Tantangan dalam Menciptakan Logo Timeless yang Menarik

Suatu merek atau perusahaan akan memiliki desain logo sebagai identitas visual yang mencerminkan visi dan misi merek. Untuk memastikan desain logo dapat mewakili identitas merek dengan baik desain logo harus timeless. Untuk menciptakan desain logo yang timeless ada sejumlah tantangan yang perlu dipertimbangkan agar logo bisa bertahan lama.

Tantangan Dalam Menciptakan Logo Timeless yang Menarik

Logo merek atau bisnis harus mencerminkan identitas merek dengan baik dalam waktu yang lama untuk membangun branding yang kuat. Desain logo yang baik1 biasanya memiliki beberapa ciri seperti:

Desain identitas merek yang baik salah satunya harus timeless atau bertahan lama. Logo timeless dimaksudkan agar logo dapat terus relevan dan mudah diingat oleh audiens. Identitas merek yang efektif membangun branding yang kuat harus memiliki desain yang relevan dari waktu ke waktu. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Maka dari itu penting menciptakan desain logo yang timeless, sehingga logo merek terus relevan meski tren dan pasar terus berubah. Namun menciptakan desain logo yang timeless tidaklah mudah, ada sejumlah tantangan yang perlu dihadapi.

TANTANGAN MENCIPTAKAN LOGO YANG TIMELESS

Desain logo yang timeless tidak sesederhana bentuknya yang sederhana saja tetapi bentuknya juga harus menarik dalam beberapa tahun kedepan. Tantangan-tantangan yang kerap dihadapi dalam menciptakan desain logo yang timeless biasanya terkait dengan beberapa hal berikut ini:

Penggunaan Elemen Tren

Menciptakan logo yang timeless, tidak hanya soal menciptakan identitas visual yang sederhana dan unik. Terkadang keinginan untuk tampil relevan dengan keadaan saat ini, sehingga menggunakan elemen yang sedang tren. Elemen-elemen desain yang sedang tren dan populer bisa membuat desain menjadi kurang relevan dalam waktu dekat.

Menghindari penggunaan trem ini bisa cukup krusial, karena jika ingin menarik perhatian elemen desain tren perlu diperlukan. Tetapi elemen tren ada yang hanya bertahan dalam waktu sebentar, sehingga bisa kurang relevan. Ketika ingin menggunakan elemen tren perlu memepertimbangkan apakah tren akan terus relevan atau tidak.

Ikon atau Simbol terlalu Unik dan Tidak Familiar

Ketika memilih ikon atau desain logo perlu disesuaikan dengan pesan merek dan kemudahan ikon untuk dikenali. Terkadang ikon logo berperan penting dalam memastikan desain logo efektif untuk timeless. Jika ikon yang digunakan identik dengan simbol yang kurang familiar, orang dalam beberapa waktu kedepan bisa sulit mengenali makna atau bentuk ikon. 

Terkadang jika ikon logo menggunakan simbol yang sedang populer atau dari era lampau bisa membuat audiens sulit mengenali makna dari ikon tersebut. Elemen ikon juga sering mengalami perubahan tren desain, sehingga bentuk ikon yang unik bisa tidak relevan setelah beberapa waktu. Ketika memilih bentuk ikon untuk logo pertimbangkan gaya desain ikon yang bisa relevan dari waktu ke waktu.

Memilih Font Rumit atau Kurang Tepat

Tantangan Dalam Menciptakan Logo Timeless yang Menarik

Desain logo dengan font yang rumit ini juga bisa menjadi masalah jika tren gaya desain berubah. Untuk tipografi yang digunakan dalam desain logo sebaiknya memilih gaya font sederhana yang bisa terus relevan. Gaya huruf yang terlalu unik, bisa kehilangan daya tarik setelah beberapa tahun.

Tren penggunaan font bubble, psychedelic, atau font distorsi bisa kehilangan daya tarik dalam beberapa tahun. Sama halnya dengan penggunaan font slab serif yang memiliki serif geometris bisa terlihat kurang relevan pada era futuristik. Jangan hanya karena ingin membuat tampilan logo yang unik kemudian memilih jenis font rumit yang bisa tidak relevan ketika tren berubah.

Baca juga: Rekomendasi Gaya Font Serif Modern untuk Desain Grafis

Keinginan untuk Tampil Beda

Dalam menciptakan logo yang timeless, perhatikan tips membuat logo yang unik dan beda dari yang lain. Membuat logo yang berbeda dari merek-merek yang sudah ada harus menampilkan sesuatu yang unik. Terkadang ketika ingin membuat logo yang unik malah menciptakan sesuatu yang rumit.

Logo yang tampil beda harus berani menggunakan elemen yang kurang familiar atau jarang digunakan. Bentuk logo yang original akan menciptakan tampilan yang berbeda dari yang lain, namun harus tetap bisa relevan dari waktu ke waktu. Jangan berfokus menciptakan logo yang berbeda, bentuk logo juga harus mudah untuk dikenali dalam waktu yang lama.

Menggunakan Efek Visual

Tantangan Dalam Menciptakan Logo Timeless yang Menarik

Desain logo timeless harus menghindari penggunaan bentuk yang rumit dan efek-efek visual yang berlebihan. Saat menciptakan logo hindari menggunakan efek visual jika ingin logo timeless. Desain logo dengan tambahan efek visual tertentu dapat kurang relevan setelah beberapa waktu karena efek visual bisa membuat desain terlihat kurang menarik lagi.

Tren desain yang terus berubah bisa memengaruhi perubahan penggunaan efek pada logo. Jika logo era lampau menggunakan efek granny atau grunge untuk memberikan kesan dramatis atau vintage. Ketika jaman berubah semakin canggih dan modern, maka efek grunge akan kurang relevan. 

Beberapa gaya desain logo yang populer terkadang menggunakan efek visual tertentu, seperti holografik, efek bayangan atau efek grunge. Namun efek visual pada desain logo bisa membuat logo kurang relevan di masa depan. Hindari penambahan efek visual yang bisa membuat logo tidak timeless.

Penggunaan Gaya Desain Terfokus pada satu Era

Ketika menciptakan desain logo yang timeless hindari penggunaan gaya desain dari era tertentu. Tampil unik tidak harus membuat logo terlihat tidak relevan ketika era sudah berubah. Desain logo bukanlah desain konten yang bisa digunakan dalam waktu singkat, sehingga perlu menghindari tema logo dari era tertentu.

Baca juga: Tipe-tipe Gaya Desain Logo yang Umum Digunakan

Logo umumnya akan digunakan dalam waktu yang lama dari satu era ke era yang lain, sehingga desainnya harus bertahan lama. Penggunaan gaya desain yang terfokus pada era tertentu bisa membuat logo kurang. Pastikan untuk memilih logo dari era tertentu yang memiliki kemungkinan akan terus relevan. 

ELEMEN LOGO TIMELESS

Dalam menciptakan logo yang timeless tidak hanya soal tantangan dalam membuat logo tetapi juga pemilihan elemen yang tepat, sehingga logo efektif. Berikut elemen yang menjadi ciri khas dalam logo timeless:

Bentuk Geometris Sederhana

Umumnya bentuk logo timeless akan sederhana sehingga fleksibel dan bisa terus relevan, hindari menggunakan elemen bentuk yang rumit. Logo dengan bentuk geometris sederhana akan mudah beradaptasi dalam berbagai media. Bentuk geometris sederhana juga memudahkan logo untuk terus relevan meski tren berubah. 

Bentuk-bentuk geometris sering digunakan sebagai desain logo untuk menciptakan logo yang timeless. Gunakan bentuk geometris yang bersih dengan bentuk unik dan sederhana untuk desain logo yang bertahan dari perubahan tren. 

Logo Inisial

Desain Logo Pakaian Pria

Seringkali jenis logo yang timeless adalah penggunaan bentuk logo dari inisial nama merek. Kombinasi huruf inisial dari nama merek dapat digunakan sebagai logo yang bertahan lama. Bentuk ikon yang diambil dari inisial nama merek dengan desain yang sederhana akan efektif untuk bertahan dari waktu ke waktu. Banyak logo terkenal dengan ikon inisial nama merek yang berhasil bertahan lama.

Baca juga: Alasan Memilih Logo Inisial untuk Identitas Merek

Ikon Familiar

Untuk icon logo yang digunakan pilih juga ikon yang familiar atau mudah dikenali. Simbol-simbol yang tidak familiar bisa membuat audiens salah paham dengan makna atau pesan yang disampaikan. Ikon atau simbol yang familiar untuk logo timeless seperti ikon air, matahari, daun, bunga, dan lainnya. Selain bentuknya yang harus mudah dikenali, modifikasi ikon harus unik tetapi masih mudah untuk dikenali sehingga efektif. Desain logo timeless umumnya memiliki bentuk ikon sederhana. 

Font Sederhana dan Bersih

Elemen yang bisa membantu logo timeless adalah dengan menggunakan bentuk font yang sederhana dengan tampilan yang bersih. Bentuk font dengan tampilan bersih dan bentuk huruf sederhana serti sans serif cenderung akan terus relevan. Hindari memilih jenis font rumit dan modifikasi bentuk yang berlebihan.

Tanpa Menggunakan Efek Visual

Desain logo yang bertahan lama termasuk bertahan dari perubahan pasar dan tren harus tampil sederhana. Penggunaan efek visual pada desain logo bisa mengurangi efektivitas logo dalam waktu yang lama. Efek visual seperti bayangan bisa tidak relevan dan tidak efektif untuk semua media. Sehingga dalam beberapa waktu perlu dilakukan rebranding. 

KESIMPULAN

Desain identitas merek yang baik harus bisa digunakan dalam waktu yang lama untuk membangun branding yang kuat. Untuk menggunakan desain logo yang baik sebaiknya memerhatikan prinsip logo yang timeless. Menciptakan logo yang timeless bisa cukup sulit dan menghadapi beberapa tantangan karena logo timeless harus menghindari elemen desain yang sedang tren. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Arviana, G N. (2020). 6 Prinsip Pembuatan Logo yang Eye-Catching dan Mudah Dikenali. Diambil dari https://glints.com/id/lowongan/prinsip-pembuatan-logo/#3.-versatility ↩︎