Grafis Umum yang Digunakan untuk Tujuan Perbandingan

Ketika ingin membandingkan dua hal berbeda, baik itu data, produk, layanan dan lainnya, dapat memanfaatkan elemen grafis yang menarik. Perbandingan dalam bentuk teks saja tidak akan menarik. Ada beberapa grafis umum yang seringkali digunakan untuk melihat perbandingan dua hal yang berbeda.

Grafis umum yang digunakan untuk perbandingan seperti tabel, infografis, dan konten media sosial lainnya. Manfaatkan desain grafis untuk menjelaskan perbandingan dua hal atau lebih dengan visual yang menarik. Orang biasanya cenderung lebih mudah memahami dua hal yang berbeda dalam bentuk gambar visual atau desain yang menarik.

Perbandingan dalam bentuk grafis visual yang menarik bisa memudahkan audiens memahami perbandingan dengan konten yang sederhana. Biasanya konten perbandingan yang dirancang dengan desain menarik, menggunakan tek singkat, gambar hingga grafik. Elemen-elemen visual dapat memudahkan audiens memahami data atau teks yang kompleks.

Read More

Beberapa Grafis Umum yang Digunakan untuk Perbandingan

Dalam desain grafis, biasanya untuk membandingkan dua hal atau lebih dapat memanfaatkan elemen visual yang menarik. Berikut beberapa jenis grafis umum yang dimanfaatkan untuk perbandingan yang menarik:

Diagram Batang

Grafis Umum yang Digunakan untuk Tujuan Perbandingan

Sebagian besar perbandingan dalam bentuk grafis biasanya berupa grafik atau diagram, salah satunya diagram batang. Diagram ini digunakan untuk membandingkan dua data atau lebih dalam bentuk diagram batang. Diagram ini menggunakan bentuk batang atau persegi panjang yang vertikal atau horizontal untuk melihat data.

Biasanya diagram ini digunakan untuk membandingkan data angka, seperti jumlah penduduk, jumlah pendapatan dan lain-lain. Setiap batang akan diberi warna yang berbeda sesuai kategori datanya, untuk mudah membedakan perbedaan datanya. Jika data dibuat dari tahun ke tahun biasanya jenis data yang sama akan diberi warna yang sama. Panjang batang dalam diagram ini mencerminkan jumlah data yang dibandingkan.

Baca juga: Infografik: Kegunaan dalam Penyampaian Informasi

Diagram Lingkaran

Grafis Umum yang Digunakan untuk Tujuan Perbandingan

Diagram ini juga sering disebut pie chart, lingkaran dibagi kedalam beberapa bagian untuk membandingkan data-datanya. Dengan diagram ini audiens bisa melihat perbandingan data dalam bentuk potongan lingkaran. Diagram ini bisa digunakan untuk seberapa besar data jika disandingkan dengan data yang lain.

Dalam diagram lingkaran untuk membandingkan dua atau lebih data, bisa menggunakan pie chart atau donat chart. Dengan diagram ini audiens bisa melihat perbandingan proporsi data dari keseluruhan. Pie chart membagi lingkaran seperti potongan kue, sementara donut chart membentuk lingkaran seperti donut.

Grafik Garis

Grafis Umum yang Digunakan untuk Tujuan Perbandingan

Dalam Grafik garis atau line chart ini menggunakan garis untuk melihat perubahan data dari waktu ke waktu. Ini akan memudahkan untuk melihat naik turunnya suatu data dari waktu ke waktu. Untuk membandingkan dua data, biasanya akan terdapat dua garis atau lebih dalam satu grafik.

Dua garis dalam line chart akan diberi warna yang berbeda untuk melihat perbandingan datanya. Ini mudah untuk melihat perubahan atau perkembangan dua data dari waktu-ke waktu. Biasanya jenis grafik ini sering kali digunakan untuk melihat tren sesuatu, naik-turunnya penjualan dan lainnya.

Infografis Perbandingan (Comparison Infographic)

Infografis Perbandingan

Membandingkan dua data juga bisa memanfaatkan infografis yang menarik perhatian seperti infografis perbandingan. Untuk membandingkan dua hal dengan menarik menggunakan elemen visual yang disusun dalam bentuk infografis akan jauh lebih mudah untuk dipahami. Comparison infografis ini dirancang khusus untuk membandingkan dua hal dalam bentuk visual menarik.

Untuk infografis dalam bentuk perbandingan ini bisa memanfaatkan grafik batang, lingkaran atau elemen visual lainnya. Dua grafik ini akan disusun dengan disandingan datang untuk melihat perbandingannya. Grafik disandingkan pada kanan dan kiri yang diberi keterangan singkat untuk menjelaskan datanya.

Baca juga: Jenis-jenis Infografik dalam Desain Sesuai Tujuan

Venn Diagrams (Diagram Venn)

Diagram ini membandingkan dua data yang memiliki kesamaan dan perbedaan. Penggunaan diagram venn digunakan untuk melihat area yang tumpang tindih dari dua data atau konsep. Ini akan memberikan kemudahan bagi audiens memahami perbedaan dan kesamaan dari dua data yang dibandingkan.

Diagram venn berbentuk dua lingkaran yang saling memotong satu sama lain, area yang terpotong adalah data yang tumpang tindih atau sama. Biasanya lingkaran akan diberi warna yang berbeda, dan area potongan akan diberi warna sesuai campuran dari kedua warna. Ini akan membantu audiens bisa mudah memahami kesamaan dan perbedaan dari dua data dalam bentuk visual.

Split-Screen Design (Desain Layar Terpisah)

Grafis Umum yang Digunakan untuk Tujuan Perbandingan

Untuk membandingkan dua hal tertentu gunakan Split-Screen Design untuk membandingkan dua hal dengan menarik. Desain ini membagi layar atau ruang desain kedalam dua bagian berbeda untuk membandingkan dua data. Biasanya tata letaknya sama namun keduanya memiliki warna berbeda, ini untuk membandingkan dua hal berbeda namun masih terlihat sama.

Selain warna berbeda, jenis font yang digunakan biasanya sama namun memiliki jenis data atau konsep yang berbeda. Biasanya split-screen ini digunakan dalam desain web, presentasi atau materi visual seperti poster pemasaran. Ini akan memudahkan audiens melihat perbandingan dua data berbeda dengan grafis menarik.

Diagram Pareto

Diagram Pareto

Untuk diagram pareto ini membandingkan dua jenis data dalam bentuk diagram yang berbeda yaitu batang dan garis. Dua grafik ditempatkan pada satu diagram yang sama untuk melihat dua data atau variabel yang berbeda. Ini memungkinkan untuk melihat perbandingan kontribusi relatif dari beberapa elemen dan bisa menyoroti elemen yang paling berpengaruh dalam data.

Diagram Pohon

Diagram dalam bentuk pohon juga bisa dimanfaatkan untuk membandingkan dua hal yang berbeda. Bagan-bagan dalam diagram pohon akan dibagi kedalam dua arah berbeda untuk membanding dua datanya. Ini akan membantu audiens melihat perbandingan dua data dalam bentuk visual menarik yang terstruktur dengan baik.

Before and After Design (Desain Sebelum dan Sesudah)

Before and After Design (Desain Sebelum dan Sesudah)

Untuk membandingkan dua hal yang berbeda seperti gaya desain atau produk gunakan before after. Ini akan menyoroti dua perbedaan yang jelas antara suatu hal sebelum diubah dan sesudahnya. Before dan after desain ini bisa menyoroti dua perbedaan dengan efektif dan menarik.

Baca juga: Perbedaan Desain Visual dan Desain Grafis

KESIMPULAN

Untuk membandingkan dua data gunakan beberapa grafis umum seperti bar chart, line chart, comparison infographic dan split screen. Ini akan membantu untuk melihat perbandingan dua data, konsep, tren maupun gaya desain. Pilih jenis diagram atau infografis untuk membandingkan data sesuai dengan jenis datanya. Jika data berupa angka diagram batang atau lingkaran akan cocok. Sementara membandingkan dua hal informasi gunakan infografis dan split screen. Pastikan untuk merancang desain representasi visual; yang jelas dan informatif.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts