Elemen Desain dalam Desain Antarmuka Pengguna (UI)

Era digital ini desain untuk kebutuhan digital terus dikembangkan agar bisa memberikan kemudahan akses pengguna. Terutama untuk desain UI dan UX, antarmuka pengguna menekankan tampilan digital yang memudahkan penggunaan. Dalam menciptakan antarmuka pengguna melibatkan beberapa elemen desain.

Elemen Desain dalam Desain Antarmuka Pengguna (UI)

Untuk mendesain antarmuka pengguna yang memberikan pengalaman menyenangkan untuk pengguna, penting memerhatikan elemen desainnya. Elemen desain yang digunakan dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan desainnya. Terkadang juga disesuaikan dengan identitas merek jika terkait dengan merek tertentu.

Mendesain antarmuka pengguna perlu memerhatikan tata letak elemen, konsistensi elemen visual hingga pemilihan gaya desain. Umumnya era digital ini desain antarmuka pengguna menggunakan gaya desain flat design atau neomorphism.

Read More

Simak artikel ini untuk tahu beberapa elemen yang digunakan dalam mendesain antarmuka pengguna. Termasuk juga elemen-elemen yang bisa mendukung tampilan desain yang efektif.

Beberapa Elemen Desain dalam Antarmuka Pengguna

Desain untuk antarmuka pengguna mencakup berbagai elemen untuk merancang desain yang memudahkan akses pengguna. Berikut beberapa elemen desainnya:

Navigasi

Salah satu elemen penting dalam desain untuk antarmuka pengguna adalah navigasi. Adanya navigasi ini memudahkan audiens mengakses aplikasi atau situs web dengan mudah. Navigasi bisa membantu pengguna menemukan menu, fitur dan informasi penting dalam situs.

Elemen Desain dalam Desain Antarmuka Pengguna (UI)

Desain antarmuka pengguna harus memberikan kemudahan navigasi, agar pengguna merasa nyaman menggunakan aplikasi atau situs. Navigasi ini terkait dengan tata letak elemen, warna, atau elemen yang intuitif, yang mana bisa membantu pengguna menemukan berbagai fitur menarik dengan mudah.

Tata Letak (Layout)

Antarmuka pengguna yang mudah digunakan biasanya memiliki tata letak atau layout yang mudah dipahami. Penataan menu, ikon aplikasi dan lainnya harus diatur dengan layout menarik. Termasuk juga elemen visual seperti teks, gambar, dan tombol-tombol penting.

Elemen Desain dalam Desain Antarmuka Pengguna (UI)

Penataan yang terstruktur akan menciptakan tampilan yang bersih, ini bisa memudahkan audiens untuk memahaminya. Penataan elemen ini juga termasuk mengatur ukuran ikon dan tulisan yang sesuai. Agar mudah untuk dibaca dan ditemukan.

Baca juga: Unsur Tata Letak dalam Desain Grafis

Warna dan Konsistensi Warna

Dalam desain untuk antarmuka pengguna penting memerhatikan pula warna dan konsistensinya. Warna berperan penting dalam menarik perhatian audiens dan memberikan kemudahan dalam penggunaan. Hal ini karena warna tertentu dapat mengganggu penglihatan mata.

Selain itu untuk warnanya gunakan dengan konsisten, jika perlu sesuaikan dengan identitas merek. Warna antarmuka pengguna yang konsisten aka menciptakan kesan profesional.

Tipografi

Elemen ini juga memiliki peran penting untuk memudahkan pengguna memahami informasi dalam antarmuka pengguna. Jenis huruf yang digunakan untuk teksnya harus sederhana dan mudah dibaca, termasuk pada berbagai ukuran perangkat. Jenis hurufnya juga harus memiliki kesesuaian dengan gaya desain antarmuka pengguna.

Terkadang jenis huruf yang digunakan harus sesuai dengan yang digunakan pada identitas merek seperti logo atau lainnya. Hal ini berguna untuk menciptakan konsistensi tampilan aplikasi atau situs web.

Elemen Interaktif

Dalam desain antarmuka pengguna seringkali menggunakan elemen yang interaktif agar memberikan pengalaman menyenangkan untuk pengguna. Penggunaan animasi, gambar ilustrasi, dan efek tertentu dapat membuat tampilan antarmuka pengguna semakin menarik perhatian. Pilih elemen interaktif secukupnya jangan berlebihan agar tidak memengaruhi kecepatan muat.

Gambar dan Grafis

Agar tampilan antarmuka pengguna semakin menarik, biasanya ditambahkan gambar atau grafis menarik. Grafis yang ditambahkan biasanya berupa gambar interaktif yang mendukung pengguna memahami informasi dalam situs web atau aplikasi. Namun untuk menghias tampilan website pastikan gambar dan grafis yang dipilih sesuai dengan konten aplikasi.

Ketika menggunakan gambar pastikan juga gambarnya memiliki warna konsisten dengan desain web. Gunakan gambar atau grafis secukupnya jangan berlebihan agar tidak mengganggu.

Responsif dan Mobile-Friendly

Dalam desain antarmuka pengguna penting sekali memastikan pula desainnya responsif terutama untuk mobile. Desain aplikasi atau situs web harus dirancang agar responsif pada semua jenis perangkat.

Elemen Desain dalam Desain Antarmuka Pengguna (UI)

Ketika desain antarmuka pengguna responsif, ini akan memudahkan fitur dan keterbacaan terlihat jelas pada berbagai perangkat. Antarmuka pengguna yang bisa diakses dan berfungsi dengan baik pada beragam jenis perangkat dan ukurannya, akan memberikan kenyamanan pada pengguna.

Mikro Interaksi

Elemen Desain dalam Desain Antarmuka Pengguna (UI)

Desain antarmuka pengguna terkadang juga ditambahkan efek-efek menarik yang semakin mendukung tampilannya. Penggunaan efek hover atau transisi halus dapat memberikan kesan unik pada tampilan aplikasi dan website. Pemberian efek tertentu dapat meningkatkan daya tarik dan responsivitas antarmuka pengguna.

Konsistensi Desain

Penting dalam desain antarmuka pengguna untuk memastikan desainnya konsisten agar memudahkan pengguna mengakses fitur dan menunya. Konsistensi ini melibatkan tata letak ikon, fitur menu, warna, elemen grafis hingga jenis huruf.

Semua elemen dalam desain antarmuka pengguna harus bisa memberikan konsistensi visual. Ketika elemen ditata dengan rapi dan menggunakan warna yang tepat, maka desain bisa meningkatkan daya tarik. Ini juga dapat menciptakan tampilan desain aplikasi atau website yang harmonis.

Pemberdayaan Pengguna (Empowerment)

Tidak hanya mendesain dengan tampilan visual yang memikat, desain antarmuka pengguna bisa juga memerhatikan pengguna. Menyediakan kesempatan pengguna untuk mempersonalisasikan elemen akan meningkatkan daya tarik.

Misalnya pengguna dapat mengatur tata letak ikon, atau perubahan warna tema dan tipografi. Hal tersebut akan memudahkan pengguna menyesuaikan tampilan sesuai minatnya.

Accessibility (Aksesibilitas)

Penting juga dalam mendesain antarmuka pengguna untuk menyediakan kemudahan akses semua pengguna termasuk yang berkebutuhan khusus. Fitur talkback pada smartphone merupakan salah satu contohnya untuk memudahkan akses semua pengguna.

Hierarki Informasi

Salah satu elemen penting yang tidak boleh dilupakan dalam desain antarmuka pengguna adalah hirarki informasi. Penting untuk menciptakan hirarki informasi dalam tata letak elemen agar memudahkan audiens menemukan informasi penting. Hirarki informasi dapat tercipta dengan memerhatikan tata letak, jenis huruf, ukuran elemen hingga pemilihan warna.

Baca juga: Tips Menciptakan Hirarki Informasi Pada Infografik Piramida

Loading dan Response Time

Kecepatan muat dalam desain untuk antarmuka pengguna berperan penting dalam meningkatkan kepuasan pengguna. Jika kecepatan muat dan respons lama ini akan membuat pengguna tidak sabar. Untuk penting memastikan kecepatan muat cepat dan optimal.

Panduan Pengguna

Penting juga untuk menyediakan fitur untuk pengguna dalam memahami cara menggunakan fitur dalam antarmuka pengguna. Adanya panduan yang bisa diakses pengguna ketika membutuhkan bantuan, akan meningkatkan pengalaman pengguna.

KESIMPULAN

Dalam mendesain antarmuka pengguna penting untuk memastikan elemen desain menciptakan tampilan menarik. Selain menarik, tampilan situs web atau aplikasi juga harus memberikan kenyamanan akses untuk pengguna. Penting untuk memerhatikan beberapa elemen desain yang digunakan dalam desain antarmuka pengguna, agar menciptakan desain yang memudahkan akses.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts