Memahami Elemen Umum yang Mendefinisikan Desain Digital

Era digital ini identik dengan desain digital, yang mana desain terintegrasi dengan teknologi canggih. Desain digital diciptakan untuk kebutuhan digital berbeda dengan desain fisik, terdapat beberapa elemen yang berbeda. Elemen umum yang digunakan untuk menyusun desain digital disesuaikan dengan kebutuhan platform digital.

Dalam desain digital ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti kemampuan setiap platform dalam menampilkan desain dapat berbeda. Untuk itu penting memerhatikan aspek penting yang bisa memengaruhi tampilan desain digital. Pemilihan elemen yang umum dalam desain digital juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Desain digital ini melibatkan teknologi komputer untuk menciptakan desain, memodifikasi, dan menyajikan desain dalam platform digital. Desain digital juga mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk desain grafis, web, produk, animasi hingga konten digital. Untuk merancang desain digital dengan penting mengetahui elemen umum dalam desain digital yang akan dibahas dalam artikel ini.

Read More

Beberapa Elemen Umum dalam Desain Digital

Desain digital memiliki peran penting dalam menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan. Selain itu, penting untuk menyampaikan pesan dengan efektif pada audiens secara luas. Berikut beberapa elemen umum yang digunakan untuk dalam merancang desain digital yang efektif:

Tipografi

Memahami Elemen Umum yang Mendefinisikan Desain Digital

Elemen ini adalah salah satu elemen umum dalam dunia desain, sama halnya dengan desain untuk digital. Tipografi ini terkait dengan jenis huruf, teknik menata huruf, gaya huruf hingga ukurannya. Pemilihan jenis tipografi yang digunakan untuk desain digital penting untuk memerhatikan kebutuhan.

Jenis tipografi dapat memengaruhi tingkat keterbacaan pesan untuk desain digital. Penting juga memerhatikan jenis huruf dapat terlihat jelas pada berbagai platform dan ukuran perangkat yang berbeda. Ukuran huruf yang terlalu kecil mungkin dapat memengaruhi efektivitas pesan desain.

Warna

Memahami Elemen Umum yang Mendefinisikan Desain Digital

Desain digital biasanya menggunakan skala warna RGB yang cocok untuk ditampilkan pada layar digital termasuk komputer dan mobile. Untuk desain digital agar tampilan warna sesuai yang diharapkan penting mempertimbangkan kesesuaian dengan makna dan emosi dari warna. Setiap warna memiliki makna yang dapat menciptakan nuansa dan emosi tertentu.

Pemilihan warna yang tepat dapat meningkatkan daya tarik visual pada desain, pantau tren warna untuk menarik perhatian. Untuk menerapkan warna pada desain digital pastikan warna konsisten ketika desain digunakan pada platform apapun. Warna yang menarik akan memandu desain untuk membaca informasi dalam desain.

Baca juga: Warna Merek: Strategi Visual Membangun Branding Merek

Ruang (Whitespace)

Ruang dalam desain digital juga berperan penting dalam menciptakan fokus pada elemen atau informasi. Penggunaan ruang negatif akan membantu desain terlihat lebih rapi dan memudahkan navigasi pembacaan audiens. Sementara ruang positif berisi elemen desain.

Penting untuk memastikan desain tidak terlalu penuh dan masih memiliki ruang untuk bernafas. Penggunaan ruang negatif akan membantu audiens bisa fokus pada informasi penting dalam desain.

Gaya Visual (Visual Style)

gaya neomorphism

Dalam desain digital ada beberapa gaya desain yang biasanya digunakan untuk menciptakan gaya visual yang menarik. Beberapa gaya visual dalam desain digital seperti flat design, material design, skeuomorphism dan neomorphism. Setiap gaya desain ini memberikan tampilan yang unik dan menarik.

Penting untuk memilih gaya visual desain yang sesuai dengan konsep desain dan kebutuhan. Penting untuk menggunakan gaya visual ini dengan konsisten agar membangun citra yang positif. Desain dengan gaya flat akan menghasilkan tampilan yang sederhana, sementara neomorphism memberikan tampilan desain seperti nyata namun dalam bentuk sederhana.

Baca juga: Flat Design: Kelebihan dan Kekurangan pada Penggunaan Digital

Gambar dan Grafis

Salah satu elemen umum yang bisa digunakan untuk mendukung tampilan desain digital adalah dengan memanfaatkan gambar atau grafis. Ada banyak gambar, ikon hingga elemen grafis yang menarik yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung pesan desain. Penting memilih gambar atau bentuk grafis yang sesuai dengan konsep desain.

Penambahan gambar ini pada desain akan menciptakan dimensi visual tambahan yang semakin menarik. Gambar tidak hanya mendukung pesan tetapi juga meningkatkan daya tarik visual desain, Gambar terkadang juga dapat menyampaikan pesan kompleks dengan sederhana dan mudah dimengerti.

Navigasi

Memahami Elemen Umum yang Mendefinisikan Desain Digital

Desain untuk aplikasi digital penting untuk memiliki desain navigasi yang mudah untuk dipahami dan ditemukan oleh pengguna. Dalam desain antarmuka penting navigasi menjadi salah satu elemen umum yang penting untuk memudahkan akses pengguna. Navigasi biasanya berisi pengaturan menu, tombol, link dan lainnya yang jelas merupakan elemen penting dalam desain.

Responsif

Dalam desain digital penting sekali memerhatikan tingkat responsif desain, hal ini karena desain digital akan digunakan pada berbagai platform. Penting juga memastikan desain dapat terlihat jelas pada berbagai ukuran dan jenis perangkat. Desain yang responsif jika terlihat jelas dan terbaca dengan baik pada berbagai ukuran, termasuk konsistensi warna pada berbagai perangkat.

Hierarchy (Hierarki)

Penting untuk mengatur elemen-elemen desain dengan bijak untuk menciptakan hirarki visual dan informasi dengan baik. Hirarki juga salah satu elemen penting dalam desain digital untuk memudahkan audiens fokus pada informasi penting. Untuk menciptakan hirarki dalam desain digital dapat memanfaatkan ukuran, warna dan tata letak yang berbeda.

Untuk desain antarmuka pengguna dapat memanfaatkan gaya desain neomorphism atau skeuomorphism untuk menonjolkan ikon, fitur dan informasi penting. Gaya visual ini dapat memudahkan audiens menemukan informasi penting. Hirarki dalam desain digital berperan penting dalam membimbing mata audiens ketika melihat desain.

Baca juga: 7 Hal Penting Untuk Mencapai Hirarki Visual dalam Desain

Interaktif

Desain digital juga harus terlihat interaktif agar bisa menarik perhatian audiens. Dalam desain digital ada banyak elemen yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan tampilan visual yang interaktif. Penggunaan transisi sederhana, motion grafik hingga animasi dapat membuat desain digital tampil lebih unik dan dinamis.

Konsistensi

Konsistensi elemen dan tampilan dalam desain digital juga merupakan elemen umum yang penting. Desain yang konsisten akan berguna untuk membangun citra positif, terlihat profesional dan membangun kesadaran merek yang kuat. Konsistensi dalam desain ini mulai dari penggunaan warna, tipografi, gaya visual, tata letak, hingga elemen identitas merek.

KESIMPULAN

Desain untuk kebutuhan digital memiliki beberapa elemen umum yang harus ada agar desain efektif menyampaikan pesan. Penting juga memastikan desain responsif pada berbagai perangkat dan ukuran layar yang berbeda. Desain harus terlihat konsisten baik konten media sosial atau tampilan platform online. Ini untuk memastikan desain digital efektif menyampaikan pesan dan memberikan kemudahan akses pengguna.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts