Font dalam desain branding tidak sekedar gaya huruf tetapi juga berguna merepresentasikan karakter brand. Gaya tipografi pada brand biasanya akan menggunakan jenis font yang sama dan digunakan secara khusus. Karakter font harus sesuai merepresentasikan karakter brand sehingga membangun identitas yang kuat dan profesional.
Penting untuk memilih font yang memiliki kesan atau mood yang relevan dengan brand. Beberapa jenis brand terkadang populer dengan penggunaan jenis font tertentu karena menciptakan kesan tertentu. Pemilihan font juga mempertimbangkan keterbacaan, jarak antar huruf, dan variasi style yang dimiliki font.
PENTINGNYA PSIKOLOGI FONT
Setiap jenis brand bisa memiliki lebih dari satu font, hal ini agar teks dalam desain terbaca dengan mudah. Kombinasi beberapa font dalam sebuah desain berguna menciptakan kontras. Ini akan membantu menciptakan fokus pada informasi utama atau penting.
Tidak dapat dipungkiri jika font memiliki peran penting dan selalu menjadi bagian gaya branding dari sebuah bisnis. Gaya hurufnya adalah bagian dari style branding yang digunakan oleh brand. Memahami makna psikologi dari berbagai jenis font dan gaya hurufnya merupakan hal utama yang perlu dipahami sebelum memilih font.
Merepresentasikan Karakter Brand
Makna psikologi font tentu saja dipilih yang bisa merepresentasikan karakter brand dengan baik. Setiap gaya huruf yang memiliki kontras tebal dan tipis juga bisa merepresentasikan karakter berbeda. Bentuk huruf dan sudut hurufnya memiliki peran penting pula dalam merepresentasikan brand yang berbeda.
Menciptakan Mood dan Nuansa Tertentu
Style font yang menciptakan makna tertentu juga berguna menciptakan mood dan nuansa sesuai kebutuhan brand. Beberapa font bisa menciptakan nuansa kaku, tegas dan serius. Sementara gaya huruf lainnya bisa menciptakan kesan ramah dan menyenangkan.
Baca juga: Psikologi 6 Jenis Font Berbeda yang Perlu Kamu Tahu
TIPS MENYESUAIKAN FONT DENGAN KARAKTER BRAND
Gaya tipografi bisa bervariasi sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan brand dan merepresentasikan desain dengan baik. Tipografi yang digunakan untuk brand bisa memiliki berbagai jenis font, ketebalan huruf, kontras dan perbedaan jarak antar hurufnya. Perbedaan-perbedaan tersebut menciptakan kesan berbeda, perlu dipilih font yang sesuai dengan karakter brand.
TYPEFACE
Tipografi akan dibedakan berdasarkan jenis font atau typeface yang memiliki gaya huruf berbeda serta menciptakan kesan berbeda. Setiap jenis font akan merepresentasikan karakter atau makna psikologi berbeda sesuai bentuk hurufnya.
Serif: Klasik, Tradisional, dan Formal
Salah satu jenis typeface yang populer adalah font serif, font ini memiliki dekorasi berupa serif yang bisa menciptakan karakter formal. Serif sendiri memiliki banyak variasi bentuk serif yang bisa menciptakan mood berbeda. Umumnya font serif akan dipilih untuk merepresentasikan karakter brand yang klasik, tradisional dan formal.
Sans Serif: Jujur, Mudah Didekati, dan Informal
Jenis typeface ini juga memiliki huruf sederhana dan tidak memiliki serif sehingga lebih mudah dibaca. Font sans serif juga memiliki banyak variasi style mulai dari yang tebal, tipis, tajam hingga melengkung. Umumnya penggunaan typeface sans serif akan merepresentasikan karakter brand yang jujur, mudah didekati dan informal.
Script: Elegan, Personal, dan Kreatif
Jenis font script juga bervariasi tidak hanya ketebalan tetapi juga dibedakan berdasarkan jarak antar huruf dan panjangnya serif. Variasi style font script bisa mencerminkan karakter brand yang elegan personal dan kreatif. Bentuk huruf yang seperti tulisan tangan akan efektif merepresentasikan kesan brand yang lebih personal dan unik.
WEIGHT
Perbedaan berat huruf juga perlu dipertimbangkan ketika memilih yang merepresentasikan karakter brand. Perbedaan berat dari gaya font yang digunakan bisa menciptakan kesan atau karakter yang berbeda. Brand yang menggunakan font tipis dan tebal akan memiliki nuansa yang berbeda.
Light: Halus dan Lembut
Sebuah jenis font biasanya akan memiliki beberapa variasi weight yang mana akan menciptakan nuansa berbeda. Untuk digunakan sebagai font brand, pilih jenis font yang memiliki banyak variasi weight. Berat huruf yang tipis akan menciptakan visual yang halus dan lembut. Biasanya cocok digunakan merepresentasikan brand yang elegan dan mewah.
Medium: Bersih dan Jelas
Style font dengan weight medium ini yang paling sering dipilih karena tidak terlalu tebal maupun tipis. Biasanya ini sering disebut jenis font reguler, cocok digunakan untuk berbagai jenis teks. Font dengan style medium efektif untuk berbagai kebutuhan agar teks mudah dibaca. Untuk brand, font ini akan merepresentasikan kesan formal dan profesional.
Bold: Berkuasa dan Kuat
Jenis font yang memiliki gaya huruf tebal akan menciptakan brand yang berkuasa dan kuat. Biasanya jenis style huruf tebal akan dipilih oleh brand untuk digunakan sebagai headline atau font logo. Gaya huruf tebal tidak hanya tampil kuat tetapi juga tegas dan profesional. Perbedaan ketebalan yang dimiliki sebuah font akan memudahkan font digunakan dalam berbagai jenis teks.
Baca juga: Penggunaan Font Tebal Dalam Desain Logo Profesional
CONTRAST
Beberapa brand akan menggunakan dua style font yang berbeda untuk menciptakan kontras. Kontras gaya font akan berguna menciptakan fokus pada informasi utama atau penting. Perbedaan kontras akan terlihat pada perbedaan ketebalan atau gaya hurufnya.
Low Contrast: Minimalis, Sederhana, dan Cantik
Font yang memiliki kontras rendah akan memiliki style huruf tipis dan sederhana, tidak terlalu mencolok. Gaya font dengan kontras yang rendah akan merepresentasikan karakter brand yang minimalis, sederhana dan cantik. Font dengan kontras rendah bisa digunakan menciptakan desain yang elegan.
High Contrast: Kreatif, Unik dan Tebal
Tampilan gaya huruf yang memiliki kontras tinggi biasanya tebal dan menggunakan huruf kapital. Font dengan high contrast bisa merepresentasikan kesan brand yang kreatif, unik dan tebal. Gaya font tebal akan tampil kontras jika dikombinasikan dengan font tipis.
LETTER CASING
Untuk memilih font brand, pertimbangkan juga style huruf kapital dan huruf kecil yang mana akan menciptakan kesan berbeda. Perbedaan penggunaan gaya huruf ini bisa menciptakan kesan logo brand yang berbeda. Keduanya juga bisa dikombinasikan untuk menciptakan kontras tipografi.
Lowercase: Informal dan Ramah
Untuk branding, gaya huruf kecil akan digunakan untuk paragraf, sub judul atau tagline. Namun juga sering digunakan sebagai font logo untuk merepresentasikan karakter brand yang ramah dan tidak formal. Huruf kecil akan menciptakan brand yang berkesan santai dan menyenangkan.
Uppercase: Dewasa dan Klasik
Font brand yang menggunakan font huruf besar atau kapital akan menciptakan desain yang menonjol dan tegas. Biasanya berguna merepresentasikan brand yang berani, kuat dan handal. Dalam desain branding gaya huruf kapital akan digunakan untuk kebutuhan font judul atau headline sehingga mudah dibaca.
Baca juga: Rekomendasi Gaya Font untuk Tipografi Logo Fitness dan Sport
HAL PENTING DALAM MEMILIH FONT BRAND
Font brand biasanya akan dipilih satu atau dua jenis font yang sesuai dengan karakter dan pesan brand. Ketika memilih font tentunya akan mempertimbangkan seperti variasi weight, kontras dan keunikan. Sebagai langkah terakhir lakukan pengecekan dengan memperhatikan keterbacaan, fleksibilitas dan variasi gaya hurufnya.
Font Harus Fleksibel
Font brand biasanya akan digunakan untuk berbagai kebutuhan brand, termasuk berbagai jenis desainnya. Untuk itu font brand yang dipilih harus sederhana dan fleksibel untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan. Style font sederhana akan lebih fleksibel untuk dibaca dan tampil konsisten untuk merepresentasikan identitas brand.
Font Harus Memiliki Beberapa Variasi Berat
Pastikan juga untuk memilih font yang memiliki banyak variasi berat mulai dari light, reguler hingga bold. Semakin banyak variasi berat ini font akan berguna menciptakan kontras dan hirarki visual. Font juga akan mudah digunakan untuk menonjolkan headline atau membuat teks paragraf mudah dibaca.
Font Harus Terbaca
Salah satu hal penting untuk dipastikan terakhir kalinya adalah menggunakan font yang mudah dibaca. Penting agar pesan atau nama brand mudah dibaca dan diingat, pastikan untuk memilih font sederhana. Font brand yang dipilih harus terbaca dengan mudah pada berbagai ukuran, format dan media.
KESIMPULAN
Pilih font brand yang bisa menciptakan kesan abadi atau timeless, sehingga tidak perlu sering mengganti font. Perhatikan jenis typeface, berat dan kontras ketika memilih font yang sesuai dengan karakter brand. Perbedaan gaya huruf yang tebal, tipis dan jenis fontnya akan merepresentasikan kesan dan karakter yang berbeda.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.