hijau gelap pada warna hijau. Warna gelap akan menciptakan logo yang berkesan tegas dan mewah.
Pilih Warna yang Jarang Digunakan
Ada banyak sekali jenis warna, termasuk juga warna-warna yang jarang digunakan seperti warna coral, beige atau warna real. Pilih warna yang unik dan bisa merepresentasikan identitas brand dengan baik. Termasuk juga dengan memilih kombinasi warna yang jarang digunakan.
KESIMPULAN
Hindari menggunakan warna yang sudah terlalu, dan coba gunakan warna yang anti mainstream atau jarang digunakan. Warna brand dengan variasi warna burgundy, coral, dan hijau emerald bisa menciptakan desain logo yang unik. Variasi warna yang jarang digunakan akan membantu logo menonjol dan tampil unik sehingga akan mudah diingat.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.