Desain logo merupakan identitas penting bagi suatu usaha, perusahaan, personal atau lainnya. Logo memiliki banyak jenis, yang dimana setiap logo memiliki bentuk dan ciri yang unik. Setiap jenis logo memiliki peran yang ingin ditonjolkan, secara umum ada dua logo yaitu logomark dan logotype.
Logo berperan penting sebagai identitas yang mewakili merek, biasanya logo juga mengandung nilai dan pesan yang ingin disampaikan merek. Untuk bisa membangun identitas yang kuat, biasanya bisnis atau perusahaan akan membuat logo seunik mungkin, namun masih memiliki nilai perusahaan.
Elemen yang digunakan untuk membuat logo biasanya adalah teks, warna dan ikon. Ikon logo bentuknya bermacam-macam ini yang kemudian menghasilkan jenis-jenis logo.
Desain logo juga memiliki trennya tersendiri, seiring berjalannya waktu logo terus berubah menyesuaikan perkembangan zaman dan teknologi. Namun sebagian besar logo sesuai dengan preferensi masing-masing perusahaan atau individu.
Meskipun logo memiliki banyak jenis dan terus berkembang, namun secara garis besar logo terbagi menjadi dua yaitu logotype dan logomark. Logotype memakai ikon wordmark yaitu teks atau tulisan merek lengkap, sementara logomark menggunakan ikon berupa ilustrasi gambar dan inisial merek, yang dibentuk unik.
LOGOMARK
Logomark merupakan desain logonya menggunakan ikon berupa gambar atau bentuk visual lainnya, yang mewakili merek. Untuk membuat logo yang kuat biasanya ikonnya akan dibentuk dengan variasi yang unik.
Ikon yang dipilih biasanya bentuknya mewakili merek atau usaha, misal toko baju menggunakan ikon baju yang dimodifikasi dengan bentuk yang unik dan berbeda. Ini akan membuat audiens mudah mengenali jenis usaha.
Terkadang juga ikon logonya berbentuk abstrak atau tidak memiliki hubungan dengan brand. Ada juga yang logonya berbanding terbalik dengan image merek. Alasan dari pemilihan logo yang unik dan abstrak karena untuk membuat merek berbeda dari yang lain.
Logomark biasanya lebih difokuskan pada makna dari ikon logonya. Dua hal penting yang harus dimiliki logomark adalah keunikan merek dalam bentuk gambar dan ikon yang memiliki cerita. Keunikan logo harus merepresentasikan nilai merek, sementara ikon yang memiliki cerita akan menciptakan daya tarik sendiri. Contohnya brand yang menggunakan logomark dengan ikon yang unik adalah Apple, instagram dan Pepsi.
Kelebihan Logomark
- Logomark akan tampak unik, berbeda dan spesial, jika dirancang dengan mempertimbangkan makna ikon, nilai merek dan pesan merek.
- Logo ini juga memungkinkan untuk mengeksplorasi kreativitas tanpa batas untuk menciptakan inovasi logo yang unik.
- Dengan menggunakan bentuk yang tepat dan mudah dipahami, logo akan mudah menyampaikan pesan yang pada audiens.
- Logo ini juga cukup fleksibel dan dapat diterapkan pada berbagai media dan platform, sehingga menggambarkan karakteristik merek yang unik.
- Bentuknya yang unik membuat logo ini bisa tahan lama dan mudah diingat.
Kekurangan Logomark
- Logomark biasanya cukup unik sehingga terkadang menjadi tantangan saat akan dikenalkan. Logo berbentuk tulisan cenderung lebih mudah diingat dan dikenali daripada gambar saja.
- Bentuknya yang unik dan memiliki ciri terkadang butuh keahlian khusus seperti desainer logo profesional.
- Jika logomark dibuat terlalu rumit ada kemungkinan simbol akan sulit dipahami dan dikenali.
- Selain itu penggunaan ikon atau simbol tertentu memiliki risiko mirip dengan logo lain, jika tidak pandai menciptakan keunikan dalam desain logo.
LOGOTYPE
Jika logomark menggunakan gambar atau visual sebagai logo, maka logotype menggunakan tulisan atau teks merek dari nama perusahaan atau bisnis, inisial nama atau monogram yaitu satu huruf saja. Logo bini mungkin terkesan sederhana namun logotype akan mudah dikenali oleh audiens.
Karena terbuat dari nama atau inisial huruf merek, penting untuk menciptakan desain yang tepat agar dapat menghasilkan logo yang unik dan berkesan.
Dalam logotype ini ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat membuat logonya seperti keunikan, fleksibilitas dan pesan merek. Logo type meskipun sederhana harus dibuat unik, ini dapat dilakukan dengan memilih topografi yang tepat dan dimodifikasikan seunik mungkin.
Logotype juga dapat dibuat dengan mengkombinasikan inisial merek, kedalam bentuk yang unik contohnya pada logo Gucci. Selain unik logotype harus fleksibel dengan berbagai media. Misalnya logotype harus tetap terlihat jelas saat ditempatkan pada media seperti kartu nama dan kemasan produk. Contoh lain logotype adalah Coca-Cola.
Kelebihan Logotype
- Memiliki tampilan klasik dan sederhana, namun efektif untuk mengenalkan merek dengan cepat.
- Logonya yang sederhana membuat logotype mudah diingat dan dikenali. Ini akan meningkatkan kesadaran terhadap merek.
- Dapat dengan mudah memberikan informasi nama perusahaan melalui logo tulisan dan inisial.
- Logo yang jelas dan sederhana tidak akan membuat masyarakat kebingungan saat melihatnya.
- Lebih mudah diterapkan pada semua media, karena sederhana tingkat keterbacaan masih jelas pada berbagai ukuran logo.
Kekurangan Logotype
- Sulit untuk dikreasikan karena pilihan desainnya lebih sedikit. Untuk bisa membuat ikon inisial yang unik butuh kreativitas dan memperhatikan keterbacaan.
- Logo inisial yang terlalu rumit akan sulit dikenali dan malah tampak seperti logomark.
- Untuk nama merek yang terlalu panjang akan sulit untuk dikreasikan. Ini juga bisa membuat logo sulit diucapkan oleh audiens.
- Tren tipografi yang biasanya berubah-ubah sepanjang waktu. Jika tidak disesuaikan logo akan terlihat ketinggalan zaman.
PERBEDAAN LOGOTYPE DAN LOGOMARK
Dua logo tersebut perbedaan yang cukup kentara daripada jenis logo lain, dari penjelasan sebelumnya dapat ditarik kesimpulan tentang perbedaan antara logotype dan logomark tersebut.
Bentuk Ikon Logo
Logotype menggunakan ikon logo berbentuk tulisan dari nama merek, perusahan atau usaha hingga nama personal. Ini bisa diambil dari merek berupa inisial, monogram atau nama lengkap merek.
Logomark ini untuk ikon logo dapat berupa bentuk, gambar, simbol atau ikon tertentu, yang kemudian dikreasikan seunik mungkin. Ada juga logomark yang digabungkan dengan inisial untuk menghasilkan logo yang lebih unik.
Kesan Logo
Logotype biasanya lebih mudah dipahami dan dikenali karena bentuknya yang sederhana. Ini karena iconnya menggunakan nama merek yang jelas sehingga mudah dibaca.
Logomark ini lebih memberikan kesan yang unik dan berbeda pada ikonnya. Terkadang juga abstrak, maknanya dari logonya pun bergantung pada persepsi masing-masing.
KESIMPULAN
Logo memiliki peran penting untuk membangun identitas merek, sehingga perlu dipikirkan secara matang untuk memilih ikon logo yang digunakan. Selain itu ada banyak sekali jenis logo yang bisa dijadikan pertimbangan seperti logotype dan logomark, pesan dan kesan seperti apa yang ingin disampaikan merek pada audiens.
Jika masih bingung setelah melihat banyak jenis logo, kamu bisa berkonsultasi dengan desainer logo atau penyedia jasa desain logo.
Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.