Warna merah ketika digunakan dalam desain akan efektif menarik perhatian dengan cepat, sehingga banyak digunakan dalam desain logo. Dalam membangun banding, warna merah akan memudahkan brand untuk menarik perhatian, berkesan menonjol dan kuat. Penggunaan warna merah dalam desain brand banyak ditemui pada brand makanan untuk menciptakan kesan hangat.
WARNA MERAH DALAM DESAIN
Jika diperhatikan dalam berbagai desain grafis warna merah akan memiliki warna yang mencolok dan efektif menarik perhatian dengan cepat. Penggunaan warna merah dalam berbagai jenis desain seperti poster, kemasan dan banner akan menonjol. Pada umumnya warna merah dalam desain grafis dipilih karena memiliki beberapa kelebihan seperti:
Mudah Menarik Perhatian
Salah satu kelebihan utama dari warna merah adalah kemampuan warna merah dalam menarik perhatian. Dibandingkan warna lainnya, warna merah akan lebih efektif jika ingin digunakan menarik perhatian. Gunakan warna merah untuk menarik perhatian pada call to action agar menarik perhatian dengan cepat, serta gunakan untuk menonjolkan peringatan penting.
Cocok dengan Brand Makanan
Penggunaan warna merah yang paling sering adalah penggunaan untuk brand makanan. Dalam brand makanan, warna merah akan efektif merepresentasikan kesan hangat, menggugah selera dan mendorong rasa lapar. Kebanyakan logo fast food restoran dan bisnis makanan lainnya sering menggunakan warna merah dengan dominan. Tidak hanya pada logo, warna merah membantu konsumen lebih mudah menemukan restoran dengan ciri khas warna merah.
Kuat dan Bahaya
Penggunaan warna merah seringkali diasosiasikan dengan kebutuhan manusia untuk bertahan hidup atau kebutuhan fisik manusia. Itulah mengapa warna merah dapat menciptakan kesan yang kuat, bahaya dan tegas. Merah juga bisa merepresentasikan kekuatan, maskulin energi dan meningkatkan tekanan darah.
Baca juga: 4 Desain Logo Warna Merah dan Biru yang Kontras
PSIKOLOGI BERDASARKAN VARIASI KECERAHAN
Warna merah memang paling efektif untuk menarik perhatian, tetapi setiap variasi warnanya bisa memiliki makna psikologi berbeda. Penting untuk memilih variasi warna yang tepat untuk merepresentasikan pesan dan nuansa yang tepat. Contohnya pada perbedaan ketiga variasi warna merah ini:
Merah Terang
Variasi warna merah terang yang paling menyala bisa efektif menarik perhatian dengan cepat. Biasanya warna merah terang dapat merepresentasikan kesan brand makanan seperti:
- Fun
- Energi
- Cinta
- Kegembiraan
Warna merah terang tentunya akan menciptakan kesan menyenangkan, energik dan bisa merepresentasikan cinta. Penggunaan warna merah terang bisa membuat desain grafis lebih mencolok dan menciptakan kesan energik.
Merah Tua
Untuk versi warna merah yang lebih tua, memiliki warna yang tidak terlalu terang tapi masih mencolok. Merah tua tidak terlalu terang atau gelap, hanya sedikit lebih gelap sehingga tampil lebih tegas.
- Kekuatan
- Mewah
- Serius
- Lezat
Jika merah terang bisa merepresentasikan energi dan semangat, variasi merah ini tampil lebih serius dan bisa merepresentasikan kekuatan. Pada logo perusahaan warna bisa menciptakan kesan serius, sementara pada brand makanan akan menampilkan kesan lezat.
Merah Gelap
Variasi warna merah yang gelap biasanya akan tampil lebih tegas, serius dan profesional. Warna merah gelap ini juga lebih mudah tampil harmonis ketika dikombinasikan dengan warna yang lebih terang. Merah gelap bisa mengasosiasikan kesan seperti:
- Mewah
- Profesional
- Tegas
Penggunaan warna merah gelap sebagai warna brand akan berguna mencerminkan kesan brand yang mewah. Dalam desain branding, warna gelap akan menciptakan visual yang lebih profesional dan harmonis.
BRAND MAKANAN LOGO WARNA MERAH
Dominasi warna merah dalam desain brand makanan berguna membuat logo brand lebih mudah menonjol dan menarik perhatian mata dengan cepat. Dibandingkan warna lainnya, penggunaan warna merah lebih cocok untuk brand makanan. Berikut contoh dominasi warna merah dalam desain logo brand makanan:
Logo Dimsum Neng Rara
Meski tidak sepenuhnya menggunakan warna merah, tetapi penggunaan warna merah pada logo tersebut berhasil tampil menonjol. Warna merah efektif menciptakan membuat logo lebih menarik perhatian. Meski logo memiliki beberapa warna lainnya, tetapi merah berhasil menciptakan dominasi yang kuat pada brand makanan tersebut.
Warna merah pada logo berhasil menciptakan kesan hangat dan menggugah selera. Kombinasi warna merah dengan warna kuning, serta warna netral putih menciptakan visual yang lebih harmonis. Style logo karakter berhasil menarik perhatian berkat penggunaan merah tua yang tampil lebih tegas.
Baca juga: 5 Kombinasi Warna Minimalis untuk Desain Konten
Logo Underground Sushi
Warna merah dalam logo makanan, sering juga dikombinasikan dengan warna netral agar lebih harmonis. Untuk brand makanan sushi tersebut, dominasi warna merah pada logo membuat logonya mudah menarik perhatian. Terutama karena dikombinasikan dengan warna netral, sehingga warna merah lebih menonjol.
Kombinasi warna merah dan hitam pada logo tersebut menciptakan kesan yang profesional, premium dan hangat. Warna merah terang yang digunakan berhasil membuat logo sederhana lebih menarik perhatian. Warna merah meningkatkan daya tarik visual pada style desain minimalis dan bersih.
Logo Solar
Banyak juga restoran yang menjual makanan, menarik perhatian konsumen dengan cepat berkat penggunaan warna merah. Hal ini karena warna merah membantu menciptakan stimulus pada otak untuk segera mengambil keputusan. Ketika melihat branding resto berwarna merah, audiens kemungkinan besar lebih tertarik.
Pada logo restoran padang tersebut, warna merah tua digunakan dengan warna yang solid sehingga mencolok. Warna merah membuat logo akan menarik perhatian konsumen untuk datang ke restoran. Bentuk logo yang unik dan garis yang tebal serta warna merah tua membuat logo tampil lebih menonjol.
Baca juga: Variasi Logo Warna Hijau dalam Jenis Brand Berbeda
Logo Hakka
Jika desain brand makanan menggunakan style logo sederhana, bersih dan minimalis, dominasi warna merah akan lebih efektif untuk meningkatkan daya tarik visual. Logo juga seringkali akan memiliki kombinasi merah dan warna netral agar lebih harmonis. Desain resto yang sederhana tersebut bisa lebih menonjol karena menggunakan warna merah.
Variasi warna merah gelap membuat logo restoran tampak lebih profesional, serius dan mewah. Biasanya warna merah gelap bisa merepresentasikan bisnis resto mewah atau premium. Warna hitam juga mendukung logo untuk tampil lebih tegas dan serius.
Logo Dapur Gacor
Desain logo makanan sering juga menggunakan gambar karakter hewan atau manusia. Logo tersebut menggunakan gambar ayam sederhana dan tipografi tebal yang mencolok. Warna merah pada logo tersebut berguna membuat logo lebih mudah menarik perhatian.
Warna merah gelap menciptakan visual logo yang justru lebih mencolok dan tampil harmonis. Logo juga memiliki kombinasi warna yang harmonis dan menciptakan kesan hangat. Warna merah pada desain logo tersebut dikombinasikan dengan warna kuning pucat atau pudar, sehingga tampil lebih harmonis.
ALASAN MENGGUNAKAN WARNA MERAH UNTUK BRAND MAKANAN
Secara umum penggunaan warna merah sebagai warna logo berguna untuk menarik perhatian dan menciptakan emosi yang kuat. Terutama pada penggunaan untuk brand makanan, warna merah lebih efektif menggugah selera. Adapun beberapa alasan yang membuat warna merah mendominasi desain brand makanan:
- Menciptakan Stimulasi Cepat
- Meningkatkan Pengambilan Keputusan
- Warna Paling Mudah Dikenali Layar
- Meningkatkan Nafsu Makan dan Menciptakan Rasa Lapar
KESIMPULAN
Warna merah yang terkenal bisa menarik perhatian ini sering digunakan untuk membuat logo makanan menonjol. Dominasi warna merah dalam brand makanan tersendiri membuatnya menjadi ciri khas brand tersebut. Ada banyak pilihan variasi warna merah untuk digunakan dalam desain logo makanan, sehingga bisa merepresentasikan berbagai kesan dan nuansa yang berbeda.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.