Infografik: Kegunaan dalam Penyampaian Informasi

0
(0)

Perkembangan penyampaian informasi pada era digital ini cukup berkembang pesat. Ini dilakukan untuk menyampaikan informasi lebih efektif dan cepat mencapai audiens. Dalam dunia desain grafis infografik memiliki banyak kegunaan terutama dalam menyampaikan informasi secara efektif dan interaktif.

Infografik ini kerja digunakan untuk menyampaikan informasi secara efektif dengan memanfaatkan grafis visual. Representasi visual ini mengkombinasikan elemen grafis seperti grafik, ikon dan teks untuk menyampaikan informasi dengan menarik.

Penggunaan infografik ini dalam menyampaikan informasi seringkali dipakai pada desain poster, informasi, proposal dan sebagainya. Adanya infografik ini akan membuat informasi lebih mudah dipahami oleh audiens. Dalam artikel ini akan membahas apa itu infografik dan kegunaan infografik dalam desain grafis

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

APA ITU INFOGRAFIK?

Infografik merupakan representasi visual dari data, fakta, atau informasi kompleks lainnya yang dibuat kedalam bentuk grafis yang menarik. Pembuatan infografik ini melibatkan berbagai elemen grafis seperti ikon, diagram, grafik, atau teks yang diatur dan dirancang dengan memperhatikan estetika.

Elemen desain disusun dan ditata sesuai informasi yang ingin disampaikan. Ini dapat memberikan gambaran yang jelas sehingga informasi doang lebih mudah dipahami dan dicerna.

Biasanya infografik ini sering digunakan untuk menyampaikan informasi berupa statistik data, proses, perbandingan atau narasi. Informasi ini kemudian diubah kedalam bentuk visual agra mudah dipahami.

KEGUNAAN INFOGRAFIK DALAM DUNIA DESAIN GRAFIS

Infografik ini memiliki banyak manfaat dalam dunia desain grafis, termasuk dalam penyampaian informasi. Berikut benda kegunaan infografik lainnya:

Mempermudah Memahami Informasi

Manusia terkadang jauh lebih mudah memahami informasi dalam bentuk grafis visual daripada sekadar tulisan yang bertumpuk. Infografik membantu menyederhanakan tulisan yang panjang dan kompleks kedalam bentuk visual yang singkat dan mudah dimengerti.

Dengan mengkombinasikan berbagai elemen desain dengan tepat sesuai informasi akan mudah menciptakan infografik yang informatif. Penataan teks dan elemen visual yang cermat, memungkinkan audiens lebih cepat memahami konsep informasi atau data yang disampaikan oleh desain.

Meningkatkan Penekanan Informasi

Penggunaan infografik membantu memberikan penekanan informasi. Dengan memanfaatkan warna, grafik dan teks sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan, dapat menyoroti informasi yang penting.

Kombinasi elemen yang tepat akan meningkatkan daya tarik visual, ini bisa membantu audiens memahami informasi penting dengan mudah. Biasanya pelanggan jauh lebih mudah informasi yang disajikan dalam bentuk visual yang menarik dan interaktif daripada hanya teks.

Menyajikan Data Statistik

Salah satu kegunaan infografik sering digunakan untuk menyajikan informasi berupa data statistik. Biasanya berupa diagram, grafik barang, line chat dan lain-lain, ini digunakan untuk memvisualisasikan data angka yang banyak agar lebih mudah dibaca.

Terkadang infografik juga menyajikan data yang berupa perbandingan data, data tren, atau pendistribusian data. Infografik akan membuat data statistik terlihat lebih jelas dan menarik.

Mendukung Proses Pengambilan Keputusan

Adanya infografik ini juga memudahkan dalam pengambilan keputusan untuk kebutuhan bisnis atau pembelajaran. Infografik membantu memberikan kemudahan untuk melihat data dengan mudah sehingga memudahkan pula dalam pengambilan keputusannya.

Dalam konteks infografik diagram dan perbandingan data, ini memungkinkan audiens bisa melihat perbandingan data. Termasuk juga untuk melihat keterkaitan berbagai faktor dari data tersebut sehingga membantu mengambil keputusan yang tepat.

Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Infografik juga bisa meningkatkan interaksi dengan pengguna melalui desain yang menarik dan interaktif. Biasanya infografik akan digunakan untuk membuat konten online di sosial media untuk menampilkan berbagai data, seperti hasil penjualan atau data tren.

Informasi akan lebih mudah dipahami dengan disajikan dalam bentuk infografik yang menarik. Sering juga digunakan pada artikel dan presentasi, ini akan menciptakan daya tarik visual. Pada desain presentasi, audiens bisa tertarik untuk berinteraksi dengan membaca informasi presentasi.

Memberikan Pandangan Keseluruhan

Infografik biasanya menyederhanakan informasi yang panjang kedalam bentuk sederhana dan singkat. Sehingga audiens dapat memahami desain infografik secara keseluruhan tanpa perlu membaca informasi yang panjang.

Ketika informasi disajikan pada satu gm gambar atau layout, infografik dapat memberikan pandangan secara keseluruhan terhadap suatu topik atau konsep. Infografik ini memudahkan audiens melihat gambaran besar dari suatu teks yang panjang.

Membuat Presentasi Menarik

Infografik kerap digunakan pada presentasi untuk menyampaikan informasi dengan lebih menarik. Materi presentasi akan lebih mudah dipahami dan dimengerti jika dibuat dalam bentuk visual.

Orang cenderung lebih mudah memahami informasi dalam bentuk visual daripada teks yang panjang. Penggunaan elemen visual biasanya digunakan untuk menyajikan poin-poin penting dengan cara memukau sehingga mudah diingat dan dipahami informasinya.

Digunakan dalam Pemasaran

Infografik ini seringkali digunakan pula untuk kebutuhan pemasaran. Desain pemasaran akan lebih menarik dan informatif. Ini bisa meningkatkan daya tarik dan meningkatkan efektivitas pada desain pemasaran.

Jika infografik memiliki tampilan visual menarik ini bisa membuat audiens tertarik untuk memahami isi pemasaran. Penyajian data statistik berdasarkan fakta dalam bentuk infografik pada desain pemasaran akan membantu menyakinkan pelanggan.

KESIMPULAN

Infografik memiliki kegunaan yang cukup efektif dalam menyampaikan dalam bentuk visual sehingga lebih mudah dipahami. Berbagai bentuk infografik dapat membuat bentuk informasi yang disajikan lebih beragam. Infografik juga memiliki kemampuan untuk menyederhanakan informasi atau data yang panjang kedalam bentuk visual menarik.

Desain infografik banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan penyajian data. Mulai dari pendidikan, bisnis, pemasaran dan kebutuhan jurnalisme. Pada era digital ini infografik berperan penting menyampaikan informasi dengan efektif melalui berbagai sarana komunikasi seperti media cetak dan online. Infografik memudahkan orang memahami data yang banyak dalam bentuk visual menarik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts