7 Font Terbaik untuk Desain Website

0
(0)

Desain website harus mengutamakan kenyamanan antarmuka pengguna ketika mengakses website. Antarmuka pengguna yang baik tidak hanya tentang warna dan gambar, tetapi juga pemilihan tipografi yang tepat. Penting untuk memilih jenis font terbaik untuk meningkatkan keterbacaan dan memberikan kenyamanan pengguna dalam desain website.

Memilih tipografi yang tepat desain antarmuka pengguna seperti website harus memilih tipografi yang memudahkan keterbacaan teks. Helvetica adalah salah satu font yang sering digunakan dalam desain website karena memiliki keterbacaan yang baik. Ketika menciptakan desain website pemilihan dan pengaturan tipografi harus diutamakan oleh desainer agar memudahkan navigasi audiens dan kemudahan mengakses konten.

Tampilan font dalam website desain yang sulit dibaca akan menciptakan ketidaknyamanan audiens ketika membaca konten. Website juga akan tampil kurang estetik sehingga mungkin akan kurang menarik bagi audiens untuk dikunjungi dan berlama-lama. Desain website dengan pengaturan tipografi yang buruk juga akan berkesan kurang profesional, sehingga menurunkan kredibilitas konten website. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

5 HAL YANG PERLU DIINGAT DALAM MEMILIH FONT TERBAIK DESAIN WEBSITE

Ketika memilih jenis font yang menciptakan keseimbangan visual yang baik, font desain web harus terlihat estetis dan mudah untuk dibaca (priya, 2022)1. Perhatikan 5 hal penting ini agar desain website milikmu memberikan kenyamanan pengunjung web ketika membaca konten dan menjelajah web. Berikut hal penting dalam memilih font terbaik untuk desain website:

Keterbacaaan

Desain website umumnya akan diakses dari berbagai ukuran layar digital, sehingga penting untuk memilih jenis font yang memiliki keterbacaan yang baik. Pengunjung website harus memiliki kemudahan dalam membaca konten dari berbagai perangkat, termasuk mobile. JIka konten-konten dalam desain website mudah dibaca, audiens akan betah untuk berlama-lama menjelajahi dan membaca konten tersebut. 

Dalam desain website biasanya sangat tidak disarankan menggunakan gaya font yang rumit untuk judul, sub judul dan paragraf. Umumnya font yang paling aman untuk desain website adalah sans serif dan serif. Kedua jenis font yang paling banyak direkomendasikan karena memiliki keterbacaan yang baik dalam berbagai ukuran. 

Kombinasikan 2 Font Setidaknya

Untuk membuat tampilan desain website menarik, kombinasikan dua atau tiga font untuk menciptakan tampilan menarik. Desain website bisa terlihat membosankan jika hanya menggunakan satu jenis font saja. Kombinasi font yang harmonis akan membantu membedakan informasi dalam website.

Gunakan jenis font yang berbeda untuk membedakan teks judul dan paragraf, misalnya yang memiliki weight berbeda. Pilih kombinasi font yang menciptakan tampilan visual menarik. Perbedaan jenis font akan membantu pula dalam menciptakan hirarki yang jelas antar teks.

Perhatikan Tone Font 

Dalam memilih jenis font untuk desain website penting juga memperhatikan tone yang diciptakan oleh font. Tone akan menciptakan nuansa yang tepat dan menarik pada desain website. Gaya huruf yang berbeda dapat menciptakan tone yang berbeda, gaya huruf tipis dan tebal akan menciptakan nuansa berbeda.

Tentukan tone seperti apa yang ingin diciptakan dalam desain website tersebut, apakah ingin menciptakan kesan ramah, serius, forma atau edgy. Font serif yang kaku akan menciptakan nuansa modern dan edgy. Sementara penggunaan font serif akan menciptakan kesan formal dan elegan. 

Baca juga: Rekomendasi Gaya Font Serif Modern untuk Desain Grafis

Menciptakan Hirarki yang Baik

Sama halnya dengan desain lain, dalam desain website penting untuk menciptakan hirarki visual. Teks yang memiliki hirarki visual akan membuat konten mudah dibaca. Hirarki visual antar teks akan membuat tampilan desain website terlihat menarik. Ciptakan hirarki dengan menggunakan gaya font yang berbeda pada judul dan paragraf.

Selain jenis font yang berbeda, gunakan gaya huruf yang berbeda, misalnya judul memiliki gaya huruf yang tebal, sementara paragraf lebih sederhana. Hirarki akan membantu konten mudah dibaca dan dipahami oleh audiens. Pembaca juga akan mudah membedakan jenis informasi ketika teks memiliki hirarki visual.

Memiliki Kontras

Mengkombinasikan font untuk digunakan dalam desain website cukup krusial karena tidak semua font akan terlihat harmonis. Kontras yang jelas antar jenis font akan membantu membedakan jenis informasi serta menciptakan tampilan visual menarik. Gaya huruf yang kontras akan menciptakan tampilan menarik, hindari memilih jenis font yang mirip terutama dalam satu family font yang sama. 

Contoh kombinasi font yang cukup kontras ketika mengkombinasikan serif klasik dengan sans serif modern. Untuk semakin mendukung kontrasunakan gaya huruf yang berbeda misalnya satunya tebal dan satunya tipis. Ini akan membantu menciptakan dinamik visual desain yang menarik.

7 FONT TERBAIK UNTUK DESAIN WEB

Untuk memilih font yang tepat dalam desain website, perhatikan keterbacaan, fleksibilitas dan tone yang diciptakan oleh jenis font. Berikut 7 rekomendasi font terbaik untuk desain website2 yang efektif:

Inter

Jenis font serif modern ini memiliki tampilan bersih dan mudah dibaca. Font inter ini spesial dibuat untuk kebutuhan desain antarmuka pengguna sehingga fleksibel. Penggunaan jenis font ini akan efektif dan responsif dalam desain website, sehingga konten dalam website akan mudah untuk dibaca. 

Font ini akan mudah beradaptasi pada berbagai jenis perangkat digital dan ukuran layar yang berbeda. Serif font ini dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan layar digital sehingga pada ukuran sekalipun desain mudah untuk dibaca

Baca juga: Rekomendasi Gaya Font Serif Modern untuk Desain Grafis

Raleway

7 Font Terbaik untuk Desain Website

Selain serif, sans serif juga yang paling sering direkomendasikan untuk digunakan dalam desain website. Gaya font raleway ini memiliki bentuk huruf yang bersih sehingga mudah untuk dibaca bahkan pad ukuran kecil sekalipun. Font sans serif tanpa serif cenderung lebih mudah beradaptasi dalam berbagai ukuran layar digital.

Font raleway ini juga memiliki banyak variasi tebal, lebar dan gaya hurufnya, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan desain. Desain website dengan menggunakan font sans serif raleway akan memudahkan konten terbaca dengan baik. Kelebihan dari pemilihan font raleway ini karena tersedia dalam google font sehingga tidak perlu khawatir tentang lisensi.

Playfair Display

Jenis serif playfair display ini memiliki tampilan huruf yang terlihat kuat dan tajam dengan garis tebal dan kesan modern. Penggunaan jenis font ini sangat cocok untuk kebutuhan tipografi headline dan judul. Font ini efektif digunakan pada ukuran kecil karena memiliki huruf yang rapat dengan bentuk huruf yang bulat.

Tampilan huruf serif yang klasik ini akan cocok untuk menciptakan nuansa formal dalam website. Selain itu, font ini memiliki beberapa variasi font yang mana akan mudah digunakan sesuai kebutuhan. 

Rubik

7 Font Terbaik untuk Desain Website

Banyak rekomendasi untuk menggunakan jenis font rubik pada desain website karena mudah untuk dibaca. Jenis font rubik ini salah satu jenis font san serif yang bergaya geometris dan menciptakan tampilan yang kaku. Font rubik akan paling tepat dan mencolok jika digunakan untuk heading atau judul konten.

Biasanya akan lebih efektif jika font ini digunakan dengan gaya huruf yang tebal. Untuk digunakan dalam judul akan lebih baik jika dikombinasikan dengan font serif yang sederhana atau san serif yang tipis. 

Baca juga: Font Sans Serif: Jenis dan Rekomendasi Font Serif yang Umum

Lora

7 Font Terbaik untuk Desain Website

Desain website untuk kebutuhan mereka tertentu mungkin akan membutuhkan jenis font terbaik yang memiliki tampilan elegan. Tampilan huruf ini memiliki gaya font serif dengan old-style yang memiliki nuansa modern yang bersih. Font ini akan menciptakan kombinasi harmonis jika disandingkan dengan font sans serif.

Gaya font lora ini bisa menciptakan tampilan yang estetis terutama akan cocok jika digunakan untuk brand fashion dan skincare. Huruf memiliki kerapatan jarak yang natural sehingga tetap mudah untuk dibaca. Jenis font Lora ini memiliki banyak variasi ketebalan huruf sehingga akan fleksibel untuk digunakan dalam berbagai ukuran dan konteks desain.

DM Sans

Sans serif selalu memiliki tampilan dan mudah dibaca pada berbagai ukuran, termasuk sans serif yang memiliki tampilan modern. Jenis font ini bisa digunakan untuk menciptakan minimalis pada desain website, karena bisa menciptakan visual yang bersih dan modern. Font ini juga memiliki gaya geometris dengan sudut-sudut yang bulat atau melengkung. Tampilan font akan berkesan ramah meski tampil modern dan akan berkesan profesional. 

KESIMPULAN

Tipografi untuk desain website harus dipilih dengan mempertimbangkan keterbacaan, tema desain, hingga tone desain yang ingin diciptakan. Ada banyak rekomendasi font terbaik yang cocok untuk desain website sehingga bisa meningkatkan keterbacaan. Font yang cocok untuk desain website biasanya harus mudah dibaca pada berbagai  layar dan ukuran perangkat digital.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. Kavdia, Priya. (2022, Nov 8). 5 Things To Remember When Selecting Fonts For Your UI/UX Design. Better Experience Design.  https://www.yellowslice.in/bed/5-things-to-remember-when-selecting-fonts-for-your-ui-ux-design/ ↩︎
  2. 11 best fonts for web design. (2023, Jan 25). Webflow.  https://webflow.com/blog/fonts-for-web-design ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.