Peran Leading dan Tracking dalam Desain Grafis

0
(0)

Dalam mengatur teks dalam desain grafis penting memerhatikan jarak antar huruf dan baris setiap teks yang digunakan. Maka dari itu penting untuk mengatur leading dan tracking dalam teks agar tulisan mudah untuk dibaca. Mengatur leading dan tracking pada desain yang menggunakan banyak teks akan memiliki beberapa peran penting seperti meningkatkan keterbacaan teks dan estetika.

Peran Leading dan Tracking dalam Desain Grafis

Tidak hanya jenis font yang berperan untuk meningkatkan keterbacaan teks, melainkan juga jarak antar huruf dan baris teks. Dalam sebuah desain penting untuk mengatur jarak teks agar tidak terlalu dekat sehingga sulit untuk dibaca. Teks yang terlalu menumpuk juga mengganggu estetika tampilan desain. 

Pastikan desain memiliki teks yang cukup tidak terlalu panjang dan fokus pada informasi penting. Hal ini agar teks mudah untuk diatur leading dan tracking agar meningkatkan keterbacaan dan estetika. Perhatikan beberapa peran dari leading dan tracking dalam tipografi desain yang akan dibahas dalam artikel ini. 

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

PERAN LEADING TEKS PADA DESAIN GRAFIS

Peran Leading dan Tracking dalam Desain Grafis

Leading ini mengatur setiap teks memiliki jarak antar baris yang cukup sehingga mudah untuk dibaca atau dipahami teksnya. Berikut beberapa peran leading dalam desain grafis:

Keterbacaan

Dalam menciptakan desain grafis, teks atau tulisan yang berisi informasi penting harus mudah dibaca. Untuk itu penting mengatur jarak antar baris dengan cukup agar teks tidak terlihat terlalu menumpuk. Jarak antar baris teks ini akan memudahkan keterbacaan setiap kalimat. 

Mengatur jarak antar baris akan memastikan tulisan terlihat jelas sehingga mudah dibaca. Terutama pada desain yang menggunakan banyak teks, perlu memastikan teks tidak terlihat terlalu berdekatan pada satu area saja. Jarak antar baris yang cukup akan memastikan teks mudah untuk dibaca dan mengarahkan pembacaan dengan mudah. 

Estetika

Dalam desain grafis mengatur leading teks juga memiliki peran untuk menciptakan tampilan desain yang estetika. Ketika jarak antar teks terlalu berdekatan ini bisa membuat desain terlihat sesak dan terlalu rapat. Teks yang terlalu rapat tidak hanya sulit dibaca tetapi juga membuat tampilan desain kurang menarik. 

Jarak teks yang terlalu berdekatan bisa membuat teka terlihat berantakan dan tidak memiliki tampilan estetika. Mengatur leading teks akan membantu menciptakan keseimbangan visual dan membuat desain terlihat lebih menarik. Hindari mengatur jarak teks yang terlalu jauh bisa membuat teks malah tidak teratur, atur jarak secukupnya untuk menciptakan kesan estetika. 

Hirarki Visual

Mengatur leading dalam desain juga membantu menciptakan hirarki visual pada teks. Jarak yang cukup pada teks akan memudahkan teks memiliki hirarki. Teks yang lebih besar harus terlihat menonjol dan diatur pada jarak yang cukup agar mudah terbaca. 

Pada bagian teks seperti judul akan berukuran besar sehingga perlu diberi jarak agar besar dari sub judulnya. Sementara pada teks pendukung atau deskripsi bisa diberi leading yang lebih kecil atau lebih dekat. Leading juga bisa dimanfaatkan untuk memastikan teks yang berkaitan akan terlihat berdekatan. 

Pemisahan Konten

Mengatur jarak antar baris atau leading ini juga berguna untuk memisahkan konten. Setiap teks mungkin akan memiliki informasi atau konten yang berbeda sehingga perlu diberi jarak yang cukup. Konten yang berbeda harus diberi jarak agar memudahkan audiens dalam memahami informasi. 

Sementara beberapa konten yang saling terkait bisa diatur untuk lebih dekat atau pada area yang sama. Biasanya leading sering digunakan untuk memberikan jarak yang cukup pada judul, sub judul dan paragraf. Ini akan memudahkan pembaca memahami perbedaan informasi dalam teks. 

Kreativitas

Mengatur leading dalam sebuah desain juga bisa menciptakan kesan desain yang kreatif. Tampilan desain akan lebih rapi dan terstruktur dengan mengatur jarak teks yang cukup. Ada banyak cara untuk mengatur leading dengan cara yang kreatif atau dalam susunan yang unik. Ini akan menciptakan tampilan desain yang kreatif. 

PERAN TRACKING DALAM DESAIN GRAFIS

Dalam dunia desain, tracking ini mengatur jarak semua huruf dalam satu kata secara keseluruhan. Jarak antar huruf dalam satu kata diatur dengan sama agar mudah dibaca dan terlihat menarik. Berbeda dengan kering yang fokus mengatur jarak antar dua huruf, tracking mengatur jarak seluruh dalam sebuah kata. 

Peran Leading dan Tracking dalam Desain Grafis

Tracking ini menyesuaikan jarak antar huruf secara keseluruhan dalam teks. Ini dilakukan dengan memperbesar dan memperkecil jarak antar huruf agar terlihat estetis dan mudah terbaca. Berikut beberapa peran lain dari mengatur tracking dalam desain grafis:

Penyesuaian Keterbacaan

Tracking dalam dunia desain grafis sering dimanfaatkan untuk mengatur teks dalam desain poster, konten media sosial hingga desain logo. Biasanya sering digunakan mengatur teks yang tidak panjang agar mudah dibaca. Terkadang jenis font memiliki jarak huruf yang terlalu dekat sehingga perlu untuk diatur jaraknya agar mudah dibaca. 

Pada ukuran huruf yang terlalu kecil, ini bisa membuat teks akan sulit dibaca, sehingga perlu mengatur jarak antar huruf secara keseluruhan. Mengatur jarak antar huruf akan membantu meningkatkan keterbacaan teks yang terlalu rapat. 

Koreksi Estetika

Dalam desain mengatur jarak antar huruf juga membantu menciptakan tampilan visual dengan estetika yang indah. Jarak antar huruf yang dibuat lebar pada desain logo di bawah nama merek sebagai slogan akan menciptakan tampilan estetis. Pada desain poster misalnya membuat jarak teks yang lebih dekat dan lebih lebar pada teks yang berbeda akan menciptakan tampilan yang lebih berdimensi dan seimbang. 

Pengaturan Tampilan Keseluruhan

Tracking atau jarak antar huruf ini akan membantu mengatur tampilan teks dan desain secara keseluruhan. Ini akan menciptakan tampilan desain yang konsisten dan menarik perhatian. Teks yang memiliki jarak antar huruf yang seragam akan terlihat rapi dan profesional. 

KESIMPULAN

Dalam mengatur teks pada desain grafis penting untuk memerhatikan jarak antar huruf dan baris. Hal ini agar teks mudah dibaca dan menciptakan tampilan yang estetika. Mengatur leading dan tracking pada teks desain memiliki beberapa peran penting. Termasuk dalam meningkatkan keterbacaan, menciptakan fokus, tampilan visual yang estetis dan desain yang kreatif. Leading dan tracking memiliki peran penting dalam memastikan teks dapat menyampaikan informasi penting. 

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts