Setiap brand akan memiliki citranya sendiri, yang mana akan menjadi ciri khas dan identitas yang diingat audiens dalam waktu yang lama. Citra brand bisa tampil elegan, kaku profesional hingga mewah, ini harus dipilih sesuai dengan identitas merek. Untuk merancang brand mewah perhatikan tips untuk membuat brand terlihat mewah dan mencerminkan identitas merek dengan baik.
Desain brand mewah memiliki ciri tersendiri yang membuatnya terlihat berbeda dari yang lain. Untuk merancang brand yang berkesan mewah penting untuk memiliki nilai dan karakter yang mencerminkan kesan mewah. Brand mewah cenderung memiliki citra profesional, dapat dipercaya dan premium.
Ketika ingin merancang brand yang berkesan mewah perhatikan ciri-ciri brand mewah dan prinsip-prinsip yang perlu dipertimbangkan. Menciptakan brand mewah akan sedikit berbeda dengan menciptakan brand lainnya seperti ramah atau sederhana.
PRINSIP-PRINSIP MEREK MEWAH
Untuk merancang brand mewah yang menarik, pertimbangkan untuk menerapkan prinsip-prinsip tentang brand mewah1. Pilih elemen yang bisa mencerminkan merek mewah. Berikut beberapa prinsip-prinsip brand mewah:
Identitas yang Membedakan
Merancang brand apapun memang harus tampil beda dari yang lain, keunikan brand akan efektif untuk membuat merek bertahan lama. Brand mewah umumnya ingin dikenal secara luas sehingga penting untuk menciptakan identitas brand yang beda. Dari sekian brand mewah yang ada penting untuk memiliki identitas yang beda tetapi tetap mewah.
Meskipun brand mewah memiliki ciri-ciri yang mirip seperti sederhana, ruang negatif yang cukup, hingga ikon yang sederhana. Perbedaan bisa diciptakan dengan menonjolkan identitas merek yang membedakan dari yang lain. Perbedaan bisa ditampilkan melalui elemen seperti tipografi, warna, dan bentuk ikon.
Mencerminkan Keunggulan atau Warisan Budaya
Brand mewah biasanya memiliki ciri khas yang bisa membuat merek tampil mewah. Desain brand mewah memiliki dua ciri yaitu brand mewah yang tampil unggul atau mencerminkan warisan budaya. Jika diperhatikan brand-brand mewah dunia akan tampil superior tetapi juga ada yang mencerminkan warisan budaya.
Brand mewah yang tampil superior atau unggul akan terlihat dapat dipercaya dengan bentuk logo sederhana yang bersih. Untuk menciptakan brand yang tampil unggul biasanya penggunaan font bersih dan ikon logo yang kaku sering menjadi pilihan. Sementara tampilan brand mewah yang mencerminkan warisan budaya akan memiliki elemen bergaya tradisional seperti hiasan ornamen atau dekorasi.
Baca juga: 9 Style Desain Logo Modern yang Unik
Memiliki Nilai Tinggi
Jika diperhatikan brand mewah akan tampak memiliki nilai yang telah tinggi sehingga terlihat mewah. Untuk merancang desain brand mewah bernilai tinggi, terapkan identitas merek elemen yang digunakan. Nilai brand yang tinggi bisa terlihat dari pemilihan dan pengaturan elemen visual yang tepat.
Brand bernilai tinggi akan terlihat dari tampilan yang bersih, ikon-ikon dengan bentuk jelas dan tampilan elegan. Pemilihan elemen visual yang berkesan mewah harus disesuaikan dengan identitas merek. Brand mewah akan bernilai tinggi jika desainnya terlihat profesional dan relevan dengan identitas merek mewah.
Visual yang Bersih
Perhatikan juga prinsip brand mewah yang menciptakan visual yang bersih. Desain identitas merek mewah umumnya memiliki tampilan bersih. Visual yang bersih akan berkesan profesional, sederhana dan fleksibel.
Brand mewah haruslah fleksibel untuk membagun kehadiran yang kuat. Untuk itu tampilanya harus bersih karena efek berlebihan bisa membuat merek terlihat kurang mewah. Sulit menciptakan kesan premium dan elegan jika tampilan logo terlihat rumit.
TIPS MERANCANG DESAIN GRAFIS MEWAH
Untuk merancang brand mewah, pertimbangkan untuk memilih elemen visual yang mencerminkan tampilan mewah, premium dan bernilai tinggi. Tentunya setiap brand meesh akan memiliki nilai dan karakter tersendiri yang ingin dibangun. Perhatikan beberapa tips merancang brand mewah berikut ini:
Ciptakan Desain Minimalis
Untuk menciptakan desain identitas merek mewah gunakan visual yang minimalis. Desain minimalis biasanya menggunakan elemen visual yang sederhana. Elemen yang sederhana akan menciptakan desain yang mewah, seperti pada brand mewah dunia.
Jika diperhatikan dengan baik, brand mewah dunia selalu menggunakan desain identitas merek yang sederhana. Bahkan sebagian besar tidak memiliki warna atau berwarna hitam putih. Merek mewah juga tidak menggunakan ikon logo yang rumit, bentuk ikon selalu sederhana dan jelas
Logo Sederhana
Untuk memastikan desain memiliki tampilan mewah, pastikan logo memiliki bentuk sederhana. Desain logo sederhana adalah ciri utama dari brand mewah, hindari menambahkan efek visual atau dekorasi berlebihan pada desain. Agar sederhana ciptakan ikon unik dari bentuk yang sederhana, pastikan bentuk ikon konsisten dalam berbagai ukuran dan media. Selain ikon pastikan juga untuk menggunakan tipografi sederhana dan tampilan bersih.
Baca juga: 7 Kesalahan dalam Membuat Desain Logo yang Sederhana
Gunakan White Space yang Cukup
Logo untuk merek mewah juga perlu memiliki ruang negatif yang cukup, jarak antar elemen akan efektif untuk membuat logo terlihat bersih. Atur agar bentuk logo terlihat memiliki ruang negatif yang cukup sehingga mudah untuk digunakan dalam berbagai media. Brand akan tampak mewah jika desain logo terlihat bersih dan memiliki ruang negatif yang luas.
Untuk mengatur ruang negatif dalam ikon pastikan terlihat harmonis dan seimbang. Terkadang jarak yang terlalu lebar bisa membuat tampilan logo terlihat aneh, sementara terlalu sempit akan membuat bentuk logo kurang jelas.
Tipografi Elegan dan Ramping
Untuk brand mewah penggunaan tipografinya juga menyesuaikan dengan kesan yang mewah. Umumnya sering menggunakan jenis tipografi yang tipis, bersih, dan ramping. Jika tipografi menggunakan huruf yang terlalu tebal akan terkesan terlalu kaku dan formal.
Gunakan jenis font yang terlihat ramping dan elegan, seperti serif modern atau sans serif modern yang tidak terlalu tebal. Light font atau regular font akan cocok untuk memastikan tipografi cocok dengan merek mewah. Terkadang merek mewah juga akan menggunakan font ramping yang bergaya italic.
Hindari Warna Cerah
Desain untuk brand mewah umumnya akan menghindari penggunaan warna-warna cerah yang mencolok. Brand mewah cenderung memiliki tampilan merek yang terlihat elegan dan premium. Untuk itu penggunaan warna netral dan warna gelap akan cocok.
Banyak brand mewah dunia hanya menggunakan satu warna saja yaitu hitam untuk logo dengan latar belakang putih. Penggunaan warna netral cukup efektif untuk menciptakan kesan merek yang mewah dan premium. Pemilihan warna brand mewah juga kerap mengkombinasikan warna emas atau silver dengan warna gelap. Warna cerah versi gelap seperti maroon dan navy juga bisa menciptakan tampilan desain yang mewah.
Baca juga: Tujuan Menggunakan Warna Cerah dalam Desain Grafis
Tidak Menggunakan Tagline atau Dekorasi Berlebihan
Jikaa diperhatikan sebagai besar brand mewah tidak menggunakan tagline atau slogan dalam desain identitas merek seerti logo. Ini berguna untuk mempertahankan tampilan yang sederhana, serta membantu audiens hanya fokus pada desain logo. Penggunaan tagline bisa membuat desain logo terlihat berlebihan dan tampil rumit.
Untuk menciptakan desain brand mewah hindari juga menambahkan dekorasi yang berlebihan seperti efek visual atau ornamen. Jika penambahan elemen visual tidak begitu berpengaruh pada pesan merek, tidak perlu ditambahkan. Brand mewah harus mengutamakan tampilan yang sederhana dan bersih.
KESIMPULAN
Dalam merancang desain untuk brand mewah, ada beberapa tips untuk menciptakan desain yang terlihat mewah. Brand mewah secara umum memiliki tampilan ikon sederhana, tipografi ramping, dan memiliki ruang negatif. Kesederhanaan adalah kunci utama dalam menciptakan brand yang berkesan mewah. Pastikan memilih elemen visual yang mencerminkan identitas untuk brand mewah.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.
- Brown, Evan. (2024). Designing For Luxury Brands — From Strategy to Brand Building. DesignMatic. https://www.designmantic.com/blog/designing-for-luxury-brands/amp/ ↩︎