Persepsi Warna Biru dalam Berbagai Logo Brand 

Warna biru termasuk warna yang paling populer digunakan setara dengan warna hitam, hal ini karena biru bisa menciptakan kesan profesional. Variasi warna biru ada banyak dan masing-masing warnanya visa menciptakan kesan berbeda. Makna dan persepsi yang diciptakan oleh warna biru dalam berbagai logo brand cukup bervariasi bergantung variasi warnanya.

Masing-masing variasi warna biru bisa menciptakan makna yang berbeda, bergantung bagaimana warna biru akan digunakan. Kombinasi warna, tone, dan saturasi warnanya dapat memengaruhi persepsi yang diciptakan warna biru dalam setiap brand. Biasanya warna biru cukup banyak digunakan dalam style warna solid sehingga menciptakan kesan profesional dan handal.

KOMBINASI WARNA BIRU YANG POPULER

Dalam penggunaannya, warna biru bisa dikombinasikan dengan berbagai warna tetapi harus diperhatikan saturasi dan tone warnanya agar harmonis. Warna biru dapat digunakan dalam berbagai logo brand untuk menciptakan kesan tenang, handal, dan profesional. Sementara itu ada beberapa kombinasi warna biru dan warna lainnya yang sering digunakan seperti:

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Biru Muda dan Biru Tua

Untuk menciptakan kombinasi warna yang lebih harmonis, warna biru dikombinasikan dengan warna biru lainnya. Contohnya kombinasi biru tua dan biru muda akan tampil harmonis sekaligus mewakili kesan tenang dan handal. Kombinasi warna ini memungkinkan dibuat gradasi sehingga tampilan logo lebih menarik.

Biru dan Hijau

Kombinasi warna biru dan hijau ini juga banyak digunakan karena menciptakan desain yang harmonis. Kedua warna ini berdekatan sehingga bisa menciptakan kombinasi yang lebih harmonis. Biasanya kombinasi ini cocok untuk mewakili brand organik dan bisa memberi kesan alami dan tenang.

Biru dan Oranye

Biasanya kombinasi warna biru dan oranye ini cukup sering digunakan dalam berbagai logo perusahaan keuangan, logistik, hingga pertambangan. Warna biru dan oranye dalam logo keuangan dan perbankan akan menciptakan kesan terpercaya dan ramah. Kedua warna ini akan kontras sehingga perlu diatur tone dan saturasinya agar harmonis.

Biru dan Hitam atau Putih

Kombinasi warna ini akan menciptakan desain visual yang harmonis dan memiliki kontras yang jelas. Warna biru dan hitam akan menciptakan kesan yang profesional dan handal. Sementara biru dan putih mungkin akan menciptakan kesan brand yang lembut dan tenang.

Baca juga: 5 Palet Warna Untuk Berbagai Desain dan Branding

VARIASI WARNA DAN MAKNANYA

Warna biru dapat digunakan dalam berbagai desain logo brand mulai dari logo perusahaan, logistik, travel, hingga perbankan. Masing-masing variasi warna biru akan memberi kesan yang berbeda sehingga perlu dipilih yang relevan. Berikut ini beberapa variasi warna biru dan makna psikologis yang dapat diciptakan pada brand.

Biru Tua: Tegas, Handal, dan Stabil

Variasi warna biru tua atau disebut juga Navy ini bisa memberi kesan brand yang tegas, handal, dan stabil. Desain logo dengan warna biru tua akan menciptakan kesan profesional sehingga membangun kepercayaan klien. Warna ini cocok digunakan untuk logo firma hukum, perusahaan teknologi, dan logo perbankan.

Biru Muda: Tenang, Bersahabat, dan Santai

Biru muda disebut juga sky blue biasanya menciptakan desain logo yang tenang, dan bersahabat. Tampilan warna biru akan membuat tampilan desain akan lebih lembut dan santai. Biru muda akan lebih cocok untuk digunakan sebagai warna brand fashion, laundry, atau minuman.

Biru Turquoise: Segar, Kreatif, dan Energik

Warna biru memiliki variasi warna yang lebih cerah sehingga bisa memberi kesan brand yang energik. Tampilan biru yang cerah akan membuat logo biru akan lebih mencolok dan menarik perhatian. Warna biru turquoise yang tampil energik ini cocok untuk digunakan pada logo brand startup, teknologi, dan gym.

Biru Kehijauan atau Teal: Tenang, Seimbang, dan Alami

Variasi warna biru teal ini memiliki warna biru dengan aksen warna kehijauan sehingga tampil lebih segar dan tenang. Warna biru bisa memberi kesan logo brand yang tenang, seimbang, dan alami. Untuk itu biru teal cocok untuk mencerminkan identitas brand kesehatan, pendidikan, dan lifestyle.

Baca juga: 7 Variasi Logo Brand Warna Biru Cerah yang Menarik

EMOSI DAN MAKNA WARNA BIRU DALAM BERBAGAI LOGO BRAND

Dalam berbagai jenis brand, masing-masing variasi warna biru akan memberi kesan yang berbeda ada yang santai, energik, hingga tegas. Penting memilih variasi warna biru yang sesuai serta kombinasi warna yang tepat. Dalam beberapa logo brand ini warna biru dipilih mewakili identitas brand dan menciptakan makna yang berbeda.

Logo Click Pick Laundry

Persepsi Warna Biru dalam Berbagai Logo Brand 

Desain logo untuk bisnis laundry tersebut memiliki warna biru tua yang digunakan dengan solid sehingga tampil kuat. Logo laundry tersebut hanya menggunakan satu warna saja, yaitu biru tua yang mana menciptakan kesan handal, stabil dan profesional. Warna biru digunakan dalam logo laundry untuk mewakili warna air dan memberi kesan bersih.

Logo laundry tersebut memiliki ikon seperti gambar lubang mesin cuci sehingga mewakili jenis brand dengan baik. Tipografi yang sederhana juga membuat logo laundry memiliki kesan profesional.

Logo Mooex Bromo

Warna biru dalam desain logo bisa dikombinasikan dengan warna yang harmonis seperti hijau. Dalam desain logo tersebut, warna hijau dan biru memiliki gradasi sehingga meningkatkan daya tarik visual. Kombinasi kedua warna tersebut memberi kesan brand yang alami, segar, dan tenang.

Desain logonya memiliki ikon gambar gunung yang mana berguna mewakili identitas nama Bromo dalam logonya. Kombinasi warna biru dan hijau tampak relevan merepresentasikan identitas brand yang terkait dengan alam. Warna hijau dan biru menciptakan efek segar dan membuat logo berkesan alami.

Baca juga: Kelebihan Jenis Logo Kombinasi untuk Membangun Merek

Logo PT Tambang Berkah Konawe

Persepsi Warna Biru dalam Berbagai Logo Brand 

Variasi warna biru dalam logo brand tersebut menggunakan style warna gradasi biru tua dan biru muda. Gradasi warna yang tercipta pada logo tampol harmonis dan menciptakan visual yang halus. Warna biru gradasi tersebut digunakan pada bentuk ikon sederhana sehingga mempertahankan kesederhanaan logo.

Perusahaan tambang tersebut menggunakan warna biru untuk mewakili kesan perusahaan yang handal, terpercaya, dan profesional. Warna biru dalam logo perusahaan yang sederhana tersebut menciptakan logo minimalis yang bersih. Kombinasi gradasi biru dan putih menciptakan kontras yang jelas sekaligus memberi kesan bersih.

Logo Vou-Now

Warna biru dalam berbagai konteks brand dipilih untuk memberi kesan brand yang terpercaya dan profesional. Untuk itu kombinasi warna dalam logo tersebut dipilih agar mewakili kesan profesional pula. Logo Vou-Now memiliki kombinasi warna biru muda dan biru gelap sehingga menciptakan kontras yang jelas.

Kombinasi warna menciptakan kontras pada bentuk simbol namun masih harmonis karena dari satu warna yang sama. Warna biru gelap dan biru muda dalam logo tersebut berguna mewakili identitas brand yang profesional. Kontras yang tercipta dari perbedaan kecerahan warna membuat bentuk simbol tampak jelas, serta membedakan teks dalam logonya juga.

KESIMPULAN

Berbagai variasi warna biru, masing-masing warnanya memiliki makna dan kesan berbeda. Untuk itu sebagai warna logo brand, pemilihan warna biru harus disesuaikan karakter dan jenis brand. Jenis brand yang sering menggunakan warna biru biasanya keuangan, logistik, dan travel. Sementara itu pemilihan warna biru juga dipilih karena bisa memberi kesan profesional, stabil, handal, dan tenang.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts