Warna biru adalah warna yang sering digunakan sebagai warna logo karena cukup relevan dengan berbagai jenis brand. Dalam desain logo juga banyak dikombinasikan dengan warna lainnya yang kontras. Kombinasi warna merah dan biru dalam berbagai logo brand bisa mewakili kesan yang berbeda.
Ada banyak variasi warna biru dan kombinasi warna yang bisa diciptakannya dalam logo brand. Meskipun begitu biasanya kombinasi hanya dua atau tiga, sehingga menciptakan kesan logo profesional. Seringkali warna biru menggunakan variasi warna gelap dalam kombinasi warna agar lebih mudah harmonis.
MAKNA KOMBINASI MERAH DAN BIRU
Umumnya dalam desain logo, warna yang digunakan akan mewakili jenis bisnis dan karakter brand. Biru sering mewakili jenis bisnis air, sementara merah akan mewakili brand makanan. Tentunya kombinasi dua warna ini juga akan menciptakan kesan tertentu ke dalam logo brand seperti:
Ambisius dan Handal
Merah terang bisa menciptakan kesan brand yang ambisius, dalam desain logo perusahaan akan mewakili identitas perusahaan tersebut. Sementara warna merah terang akan dapat dikombinasikan dengan warna biru yang agak gelap juga. Kombinasi variasi merah gelap dan biru gelap bisa memberi kesan ambisius tetapi juga berkesan handal.
Kuat dan Tangguh
Warna merah terang juga bisa menciptakan kesan brand yang kuat sehingga cocok dengan warna biru yang berkesan tangguh. Kombinasi warna biru dan merah akan membuat brand memiliki kesan yang kuat dan tangguh. Biasanya warna gelap akan lebih relevan digunakan pada logo perusahaan seperti tambang dan logistik.
Berani dan Profesional
Warna merah cerah akan membuat desain logo lebih mencolok sehingga bisa memberi kesan berani. Dalam logo, warna merah cerah dan biru cerah bisa mewakili kesan brand yang berani tetapi profesional. Biasanya variasi warna biru yang lebih halus atau tenang akan membuat logo yang berani tampil lebih profesional.
Hangat dan Tenang
Kombinasi warna merah dan biru juga bisa menciptakan nuansa yang hangat dan tenang. Warna merah termasuk warna yang hangat sementara warna biru termasuk warna dengan nuansa dingin. Kombinasi keduanya akan memberi nuansa brand yang hangat atau ramah tetapi juga tampil tenang sehingga membangun kepercayaan klien.
Baca juga: Kombinasi Warna Feminim dan Elegan dalam Desain Logo
4 LOGO BRAND KOMBINASI MERAH DAN BIRU
Warna biru dan merah harus diatur saturasi dan kecerahannya agar, menciptakan kombinasi warna yang harmonis. Kedua warna yang kontras ini bisa memiliki visual yang buruk, jika warnanya dipilih sembarang. Perhatikan kombinasi warna merah dan biru dalam beberapa desain logo brand berikut ini:
Logo LPK Resvara
Desain logo untuk LPK tersebut menggunakan kombinasi warna biru gelap dan merah terang sehingga kontras. Gaya desain logonya dibuat sederhana dengan menggunakan simbol yang mewakili jenis bisnis. Kontras warna merah dan biru membuat bentuk simbol geometris lingkaran dan gapura Jepang tampak berbeda dengan jelas.
Kombinasi warna merah dan biru membuat desain logo brand memiliki perbedaan yang jelas sehingga mudah untuk dikenali. Warna merah dan biru juga membedakan teks nama brand dan tagline. Selain memiliki kombinasi font serif dan sans serif perbedaan warna yang kontras membuat teks memiliki hirarki visual.
Logo PT Jayatama Nusantara Logistik
Kombinasi warna merah dan biru yang kontras akan membuat desain logo lebih menonjol sehingga menarik perhatian dengan cepat. Desain logo perusahaan logistik tersebut menggunakan kombinasi warna merah dan biru yang memberi kesan perusahaan kuat dan tangguh. Kesan yang kuat dan handal akan relevan mewakili bisnis logistik yang mengirimkan barang ke berbagai penjuru.
Warna merah dan biru tersebut menciptakan kontras yang jelas pada simbol truk dan kapal pada bentuk geometris lingkaran. Kedua warna digunakan dengan proporsi yang hampir dan menciptakan perbedaan bentuk gambar dengan jelas. Warna biru yang digunakan lebih gelap daripada warna merah yang terang, keduanya memberi kesan perusahaan handal yang kuat.
Baca juga: 7 Variasi Logo Brand Warna Biru Cerah yang Menarik
Logo CV Pratama Sakti Internusa
Kombinasi warna merah dan biru tidak hanya menggunakan warna gelap dan terang tetapi juga bisa dibuat keduanya gelap. Logo perusahaan ini memiliki kombinasi tiga warna biru gelap, merah gelap, dan abu-abu. Kedua warna merah gelap dan biru gelap memberi kesan logo yang kuat dan tangguh.
Warna gelap dalam logo perusahaan juga membantu mewakili citra profesional dan handal. Desain logo inisial yang sederhana dan bergaya tajam tersebut tampak jelas perbedaan hurufnya karena kontras warna. Warna biru gelap mewakili kesan handal, sementara merah gelap bisa memberi kesan kuat, sementara abu-abu memberi kesan yang lebih netral.
Logo Rilani Hafizah Indotama
Variasi warna merah dan biru dalam desain logo kali ini lebih terang sehingga membuat logo berkesan cerah. Logo tersebut memiliki kesan brand yang hangat dan tenang berkat warna terang. Namun warna biru dan merah tetap memberi kesan brand yang profesional dan ambisius.
Kombinasinya juga memiliki tiga warna yaitu warna biru terang, merah terang, dan hijau kuda. Ketiga warna cerah membuat logo brand memiliki kesan yang ramah dan bersahabat. Ketiga huruf inisial bisa terbaca dengan baik karena memiliki desain sederhana, serta warna yang membuat ketiga huruf lebih menonjol.
Baca juga: 5 Palet Warna Untuk Berbagai Desain dan Branding
KOMBINASI WARNA DALAM IKON LOGO
Daripada hanya menggunakan satu warna solid, desain logo akan lebih menarik dengan mengkombinasikan dua atau lebih warna. Biasanya harus dipilih sesuai jenis brand atau karakter yang ingin dibangun brand. Penggunaan kombinasi warna dalam ikon logo memiliki beberapa kelebihan seperti:
Menciptakan Kontras Bentuk Simbol
Dengan kombinasi warna, desain logo yang memiliki dua atau lebih simbol yang digunakan akan lebih mudah dibedakan. Jika ikon logo memiliki kombinasi beberapa simbol, kombinasi warna kontras akan memperjelas bentuk logo. Dengan warna yang kontras setiap simbol akan mudah dikenali dan merepresentasikan identitas brand.
Membedakan Huruf Inisial
Tidak hanya membedakan bentuk simbol gambar tetapi juga berguna membedakan bentuk huruf inisial. Ikon logo yang memiliki beberapa kombinasi huruf inisial bisa dibedakan bentuk hurufnya dengan kombinasi warna. Kombinasi warna harus kontras dan diatur saturasinya agar bentuk huruf jelas terbaca.
Mewakili Dua atau Lebih Karakter Brand
Desain logo menggunakan kombinasi dua warna atau lebih juga karena bisa mewakili beberapa karakter brand. Brand yang, memiliki beberapa karakter bisa menggunakan kombinasi dua warna atau lebih agar mewakili semua karakter brand. Setiap warna bisa mewakili karakter tertentu brand, misal biru untuk tenang, merah untuk ambisius, dan hitam untuk karakter profesional.
KESIMPULAN
Kombinasi warna dalam desain logo umum dilakukan untuk membuat logo lebih menarik serta mewakili identitas brand. Logo brand dengan kombinasi warna merah dan biru menciptakan kontras yang menonjol. Kombinasi kedua warna ini akan menciptakan kesan berani, handal, dan profesional.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.