Jenis Tipografi untuk Identitas Merek Berdasarkan Jenis Bisnis

0
(0)

Tipografi yang digunakan dalam desain grafis untuk kebutuhan logo atau identitas merek harus relevan dengan jenis bisnis. Untuk memilih tipografi yang sesuai dengan jenis bisnis, ada beberapa hal untuk diperhatikan ketika memilih jenis tipografi yang sesuai. Gaya tipografi yang digunakan untuk merek biasanya disesuaikan dengan karakter merek entah itu ramah, kaku, atau elegan. 

Pemilihan gaya tipografi untuk desain logo bisa cukup krusial, karena tipografi akan digunakan sebagai identitas merek. Sehingga biasanya akan digunakan untuk berbagai jenis desain merek selain logo bisa digunakan untuk kemasan atau desain pemasaran. Tipografi adalah salah satu elemen branding visual sehingga harus mencerminkan identitas dan karakter merek. Berikut ini beberapa jenis tipografi yang bisa digunakan untuk desain identitas merem:

Tipografi Ramah

Jenis Tipografi untuk Identitas Merek Berdasarkan Jenis Bisnis

Jenis tipografi ramah ini memiliki tampilan huruf yang ramah, lunak dan tidak kaku. Beberapa tipografi ramah memiliki gaya huruf yang wavy atau berombak sehingga terlihat ramah. Ada juga tipografi ramah yang memiliki ujung bulat dan berbentuk bubble. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Gaya huruf yang memiliki ujung bulat terlihat ramah dan bisa memberikan kesan menyenangkan. Pada desain identitas merek jenis font ini akan cocok jika digunakan untuk merek minuman atau makanan. Cocok juga jika merek yang ingin menciptakan kesan ramah. 

Beberapa merek yang sering menggunakan gaya tipografi ramah adalah merek anak-anak, merek makanan dan minuman. Beberapa logo cafe dan tempat wisata juga ada yang memiliki tipografi ramah. 

Tipografi Elegan

Beberapa gaya huruf juga ada yang memiliki tampilan yang elegan dan modern. Biasanya gaya huruf yang elegan akan memiliki huruf yang bersih, tipis dan ujung yang tajam. Ada juga tipografi yang elegan memiliki serif panjang dan tipis. 

Gaya font script nisa menciptakan tampilan visual yang elegan, selain itu serif dan sans serif modern juga cocok untuk desain elegan. Beberapa merek yang sering menggunakan gaya elegan adalah merek fashion, kosmetik dan logo bisnis perhiasan. Tampilan huruf yang elegan bisa dimanfaatkan jika merek ingin memberikan kesan mewah dan eksklusif pada produknya. 

Tipografi Tegas dan Kaku

Penggunaan gaya tipografi yang tepat akan membangun identitas yang kuat, sehingga harus sesuai karakteristik merek. Setiap jenis font dan gaya tipografi tertentu menciptakan kesan yang berbeda. Ada juga tipografi yang memiliki tampilan kaku dan tegas yang biasanya digunakan untuk logo perusahaan. 

Baca juga: Inspirasi Gaya Font Unik Agar Desain Menarik Perhatian

Tipografi yang berkesan tegas dan kaku akan menciptakan kesan profesional pada identitas merek. Biasanya jenis tipografi ini digunakan untuk identitas merek perusahaan, logo lembaga pemerintah, hingga perusahaan teknologi. Gaya tipografi ini akan memiliki gaya huruf yang tebal, huruf yang kaku dan ujung yang tajam. 

Tipografi Modern dan Minimalis

Beberapa jenis font juga dikategorikan dalam jenis tipografi modern karena memiliki tampilan bersih dan sederhana. Terkadang beberapa gaya huruf modern memiliki tampilan yang elegan dan beberapa ada yang terlihat kaku. Tipografi modern biasanya tidak memiliki dekorasi atau serif sehingga menciptakan kesan bersih. 

Selain tipografi modern juga terlihat sederhana sehingga memiliki keterbacaan yang baik. Selain tampilan yang terlihat bersih, tipografi modern juga memiliki jarak antar huruf yang cukup. Sehingga teks akan terlihat proporsional dan memiliki keseimbangan visual. 

Penggunaan gaya tipografi modern akan cocok digunakan untuk merek terkait teknologi, seperti logo aplikasi digital atau bisnis teknologi. Biasanya merek yang cocok menggunakan gaya tipografi modern adalah merek skincare, teknologi, fashion dan bisnis furnitur. 

Tipografi Klasik

Banyak juga gaya huruf yang memiliki tampilan klasik, retro dan autentik. Biasanya jenis font ini memiliki gaya huruf serif dan script. Beberapa gaya font handwritten juga dapat menciptakan tipografi bergaya klasik. 

Jenis Tipografi untuk Identitas Merek Berdasarkan Jenis Bisnis

Identitas merek yang bergaya klasik biasanya untuk merek dari produk tradisional atau sudah turun-temurun. Gaya huruf dengan serif yang panjang, tipis dan memiliki gaya font yang terlihat alami. 

Penggunaan gaya font ini akan menciptakan tampilan identitas merek yang terlihat klasik dan autentik. Beberapa merek yang sering menggunakan gaya tipografi klasik adalah merek fashion atau merek makanan tradisional. 

Baca juga: 12 Gaya Font Berdasarkan Emosi dan Mood yang Diciptakan

JENIS-JENIS GAYA HURUF

Selain mempertimbangkan jenis tipografi, perimbangkan pula gaya huruf ketika memilih untuk identitas merek. Berikut beberapa gaya huruf yang menciptakan variasi menarik pada tipografi:

Huruf Tebal

Ketika mengatur gaya huruf yang tepat untuk identitas merek, huruf bisa diatur ketebalannya. Biasanya untuk gaya huruf yang tebal ini akan cocok untuk menggambarkan kesan profesional, tegas dan berwibawa. Seringkali jenis tipografi yang tebal digunakan untuk logo perusahaan dengan ujung huruf yang tajam. 

Penggunaan huruf yang tebal untuk identitas merek akan menciptakan tampilan logo yang terlihat tegas. Terutama untuk logo perusahaan, nama perusahaan yang menggunakan tipografi tebal akan mudah terbaca. Ketebalan huruf bisa diatur agar terlihat proporsional dengan ikon logo, terlalu tebal bisa membuat teks sulit dibaca pada ukuran yang kecil. 

Huruf Miring

Gaya huruf juga bisa dibuat untuk memiliki cetak miring sehingga terlihat lebih menarik. Namun tidak semua huruf akan cocok menggunakan gaya huruf miring. Biasanya gaya huruf miring akan menciptakan kesan estetik dan modern. 

Hindari menggunakan gaya miring pada huruf tebal karena bisa mengurangi keterbacaan. Jika ingin menggunakan gaya huruf miring atur jarak antara huruf yang cukup agar terlihat seimbang dan mudah dibaca. Gaya huruf yang miring akan cocok untuk font yang tipis dan jenis font script akan memberikan kesan elegan. 

Huruf Tipis

Sementara itu penggunaan huruf yang tipis akan menciptakan tampilan sederhana, bersih dan elegan. Font serif atau sans serif yang tipis akan menciptakan tampilan yang elegan. Seringkali font dengan gaya huruf yang tipis digunakan untuk desain logo merek fashion dan kecantikan. 

Baca juga: Tips dalam Menciptakan Gaya Huruf Baru untuk Desain

Namun ketika memilih gaya huruf yang tipis pastikan jangan terlalu tipis karena bisa sulit terbaca. Pastikan huruf yang tipis tidak mengurangi keterbacaan dan terlihat cocok dengan identitas merek. 

Huruf Underline

Gaya huruf juga bisa ditambahkan underline atau garis bawah untuk membuat tipografi lebih menarik. Meskipun garis bawah ini umumnya digunakan untuk kebutuhan memberi penekanan pada teks. Tetapi untuk desain identitas merek garis bawah bisa ditambahkan untuk membuat tampilan semakin menarik. 

Identitas merek dengan underline akan berkesan unik, ini bisa dimanfaatkan untuk membedakan diri dari merek lainnya. Terkadang underline ditambahkan pada tagline atau untuk menekankan huruf tertentu dalam nama merek. 

Huruf Rata Kanan-Kiri

Tipografi juga bertugas mengatur tata letak teks dalam judul. Dalam judul gaya huruf bisa diatur untuk terlihat rata kanan, rata kiri atau rata kanan kiri. Biasanya ini menyesuaikan penempatan nama merek apakah di bawah ikon, atau pada sebelah kanan atau kiri merek. 

Jika nama merek panjang biasanya dibagi dua baris dan diatur untuk memiliki alignment yang sejajar. Ada yang memiliki alignment rata kanan, yang mana semua teks dibuat sejajar di bagian kanan. 

Huruf Bentuk Unik

Selain tebal atau tipis, beberapa gaya huruf juga memiliki bentuk unik. Ada gaya huruf yang terinspirasi dari bentuk geometri seperti lingkaran atau kotak. Huruf dengan gaya ini akan memiliki tampilan bentuk huruf yang dibuat menyerupai bentuk geometris. 

Gaya huruf yang unik ini biasanya jarang digunakan tetapi bisa menciptakan tampilan yang unik untuk merek. Beberapa gaya huruf bentuk geometris sulit dibaca karena membuat bentuk huruf kurang jelas. Tidak hanya bentuk geometris beberapa gaya huruf yang abstrak memiliki bentuk huruf yang menirukan simbol tertentu. 

KESIMPULAN

Tipografi untuk desain identitas merek harus dipilih yang bisa mencerminkan nilai dan karakter merek dengan baik. Pemilihan gaya tipografi bisa mempertimbangkan kesan seperti apa yang ingin diciptakan merek, apakah ramah, tegas atau klasik. Selain itu perimbangan memilih gaya huruf yang sesuai seperti tebal, tipis atau miring. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.