Keberagaman Penggunaan Piktogram: Dari Jalan hingga Digital

Dalam dunia desain terdapat simbol-simbol atau ikon yang merupakan representasi dari bentuk nyata seperti objek, aktivitas atau konsep, ini disebut piktogram. Gambar atau ikon tersebut banyak digunakan untuk beragam keperluan yang bisa memudahkan manusia. Penggunaan piktogram dapat memberikan kemudahan untuk masyarakat memahami suatu informasi penting dalam platform digital maupun dalam keseharian.

Gambar atau simbol yang memiliki makna atau pesan ini memudahkan menyampaikan pesan dengan cepat tanpa menggunakan kata-kata atau bahasa tertentu. Piktogram ini banyak digunakan dalam keseharian untuk merepresentasikan suatu ide dan instruksi dengan menggunakan gambar yang mudah dikenali. Biasanya gambarnya sederhana dan mudah dikenali karena sering digunakan.

Penggunaan piktogram akan memudahkan audiens memahami petunjuk jalan, denah gedung, papan informasi hingga navigasi aplikasi digital. Piktogram seringkali dipilih karena kemampuannya untuk dipahami tanpa memandang bahasa atau budaya. Bentuk gambarnya yang sederhana juga mudah untuk dikenali dan diterapkan pada berbagai konteks penggunaan.

Read More

BEBERAPA PENGGUNAAN PIKTOGRAM DALAM BERAGAM KEBUTUHAN

Gambar piktogram yang beragam, sederhana dan ikonik bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan dalam keseharian. Berikut beberapa contoh penggunaan gambar piktogram dalam beragam bidang:

Navigasi di Jalan Raya

Keberagaman Penggunaan Piktogram: Dari Jalan  hingga Digital

Piktogram seringkali digunakan untuk mendesain papan navigasi di jalan raya, ini akan berguna untuk memudahkan pengendara. Navigasi dalam jalan raya ada banyak jenisnya, biasanya ada standar khusus yang menjadi ketentuan untuk gambar navigasi jalan raya. Gambar piktogram ini memiliki peran krusial untuk memudahkan manusia membaca sistem tanda lalu lintas.

Ada banyak lambang atau simbol yang biasanya ditemukan di jalan raya, mulai dari lambang peringatan, petunjuk arah hingga informasi tempat parkir. Piktogram yang sederhana akan membantu pengendara memahami peraturan dan ketentuan di jalan raya. Termasuk memastikan berkendara dengan aman sesuai rambu yang ada.

Gambar yang sederhana dalam bentuk simbol ini memudahkan bagi pengendara membaca cepat papan di jalan raya. Pengemudi dan pejalan kaki hanya punya waktu singkat untuk memahami petunjuk dengan melihat gambar yang sederhana, tanpa perlu membaca teks yang panjang.

Baca juga: Desain Petunjuk Arah: Apa Itu Signage dan Jenisnya

Papan Petunjuk dan Informasi Publik

Papan Petunjuk dan Informasi Publik

Jika di jalan raya gambar piktogram digunakan untuk menunjukkan arah, peraturan hingga peringatan, maka piktogram pada tempat hampir sama. Namun simbol dan gambarnya yang digunakan tentu berbeda. Biasanya pada tempat-tempat umum di perkotaan ada banyak papan petunjuk dan informasi untuk memudahkan pengunjung.

Simbol-simbol pada papan petunjuk dan informasi akan memberikan panduan arah pada denah tempat umum. Ini akan memudahkan pengunjung menemukan tempat yang mereka cari tanpa khawatir dengan bahasa. Pada tempat umum biasanya terdapat petunjuk arah ke toilet, mushola, lift atau tangga darurat. Hal ini berguna untuk mengatasi orang akan tersesat.

Desain User Interface (UI)

Desain User Interface (UI)

Gambar atau simbol piktogram juga digunakan dalam navigasi desain antarmuka pengguna. Penggunaan simbol sederhana yang umum digunakan akan memudahkan pengguna menemukan fitur yang mereka cari. Piktogram pada desain website atau aplikasi digital akan memudahkan pengguna menjelajahi aplikasi tanpa kebingungan.

Hal ini juga memungkinkan untuk menggunakan aplikasi dalam bahasa tertentu tanpa perlu khawatir. Penggunaan piktogram dalam desain aplikasi digital juga mencakup ikon-ikon dalam sebuah aplikasi. Penggunaan simbol atau ikon akan membuat desain aplikasi terlihat lebih rapi dan sederhana.

Baca juga: Elemen Desain dalam Desain Antarmuka Pengguna (UI)

Petunjuk Keamanan dan Evakuasi

Petunjuk Keamanan dan Evakuasi

Piktogram juga digunakan simbol petunjuk untuk keamanan dan evakuasi. Petunjuk keamanan biasanya ada pada barang atau benda tertentu, terkadang juga di dekat mesin. Ini akan membantu pengguna mengetahui tentang bahan yang tidak boleh terbakar atau berbahaya.

Sementara petunjuk evakuasi adalah hal wajib yang harus ada di tempat umum dan gedung-gedung. Ini digunakan bila terjadi situasi berbahaya seperti kebakaran atau gempa, orang akan dengan mudah menemukan jalan keluar yang aman. Simbol seperti ini akan banyak ditemui di pintu darurat, jalur evakuasi dan di dekat alat pemadam kebakaran untuk memberikan instruksi cepat.

Peta dan Wayfinding

Keberagaman Penggunaan Piktogram: Dari Jalan  hingga Digital

Piktogram juga dimanfaatkan untuk memberikan petunjuk pada peta dan sistem wayfinding. Dalam peta akan banyak ditemui simbol untuk tempat umum seperti rumah sakit, halte bus, stasiun dan sebagainya. Ini akan memudahkan pengguna dalam membaca peta dengan cepat.

Piktogram juga digunakan dalam membuat wayfinding atau sistem yang menunjukkan arah dan lokasi dengan mudah. Petunjuk seperti harus naik atau turun tangga untuk menemukan lokasi yang dicari akan sangat memudahkan navigasi pengguna. Biasanya banyak ditemui di bandara, pusat perbelanjaan, stasiun kereta dan tempat umum lainnya.

Instruksi Produk dan Manual

Instruksi Produk dan Manual

Pada desain untuk memberikan instruksi penggunaan produk biasanya juga menggunakan gambar atau simbol piktogram. Dengan menggunakan simbol yang sederhana, pengguna bisa memahami dengan mudah. Simbol dapat digunakan untuk memberikan petunjuk penyimpanan, peringatan keamanan, atau informasi penting lainnya dengan bentuk visual sederhana.

Baca juga: Tips Menciptakan Daya Tarik Visual Desain Kemasan Minuman

Desain Grafis: Logo, Banner, dan Konten Infografis

Keberagaman Penggunaan Piktogram: Dari Jalan  hingga Digital

Dalam dunia desain grafis piktogram juga banyak digunakan untuk menunjukkan informasi dengan bentuk visual sederhana. Penggunaan simbol tertentu memudahkan audiens memahami informasi desain misalnya pada rancangan logo penggunaan ikon seperti sendok akan mudah untuk dikenali. Piktogram juga bisa dimanfaatkan untuk digunakan mendesain poster, banner hingga konten media sosial.

Gambar piktogram bisa digunakan untuk menyimbolkan sesuatu, misalnya waktu, lokasi, hingga kontak. Dalam infografis piktogram bisa digunakan untuk menunjukkan jumlah orang atau ratings sesuatu. Ada banyak sekali contoh penggunaan dari piktogram untuk keperluan desain grafis.

KESIMPULAN

Piktogram yang berisi gambar dan simbol-simbol sederhana dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan instruksi, arah, hingga peringatan. Simbolnya dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat memahami informasi dengan cepat tanpa takut terkendala bahasa. Dalam kehidupan sehari-hari piktogram digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari digital, jalan raya hingga di dalam gedung.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts