Kesalahan Fatal Tipografi dalam Teks Desain Presentasi

0
(0)

Desain presentasi sebagian besar akan berisi teks meskipun ada elemen pendukung seperti gambar, ikon dan grafik. Untuk itu teks dalam desain presentasi harus diperhatikan dengan baik agar menarik untuk dibaca. Ketika mengatur teks desain presentasi seringkali ada kesalahan fatal tipografi yang diabaikan karena fokus pada tampilan visual.

Kesalahan Fatal Tipografi dalam Teks Desain Presentasi

Tipografi dalam desain presentasi akan membantu mengatur agar teks mudah untuk dibaca. Tampilan desain akan terlihat lebih menarik dan rapi. Tipografi tidak hanya tentang memilih jenis font, tetapi juga termasuk mengatur jarak dan ukuran teks.

KESALAHAN FATAL TIPOGRAFI DALAM DESAIN PRESENTASI

Desain presentasi memiliki tujuan untuk menjelaskan informasi pada audiens sehingga sangat krusial untuk menghindari kesalahan fatal dalam memilih tipografi. Tipografi dalam desain presentasi harus dipilih agar bisa memudahkan keterbacaan dan menciptakan visual yang menarik. Hindari beberapa kesalah fatal tipografi dalam desain presentasi berikut ini: 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Menggunakan Huruf Kapital pada Teks Paragraf

Desain presentasi seringkali menggunakan teks-teks yang sedikit panjang untuk menjelaskan informasi. Jika desain presentasi memiliki teks yang panjang dalam bentuk paragraf sebaiknya hindari menggunakan uppercase atau huruf kapital. Huruf kapital semua dalam teks panjang akan terlihat kurang harmonis.

Penggunaan huruf kapital semua pada teks yang panjang dan padat bisa mengurangi keterbacaan. Dalam meningkatkan keterbacaan hindari memilih gaya huruf uppercase untuk paragraf. Tampilan desain akan kurang menarik dan menyulitkan audiens untuk membaca informasi dengan mudah. Uppercase umumnya hanya digunakan untuk teks judul.

Uppercase pada Font Script

Desain grafis dengan menggunakan jenis font script sebaiknya tidak memilih gaya huruf uppercase. Teks akan semakin sulit untuk dibaca  ketika menggunakan huruf kapital pada jenis huruf yang unik. Font script seringkali memiliki gaya huruf yang terlihat bersambung, sehingga ketika dibuat kapital akan menciptakan visual yang kurang menarik. 

Gaya huruf yang mengikuti gaya tulisan tangan ini akan menciptakan tampilan visual yang kurang menarik. Desain bisa terlihat kurang harmonis jika font script digunakan dalam huruf kapital semua baik untuk teks pendek maupun panjang.

Alignment Center pada Teks Panjang

Kesalahan Fatal Tipografi dalam Teks Desain Presentasi

Teks panjang dalam desain grafis bisa sulit dibaca jika tidak diatur untuk memiliki alignment yang rapi. Pemilihan jenis alignment harus menciptakan tampilan yang menarik dan teks yang terstruktur rapi. Dalam desain presentasi yang biasanya memiliki beberapa teks desain yang panjang, teks harus diatur dengan aligment aga menciptakan tampilan yang profesional. 

Teks panjang akan kurang menarik dan harmonis jika menggunakan alignment center. Alignment center bisa membuat teks paragraf terlihat kurang rapi dan berantakan. Pada teks panjang gunakan rata kanan atau kiri untuk menciptakan teks mudah dibaca dan terlihat rapi.

Baca juga: 6 Kombinasi Tiga Font yang Mudah Dibaca dan Harmonis

Terlalu Banyak Jenis Font

Desain presentasi mungkin akan memiliki beberapa jenis teks seperti judul, sub judul dan paragraf. Terkadang untuk membuat tampilan desain lebih menarik sering dikombinasikan jenis fontnya. Kombinasi jenis font berbeda bisa menciptakan hirarki informasi tetapi terlalu banyak jenis akan terlihat kurang menarik.

Font untuk teks paragraf sebaiknya menggunakan satu atau dua jenis font yang memiliki tampilan sederhana. Desain akan terlihat berantakan dan kurang menarik jika menggunakan banyak variasi font dengan mood yang berbeda. Hindari menggunakan font script, decorative dan display pada sebuah desain karena bisa menciptakan tampilan visual yang berantakan. 

Ukuran Font Tidak Diatur

Dalam desain presentasi kesalahan fatal tipografi lain yang kerap terjadi adalah tidak mengatur ukuran teks. Ukuran antar teks perlu diatur agar menciptakan hirarki visual dan tampilan menarik. Perbedaan ukuran yang terlihat seimbang akan mudah untuk dibaca. 

Harus ada perbedaan ukuran teks antara judul dan paragraf sehingga menciptakan hirarki informasi yang jelas. JIka semua teks seperti judul, sub judul dan paragraf sama meski memiliki font berbeda akan terlihat kurang menarik. Atur agar teks memiliki ukuran berbeda yang terlihat harmonis dan membantu audiens lebih mudah membaca teks. 

Jenis Font yang Tidak Sesuai dengan Konten atau Tema

Pemilihan jenis font dalam desain presentasi juga berperan penting dalam menciptakan desain yang menarik. Kesesuaian gaya font dengan gaya desain sangatlah penting agar desain terlihat konsisten atau relevan. Jika gaya font tidak sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan, tampilan visual akan kurang efektif mendukung konten desain.

Misalnya konten membahas tentang desain minimalis atau modern kemudian malah menggunakan gaya font display dengan bentuk huruf yang nyentrik. Tampilan tipografi akan tidak sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dan menciptakan visual yang kurang menarik. Pastikan untuk memilih jenis font yang sesuai dengan konten dan tema desain.

Baca juga: Memahami Font Display: Karakteristik, Kelebihan, dan Penggunaan

TIPS MEMILIH TIPOGRAFI UNTUK DESAIN PRESENTASI

Dengan menghindari kesalahan fatal dalam tipografi tersebut akan membantu dalam menciptakan desain yang efektif. Perhatikan beberapa tips berikut ini untuk memilih tipografi desain presentasi1:

Hindari Jenis Font yang Mirip

Biasanya agar tampilan desain presentasi menarik, dapat menggunakan jenis font yang berbeda. Penggunaan jenis font berbeda akan membantu memisahkan jenis informasi dengan jelas antara judul dan paragraf. Jika memilih jenis font yang terlalu mirip maka akan sulit dibedakan jenis informasinya. 

Pilih jenis font yang berbeda agar memiliki cukup kontras yang membedakan antar teks. Font yang mirip akan membuat desain menjadi kurang menarik. Hindari menggunakan font dalam family yang sama agar tidak terlalu mirip. 

Pilih Font yang Mudah Dibaca

Ketika memilih tipografi yang benar untuk desain presentasi utamakan keterbacaannya. Hal ini karena desain presentasi memiliki tujuan utama untuk menyampaikan informasi. Teks dalam desain presentasi harus mudah dibaca dengan memilih jenis font yang sederhana.

Font yang memiliki tampilan bersih, tanpa efek visual dan bergaya minimalis akan cocok dipilih. Terutama untuk paragraf pilih jenis font yang sederhana seperti sans serif sehingga pada ukuran kecil mudah terbaca. Sementara judul atau subjudul bisa dibuat lebih mencolok dan unik.

Baca juga: Hindari Jenis Font Klise ini Untuk Membuat Desain lebih Menarik

Gunakan Jenis Font dengan Ketebalan Berbeda

Untuk menciptakan tampilan desain presentasi yang menarik, gunakan jenis font dengan ketebalan yang berbeda. Gaya font yang berbeda pada judul dan paragraf akan menciptakan tampilan yang menarik. Teks akan terlihat memiliki hirarki visual sehingga membantu mengarahkan pembacaan informasi dalam desain.

Font judul biasanya akan memiliki gaya huruf yang lebih tebal sehingga bisa menarik perhatian pertama kali. Paragraf yang memiliki teks panjang biasanya akan memiliki gaya huruf reguler atau light agar mudah terbaca. Teks paragraf akan sulit untuk dibaca jika memiliki gaya huruf yang tebal. 

Pilih Kombinasi yang Harmonis

Kesalahan Fatal Tipografi dalam Teks Desain Presentasi

Agar desain presentasi memiliki tampilan visual yang menarik pilih kombinasi font yang terlihat harmonis. Tidak semua jenis font akan terlihat cocok jika dipasangkan. Font dengan moo berbeda ketika dipasangkan malah menciptakan tampilan yang berantakan. Kombinasi font san serif dan serif adalah contoh kombinasi font yang harmonis.

Batasi Jumlah Jenis font

Untuk memastikan tampilan teks tetap sederhana hindari menggunakan lebih dari tiga font. Dua jenis saja sudah cukup untuk menciptakan tampilan yang sederhana dan mudah dibaca. Terlalu banyak variasi bisa mengganggu fokus pembaca ketika membaca informasi. Desain juga akan tampil lebih rapi dengan dua jenis font yang harmonis.

KESIMPULAN

Desain presentasi akan tampil lebih menarik untuk dibaca oleh audiens ketika bisa mengatur tipografi dengan bijak. Adanya banyak teks yang panjang dalam desain presentasi teks bisa sulit dibaca jika tipografi salah dipilih. Penting untuk menghindari kesalahan fatal dalam memilih tipografi untuk desain presentasi sehingga teks mudah terbaca dan tampil menarik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

  1. The best tips for using fonts in presentations. (2024). Slidego. https://slidesgo.com/slidesgo-school/presentation-tips/the-best-tips-for-using-fonts-in-presentations 
    ↩︎

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.